Batu Flower Garden

Batu Flower Garden, Jawa Timur

Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur

6 Ulasan

Jawa Timur, khususnya Kota Malang dan Batu, terus menambah jumlah dan jenis destinasi wisata untuk memanjakan para pelancong.

Baru-baru ini tepatnya di tahun 2016, di Kota Batu telah dibuka sebuah tempat wisata bertajuk wisata alam dan wisata foto.

Obyek wisata yang dikenal dengan nama Batu Flower Garden ini sekarang telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kota Batu pada khususnya dan Jawa Timur pada umumnya.

batu-flower-garden-malang

Menarik untuk melihat lebih dekat obyek wisata yang satu ini. Kalau anda juga penasaran, mari baca ulasan lengkap tentang obyek wisata Batu Flower Garden Malang berikut ini.

Sekilas Batu Flower Garden

Kota Batu sebenarnya telah lama populer sebagai tujuan wisata setelah adanya beberapa obyek wisata seperti Jatim Park, Batu Night Spectacular dan juga wisata alam Coban Rais.

pengalaman-ke-batu-flower-garden
instagram/batuflowergarden.cobanrais

Tak ingin kepopuleran tersebut menurun, para penggiat pariwisata di kota ini terus berinovasi memunculkan berbagai macam tempat wisata baru sehingga hadirlah obyek-obyek wisata yang saat ini kita kenal salah satunya Batu Flower Garden.

Batu Flower Garden dibangun dengan konsep memadukan wisata alam dan wisata foto. Selain itu, tersedia juga berbagai macam wahana permainan untuk memberikan pilihan aktifitas bagi para pengunjungnya.

Batu Flower Garden terletak di lereng Gunung Panderman. Lokasinya berada di ketinggian sekitar 1000 mdpl sehingga sangat nyaman sebagai tempat bersantai melepaskan kepenatan.

Sambil menikmati sejuknya udara khas pegunungan, para wisatawan yang datang ke tempat ini bisa berburu foto di spot-spot yang telah di sediakan.

Setelah itu, para pelancong kemudian bisa menikmati keseruan di berbagai wahana permainan mulai dari yang menghibur hingga yang sedikit ekstrem.

Wahana Batu Flower Garden

Ada banyak sekali wahana yang bisa dicoba pengunjung di tempat wisata ini. Karena kosepnya memang perpaduan antara alam dan wisata foto, maka aktifitas di tempat ini juga sebagian besarnya tidak jauh-jauh dari kegiatan berburu foto.

Berikut ini beberapa wahana dan aktifitas populer di Batu Flower Garden Coban Rais Malang :

1. Wahana Gardu Pandang

wahana-batu-flower-garden
instagram/batuflowergarden.cobanrais

Ada berbagai macam bentuk gardu pandang yang disediakan pengelola. Salah satunya yang paling diminati para pengunjung adalah gardu pandang yang berbentuk tulisan “I Love U”.

Saking banyaknya peminat gardu pandang yang satu ini, para pengunjung bahkan harus rela antri berjam-jam untuk bisa mencoba berfoto di atasnya.

Untuk berfoto pengunjung bisa memanfaatkan jasa fotografer yang sudah disiapkan di lokasi.

Namun jika pengunjung ingin lebih puas, pengunjung juga diizinkan untuk mengambil foto sendiri dengan kamera mereka setelah membayar retribusi sebesar Rp10.000.

Berfoto dengan bantuan fotografer juga dikenakan biaya sebesar Rp10.000 per satu kali foto. Jadi memang sebaiknya anda siapkan kamera sendiri saja dan bisa berfoto sepuasnya.

2. Wahana Ayunan Ekstrem

Ada dua jenis ayunan yang tersedia di obyek wisata Batu Flower Garden. Ayunan pertama merupakan ayunan ekstrem yang akan sedikit menguji adrenaline pengujung karena saat menaikinya, pengunjung akan belayang di atas jurang sedalam 50 meter.

Meski cukup menakutkan, namun ayunan ekstrem ini juga cukup banyak peminatnya. Untuk berfoto di atas ayunan ekstrem ini, pengunjung harus membayar biaya sebesar Rp10.000.

Kemudian ada ayunan khusus anak yang desain dan ketinggiannya menyesuaikan agar aman untuk dinaiki anak-anak.

Nah bagi anda yang datang bersama si kecil, maka ayunan anak ini bisa dicoba sebagai salah satu spot foto yang cukup unik.

Daya tarik berfoto di ayunan ini adalah anda bisa menikmati sensasi melayang sambil berfoto dengan background jurang dan aneka macam pepohonan hijau.

3. Wahana Hammock

batu-flower-garden-hammock
instagram/batuflowergarden.cobanrais

Wahana yang satu ini hampir selalu kita temukan di setiap tempat wisata yang menyajikan keindahan alam dan spot foto sebagai daya tariknya.

Wahana hammock di Batu Flower Garden bentuknya bermacam-macam. Ada yang disusun bertingkat, dan ada juga yang hanya berupa sebuah hammock sebagai tempat istirahat.

Yang sering dijadikan spot foto adalah hammock yang dibuat bersusun karena rupanya di wahana ini para pengunjung bisa melakukan berbagai gaya berama-ramai dengan teman-teman mereka.

Selain itu ada juga hammock mini yang disediakan khusus untuk anak-anak.

Untuk menikmati suasana santai ataupun berfoto di atas berbagai jenis hammock, para pengujung akan dikenai biaya sewa wahana sebesar Rp15.000 hingga Rp20.000.

Baca juga : Jatim Park 2 Batu Malang

4. Wahana Sky Bike

Wahana Sky Bike ini adalah salah satu wahana ekstrem yang cukup menguji adrenaline.

Di wahana ini pengunjung akan menaiki speda yang seolah berjalan di udara namun sebenarnya berjalan di atas sling baja.

Para pengujung bisa menikmati keindahan bunga-bunga di Batu Flower Garden dari atas wahana Sky Bike ini.

Selain itu, berfoto di atas Sky Bike juga tidak kalah menariknya karena dapat menghasilkan gambar atau foto yang cukup unik.

5. Wahana Balon Udara

batu-flower-garden-salju
instagram/batuflowergarden.cobanrais

Wahana terakhir yang juga cukup populer sebagai tempat berfoto di Batu Flower Garden Coban Rais Malang adalah wahana balon udara.

Seperti namanya, wahana ini berbentuk replika balon udara lengkap dengan tempat penumpang dan juga balonnya.

Meskipun hanya replika, namun jika pandai mengambil angle yang tepat, foto anda di wahana ini akan terlihat benar-benar seperti sedang melayang bersama balon udara.

Selain kelima wahana populer di atas, di Batu Flower Garden masih ada puluhan wahana lain yang bisa dicoba. Wahana tersebut antara lain Tree Top, Eskimo, Kursi Terbang, Climbing, ATV offroad dan ATV mini.

namun semua wahana yang ada di tempat wisata ini mengharuskan anda untuk mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli tiket wahana.

jadi sebelum berangkat ke batu flower garden, siapkan saja budget liburan yang cukup agar anda bisa mencoba seluruh wahana.

Baca juga : Bhakti Alam Pasuruan Jawa Timur

Alamat Batu Flower Garden

Lokasi Batu Flower Garden berada di tempat yang tidak terlalu sulit untuk dijangkau.

Alamatnya berada di Oro-oro Ombo, Kehutanan, Batu, Kota Batu, jawa Timur.

Untuk mengakses lokasinya dari pusat Kota Malang, anda hanya memerlukan waktu berkendara tak lebih dari 1 jam dengan jarak tempuh sekitar 20 kilometer.

Sedangkan apabila diakses dari pusat Kota Batu, maka jaraknya hanya sekitar 6 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu tak lebih dari 20 menit.

Rute ke Batu Flower Garden

alamat-batu-flower-garden
instagram/batuflowergarden.cobanrais

Obyek wisata Batu Flower Garden juga tidak jauh dari lokasi obyek wisata lainnya di Kota Batu seperti Jatim Park, Museum Angkut, dan Batu Night Spectacular.

Jadi untuk rute jalan ke obyek wisata ini juga bisa disamakan dengan rute jalan ke obyek wisata yang lain.

Salah satu cara ke Batu Flower Garden adalah dengan naik angkot kode AMH dari Jalan Trunojoyo ke arah Jalan Raden Tumenggung Suryo 4.

Setelah sampai di jalan ini, pengunjung silahkan berganti angkot dengan menaiki angkot kode CKL ke arah Jalan Tlogosari.

Nah dari Jalan Tlogosari ini, pengunjung harus berganti angkot lagi dan naik angkot kode KL yang mengarah ke Jalan Raya Dadaprejo.

Sesampainya di jalan ini, pengunjung harus berjalan kaki atau naik ojek ke lokasi wisata Batu Flower Garden karena kendaraan roda empat tidak bisa masuk langsung ke lokasi wisata.

Baca juga: Taman Safari Prigen Pasuruan

Jam Buka Batu Flower Garden

batu-flower-garden-coban-rais-malang
instagram/batuflowergarden.cobanrais

Obyek wisata ini tetap dibuka baik pada hari kerja ataupun hari libur. Jam buka pada hari kerja dan hari libur sedikit berbeda dengan selisih 1 jam.

Hari KunjunganJam Operasional
Senin – Jum’at08.00 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu07.00 – 16.00 WIB

Jam buka Batu Flower Garden pada hari kerja dimulai pada jam 8 pagi. Sedangkan pada weekend, jam bukanya dimulai lebih awal yaitu pada jam 7 pagi.

Baca juga: Sumber Maron

Harga Tiket Masuk Batu Flower Garden

Obyek wisata ini berada di dalam kawasan yang dikelola oleh Perhutani. Jadi tiket masuk yang harus dibayar pengunjung pun terhitung dua kali yaitu tiket masuk Perhutani dan tiket masuk kawasan wisata.

Jenis TiketHarga
Tiket Kawasan PerhutaniRp10.000
Tiket WisataRp25.000

Selain itu, untuk bisa menikmati setiap wahana yang ada, para pengunjung juga harus membayar tiket wahana dengan harga sebagai berikut :

WahanaHarga Tiket
AyunanRp10.000
Gowes AirRp20.000
PinusRp10.000
Spider HammockRp20.000
Hammock TowerRp20.000
Flying HammockRp20.000
Gowes MiniRp20.000
Ayunan MiniRp10.000
Tree TopRp35.000
EskimoRp15.000
SmurffyRp15.000
GantoleRp50.000
Three AngleRp35.000
AppleRp15.000
The HobbittonRp25.000
Gardu I Love URp10.000
Kursi TebingRp15.000
Torii YukiRp20.000
Indian HouseRp20.000
Trampoline MiniRp20.000
ATV MiniRp45.000
ATV OffroadRp65.000
Balon UdaraRp20.000
BogesRp20.000
ClimbingRp25.000
PlaygroundRp25.000

Kemudian di lokasi parkir, para pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi juga harus membayar retribusi parkir sebesar Rp2.500 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Fasilitas Umum Batu Flower Garden

Fasilitas umum yang tersedia di tempat wisata ini juga sudah cukup memadai. Pengelola Batu Flower Garden sudah menyediakan fasilitas antara lain Area Parkir, Mushola, Toilet, Warung Makan, dan Camping Ground.

harga-tiket-flower-garden-malang
instagram/batuflowergarden.cobanrais

Baca juga : Tempat Wisata di Malang

Batu Flower Garden Malang sangat cocok untuk tujuan berlibur muda-mudi yang sedang hobi-hobi-nya berburu foto.

Namun demikian, para pengunjung dewasa dan rombongan keluarga juga bisa saja datang ke tempat ini karena suasananya yang cukup nyaman sebagai tempat wisata keluarga.

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber dengan sangat memperhatikan ke-valid-an data-data nya. Oleh karena itu jika terdapat kekeliruan atau kesalahan informasi, kami harap Anda tidak keberatan untuk menyampaikannya pada kami.

Belajar Bahasa Inggris

6 Ulasan untuk Batu Flower Garden, Jawa Timur

  1. Okey kali ini sedikit review tempat wisata. Kebetulan hari minggu kemarin @bangilphotographer pergi ke Batu Flower Garden. Lokasinya ga seberapa jauh sih sekitar 15 kilometer dari kota Malang. Batu Flower Garden atau disingkat BFG berada di area coban Rais. Dari tempat parkir kita harus berjalan kurang lebih 1 kilo hingga sampai loket (disediakan ojek wisata dengan tarif 10rb bisa untuk 2org). Disini yang dijual spot foto ya, tiket masuknya 25rb dan dapat free 2 spot foto yang sudah ada fotografernya untuk spot foto yang lain harganya bervariasi dari 10-60rb. Sekali lagi yang dijual oleh BFG adalah spot foto, jadi kita gabisa foto di lokasi spot pake hp / kamera karena di tiap spot harus bayar dan telah disediakan fotografer (sekali foto kita akan di jepret beberapa kali dan nanti disuruh memilih yang paling bagus). Setelah foto kita akan diarahkan keruang file untuk mengambil file foto tadi, tiap spot yang kita bayar gratis 1 file foto dari fotografer, kalo misalnya kita ingin beli file tambahan akan dikenakan biaya 5rb per file. Hal yang kurang adalah terkadang parkir di area dalam masih tersedia namun pengunjung diarahkan untuk parkir diluar area dan disambut oleh ojek wisata yang sedikit memaksa. Untuk toilet dan tempat ibadah saya rasa cukup bagusn📷 @bangilphotographer

  2. Terlalu…..Ada bbrp keluhan utk pengelola :n1. Terlalu komersil. Setiap spot foto hrs berbayar. Mulai 15rb sampai 50rb per org ! Padahal terdapat 43 titik spot foto…n2. Saat msk awal kita sdh ditarik biaya masuk dan biaya parkir dan saat mau msk di dlm area msh ditarik lagi tiket msk !n3. Tukang ojek nya selalu menakut nakuti pengunjung dgn mengatakan kl jaraknya jauh sampai 1 km. Padahal kl jalan jg ngga terlalu jauh. Dan mrk selalu ngebut mengendarai motornya, kenyamanan pejalan kaki jd terganggu. Mohon diberikan jalur tersendiri yg terpisah antara motor dan pejalan kaki.

  3. Batu Flower Garden dibangun dengan konsep memadukan wisata alam dan wisata foto. Selain itu, tersedia juga berbagai macam wahana permainan untuk memberikan pilihan aktifitas bagi para pengunjungnya. Batu Flower Garden terletak di lereng Gunung Panderman. Lokasinya berada di ketinggian sekitar 1000 mdpl sehingga sangat nyaman sebagai tempat bersantai melepaskan kepenatan. Sambil menikmati sejuknya udara khas pegunungan, para wisatawan yang datang ke tempat ini bisa berburu foto di spot-spot yang telah di sediakan. Bukit Flower Garden ini termasuk sebuah wisata yg menawarkan berbagai macam spot foto menarik, berada di area Coban Rais tepatnya di atas bukit Coban Rais. Areanya dikelilingi dengan tanaman” dan pepohonan yg membuatnya terlihat sangat rindang, asri dan suasananya menyejukkan bikin nyaman banget. Untuk masuk ke taman wisata ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar 25rb dan dapat free 2 spot foto yg sudah ada fotografernya. Untuk wahana dan spot” lainnya harganya bervariasi mulai dari 10 ribu sampai 60 ribu. Karena di area ini yg dijual adalah spot fotonya jadi disediakan fotografer dan para pengunjung diperbolehkan pose beberapa kali dan hasil foto yg bagus bakalan dijadikan satu file, jika pengunjung ingin menambah file dikenakan biaya 5 ribu per file nya. Wahana” dan spot” yg keren disini ada banyak, antara lain :n- kebun bungan- gardu pandang bertuliskan i love un- spot loven- hammock gardenn- hammock towern- flying hammockn- spider hammockn- ayunann- sky biken- tree topn- tree housen- smurffyn- eskimon- applen- three anglen- indian housen- trampoline minin- kursi tebingn- the hobbitionn- climbingn- torii yokin- balon udaran- skycampn- gantolen- atv offroadn- atv minin- playgroundn- camping groundn nJuga dilengkapi dengan adanya fasilitas Musholla, warung makan, toilet dan area parkir yg luas. 😊

  4. Tempat liburan yang cocok untuk keluarga. Banyak pilihan spot foto. Namun, karena waktu itu saya dan kawan-kawan mengincar air terjun, jadi kami hanya lewat saja dan tidak masuk ke spot foto. Di kompleks wisata ini, Kita disuguhkan berbagai macam bunga dengan tatanan yang berbeda pada setiap spotnya. Bagi anda yang tertarik untuk membeli bunga, tersedia tempat yang menjual berbagai jenis bunganya di dekat pos ojek bagian atas. Juga dapat ditemukan tanaman kaktut disini.

  5. Terletak di jalan Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Tempat wisata ini juga masih satu lingkup dengan coban rais,selain itu tempat wisata ini masih tergolong sangat-sangat baru pasalnya baru dibuka pada tahun 2016 sekitaran bulan september. Pertama kali masuk disuguhkan dengan keindahan spot foto yang keren-keren bertemakan alam,tidak heran jika tempat wisata ini setiap harinya ramai pengunjung. Harga tiket masuk kekawasan wisata ini sangat murah sekali hanya Rp 8000 per orang nya sedangkan untuk biaya parkir kendaraan motor cukup membayar 2500 saja. Untuk jam opersaionalnya kawasan wisata ini mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Kekurangan kawasan tempat wisata ini yaitu mengenai kendaraan roda empat yang tidak bisa mengakses jalan utama menuju tempat ini. Bagi wisatawan yang ingin membawa kamera DSLR dikenai biaya sebesar 15.000 Rupiah yang tidak mempunyai kamera tersebut tenang karena pihak pengelola sudah menyediakan jasa fotografer yang dikenakan biaya sebesar 10.000 Rupiah. Tips jika berkunjung ketempat ini yaitu…jangan datang diwaktu weekend karena tempat ini sangat padat pengunjung yang membuat ngantri berswafoto dan waktu yang pas menuju kedarah ini adalah ketika sore hari menjelang sunset atau saat hendak tutup.

  6. Pingback: Septi Blog

Leave a Reply