Candi Ratu Boko

Anda senang dengan tempat-tempat bersejarah yang bisa membawa Anda melanglang buana ke masa-masa silam yang penuh misteri ?

Jika iya, datanglah ke salah satu tempat wisata di jojga yakni Candi Ratu Boko. Di sana Anda akan menemukan sebuah situs bersejarah yang menjadi saksi bisu kejayaan wangsa syailendra saat menjadi penguasa kerajaan Mataram kuno.

Selain mempelajari kisah sejarah, di sana Anda juga bisa bersantai, berburu spot-spot foto cantik, hingga berburu sunset.

Nah seperti apa situs ini dan adakah hal-hal menarik lain yang bisa Anda lakukan dalam rangka kunjungan wisata ? yuk, simak ulasan kami mengenai Candi Ratu Boko di bawah ini.

candi-ratu-boko-jogja

Candi Ratu Boko

Kota Jogja adalah kota yang indah. Begitulah pengakuan orang-orang yang pernah tinggal di kota yang berjuluk kota gudeg tersebut.

Selain menjadi pusat ilmu pengetahuan, Jogja juga kaya akan tempat-tempat bersejarah baik itu berupa peninggalan zaman penjajahan dan juga peninggalan kerajaan zaman dulu yang pernah hidup di Nusantara.

Salah satu peninggalan sejarah yang bisa Anda temukan dan kunjungi saat liburan ke Jogja, adalah Candi Ratu Boko. Candi atau lebih tepatnya istana ini terletak di sleman, tidak jauh dari komplek Candi Prambanan.

Sejarah Candi Ratu Boko

sejarah-candi-ratu-boko

Menyarikan dari beberapa sumber yang kami jadikan referensi, Candi atau istana rabu Boko ini awalnya adalah sebuah wihara atau tempat pengasingan diri yang dibangun oleh rakai penangkaran.

Rakai panangkaran sendiri adalah seorang raja yang kala itu memimpin kerajaan Mataram kuno. Ia bermarga syailendra dan tercatat menjadi raja mataram kuno sekitar tahun 770 masehi.

Karena pergulatan batin dan keinginannya untuk memfokuskan diri menjalani kehidupan spiritual, rakai panangkaran akhirnya mengundurkan diri dari tahta kerajaan dan membangun wihara yang dikenal dengan nama wihara abhayagiri.

Kemudian mengenai asal usul penamaan tempat ini dengan nama Ratu Boko, sumbernya adalah dari cerita legenda yang dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Ratu Boko yang jika diartikan secara harfiah bermakna raja bangau, merupakan ayah dari loro jonggrang. Kisah atau legenda loro jonggrang inilah yang kemudian dikaitkan dengan bangunan yang ada di komplek ini.

Daya Tarik Candi Ratu Boko

mitos-candi-ratu-boko

Komplek Candi Ratu Boko yang memiliki luas sekitar 250.000 meter persegi ini terdiri dari beberapa bangunan yang tersebar di empat titik berbeda.

Jika Anda menjelajah tempat ini secara keseluruhan, maka Anda akan menemukan sebuah lapangan, paseban, kolam, batu berumpak, Candi pembakaran dan gapura utama di bagian tengah.

Sementara di bagian tenggara, komplek ini diisi oleh bangunan berupa 3 Candi, keputren, kolam, pendopo dan beberapa balai-balai kecil.

Lalu ada juga stupa budha, kolam, dan komplek gua yang terletak di bagian timur. Sedangkan di bagian barat, tempat ini hanya berupa perbukitan tanpa ada satupun bangunan.

sunrise-candi-ratu-boko

Kawasan Candi Ratu Boko ini terletak di ketinggian sekitar 196 meter dari permukaan laut. Suasana di sini terasa sejuk sehingga sangat bersahabat untuk dijadikan tempat berlibur.

Dari sini, beberapa bagian Candi Prambanan dan gunung merapi serta sebagian kota Yogyakarta juga bisa terlihat dengan jelas.

Lalu saat sore menjelang, dari sini Anda juga bisa melihat dan mengabadikan momen-momen tenggelamnya matahari melalui sebuah area yang disebut sebagai petilasan prabu rakai panangkaran.

Aktifitas Menarik di Candi Ratu Boko

Komplek Candi Ratu Boko yang indah serta diisi oleh berbagai macam benda bersejarah tentunya memberikan pilihan aktifitas wisata yang beragam.

Karenanya jika berkesempatan datang ke tempat ini, maka jangan untuk mengisi waktu Anda dengan berbagai kegiatan seru berikut ini :

1. Belajar Sejarah

stupa-candi-ratu-boko

Candi Ratu Boko memiliki segala hal yang bisa dijadikan petunjuk untuk mengungkap sejarah zaman dulu, utamanya mengenai sejarah kerajaan Mataram kuno.

Jika Anda gemar mempelajari kisah-kisah sejarah, selain mengamati benda-benda yang ada di komplek ini, Anda juga bisa mengorek keterangan lebih lanjut dengan bertanya pada beberapa guide atau pemandu wisata yang ada di tempat ini.

2. Mencoba Air Suci Sumur Amerta Mantana

sumur-amerta-mantana-candi-ratu-boko

Sumur ini berada tidak jauh dari bangunan Candi pembakaran. Sumur yang penuh misteri ini konon telah berisi mantra hingga memiliki khasiat tersendiri yang membuat siapapun akan mendapatkan keberuntungan setelah mencobanya.

Terlepas dari benar atau tidaknya mitors tersebut, keberadaan sumur ini mampu menarik perhatian banyak wistawan yang secara bergantian melihat dan mencoba airnya.

3. Hunting Foto

spot-foto-candi-ratu-boko

Banyaknya bangunan dan benda-benda unik di komplek Candi Ratu Boko sangat menarik untuk dijadikan obyek foto ataupun latar foto.

Spot-spot foto yang bisa Anda pilih antara lain di gerbang atau pintu masuk utama, di sekitar stupa, di area kolam besar, di muka goa lanang, dan di petilasan prabu rakai panangkaran.

Selain terlihat menarik, foto-foto yang Anda hasilkan di tempat ini juga akan terlihat unik dengan nuansa kolosal yang begitu kental.

Baca juga : Sindu Kusuma Edupark Jogja

4. Berburu Sunset

sunset-candi-ratu-boko

Banyak yang mengatakan bahwa di Jogja hanya ada 3 tempat yang mampu menyajikan keindahan fenomena sunset dengan sangat sempurna.

Tempat-tempat tersebut adalah pantai Indrayanti, gunung Nglanggeran, dan spot sunset yang ada di komplek Candi Ratu Boko ini.

Karenanya jika Anda juga suka melihat dan mengabadikan sunset, maka saat sore tiba segeralah bergeser ke area petilasan dan tunggulah momen-momen indah tenggelamnya matahari.

Suasana saat itu sangat romantis, tak kalah dengan suasana yang bisa Anda dapatkan jika berkunjung ke tempat-tempat wisata romantis di Jogja lainnya.

6. Menikmati Keindahan Candi Prambanan dan Eksotisnya Kota Jogja

wisata-dekat-candi-ratu-boko

Sebelumnya telah disinggung bahwa dari lokasi Candi Ratu Boko ini kita bisa melihat dengan jelas keindahan Candi Prambanan dan sebagian kota Jogja dengan segala kesibukan penduduknya.

Nah setelah puas berkeliling mengunjungi bangunan-bangunan yang ada di komplek Candi Ratu Boko, selanjutnya Anda bisa mengisi waktu dengan duduk santai sambil menikmati indahnya landscape Candi Prambanan ataupun ke-eksotisan kota Jogja.

Agar lebih nikmat, jangan lupa sediakan beberapa camilan dan juga minuman hangat sebagai teman santai Anda.

Alamat Candi Ratu Boko

Komplek Candi atau istana rabu Boko beralamat di Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika Anda datang dari arah kota Jogja, maka ambillah jalur ke solo dan berhenti di pertigaan pasar Prambanan.

Nah dari pertigaan ini, lanjutkan perjalanan Anda ke kanan sampai menemukan papan penunjuk yang akan menuntun Anda sampai ke lokasi Candi Ratu Boko.

Jarak pertigaan pasar Prambanan sampai adanya papan penunjuk jalan tersebut kurang lebih hanya 3 kilometer.

Jam Buka Candi Ratu Boko

jam-buka-candi-ratu-boko

Candi Ratu Boko dibuka untuk kunjungan wisatawan mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB setiap harinya. Namun jika Anda ingin suasana yang lebih eksotis, maka datanglah saat sore hari sebelum tenggelamnya matahari.

Saat-saat tersebut adalah waktu yang paling pas untuk datang ke tempat ini karena pada saat itulah kawasan ini akan terlihat lebih indah dengan pantulan cahaya jingga yang menyeruak dari sela-sela bangunan.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Untuk menikmati segala keindahan dan jejak sejarah yang ada di Candi rabu Boko, pengunjung harus membayar tiket masuk yang sebagian dananya akan digunakan untuk perawatan bangunan yang ada di komplek ini.

tiket-masuk-candi-ratu-boko

Tiket masuk Candi Ratu Boko dijual dengan harga Rp25.000 untuk pengunjung dewasa, Rp10.000 untuk anak-anak, dan 13 dollar untuk wisatawan asing.

Selain tiket langsung, ada juga tiket terusan ke Candi Ratu Boko yang dijual di Candi Prambanan. Dengan harga sekitar Rp40.000 sampai Rp50.000, dari Prambanan Anda akan diantar menggunakan shuttle bus ke komplek Candi Ratu Boko.

Tabel Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Pengunjung / Jenis TiketHarga
DewasaRp25.000
Anak-anakRp10.000
Wisatawan Asing$13
Tiket Terusan (Prambanan – Ratu Boko)Rp40.000 – Rp50.000

Baca juga : Tempat Wisata di Jogja

Candi Ratu Boko Jogja bisa menjadi alternatif destinasi wisata Anda bersama keluarga saat berada di Jogja. Jika pun belum puas dengan apa yang ada di Candi Ratu Boko, masih ada banyak tujuan wisata dekat Candi ini sebagai tujuan berikutnya.

Loading...

Pantai Sundak

Hansar
5 min read

Pantai Sepanjang

Hansar
4 min read

Pantai Wediombo

Hansar
5 min read

Pantai Nglambor

Hansar
4 min read

Pantai Siung

Hansar
3 min read

Pantai Pok Tunggal

Hansar
4 min read