Chinatown Bandung

Kampung China atau yang sering disebut kawasan Pecinan ternyata punya daya tarik tersendiri sebagai tempat wisata. Seperti kawasan wisata Chinatown Bandung yang semakin viral dan mendapat kunjungan banyak wisatawan setiap harinya.

Chinatown Bandung menjadi pelengkap daftar tempat wisata yang bisa kalian kunjungi di kota Bandung. Di sana kalian bisa bersantai di areal yang China banget, berburu kuliner, hingga hunting foto. Yuk, simak ulasan kami mengenai Chinatown Bandung yang merupakan tempat wisata baru di Bandung berikut ini.

chinatown-bandung-2019
via instagram/chinatownbandung

Chinatown Bandung

Kawasan pecinan yang sekarang dikenal dengan nama Chinatown Bandung ini sebenarnya bukanlah satu-satunya kawasan pecinan yang ada di kota Bandung. Selain kawasan ini, masih ada beberapa kawasan pecinan lain seperti yang ada di Jalan Kebonjati, Jalan Pecinan Lama, Kawasan Pasar Andir, dan Jalan Garujati.

Jadi lebih kurang ada lima tempat di Bandung yang dijadikan pemukinan China, yaitu di empat tempat yang sudah disebutkan tadi, ditambah satu lagi yaitu di kawasan Chinatown Bandung.

Namun dari kelima kawasan pecinan tersebut, memang yang paling menarik perhatian dan terbukti cocok sebagai tempat nongkrong adalah yang ada di kawasan Chinatown bandung. Kawasan pecinan yang berada di jalan kelenteng ini entah secara alami atau sengaja dibuat, memang memiliki kelebihan dari kawasan pecinan Bandung lainnya.

Itulah yang menyebabkan Chinatown Bandung ini kemudian mulai terkenal dan mencuri hati para pelancong, apalagi setelah banyaknya foto maupun video suasana di Chinatown Bandung yang di-share di media sosial, ketenarannya semakin memuncak dan tersebar tak hanya di kalangan wisatawan lokal saja tapi juga mancanegara.

tiket-chinatown-bandung
via instagram/chinatownbandung

Apa yang diwarkan oleh tempat wisata Chinatown Bandung ini adalah suasana khas pemukiman china yang sederhana namun tetap indah dengan ornamen-ornamen pendukungnya yang ke-china-china-an. Sepeda ontel dan lampion adalah salah dua contoh property yang ada di sana yang akan membuat kalian merasa seolah sedang berada di negara China alih-alih di Bandung.

Belum lagi bangunan-bangunan rumah, toko, restoran, jembatan dan lain-lainnya yang memang dibuat sangat mirip dengan yang ada di China. Ada juga ornamen khas China tempo dulu, barang antik dan patung tentara-tentara China yang juga meramaikan khazanah per-China-an tempat ini.

Yang bisa kalian lakukan di sini dalam rangka berwisata ada banyak sekali, namun sebagaimana motto dari Chinatown Bandung yang tertuang juga di halaman depat situs daring milik mereka yakni di chinatownbandung.com, tempat wisata ini sebenarnya lebih menonjolkan atau dengan diharidkan sebagai tempat berburu spot foto dan kuliner.

Ragam menu kuliner yang ada di kawasan chinatown bandung tentunya ada banyak sekali, mulai dari segelas kopi, hingga makanan dan minuman khas ala china.

Kemudian di sini tersedia banyak sekali spot berfoto, semuanya terlihat unik dan instagramable tatkala dijadikan background foto. Lebih detil mengenai spot foto ini akan diulas di bagian paling bawah artikel ini.

chinatown-bandung-alamat
via instagram/chinatownbandung

Selain berburu foto dan kuliner, di kawasan chinatown bandung juga akan kalian temukan banyak penjual souvenir atau pernak-pernik khas kawasan pecinan. Ada kurang lebih sekitar 77 UKM yang menggelar lapak dan menjajakan dagangan mereka di kawasan chinatown ini setiap harinya.

Jadi setelah puas berkeliling mencoba spot-spot foto yang tersedia dan juga menyantap ragam menu kuliner yang ada, sebelum pulang kalian bisa membeli beberapa cinderamata di pusat souvenir sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga di rumah.

Ya, secara keseluruhan tempat ini sangat asik sebagai tujuan wisata. Tak mengherankan jika saat ini pengunjungnya bukan warga local saja melainkan juga wisatawan dari luar kota bahkan mancanegara.

Lokasi Chinatown Bandung

Cukup mudah untuk menemukan lokasi Chinatown Bandung. Kawasannya berada tidak jauh dari pusat kota Bandung yakni sekira 5,5 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 23 menit berkendara. Alamat lengkapnya ada di Jl. Kelenteng no.41, Ciroyom, Andir, Kota Bandung.

Sementara jika kebetulan kalian sedang berlibur di tempat wisata lainnya di bandung seperti Dago Dream Park, Dusun Bambu Lembang, The Lodge Maribaya, ataupun Farmhouse Lembang, maka jika ingin berkunjung ke Chinatown Bandung, kalian memerulakan waktu sekitar satu jam perjalanan berkendara dengan jarak tempuh kurang lebih 17,9 kilometer.

menu-makanan-chinatown-bandung
via instagram/chinatownbandung

Kemudian mengenai rute ke Chinatown Bandung juga mudah sekali dan tersedia dalam beberapa pilihan rute. Rute utama yang bisa kalian lewati yaitu melalui arah astana Anyar menuju arah jalan Kelenteng, kemudian berhenti setelah menemukan gapura bertuliskan kawasan pecinan kelenteng. Dari sini, lanjut terus hingga menemukan tempat ibadah yang bernama Vihara Samudra Bakti.

Nah tidak jauh dari rumah ibadah tersebut, kalian akan menemukan kawasan Chinatown Bandung ditandai dengan adanya bangunan berbentuk gedung pertemuan berwarna merah tua. Itulah tempat yang kalian tuju, Chinatown Bandung.

Harga tiket masuk Chinatown Bandung

Untuk memasuki kawasan wisata Chinatown Bandung kalian tidak perlu biaya mahal. Harga tiket masuk Chinatown Bandung adalah sebesar Rp. 10.000 per orang di hari kerja, dan Rp. 20.000 per orang di hari libur.

Ada perbedaan harga memang karena pengunjung yang datang saat weekdays dan weekend jumlahnya terpaut cukup banyak. Ya maklumlah ini adalah bagian dari strategi marketing pengelola untuk memperoleh pendapatan yang lebih besar, wajar.

Dan, yang perlu juga kalian ketahui, harga tiket di atas tentunya belum termasuk biaya parkir dan juga biaya sewa atau penggunaan spot-spot yang nanti ada di dalam. Seperti biasa, kalian siapkan saja dana tambahan.

chinatown-bandung-instagram
via instagram/chinatownbandung

Lalu perihal jam operasional atau jam buka Chinatown Bandung, kalian bisa berkunjung dan menjelajah semua spot yang ada di tempat ini mulai pukul 10.00-21.00 WIB. Banyak yang merekomendasikan untuk datang pada sore hingga menjelang malam karena suasananya di tempat ini akan jauh lebih indah dan romantis.

Fasilitas Chinatown Bandung

Fasilitas Chinatown Bandung tentunya tidak perlu diragukan lagi. Selain fasilitas umum seperti area parkir, toilet, serta tempat ibadah, di sana juga tersedia banyak fasilitas dalam bentuk wahana berfoto dan kuliner. Pokoknya kalian pasti puas dan tidak akan menyesal telah ke sana.

Penginapan Chinatown Bandung

Bagi kalian yang datang dari luar kota dan ingin menginap, di sekitar kawasan wisata Chinatown Bandung ada banyak pilihan hotel yang bisa kalian sewa. Harga sewanya tentu beragam sesuai fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan.

Hotel-hotel ini ada yang letaknya berseberangan langsung dengan lokasi Chinatwon Bandung, jadi kalian akan lebih leluasa tatkala inging mengakses tempat wisata.

Informasi penginapan murah di bandung beserta fasilitasnya bisa kalian dapatkan di situs penyedia booking hotel seperti traveloka, tripadvisor, ataupun pegipegi.

tiket-masuk-chinatown-bandung-2018
via instagram/chinatownbandung

Objek Menarik dan Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Nah sampailah kita ke bagian yang mungkin paling ditunggu oleh sebagain dari kalian. Di sini ada beberapa objek menarik beserta aktivitas yang bisa kalian lakukan. Berikut ini diantaranya:

Berfoto dengan Background Rumah Khas China

Di sini ada rumah-rumah khas China dengan hiasan dan pernak-pernik pendukung yang akan membuat foto kalian kelihatan unik dan menarik. Cobalah berpose dengan berbagai gaya di depan rumah ini sampai medapatkan hasil foto yang memuaskan.

Berfoto di Tengah Area Penuh Lampion

Ini menarik nih, kalian bisa berfoto di tengah ramainya kampung pecinan yang di sana-sini nya dihiasi lampion yang menggantung. Mengatur agar fokus kamera mengenai tubuh kalian dan agak memblurkan bagian yang lain, bisa membuat foto terlihat lebih menarik dan berbeda dari yang lain. Cobain deh.

Spot Foto Barber Shop

Entah kenapa spot ini disukai oleh banyak pengunjung meskipun hanya diisi oleh mural tukang cukur yang tampangnya China banget, sebuah kursi, dan tulisan China dalam bingkai emas. Namun setelah lama-lama diperhatikan, ternyata memang cukup menggoda juga untuk dijadikan tempat berfoto, kalian musti coba juga ya spot ini.

Berfoto di Atas Jembatan Khas China

Seperti apa jembatan khas China itu? Yah intinya jembatan ini sering kali akan kita jumpai di kawasan tempat tinggal orang-orang China. Atau paling tidak, jembatan dengan bentuk seperti ini pernah kita lihat di film-film China.

Nah di jembatan sederhana khas China ini kalian bisa berfoto dengan berbagai gaya baik sendirian, berdua bersama pasangan, ataupun ramai-ramai bersama teman-teman kalian. Pastinya akan seru banget kan?

harga-makanan-di-chinatown-bandung
via instagram/chinatownbandung

Keseruan lainnya kalian juga bisa menyewa pakain khas China untuk dikenakan saat berfoto. Dengan harga sewa hanya beberapa ratus ribu, kalian sudah bisa bergaya bak orang China beneran.

Berfoto di Malam Hari dengan Background Landscape Pecinan

Dengan lampu-lampu lampion yang menyala berwarna-warni, ditambah hiruk-pikuk orang-orang di sekeliling kawasan, dapat membuat foto kalian tampak lebih berwaran. Cobalah berbagai macam pose dan angel sampai mendapatkan hasil foto yang benar-benar instagramable

Berburu Kuliner

Berburu kuliner selalu menjadi bagian terakhir yang seru untuk dilakukan. Nah di sekitar kawasan Chinatown Bandung ini, kalian bisa mencoba berbagai macam menu makanan dan minuman khas lokal dan China di tempat-tempat kuliner yang tersedia.

Selain enak dengan harga makanan yang terjangkua, kalian juga bisa memilih tempat makan di dalam ruangan agar lebih private, ataupun memilih lokasi luar ruangan yang terbuka agar dapat menyantap makanan sembari menikmati suasana sekitar. Di sini semuanya tersedia.

Informasi mengenai menu makanan dan harga makanan di Chinatown Bandung lebih lengkapnya bisa kalian temukan di instagram mereka atau pada situs resminya di atas.

FYI. Pembayaran makanan dan minuman yang kalian beli di dalam sini hanya menggunakan e-money bukan uang cash. Jadi sebelum masuk, pastikan kalian sudah menyiapkannya.

dafta-harga-makanan-chinatown-bandung.jpg
via instagram/chinatownbandung

Cari tau tempat-tempat menarik lain di Bandung: Tempat Wisata Bandung

Chinatown Bandung kota Bandung Jawa Barat bisa menjadi tujuan wisata foto atau wisata kuliner yang tepat bagi kalian tanpa harus jauh-jauh meninggalkan Bandung hanya untuk mencari spot foto dan spot kulineran. Apalagi bagi kalian yang menyukai hal-hal yang berbau China, maka tempat inilah surganya.

Loading...

Curug Ciherang

Hansar
5 min read

Grafika Cikole

Hansar
5 min read

Farmhouse Lembang

Hansar
4 min read

Gunung Pancar

Hansar
5 min read

The Lodge Maribaya

Hansar
5 min read

Kampung Batu Malakasari

Hansar
3 min read