Ayana Gedong Songo

Ayana Gedong Songo menghadirkan konsep wisata yang berbeda dari lainnya. Tempat wisata di Semarang ini menyuguhkan banyak spot foto instagenic di alam terbuka yang pastinya disukai oleh para penyuka swafoto.

Tempat wisata ini juga bisa menjadi alternatif liburan keluarga. Kawasannya yang teduh dan sejuk karena berada di dataran tinggi, dipastikan akan sangat disukai oleh anak-anak.

Bagi Anda yang sedang berada di Semarang dan sedang mencari tempat liburan akhir pekan yang memiliki banyak spot foto, maka Ayanaz Gedongsongo ini cukup layak dikunjungi.

ayana-gedong-songo-semarang

instagram.com/ayanagedongsongo

Ayana Gedong Songo

Ayana Gedong Songo atau Ayanaz Gedongsongo adalah salah satu tempat wisata keluarga yang terletak di Bandungan, Semarang.

Diresmikan dan dibuka pada tanggal 11 Juni 2019, obyek wisata yang berada di dalam komplek Candi Gedong Songo ini langsung melejit dan menjadi salah satu tempat wisata favorit muda mudi Semarang yang gemar berswafoto.

Meski memang dikonsep sebagai tempat berfoto di mana di dalamnya dipenuhi spotspot foto instagenic, namun Ayana Gedong Songo juga sah-sah saja untuk dijadikan lokasi bersantai.

Hal ini dikarenakan kawasannya cukup sejuk dan teduh sebagaimana ciri khas tempat-tempat wisata yang ada di dataran tinggi.

Karenanya meskipun lebih menguntungkan bagi para pelancong yang memang datang dengan tujuan untuk berfoto, namun Ayanaz Gedongsongo juga cukup menarik untuk rombongan keluarga yang ingin menikmati hari libur ditempat yang bersih, asri, indah, dan nyaman.

Wahana dan Spot Foto di Ayana Gedong Songo

Pengujung yang datang ke Ayana Gedong Songo akan dimanjakan dengan banyaknya spot foto yang juga bisa digunakan sebagai tempat bersantai.

Berikut ini beberapa wahana dan spot foto paling instagenic di Ayanaz Gedongsongo Bandungan, Semarang :

1. Spot Bantal-bantal

ayana-gedong-songo-bandungan
instagram.com/ayanagedongsongo

Spot ini cukup romantis sebagai tempat berfoto bersama pasangan.

Berbentuk sangkar burung yang cukup besar, spot ini dihiasi karpet hijau dan beberapa bantal bergambar tokoh-tokoh kartun lucu seperti Tinky Winky hingga Donal Bebek.

2. Spot Sofa Tengah Kolam

Sambil menikmati merdunya gemericik air di tengah kolam, Anda bisa bersantai dan mengambil beberapa foto di spot ini.

Spot sopa tengah kolam ini berbentuk sebuah tempat duduk dari sofa yang diletakkan di tengah kolam terbuka, dengan view kawasan hijau dan pegunungan sebagai background-nya.

Spot yang satu ini sangat populer dan jangan sampai dilewatkan saat Anda berkunjung ke Ayana Gedong Songo.

3. Spot Bubble Tent atau Tenda Gelembung

tiket-ayana-gedong-songo
instagram.com/ayanagedongsongo

Seperti namanya, spot ini berbentuk tenda bundar yang dibuat dari gelembung besar dengan beberapa boneka lucu sebagai hiasannya.

Area di dalam tenda gelembung ini cukup luas sehingga Anda bisa berfoto di dalamnya bersama teman ataupun keluarga.

4. Spot Balon Udara

Spot balon udara ini juga merupakan salah satu spot favorit yang selalu ramai digunakan oleh para pengujung untuk berfoto.

Meskipun hanya berupa replika balon udara dalam arti tidak bisa diterbangkan, namun spot ini bisa membuat Anda terlihat seolah-olah sedang terbang menggunakan balon udara.

Untuk mendapatkan gambar yang bisa membuat Anda seolah-olah terlihat sedang terbang, Anda bisa mengatur pose dan juga angel foto sampai benar-benar menghasilkan gambar yang Anda inginkan.

5. Spot Hammock

ayanaz-gedong-songo
instagram.com/ayanagedongsongo

Meskipun tidak terlalu mewah, namun foto yang dihasilkan dari spot hammock ini pastinya akan terlihat sangat unik.

Pasalnya hammock di spot ini ditempatkan di tengah kolam kecil dengan dua tiang, di mana pemandangan perbukitan hijau yang asri akan menjadi background yang semakin menambah kesan indah pada foto Anda.

Spot ini selain banyak digunakan sebagai tempat berfoto, juga cukup digemari para pengujung sebagai tempat bersantai.

6. Lukisan Instagenic

Spot foto yang tak kalah menarik untuk di-eksplore di Ayanaz Gedongsongo Semarang adalah spot lukisan instagenic ini.

Spot ini berupa area terbuka yang dihiasi banyak lukisan bertema tropis di mana pengunjung bisa berfoto di depan lukisan-lukisan tersebut.

7. Spot Kursi Santai

Selain spot hammock, spot foto yang diletakkan di atas kolam kecil dengan pemandangan hijau sebagai background-nya adalah spot kursi santai ini.

Bentuknya yang unik dengan dudukan berwarna hijau terlihat sangat menggoda untuk segera dicoba. Foto Anda di spot ini juga pastinya tidak kalah unik dari spot hammock.

Selain spotspot di atas, di Ayanaz Gedongsongo masih ada banyak spot foto yang cukup menarik dan jangan sampai dilewatkan.

spotspot di atas hanyalah beberapa diantaranya yang paling populer sehingga paling banyak menyedot perhatian pengunjung.

Baca juga : Obyek wisata Eling Bening Semarang

Lokasi Ayana Gedong Songo

lokasi-ayana-gedong-songo
instagram.com/ayanagedongsongo

Lokasi wisata foto di Semarang ini terletak di dalam komplek Candi Gedong Songo.

Alamat lengkap Ayana Gedong Songo berada di Kranjan, Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Untuk mengaksesnya dari pusat kota Semarang, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 37 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 1 jam lebih.

Transportasi ke Ayana Gedong Songo

Untuk menuju lokasi wisata Ayanaz Gedongsongo Anda bisa menggunakan alat transportasi milik pribadi ataupun angkutan umum.

Sebagai contoh kalau Anda berangkat dari Semarang naik bus, maka Anda bisa memulai perjalanan dari Stasiun Tawang.

Naiklah Bus Trans Semarang di koridor 2 dengan jurusan Ungaran dan turunlah di halte bus Pasar Ungaran.

Dari Pasar Ungaran, naik bus lagi dengan jurusan Bawen dan turunlah di SPBU Lemah Abang.

Nah dari sini, Anda bisa menggunakan angkot hijau jurusan Bandungan kemudian dilanjutkan naik ojek ke lokasi Ayana Gedong Songo.

Jam Operasional

Obyek wisata ini dibuka setiap hari dengan jam operasional mulai dari pukul 07.00 – 17.00 WIB.

HariJam Operasional
Setiap Hari07.00 – 17.00 WIB

Untuk menghindari kepadatan pengunjung, Anda bisa mengatur waktu kedatangan yaitu pada jam 9 pagi sampai pukul 11 siang.

Harga Tiket Masuk Ayana Gedong Songo

harga-tiket-masuk-ayana-gedong-songo
instagram.com/ayanagedongsongo

Untuk memasuki kawasan wisata ini Anda terlebih dahulu harus membeli tiket masuk Candi Gedong songo seharga Rp10.000 per orang.

Setelah itu, Anda harus membeli tiket Ayana Gedong Songo lagi dengan rincian sebagai berikut :

Hari KunjunganHarga Tiket
Hari KerjaRp20.000 (dewasa) – Rp10.000 (anak-anak)
Weekend dan Libur NasionalRp25.000

Selain tiket masuk, berfoto di beberapa spot premium juga dikenakan biaya atau tiket wahana.

Namun jangan khawatir karena sewa spot foto di tempat ini tidak terlalu mahal yang kisarannya hanya Rp5000 hingga Rp10.000 saja.

Hotel Dekat Ayana Gedong Songo

Tidak mungkiri bahwa obyek wisata foto di Semarang yang satu ini tidak hanya dikunjungi oleh para pelancong yang berasal dari kecamatan Bandungan ataupun daerah lainnya di kota Semarang saja.

Namun, pengunjung yang datang juga banyak yang berasal dari luar kota bahkan luar provinsi.

Nah bagi Anda yang berasal dari luar kota dan ingin menginap tidak jauh dari lokasi Ayana Gedong Songo atau Candi Gedong Song, maka Anda bisa memilih beberapa hotel terdekat berikut ini :

  • Hotel Bromo Indah
  • Hotel Tri Kusuma
  • Hotel Azaya
  • Wisma Theresia Bandungan
  • Amanda Hills Hotel

Hotel atau penginapan di atas menyediakan fasilitas yang cukup memadai dengan harwa sewa per malamnya berkisar antara Rp90.000 hingga Rp300.000.

hotel-dekat-ayana-gedong-songo
instagram.com/ayanagedongsongo

Baca juga : Tempat Wisata di Semarang

Ayana Gedong Songo Semarang sangat cocok bagi Anda yang sedang liburan di Candi Gedong Songo dan ingin mengabadikan momen liburan Anda di tempat yang indah nan instagenic.

Selain itu, tempat wisata ini juga sangat pas untuk menikmati waktu istirahat setelah menjelajah komplek Candi Gedong Songo.

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber dengan sangat memperhatikan ke-valid-an data-data nya. Oleh karena itu jika terdapat kekeliruan atau kesalahan informasi, kami harap Anda tidak keberatan untuk menyampaikannya pada kami.

Loading...

Tempat Wisata di Magelang

Wahyoeni
7 min read

Wisata Malam di Semarang

Wahyoeni
5 min read

Water Blaster Semarang

Hansar
4 min read

Tempat Wisata Bandungan

Wahyoeni
3 min read

Tempat Wisata di Semarang

Wahyoeni
4 min read

Guci Tegal

Hansar
5 min read