Bali Bird Park

Bali Bird Park adalah satu-satunya taman burung terbesar di Indonesia.

Berlokasi di Pulau Dewata, taman burung ini juga menyediakan aneka janis hewan lain yang kehidupannya bisa diamati dan dipelajari oleh para wisatawan.

Bali Bird Park atau taman burung Bali sering disebut juga sebagai kebun binatang murah di Bali.

Karena hanya dengan biaya yang tidak terlalu mahal, kita sudah bisa menikmati ribuan burung dari ratusan jenis serta hewan-hewan lainnya.

bali-bird-park-bali

via instagram.com/antihans

Bali Bird Park sangat cocok sebagai tujuan liburan bersama anak-anak. Selain keceriaan, si kecil juga akan mendapatkan pengetahuan baru tentang bermacam-macam burung dan satwa.

Yang juga menarik di tempat ini adalah adanya beberapa burung dan hewan langka yang tidak bakal ditemukan di tempat lain.

Karena itu bagi anda yang benar-benar hobi burung, mengunjungi taman burung Bali merupakan hal wajib yang harus dilakukan.

Nah, untuk menambah pengetahuan anda tentang taman burung bali, silahkan baca ulasan kami berikut ini.

Review Bali Bird Park

Tidak mengherankan kalau akhirnya Bali berhasil menyabet berbagai gelar di bidang pariwisata.

Gelar-gelar tersebut memang layak disandang karena Pulau Dewata selalu mampu membuat takjub para pelancong yang datang ke tempat-tempat wisatanya.

Tidak hanya menyediakan sarana rekreasi biasa yang dengan mudah bisa ditemukan di daerah lain, Bali juga berhasil menyedot perhatian para wisatawan lewat tempat-tempat wisata unik yang keberadaannya hanya bisa ditemukan di Pulau Dewata.

Salah satu tempat wisata yang langka dan sepertinya belum banyak dibangun di daerah lain adalah obyek wisata yang menawarkan pemandangan sejuk dan indah yang di dalamnya diisi oleh ribuan burung.

Di Bali, obyek wisata dengan nuansa seperti ini bisa kita temukan di kawasan Gianyar tepatnya di Desa Singapadu dengan nama Bali Bird Park.

Obyek wisata Bali Bird Park atau taman burung Bali sudah berdiri sejak tahun 1995.

Memakan lahan sekitar 2 hektar, tempat ini laksana surga bagi para pencinta burung.

Bali Bird Park saat ini memiliki setidaknya 1000 ekor burung dari 250 jenis. Selain itu, di taman ini juga terdapat sekitar 2000-an jenis tanaman tropis yang tumbuh dengan suburnya.

Bali Bird Park juga sering disebut sebagai kebun binatang murah di Bali.

Hal ini karena selain menjadi tempat penangkaran burung, taman ini juga menjadi tempat penangkaran hewan-hewan lain seperti ular, komodo, kadal, kura-kura, hingga iguana.

bali-bird-park-enrance-fee
via instagram.com/lovelynarwastu

Burung-burung yang ada di Bali Bird Park tidak hanya berasal dari daerah-daerah yang ada di Indonesia saja. Namun, di dalamnya juga bertengger berbagai rupa burung yang didatangkan dari Amerika dan Afrika.

Di Bali Bird Park juga akan kita temukan satu jenis burung langka yang menjadi icon Pulau Dewata. Burung yang dimaksud adalah Burung Jalak Bali yang keberadaannya paling menyedot perhatian pengunjung utamanya wisatawan mancanegara.

Taman burung Bali menjadi tempat yang pas untuk mengisi waktu senggang bersama semua anggota keluarga.

Tidak hanya disukai orang dewasa, taman ini juga akan menjadi tempat yang seru sebagai sarana bermain dan belajar anak-anak.

Karena selain dapat melihat-lihat burung, anda dan anak-anak juga bisa berinteraksi bersama para burung baik dengan ikut memberi makan hingga berfoto dengan burung-burung tersebut.

Atraksi dan Wahana Wisata

Selain melihat berbagai rupa dan jenis burung, mulai dari Burung Jalak Bali, Elang Jawa, Burung Kasuari, Parakeet dari Sumatera, Burung Beo, hingga Burung Makaw dari Amerika, di Bali Bird Park kita juga bisa melihat atraksi burung-burung tersebut.

Berikut ini beberapa atraksi di masing-masing wahana yang ada di Bali Bird Park:

Baca juga: Wisata adat Desa Penglipuran Bali

Atraksi Burung Terbang (Bali Rainforest)

bali-bird-park-ticket-price
via instagram.com/hananto.an

Yang pertama adalah atraksi yang dinamakan Bali Rainforest.

Atraksi ini menyuguhkan hiburan kepada pengunjung lewat atraksi yang dilakukan para burung berjenis makaw, kakaktua, hingga burung bangau.

Atraksi yang dipertontonkan berupa melihat burung-burung tersebut terbang dengan indahnya di sekitar kawasan wisata.

Atraksi Burung Menangkap Mangsa (Basic Instinc)

Atraksi bertajuk Basic Instinc ini akan mempertontonkan ketangkasan Burung Hantu dan Burung Elang saat mengawasi dan menangkap mangsanya.

Kita akan dengan jelas dapat melihat burung-burung pemangsa tersebut dengan lihai melakukan pengintaian, membidik dan akhirnya menerkam mangsanya.

Atraksi Guyu-Guyu Corner

bali-bird-park-review
via instagram.com/ijass25

Jika anda memimpikan untuk berfoto besama Burung Kakak Tua yang cantik dengan bulunya yang berwarna-warni, maka jangan lupa mengunjungi atraksi Guyu-Guyu Corner.

Di sinilah para wisatawan berkesempatan untuk berinteraksi dengan burung cantik tersebut sekaligus berfoto dengan mereka.

Selain Burung Kakak Tua, di wahana ini anda juga bisa berinteraksi dengan Burung Makaw yang berasal dari Amerika

Papua Rainforest Feed

Berbeda dengan atraksi di wahana Guyu-Guyu Corner, di wahana Papua Rainforest Feed ini anda bisa melihat Burung Cenderawasih yang merupakan burung khas Papua.

Tidak hanya melihat, anda bahkan bisa ikut memberi makan burung-burung tersebut bersama para pawang.

Wahana Burung Nuri (Lory Feeding)

taman-burung-bali
via instagram.com/majide058

Anda suka dan merupakan penggemar Burung Nuri? jika ia, datanglah ke wahana Lory Feeding di Bali Bird Park.

Di sinilah anda dan anak-anak bisa melihat berbagai rupa Burung Nuri sekaligus berinteraksi dengan mereka.

Meet The Bird Stars

Burung Kakak Tua Hitam dan Burung Rangkong adalah dua jenis burung yang bisa anda lihat di wahana atau atraksi Meet The Bird Stars ini.

Sama seperti di wahana sebelumnya, di sini anda juga bisa berinteraksi bersama burung-burung cantik tersebut.

Pelican Feeding

bali-bird-park-ubud
via instagram.com/abida_zurika

Yang unik dari Burung Pelican ini adalah ukuran paruhnya yang sangat panjang. Bahkan, burung ini diklaim sebagai burung yang memiliki paruh terpanjang di dunia.

Di wahana Pelican Feeding ini para pengunjung dapat melihat berbagai jenis Burung Pelican sambil melemparkan makanan ke arah burung pemakan ikan tersebut.

Baca juga: Tanjung Benoa Bali

Komodo Experience

Sesuai namanya di wahana ini anda dan pengunjung lainnya akan disuguhi atraksi saat para pawang sedang memberi makan kepada sekumpulan Komodo.

Namun tidak seperti di wahana yang lain, di sini para pengunjung tidak diizinkan untuk ikut memberi makan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4D Theatre

tiket-murah-bali-bird-park
via instagram.com/firstklass

Bali Bird Park juga menyediakan sebuah bioskop dengan teknologi 4D sebagai sarana hiburan dan edukasi bagi para pengunjung.

Di bioskop ini kita bisa menonton film bertema burung dengan layar 4 dimensi sehingga sensasi tontonan akan lebih nyata.

film-film yang disuguhkan selain menghibur, juga akan menambah pengetahuan kita tentang burung dan bagaimana seharusnya kita berinteraksi dengan mereka.

Selain menyaksikan atraksi di wahana-wahana di atas, di Bali Bird Park juga banyak spot-spot cantik yang bisa dijadikan background foto.

Karena itu sembari beraktifitas, anda dan keluarga bisa hunting foto di tiap wahana atau atraksi yang anda kunjungi.

Jadwal Pertunjukan

Wahana atau atraksi wisata di Bali Bird Park hanya bisa dinikmati pada waktu atau jadwal pementasan yang telah diatur pengelola.

Berikut ini jadwal pertunjukan selengkapnya di taman burung Bali:

AtraksiWaktu
Reptilarium09.00 – 17.00 WIB
Cinema 4D011.00 – 17.00 WIB
Guyu-Guyu Corner09.00 – 17.00 WIB
Bali Rainforest10.00 – 16.00 WIB
Basic Instinc11.00 – 15.00 WIB
Meet The Bird Star12.30 – 16.30 WIB
The Komodo Experience11.00 – 14.30 WIB
Pelican Feeding10.00 – 13.15 WIB
Papua Rainforest09.00 – 13.00 WIB
Lory Feeding09.00 – 17.00 WIB

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

alamat-taman-burung-bali
via instagram.com/thecompulsivetraveler

Alamat Bali Bird Park berada di Jln. Serma Cok Ngurah Gambir, Desa Singapadu, Batubulan – Gianyar, Bali.

Untuk sampai di lokasi wisata ini kita bisa menggunakan berbagai jenis transportasi baik itu roda dua ataupun roda empat karena kondisi jalan sudah sangat bagus.

Jika mengaksesnya dari arah Bandara Ngurah Rai, kita bisa melewati rute menuju lokasi melalui Jalan by pass Prof Ida Bagus Mantra.

Rute ini akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam jika kondisi jalan sedang lancar.

Kemudian Bali Bird Park juga bisa diakses dari arah Pantai Kuta. Dari sini, kita membutuhkan waktu tempuh sekitar satu setengah jam jika kondisi jalan sedang normal.

Di sekitar lokasi Bali Bird Park atau tidak jauh dari lokasinya juga akan kita temukan tempat-tempat wisata lainnya yang cukup menarik.

Tempat-tempat wisata yang dimaksud yaitu Bali Zoo, Ubud Monkey Forest, Hidden Canyon Beji Guwung, dan Pasar Seni Sukawati.

Jam Buka

Tempat wisata ini dibuka setiap hari baik di hari kerja ataupun hari libur.

Jam operasionalnya dimulai dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore.

HariJam Operasional
Setiap Hari09.00 – 17.00 WIB

Baca juga: Wisata Pantai Sanur Bali

Harga Tiket Masuk

tiket-masuk-bali-bird-park
via instagram.com/bagrationi89

Untuk memasuki Bali Bird Park kita diwajibkan membeli tiket masuk wisata seharga Rp. 150.000 untuk dewasa dan Rp. 75.000 untuk anak-anak.

Namun, anak-anak yang berumur di bawah 2 tahun bisa masuk tanpa membeli tiket masuk.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp. 150.000 (dewasa) – Rp. 75.000 (anak-anak > 2 tahun)

Selain itu bagi pengunjung yang datang berombongan juga akan mendapatkan pemandu atau guide wisata gratis.

Namun, jumlah rombongan yang masuk kategori adalah yang berjumlah minimal 20 orang.

Fasilitas Umum

Seperti tempat-tempat wisata pada umumnya, pengelola Bali Bird Park juga sudah menyiapkan fasilitas umum untuk memudahkan dan memberi kenyamanan pada pengunjung.

Fasilitas yang ada di tempat wisata ini yaitu area parkir, toilet, tempat ibadah, tempat makan, dan toko souvenir.

Hotel Terdekat

Bagi wisatawan luar Bali yang mungkin ingin menginap di sekitar kawasan Bali Bird Park, tidak jauh dari lokasi wisata ini ada beberapa hotel yang bisa dipilih.

Hotel-hotel tersebut diantaranya Alam Puri Art Museum & Resort, Sthala Ubud Bali, Puri Cili Villa Ubud, Santi Mandala, Villa D’Carik, dan Bali Taman Ubud.

Penginapan-penginapan di atas selain hanya berjarak 1 hingga 3 kilometer saja dari Bali Bird Park, juga menawarkan harga sewa yang tidak terlalu mahal.

Harga sewa kamar yang dipatok yaitu berkisar antara 200 ribu hingga 1 juta rupiah per malamnya.

penginapan-dekat-bird-park
via instagram.com/randykundi

Baca juga: Daftar Wisata Pantai di Bali

Bali Bird Park Bali sangat recomended untuk dikunjungi bersama semua anggota keluarga. Karena selain menghibur, taman burung Bali ini akan menambah pengetahuan kita tentang burung dan akan menambah kecintaan kita terhadap sesama makhluk ciptaan tuhan.

Loading...

Pantai Dreamland

Hansar
6 min read

Tanjung Benoa

Hansar
5 min read

Pantai Sanur

Hansar
7 min read

Pantai Kuta Bali

Hansar
5 min read

Pantai Melasti

Hansar
5 min read

Pantai Pandawa

Hansar
8 min read