Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo adalah salah satu situs sejarah yang saat ini juga difungsikan sebagai obyek wisata sejarah oleh para wisatawan yang ada di Semarang ataupun yang berasal dari luar kota.

Di hari-hari libur, kawasan Candi Gedong Songo ini biasanya akan ramai oleh lalu lalang pengunjung yang datang bersama teman, pasangan, ataupun keluarga mereka.

Nah, pada kesempatan ini kami dari tim konten wisatabagus akan mengabarkan kepada Anda mengenai obyek wisata Candi Gedong Songo.

candi-gedong-songo-semarang

Apa saja yang ada di tempat ini, alamatnya di mana, berapa harga tiketnya, hingga apa saja kegiatan wisata yang bisa kita lakukan di situs bersejarah yang sangat megah ini.

Karena itu, yuk, baca terus sampai tuntas.

Candi Gedong Songo

Tak dimungkiri bahwa keberadaan Candi Gedong Songo telah menjadi daya tarik yang mengundang banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang ke kota Semarang.

Obyek wisata yang terletak di kaki Gunung Ungaran ini laksana serpihan surga yang menawarkan semua hal yang bisa dilakukan para pelancong untuk mengisi waktu libur mereka.

Selain menikmati kemegahan bangunan candi, wisatawan juga dapat menenangkan diri di kawasan pegunungan yang sangat sejuk dan bersih ini.

Candi Gedong Songo berada di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

candi-gedong-songo-ungaran

Dengan letak kawasan yang terhitung cukup tinggi tersebut, hawa udara di tempat ini lumayan dingin, suhunya mencapai 19 sampai 27 derajat celcius. Karena itu jika datang ke sini, jangan lupa untuk membawa jaket atau mengenakan pakaian hangat.

Candi Gedong Songo memiliki 9 bangunan candi yang tersebar di beberapa titik di dalam kawasannya.

Antara bangunan candi yang satu dengan lainnya berjarak sekitar 200-300 meter dengan akses berupa jalan setapak yang lumayan cukup bagus.

Untuk berpindah dari satu bangunan candi ke bandungan candi lain, beberapa wisatawan biasanya akan menyewa kuda untuk menghemat tenaga.

Sejarah Penemuan Candi Gedong Songo

sejarah-candi-gedong-songo

Kawasan Candi Gedong Songo pertama kali ditemukan oleh seorang pria belanda bernama Sir Thomas Stamford Raffles.

Pria yang juga berjasa dalam pengembangan obyek wisata Kebun Raya Bogor tersebut saat itu menemukan komplek Candi Gedong Songo sekitar tahun 1740 dengan bangunan candi yang hanya berjumlah 7 buah.

Selepas itu tepatnya pada tahun 1908, seorang pria yang berkewarganegaraan sama dengan Raffles juga menemukan 2 bangunan candi di kawasan yang sama ketika melakukan penelitian terhadap peninggalan-peninggalan purbakala.

Sejak saat itu, komplek percandian ini kemudian dibenahi oleh pemerintah Hindia Belanda dan dilanjutkan oleh pemerintah Indonesia selepas kemerdekaan.

candi-gedong-songo-semarang-jawa-tengah

Penamaan komplek percandian ini dengan nama Gedong Songo diambil dari bahasa jawa dan terkait dengan jumlah bangunan candi yang ada.

Gedong berarti bangunan dan songo berarti 9. Jadi, Gedong Songo bisa diartikan bangunan sembilan atau sembilan candi ataupun candi sembilan.

Lebih lanjut mengenai asal usul Candi Gedong Songo ini, menurut catatan sejarah bahwa yang membangunnya adalah raja Mataram kuno dari wangsa Syailendra yaitu Putera Sanjaya yang berkuasa sekitar abad ke 7.

Saat itu bangunan candi ini digunakan sebagai sarana pemujaan dewa-dewa dalam kepercayaan Hindu yang memang lekat dengan kepercayaan raja-raja zaman dulu.

Hingga saat ini, keberadaan patung-patung dewa itupun masih bisa ditemukan di dalam bangunan candi. Patung-patung tersebut misalnya patung siwa mahaguru, ganesha, dan patung siwa mahakala.

gambar-candi-gedong-songo

Aktifitas Wisata di Candi Gedong Songo

Meski hanya sebuah kawasan percandian, namun liburan ke Candi Gedong Songo bisa memberikan kita pilihan aktifitas yang beragam.

Selain menikmati uniknya arsitektur bangunan candi, kita juga bisa melakukan berbagai hal seru untuk mengisi waktu.

Berikut beberapa kegiatan menarik di Candi Gedong Songo :

1. Melihat Sumber Bio Energy Terbaik se-Asia

bio-energi-candi-gedong-songo

Mungkin masih jarang yang mengetahui bahwa di sekitar kawasan Candi Gedong Songo ada sebuah area yang menjadi sumber bio energy terbaik se-Asia.

Meskipun bagi sebagian orang area ini mungkin tidak ada nilai keindahannya sama sekali, namun di sini kita bisa melihat dan mempelajari seperti apa sumber dan bentuk bio energy tersebut.

Secara kasat mata area ini biasanya akan dipenuhi oleh kepulan-kepulan asap yang bersumber dari sebuah lubang tempat bio energy tersebut berada.

2. Berkemah

Tidak jauh dari kawasan candi ada sebuah area yang biasanya digunakan sebagai lokasi berkemah para pendaki gunung. Jika Anda ingin menikmati indahnya panorama alam di kawasan ini saat malam hari, maka Anda juga bisa menginap di bumi perkemahan tersebut.

3. Mandi air hangat

pemandian-air-panas-candi-gedong-songo

Di antara candi 4 dan candi 5 ada sebuah pemandian air hangat yang bisa dijadikan tempat untuk merelaksasi tubuh.

Selain sehat, pemandian air hangat tersebut juga mengandung belerang sehingga bermanfaat untuk Anda yang mengidap penyakit kulit.

Untuk menikmati sensasi berendam di pemandian air hangat, para pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp5000.

4. Menunggang Kuda

Komplek percandian Gedong Songo yang sangat luas akan sangat melelahkan apabila dijelajahi hanya dengan berjalan kaki.

naik-kuda-di-candi-gedong-songo

Karena itu, di sini juga sudah disiapkan kuda-kuda yang bisa disewa pengujung agar lebih mudah untuk melakukan penjelajahan ke setiap sudut kawasan percandian.

Kuda-kuda ini bisa disewa dengan biaya mulai dari Rp25.000 saja. Meski begitu, biaya sewa bisa naik bergantung pada seberapa jauh dan lama Anda menggunakan kuda-kuda tersebut.

Yang mengasikkan selama berkeliling Anda akan didampingi oleh seorang pemandu yang akan memberi penjelasan atau informasi-informasi penting terkait Candi Gedong Songo.

5. Berburu Foto di Taman Ayana Candi Gedong Songo

Setelah puas mengelilingi kawasan Candi Gedong Songo, Anda selanjutnya bisa bercengkrama dengan keluarga di taman Ayana Gedong Songo.

ayana-candi-gedong-songo

Taman ini adalah wahana terbaru yang dibangun di kawasan Candi Gedong Songo untuk menambah daya tariknya di mata wisatawan.

Di taman ini, Anda bisa berburu foto-foto cantik di beberapa spot foto yang sudah disediakan. Ada juga spot balon udara raksasa yang menarik untuk dicoba.

Untuk memasuki taman Ayana ini Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp20.000. kemudian jika ingin mencoba wahana balon udara, Anda harus membayar karcis sebesar Rp50.000.

Alamat Candi Gedong Songo

Komplek Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran. Alamat lengkapnya berada di Desa Candi, Bandungan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Untuk sampai di kawasan Candi Gedong Songo dari pusat kota Semarang, Anda harus melakukan perjalanan cukup jauh yakni sekitar 37,8 kilometer. Perjalanan dari pusat kota ke kawasan candi bisa memakan waktu kurang lebih satu setengah jam.

alamat-candi-gedong-songo

Jam Buka Candi Gedong Songo

Anda bisa datang ke kawasan Candi Gedong Songo baik di hari kerja ataupun hari libur. Obyek wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 06.30 WIB sampai pukul 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Candi Gedong Songo

Untuk memasuki kawasan Candi Gedong Songo, para wisatawan yang berasal dari tanah air akan dikenakan biaya pembelian tiket masuk seharga Rp6000. Sedangkan untuk wisatawan asing, harga tiketnya agak lebih mahal yakni sebesar Rp50.000 per orang.

Harga tiket masuk ini tidak termasuk tiket untuk menikmati beberapa fasilitas ataupun mengikuti beberapa paket wisata yang disediakan di tempat ini.

Misalnya kalau ingin mengikuti paket wisata ke air panas, maka Anda harus membayar biaya lagi sebesar Rp60.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp70.000 untuk wisatawan asing.

tiket-masuk-candi-gedong-songo

Lalu jika ingin mengikuti paket wisata ke candi II, maka tambahan biaya sebesar Rp40.000 harus dibayarkan oleh wisatawan lokal dan Rp50.000 untuk pelancong asing.

Yang terakhir jika ingin ikut dalam paket wisata candi songo, tarifnya sebesar Rp70.000 untuk wisatawan lokal dan Rp90.000 untuk wisatawan mancanegara.

Tabel Harga Tiket Masuk Wisata Candi Gedong Songo

Jenis TiketWisatawan Lokal (Harga)Wisatawan Asing (Harga)
Tiket MasukRp6000Rp50.000
Paket Wisata Air PanasRp60.000Rp70.000
Paket Wisata Candi IIRp40.000Rp50.000
Paket Wisata Candi SongoRp70.000Rp90.000

Fasilitas di Candi Gedong Songo

Fasilitas umum di tempat wisata Candi Gedong Songo ini tentunya tidak perlu diragukan lagi. Selain dilengkapi dengan fasilitas umum yang biasa kita temukan di setiap obyek wisata, di sini juga sudah ada beberapa penginapan seperti villa, resort dan juga hotel.

fasilitas-candi-gedong-songo

Baca juga : Tempat Wisata di Semarang

Berlibur ke tempat wisata Candi Gedong Songo Semarang adalah ide yang tepat untuk mengisi waktu libur bersama keluarga. Selain menikmati indahnya panorama alam khas gunung ungaran, di tempat ini Anda juga bisa mempelajari banyak hal terutama kisah sejarah para leluhur zaman dulu.

Loading...

Guci Tegal

Hansar
5 min read

Tempat Wisata di Boyolali

Wahyoeni
4 min read

Eling Bening

Hansar
4 min read

Ayana Gedong Songo

Hansar
4 min read

Watu Gunung

Wahyoeni
3 min read

Pantai Menganti Kebumen

Hansar
4 min read