Atlantis Ancol

Atlantis Ancol menawarkan sensasi liburan seru bersama keluarga. Wahana yang terintegrasi dengan pusat hiburan Taman Impian Jaya Ancol ini adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang harus dikunjungi.

Ada banyak wahana dan aktifitas yang bisa kita lakukan di Atlantis Ancol. Selengkapnya mari simak ulasan kami berikut ini.

atlantis-ancol-2019

via instagram.com/atlantiswateradventures

Sekilas Atlantis Ancol

Nama resminya adalah Atlantis Water Adventure. Dibangun di atas lahan seluas 5 hektar, obyek wisata ini menyuguhkan taman hiburan air yang terdiri dari 8 kolam utama.

Masing-masing kolam dilengkapi dengan aneka macam permainan yang akan disukai oleh semua orang termasuk anak-anak.

Apalagi sejak Maret 2018 kemarin, pengelola kembali menambah dua wahana baru bernama Dragon Race dan Sky Box yang dipastikan dapat memberikan sensasi menyenangkan sekaligus menegangkan.

Karena itu bagi Anda yang gemar dengan wahana permainan ekstrem, kedua wahana ini bisa menjadi target utama untuk dimainkan.

Atlantis Ancol sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1974. Namun kala itu, namanya adalah Gelanggang Samudera Ancol dan bentuknya masih berupa gelanggang renang.

Nah setelah dilakukannya revitalisasi dan penambahan beberapa fasilitas dan wahana permainan, obyek wisata ini pun diubah namanya menjadi Atlantis Ancol atau Atlantis Waterpark Adventure.

Wahana dan Aktifitas di Atlantis Ancol

Obyek wisata berbentuk thempark ini seperti yang kami informasikan diawal menyediakan 8 kolam utama yang dilengkapi berbagai macam wahana permainan.

Kolam utama dan wahana permainan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Ranbow Splash

rainbow-splash-atlantis-ancol
rainbow splash. image via : Apria W. Alfisa

Wahana yang bernama ranbow splash atau kolam bola ini adalah salah satu wahana permainan yang pasti akan sangat disengani anak-anak.

Bentuknya berupa kolam anak yang kedalamannya disesuaikan dengan tinggi rata-rata anak dan didalamnya diisi ratusan bola warna-warni.

Bermain di kolam ini anak-anak bisa melatih insting dan ketepatan dalam memasukkan bola ke dalam sebuah keranjang.

Selain menyenangkan, wahana ini juga dapat menambah kemampuan motorik dan juga gerak aktif anak-anak Anda.

Kiddy Pool I

kiddy-pool-I-atlantis-ancol
via instagram.com/atlantiswateradventures

Selanjutnya ada Kolam Kiddy I yang juga akan menjadi tempat yang sangat menyenangkan untuk anak-anak.

Berbeda dengan rainbow splash di atas, Kolam Kiddy I ini menyediakan wahana yang lebih mengutamakan keceriaan anak dengan menghadirkan beberapa wahana permainan seperti ember tumpah, lorong air, dan seluncuran air.

Wahana ini dibuat seaman mungkin untuk anak-anak. Tinggi air kolamnya juga menyesuaikan tinggi anak yaitu hanya sekitar 70 sampai 80 centimeter.

Kiddy Pool II

Jika belum puas bermain di Kolam Kiddy I, anak-anak bisa diajak untuk bermain di Kiddy Pool II ini.

Kolam ini merupakan perluasan dari Kolam Kiddy I di mana wahana permainan yang disuguhkan relatif lebih seru dan menyenangkan.

Di Kolam Kiddy II ini ada wahana tirai air, air mancur, wahana lorong air, dan juga seluncuran khusus anak.

Kolam Tanding

kolam-tanding-atlantis-ancol
kolam tanding. image via : Andy Vineyard

Jika ingin berlatih atau mencoba adu kecepatan renang bersama teman atau keluarga, maka di kolam tanding inilah tempatnya.

Di sini sudah tersedia kolam renang yang cukup luas dengan kedalaman sekitar 1,4 meter. Selain luas dan panjang, kolam renang ini juga sudah dilengkapi dengan 8 buah starbox sehingga menghadirkan kesan atau sensasi pertandingan renang sesungguhnya.

Yang menarik, di kolam ini juga ada air terjun buatan dan fasilitas permainan lempar bola.

Crazy Slide

crazy-slide-atlantis-ancol
via instagram.com/atlantiswateradventures

Wahana ini bisa menjadi pilihan pertama bagi Anda yang suka dengan permainan yang menguji adrenaline.

Sesuai namanya, Crazi Slide atau Crazy The Highest Longest Slide menyediakan dua seluncuran yang konon merupakan seluncuran terpanjang di Indonesia.

Seluncuran pertama bentuknya terbuka dan memiliki ketinggian sekitar 18,6 meter dengan panjang sekitar 122 meter. Lalu seluncuran kedua, bentuknya berupa seluncuran tertutup yang memiliki ketinggian sekitar 22,8 meter dengan ketinggian 142 meter.

Wahana ini sangat diminati oleh banyak pengunjung. Namun bagi Anda yang mengidap asma, penyakit jantung ataupun punya riwayat tekanan darah tinggi, sebaiknya jangan coba wahana ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dragon Race

Wahana ini merupakan wahana terbaru Atlantis Ancol yang dihadirkan bagi pengunjung yang gemar dengan permainan menantang dan menguji adrenaline.

Bentuknya berupa seluncuran tertutup dengan panjang 116 meter. Yang membedakannya dengan seluncuran lain adalah wahana ini memiliki 4 jalur atau lintasan sehingga kita bisa bermain bersama teman atau anggota keluarga.

Pengunjung yang datang biasanya akan beradu kecepatan meluncur di wahana ini. Berbekal matras khusus sebagai pelapis badan, meluncur di wahana ini akan terasa lebih menyenangkan.

Skybox

skybox-atlantis-ancol
via instagram.com/atlantiswateradventures

Selain Dragon Race, wahana terbaru yang bisa Anda mainkan di Atlantis Ancol adalah wahana skybox ini.

Bentuknya berupa sebuah terowongan seluncuran sepanjang 78 meter dengan tinggi sekitar 14 meter.

Yang membedakannya dari seluncuran lain adalah konsep permainannya yang unik. Saat mencoba wahana ini, Anda akan dimasukkan ke dalam sebuah tabung kaca.

dari taung itulah Anda akan meluncur melewati terowongan dengan kecepatan tinggi hingga mencapai kecepatan 56 kilometer per jam.

Baca juga : Ecopark Ancol

Water Outbound

atlantis-ancol-jakarta
via instagram.com/atlantiswateradventures

Meskipun wahana ini kami tempatkan di urutan terakhir, namun keseruannya juga tidak kalah dari wahana-wahana lainnya. Di sini bahkan ada lebih banyak wahana permainan outbound yang bisa dicoba.

Wahana-wahana di area ini ialah jembatan tali, flying fox, wall climbing, terowongan tali, dan rumah pohon.

Wahana ini juga merupakan wahana bebas yang artinya bisa dimainkan oleh semua level usia baik anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Alamat Atlantis Ancol

Tempat wisata ini beralamat di Jalan. Lodan Timur No.7, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Lokasi tepatnya berada di dalam kawasan Ancol Jakarta Baycity dan tidak begitu jauh dari wahana-wahana lainnya seperti Dufan dan Seaworld Ancol.

Jika mengaksesnya dari pusat Kota Jakarta kita hanya membutuhkan waktu berkendara sekitar 30 menit dengan catatan kondisi jalan sedang tidak macet. Jaraknya dari pusat kota sekitar 18,3 kilometer.

Rute Jalan ke Atlantis Water Adventure

Tidak sulit untuk menemukan lokasi obyek wisata ini karena lokasinya yang berada di tempat yang strategis.

Bagi Anda yang hendak ke Atlantis Ancol naik Bus Transjakarta, maka rute nya ialah naik Transjakarta dari Blok-M yang akan mengarah langsung ke halte Ancol.

Atau jika menggunakan angkutan umum, Anda bisa naik bus dari Blok-M yang nantinya akan mengarah ke Terminal Tanjung Priok.

Lalu dari Tanjung Priok, lokasi Ancol Jakarta Baycity bisa diakses dengan menaiki taxi atau pun ojek online.

Jam Buka Atlantis Ancol

lokasi-atlantis-ancol
via instagram.com/atlantiswateradventures

Disarankan agar datang lebih awal jika ingin lebih puas menikmati semua wahana yang ada.

Atlantis Ancol dibuka pada pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore di hari kerja. Sedangkan di hari libur, tempat wisata ini akan dibuka sejak pukul 7 pagi hingga pukul 8 malam.

HariJam Operasional
Hari Kerja08.00 – 18.00 WIB
Hari Libur07.00 – 20.00 WIB

Harga Tiket Masuk Atlantis Ancol

Tiket masuk ke obyek wisata ini memang agak mahal. Namun sebenarnya sudah sebanding dengan fasilitas dan wahana yang tersedia.

Tiket masuknya terbagi menjadi dua jenis yaitu tiket reguler dengan harga Rp. 80.000 – Rp. 105.000, dan tiket annual pass allday seharga Rp. 290.000. Tiket annual ini bisa digunakan setiap hari selama setahun.

Jenis TiketHarga
Tiket RegulerRp. 80.000 (hari kerja) – Rp. 105.000 (hari libur)
Annual Pass AlldayRp. 290.000

Baca juga : Snowbay Waterpark

Promo Atlantis Ancol

promo-atlantis-ancol
via instagram.com/atlantiswateradventures

Selain tiket reguler dan tiket annual pass, Atlantis Ancol juga sering memberikan potongan harga atau promo tiket masuk.

Informasi mengenai promo tiket Atlantis Acol bisa Anda lihat langsung di situs resminya atau melalui akun media sosial resmi mereka.

Namun tiket promo ini biasanya hanya akan tersedia pada waktu-waktu tertentu saja. Silahkan cari informasinya secara berkala jauh-jauh hari sebelum waktu kunjungan.

Fasilitas Atlantis Ancol

Selain menyediakan berbagai macam wahana permainan, Atlantis Ancol juga menyiapkan berbagai aktifitas umum untuk memudahkan dan memberi kenyamanan pada semua pengunjung.

Fasilitas-fasilitas yang akan Anda temukan di tempat wisata ini diantaranya area parkir, toilet, gazebo, mushola, kamar bilas, toko souvenir, dan resto kuliner.

Yang menarik dan istimewa adalah kita bisa menyantap aneka menu kuliner dengan sangat nyaman di gazebo-gazebo yang berjejer rapi di sekitar kawasan Atlantis Waterpark.

Suasana menyantap hidangan juga akan terasa semakin nikmat karena area gazebo berada di tempat yang cukup tenduh dengan dikelilingi pohon-pohon kelapa yang rindang.

harga-tiket-atlantis-ancol
via instagram.com/atlantiswateradventures

Baca juga : Tempat Wisata di Jakarta

Tidak perlu ragu lagi dengan keseruan liburan yang akan Anda dapatkan tatkala berlibur ke Atlantis Ancol Jakarta. Wahana-wahananya sangat menarik dan pastinya akan disukai anak-anak. Karena itu jika bingung hendak liburan kemana di akhri pekan ini, atlantis water adventure adalah pilihan yang sangat tepat.

Loading...

Museum Macan

Hansar
5 min read

Oceanpark BSD

Hansar
5 min read

Taman Ismail Marzuki

Hansar
6 min read

Waterbom PIK

Hansar
4 min read

Ocean Dream Samudra

Hansar
3 min read

Seaworld Ancol

Hansar
4 min read