Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu, Yogyakarta

Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta

5 Ulasan

Bukit Lintang Sewu menjadi salah satu pilihan tempat wisata romantis di Jogja yang bisa Anda kunjungi.

Terkhusus bagi pasangan muda mudi dan pengantin baru, bulan madu di bukit ini nampaknya akan sangat berkesan.

Bukit Lintang Sewu menawarkan keindahan alam yang dibalut hutan pinus dan pohon kayu putih. Deretan pegunungan yang berdiri gagah di balik bukit, menampilkan sensasi keindahan yang sulit digambarkan.

Belum lagi adanya berbagai bentuk spot foto selfie, menjadikan tempat ini sangat pas bagi Anda yang hobi hunting foto kece nan Instagramable.

bukit-lintang-sewu-jogja

Nah, sebelum berangkat ke Bukit Lintang Sewu, mari baca dulu ulasan lengkapnya berikut ini.

Bukit Lintang Sewu Jogja

Yogyakarta memang tak pernah kehabisan tempat-tempat indah untuk memikat hati para wisatawan.

Tak cukup dengan menghadirkan obyek wisata Puncak Becici dan Pinus Pengger, Jogja kini punya obyek wisata baru bernama Bukit Lintang Sewu.

Meski saat ini masih dalam proses pengembangan, tapi tempat ini sudah menyedot perhatian banyak wisatawan hingga memadati lokasinya setiap hari.

Bukit Lintang Sewu yang berlokasi di daerah Dlingo, Bantul ini menawarkan sensasi romantis berwisata di atas ketinggian.

Dengan lokasinya yang berjarak kurang lebih 345 meter dari permukaan laut, dari sana kita bisa menyaksikan keindahan kota Jogja di malam hari.

Perbukitan yang awalnya bernama Watu Asih ini diselimuti hutan pinus dan pohon kayu putih.

Itulah yang membuat kawasannya terasa sangat alami dan berhawa sejuk.

Belum lagi di kejauhan sana, kita bisa menikmati gagahnya Gunung Merbabu, Perbukitan Menoreh, Gunung Sumbing, dan Gunung Merapi.

Konsep yang diusung tempat wisata ini adalah perpaduan keindahan alam dan spot foto kekinian.

Karean itulah saat berada di lokasi, selain keindahan alam kita juga bisa menjajal spot-spot fotonya yang Instagenic.

Banyak yang mengatakan bahwa spot-spot foto di tempat ini berbeda dari tempat-tempat wisata sejenis.

Jadi meskipun sudah pernah ke Puncak Becici ataupun ke Pinus Pengger, sensasi yang akan Anda dapatkan di Bukit Lintang Sewu tetaplah berbeda dari keduanya.

Aktifitas Wisata Menarik

bukit-lintang-sewu-glamping
Sumber gambar: instagram.com/bukitlintangsewu

Beragam aktifitas wisata bisa kita lakukan saat berkunjung ke Bukit Lintang Sewu. Berikut ini diantaranya:

Bersantai

Indahnya suasana dan kesejukan udara di lokasi bukit ini dapat menjadi media relaksasi alami untuk menyegarkan fikiran.

Saat tiba di kawasan wisata, jangan lupa nikmatilah waktu santai beberapa menit sebelum melakukan aktifitas yang lebih aktif.

Di sini ada beberapa tempat duduk berupa gazebo sebagai tempat istirahat. Kita bisa bersantai ataupun bercengkerama dulu berama teman ataupun pasangan.

Hunting Foto

Ada banyak spot foto di tempat ini yang bisa kita eksplore. Dipastikan memori handphone ataupun kamera akan terisi penuh setelah pulang dari tempat ini.

Beberapa spot foto yang tidak boleh terlewatkan yaitu spot foto tapak raksasa, rumah pohon, tugu watu asih, dan spot payung warna-warni.

Selain itu ada juga spot sapu terbang, rumah terbalik, dan spot lampu hias yang menampilkan cahaya warna-warni di malam hari.

Spot foto dengan ornamen membetuk bintang yang ada di dekat taman bunga juga tak boleh dilewatkan.

Selain cukup menarik dan cantik, spot ini juga menjadi icon wisata Bukit Lintang Sewu.

Camping

Jika ingin menikmati malam yang romantis di bukit ini, sebaiknya luangkan waktu libur yang cukup agar bisa berkemah atau camping di area camping ground.

Di sini sudah tersedia area camping yang cukup luas, yang dihiasi pemandangan alami di sekitarnya.

Namun saat ini belum tersedia penyewaan tenda camping. Jadi bagi yang berencana untuk camping, maka harus menyiapkan sendiri perlengkapannya dari rumah.

Update:

Saat ini di Bukit Lintang Sewu sudah ada fasilitas glamping atau glamour camping. Jadi bagi yang lupa membawa tenda camping, bisa menyewa glamping dengan tarif sekitar Rp. 200.000 permalam.

Seperti namanya, glamping ini menawarkan sensasi camping dengan tenda dan fasilitas yang cukup mewah. Tendanya juga cukup besar sehingga mampu menampung sekitar 6 orang.

Pentas Seni

Yang cukup menarik dan mungkin akan menjadi pembeda tempat wisata ini dengan tempat wisata serupa, adalah keberadaan sebuah arena atau panggung seni.

Di waktu-waktu tertentu, di area ini bisa kita saksikan pertunjukan beberapa kesenian seperti seni tari hingga wayang orang.

Panggung pentas seninya pun dibuat cukup unik yaitu dengan memanfaatkan potongan-potongan kayu yang dikelilingi ornamen-ornamen berbentuk lancip.

Alamat

bukit-lintang-sewu-malam-hari
Sumber gambar: instagram.com/bukitlintangsewu

Lokasi Bukit Lintang Sewu berada di Karang Asem, Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Dari pusat kota Jogja atau kawasan Malioboro, tempat ini bisa dicapai dalam waktu kurang lebih 1 jam berkendara dengan jarak tempuh sekitar 25 kilometer.

Rute Jalan Menuju Lokasi

Meski bisa dikatakan cukup jauh dari pusat kota, namun ke tempat ini sebenarnya cukup mudah.

Rutenya bisa melalui Terminal Giwangan ke arah Jalan Imogiri, lalu jalan terus setelah sampai di persimpangan hutan pinus.

Dari sini Bukit Lintang Sewu sudah dekat yakni hanya berjarak kurang lebih 500 meter saja.

Jam Buka

Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 4 pagi hingga pukul 10 malam.

HariJam Operasional
Setiap Hari04.00 – 22.00 WIB

Rekomendasi waktu kunjungan terbaik adalah pada sore hingga malam hari karena di waktu itulah kita bisa menyaksikan moment sunset hingga bintang gemintang di malam hari.

Meski begitu, datang pada pagi ataupun siang hari juga bukan pilihan yang buruk lebih-lebih jika ingin puas meng-eksplore spot-spot foto yang ada.

Baca juga: Pule Payung Jogja

Harga Tiket Masuk

jam-buka-bukit-lintang-sewu
Sumber gambar: instagram.com/bukitlintangsewu

Memasuki tempat wisata terbaru di Jogja ini kita tidak perlu mengeluarkan biaya mahal.

Cukup menyiapkan uang sebesar Rp. 2.500 saja untuk membeli tiket masuk, kita sudah bisa menikmati wisata romantis di Jogja ini.

JenisHarga
Tiket MasukRp. 2.500
Sewa Lahan CampingRp. 15.000 per hari

Sementara bagi yang ingin berkemah atau camping, tarif sewa lahannya juga cukup murah yaitu hanya Rp. 15.000 saja per harinya.

Fasilitas Umum

Tempat ini tidak hanya dilengkapi spot foto tapi juga fasilitas umum yang memadai.

Selain area parkir yang cukup luas, di sini juga sudah ada fasilitas gazebo, mushola, toilet, dan area outbound.

Yang menggembirakan, fasilitas-fasilitas di atas bisa kita gunakan secara gratis.

Baca juga: Indahnya wisata Kalibiru di Jogja

Obyek Wisata Dekat Bukit Lintang Sewu

bukit-lintang-sewu-dlingo-bantul
Sumber gambar: instagram.com/bukitlintangsewu

Selain Pinus Pengger dan Puncak Becici, Bukit Lintang Sewu juga cukup dekat dari beberapa tempat wisata lain yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi.

Beberapa tempat wisata sebagai alternatif tujuan wisata selanjutnya yang dekat dari tempat ini diataranya Pintoe Langit Dahromo, Hutan Pinus Asri, dan Hutan Pinus Mangunan serta Kebun Buah Mangunan.

Tips Mengunjungi

Di bawah ini adalah beberapa tips wisata yang bisa diikuti saat berkunjung ke Bukit Lintang Sewu:

  1. Tempat ini hanya menyedikan lahan camping tanpa fasilitas penyewaan tenda. Jadi kalau berniat camping, maka siapkan tenda dan peralatan lainnya dari rumah.
  2. Selain masih sedikit, fasilitas warung makan hanya buka pada saat weekend saja. Jadi bagi yang datang di hari kerja, sebaiknya bawa makanan dari rumah.
  3. Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Hindari menggunakan sepatu berhak tinggi karena akan menyulitkan Anda saat naik ke lokasi bukit.
  4. Bagi yang datang bersama anak kecil, jangan sekali-kali dibiarkan sendirian karena di lokasi masih ada beberapa tebing yang belum dipasangi pagar pembatas.
  5. Yang paling penting, sebelum berangkat cek dulu kondisi kesehatan badan serta kondisi kendaraan untuk menghindari gangguan di lokasi wisata ataupun saat di perjalanan.

Baca juga: Daftar tempat wisata di Jogja

Meski masih dalam proses pengembangan dan pembenahan, Bukit Lintang Sewu Jogja sangat recomended sebagai tujuan berlibur di akhir pekan.

Utamanya bagi para muda mudi yang sedang hobi-hobinya berfoto, tempat ini adalah salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi.

Belajar Bahasa Inggris

5 Replies to Bukit Lintang Sewu, Yogyakarta

  1. Masih satu manajemen dengan kawasan Seribu Batu Songgo Langit, Bukit Lintang Sewu ini juga menawarkan kemping bertaraf internasional, namanya glamourous camping (glamping). nnAda beberapa glamping yang bisa disewa. Setiap glamping dilengkapi dengan fasilitas standar hotel dan menawarkan pemandangan yang ciamik dari teras belakangnya. Kita bisa menikmati sunset dengan pemandangan lanskap kota jogja yang berkelip-kerlip. nnSelain glamping, ada juga tenda biasa yang bisa kita sewa dengan fasilitas toilet bersama yang modern. Fasilitas lainnya yakni resto yang cukup besar, lesehan di bawah pepohonan dan lampu-lampu dekoratif, candle light dinner, dan jeep tour. nnAda juga ruang pertemuan semi terbuka dengan fasilitas lengkap seperti LCD, sound sistem, dsb. Kalau mau outbond, tempat ini lumayan mendukung (minus flying fox).nnSelain beragam fasilitas lengkap tadi, yang menarik di sini adalah adanya beberapa spot instagramable berlatar belakang perbukitan maupun lanskap kota Jogja.nnTempat ini recommended banget kalau buat seru-seruan bareng teman maupun keluarga.

  2. Tempat wisata baru di bantul, masih dikawasan hutan pinus dlingo. Banyak spot foto, tempat luas dan disewakan glamping byat 6 orang. Tenda tenda kecil buat camping juga tersedia dengan view yang bagus. Sejuk, tersedia toilet dan warung makan dilokasi. Mushola juga bagus sejuk buat beribadah. Biaya parkir dan masuk terjangkau dan murah. Wisata alam yang bagus untuk rileksasi otak dan badan setelah bekerja. Recomended

  3. Aku seperti pulang ke desa yang kucinta, negeri diatas awan. Penduduknya sudah seperti keluarga karena beberapa kali aku ada event disini dan kulibatkan mereka sebagai model. Selain itu aku sudah sering kesini 15 tahun silam untuk memberi pekerjaan kepada perajin bambu disini. Aku seperti punya kakek dan nenek karena banyak perajin bambu yang sudah sepuh. Terimakasih untyk masyarakat yang selalu menyambut dengan tangan terbuka dan penuh sayang😍🤗

  4. Pertama kali kesini langsung ikut acara tahun baru dan udh booking glamour camp. Pelayanan ramah walaupun kamar mandinya terpisah tetapi tetap nyaman dan sangat berkesan tempatnya. Foodcourt jg sangat bersih menu tradisional ada.Tempatnya sejuk.

  5. Tempatnya bagus banget…masih baru…spotnya masih sedikit tapi asyik…disana ada tempat penginpannya juga yang disewakn buat yang pengen nginep diarea hutan ini…ada fasilitas toilet yang bersih serta mushola serta ada foodcourtny juga harganya juga murah2…tiket masukny aja masih Rp.3k perorang…rekomen banget buat liburan n refrsehing pokok e..top markotop

Leave a Reply