Bhakti Alam

Bhakti Alam, Jawa Timur

Jalan Bhakti Alam, Kemang, Ngembal, Pasuruan, Jawa Timur

5 Ulasan

Jika sedang berlibur di Jawa Timur jangan sampai lupa untuk mengunjungi Bhakti Alam Pasuruan.

Terlebih bagi yang datang bersama rombongan keluarga, tempat ini adalah salah satu obyek wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi.

Bhakti Alam tidak hanya menawarkan panorama alam yang indah. Lebih dari itu, obyek wisata ini juga dapat menambah pengetahuan pengunjung lewat beberapa wahana edukasi yang dimilikinya.

Wahana-wahana nya pun dikemas dengan konsep yang menyenangkan sehingga akan sangat disukai oleh pengunjung khususnya anak-anak.

bhakti-alam-pasuruan

Semakin tak sabar kan, untuk berkunjung ke Bhakti Alam ? Nah sebelum itu, mari simak dulu ulasannya berikut ini.

Bhakti Alam

Obyek wisata ini sebenarnya sudah ada sejak lama.

Namun, ketenarannya memang baru terdengar belakangan ini setelah banyaknya pengunjung yang memposting foto-foto keindahannya di media sosial.

Menurut sumber yang sangat bisa dipercaya, Bhakti Alam sudah berdiri dan menjadi salah satu tujuan berlibur warga Pasuruan dan sekitanya sejak tahun 1992.

Bhakti Alam mengusung konsep wisata bertema agrowisata yang di dalamnya berisi aneka macam wahana alam dan permainan.

Areal nya mencakup kawasan seluas 300 hektar yang terbagi menjadi beberapa wahana alam seperti taman bunga, kebun buah-buahan, dan area satwa.

Sementara untuk wahana permainan, obyek wisata ini menyediakan area outbound, kolam renang mini, ATV dan berbagai macam wahana permainan lainnya.

Wahana dan Aktifitas di Bhakti Alam

Berlibur ke tempat ini akan memberikan pengalaman wisata yang sangat memuaskan.

Para pengunjung yang datang bisa melakukan berbagai kegiatan menarik seperti berikut ini :

1. Mengelilingi Kebun Buah dan Sayuran

bhakti-alam-nongkojajar
instagram.com/bhakti_alam

Tak hanya berkeliling tanpa tujuan. Namun aktifitas ini akan memberikan cukup banyak pengetahuan kepada pengunjung mengenai berbagai macam jenis buah-buahan dan sayuran.

Aktifitas berkeliling kebun ini juga menggunakan kereta wisata sehingga pengunjung tidak perlu khawatir akan kelelahan.

Di sepanjang perjalanan, para pengunjung akan ditemani oleh pemandu wisata yang siap menunjukkan ataupun memberi edukasi terkait tanaman yang ada di seluruh areal perkebunan.

Bahkan di akhir perjalanan, pengunjung pun bisa mencoba berbagai rasa buah-buahan seperti buah Naga, Semangka, hingga Melon.

2. Hunting Foto

spot-foto-bhakti-alam
instagram.com/bhakti_alam

Aktifitas yang satu ini memang tidak bisa terpisahkan dari perjalanan liburan seseorang.

Mengetahui hal itu, pengelola Bhakti Alam sudah mengantisipasinya dengan menyediakan cukup banyak spot sebagai background foto.

Diantara spot yang tersedia di tempat wisata ini, spot taman bunga sangat menjanjikan untuk dicoba karena di sana ada berbagai macam jenis dan warna bunga yang cukup cantik sebagai bacground foto.

Selain itu, di sekitar taman bunga juga sudah tersedia aneka bentuk property lucu dan unik yang sering dijadikan latar foto oleh pengujung seperti patung buah, replika es, bunga “love”, dan lain sebagainya.

3. Mengunjungi Area Satwa

Bhakti Alam juga menyediakan wahana satwa yang berisi beberapa hewan jinak seperti Domba, Kelinci, dan hewan jinak lainnya.

Yang menarik adalah para pengunjung diizinkan untuk berinteraksi langsung dengan hewan-hewat tersebut seperti memberi makan ataupun berfoto bersama hewan.

Baca juga : Batu Flower Garden

4. Belajar Memerah Susu Sapi

Bagi pengunjung yang penasaran dan ingin mencoba memerah susu sapi, di Bahkti Alam juga sudah tersedia tempatnya.

Bahkan bukan hanya dijadikan sebagai wahana dan tempat praktik memerah susu sapi saja, namun Bhakti Alam ternyata punya pabrik pengolahan susu sapi sendiri.

Olahan susu sapi yang bisa ditemukan dan dicicipi pengujung salah satunya ialah yogurt. Hasil pemasaran berbagai olahan susu sapi inilah yang ternyata menjadi pemasukan tambahan bagi pengelola dan karyawan Bhakti Alam.

5. Kolam Renang Khusus Anak

kolam-renang-mini-bhakti-alam
instagram.com/bhakti_alam

Setelah membawa anak-anak berkeliling kebun buah ataupun memerah susu sapi, menemani mereka bermain air di kolam renang khusus anak ini sepertinya ide yang tepat.

Kolam renang ini di desain dengan bentuk yang imut dan dicat warna-warni untuk memberi kesan ceria kepada anak-anak.

Jangan lupa memberi waktu beberapa menit bagi anak-anak untuk menikmati waktu di kolam renang ini.

6. Outbound Bhakti Alam Pasuruan

Di area outbound para pengunjung bisa mencoba berbagai macam permainan seperti ATV, Flying Fox, hingga naik Kuda.

Selain itu, tersedia juga wahana Gokart dengan lintasan cukup panjang dan berliku yang pastinya sangat menantang.

7. Trik Art 3D

outbound-bhakti-alam
instagram.com/bhakti_alam

Wahana ini juga menjadi salah satu spot foto atau selfie yang tidak boleh dilewatkan. Ada banyak lukisan 3D yang bisa di-eksplore untuk menghasilkan foto yang benar-benar unik dan menarik.

Alamat Bhakti Alam Pasuruan

Obyek wisata ini beralamat di Desa Ngembal, Tutur Nangkojajar, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

Lokasinya berada di antara Kota Surabaya dan Malang dengan jarak 40 kilometer dari Malang dan 90 kilometer dari Surabaya.

Jam Buka Bhakti Alam

Obyek wisata ini setiap harinya mulai beroperasi dari pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore. Pengunjung bisa datang kapan saja kecuali hari Senin karena pada hari tersebut Bhakti Alam tidak dibuka alias libur.

HariJam Operasional
Selasa – Minggu08.00 – 15.00 WIB

Harga Tiket Masuk Bhakti Alam

alamat-bhakti-alam
instagram.com/bhakti_alam

Untuk memasuki obyek wisata ini pengunjung diwajibkan membeli tiket masuk dengan harga sebagai berikut :

Baca juga: Kebun Raya Purwodadi Pasuruan

HariHarga Tiket
Selasa – Jum’atRp50.000
Weekend dan Hari Libur NasionalRp55.000

Selain tiket masuk, pengunjung juga harus membayar retribusi parkir dengan ketentuan sebagai berikut :

Alat TransportasiHarga Parkir
Sepeda MotorRp2000
MobilRp5000
BusRp20.000

Selain itu, beberapa wahana dan fasilitas di tempat wisata Bhakti Alam Nongkojajar ini juga hanya bisa dinikmati setelah membayar tiket wahana dengan rincian harga sebagai berikut :

WahanaHarga Tiket
ATVRp35.000
Pacu KudaRp25.000
Buggy CarRp35.000
Kandang KelinciRp10.000
Pain BallRp50.000

Tiket masuk dan tiket wahana Bhakti Alam memang lumayan mahal. Namun tenang saja, harga mahal yang pengunjung bayar akan sepadan dengan kepuasan dan pengalaman liburan yang didapatkan.

Dengan tiket masuk tersebut pengujung juga akan mendapatkan banyak aktifitas dan fasilitas gratis seperti naik kereta wisata saat berkeliling perkebunan, mencoba berbagai buah-buahan, gratis 1 gelas jus buah, dan berkunjung ke pusat souvenir.

Baca juga: Liburan keluarga ke Kebun Teh Wonosari Malang

Fasilitas Bhakti Alam

Fasilitas umum yang tersedia di tempat wisata ini sudah cukup memadai. Fasilitas tersebut antara lain area parkir, mushola, toilet, kereta wisata, rumah makan, barak, penginapan, dan camping ground.

Untuk penginapan pilihannya cukup bervariasi mulai dari penginapan dengan harga sewa Rp500.000 per malam hingga penginapan mewah dengan harga sewa sebesar Rp1.000.000 per malam.

harga-tiket-masuk-bhakti-alam
instagram.com/bhakti_alam

Baca juga : Tempat Wisata di Surabaya

liburan ke Jawa Timur jangan hanya mengunjungi taman bermain seperti Jatim Park 2 atau Eco Green Park di Kota Batu saja. Namun, sesekali cobalah datang ke Kota Pasuruan dan nikmatilah agrowisata Bhakti Alam Pasuruan.

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber dengan sangat memperhatikan ke-valid-an data-data nya. Oleh karena itu jika terdapat kekeliruan atau kesalahan informasi, kami harap Anda tidak keberatan untuk menyampaikannya pada kami.

5 Ulasan untuk Bhakti Alam, Jawa Timur

  1. Salah satu wisata edukasi di daerah Purwosari Pasuruan. Bagus tempatnya, banyak tanaman buah2an yg dibudidayakan disini, ada Jambu Air, Belimbing, Kelengkeng, Mangga,dll. Disini juga paling banyak tanaman buah Durian dari lokal maupun jenis import. Tiket masuk 55rb (weekend). Nyampe lokasi lgsung diantar keliling perkebunan sambil naik Bis wisata sambil dijelaskan sama guidenya. Di beberapa spot, disuguhkan tester beberapa jenis buah2an dan jus buah yg lagi panen. Cuma harganya lumayan mahal ketimbang beli di luar. Namun worthit lah krn semua buah barusan dipetik. Ada taman air yg bisa dipakai anak2 utk bermain dan bagi yg suka foto2, ada juga spot 3D Trick Artnya dan Free.

  2. Wisata kebun buah dan edukasi yang sangat luasnya sekitar 60 Ha, selain itu juga ada peternakan kambing etawa dan kuda. nTanaman yang ada terdiri dari Durian, Mangga, Belimbing, Rambutan, Klengkeng dan Melon baik varietas lokal maupun luar. nUntuk tur keliling lokasi perkebunan memggunakan bus dan ada guide nya yang menjelaskan seputar kebun dan tanaman yang ada. nAda area makanan dan wahana bermain buat anak anak.

  3. Review Bhakti AlamnnBhakti Alam ada di sekitaran Kawasan Purwodadi, Pasuruan. Menuju lokasi, jalannya menanjak. Tapi tidak perlu khawatir, mobil matic pun bisa naik dengan tenang. Selama ini bhakti alam dikenal dengan duriannya. Namun, musim durian hanya di bulan Februari-April saja. Diluar itu ada durian tapi kecil-kecil. Namun sebenarnya bhakti alam sangat bagus, alamnya. Bisa menyegarkan mata setelah banyak melihat lampu merah atau cabe di rumah. Masuk ke Bhakti Alam tidak mahal, kalau tidak salah, 50ribu per-orang waktu weekend. Karena belum datang musim durian, yang bisa dinikmati hanya:n1. Sentra yoghurt dan susu. Sayangnya susunya hanya rasa vanilla. Tidak ada rasa lain seperti strawberry, orange atau capuccino.n2. Pemandangan. Didalam di sediakan bus mengantar pengunjung dari satu titik ke titik lainnya. Tidak perlu khawatir tidak dapat bus, karena tim BA selalu sedia membantu. Menariknya, selama di dalam bus ada guide yang menjelaskan tentang BA dan aktivitasnya.n3. Jenis tanaman buah. Di BA, ada jambu, klengkeng, dan buah lain.n4. Green house, isinya aneka sayur yang di biakkan. Boleh dibawa pulang, dengan membayar tentunya. Kolam renang anak-anak dan dewasan6. Cottage area. Ada area cottage, yang berarti bisa bermalam di BA, sambil mendengarkan cebong bernyanyi 😄n7. Area souvenir dan oleh-oleh. Sayangnya, souvenirnya kurang variasi dan oleh-olehnya juga bisa di dapat di daerah Pasar Lawang. Jadi kurang istimiwir. Kafe. Lelah berkeliling, ada kafe untuj melepas lelah dan makan siang. Menunya bermacam-macam. Namun karena durian idola gagal di dapat, kita pulang dengan langkah lemes 😆😆😆😆

  4. Bagus,bersih,terhitung murah dgn fasilitas icip2 dan naik kereta kelinci keliling kebun. ada naik kuda,beri makan ternak,outbond dikenakan biaya lagi tp terjangkau

  5. Cocok untuk wisata anak-anak, kolam airnya bagus buat mereka. Kalau buat orang dewasa sih.. kayaknya kurang menantang

Leave a Reply