Coban Rais

Coban Rais, Jawa Timur

Jalur Lkr. Bar. No.8, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur

2 Ulasan

Kota Batu di Jawa Timur telah menjadi salah satu kiblat pariwisata di tanah air. Berbagai jenis obyek wisata bisa kita temukan di kota yang dulunya menjadi bagian kota Malang ini.

Berlibur ke Kota Batu, kita bisa memilih untuk mendatangi obyek wisata berjenis taman bermain air, ataupun memilih obyek wisata alam yang sangat ampuh untuk mengusir kepenatan.

Dan, jika pilihan jatuh pada wisata alam, salah satu obyek wisata pilihannya adalah wisata air terjun Coban Rais.

Obyek wisata ini sekarang semakin mempesona dengan menghadirkan berbagai wahana dan fasilitas pelengkap seperti taman bunga dan spot foto.

coban-rais-malang

Nah, bagi Anda yang sedang berencana ke Coban Rais, berikut ini beberapa informasi penting yang sebaiknya diketahui sebelum berlibur ke sana.

Coban Rais Malang

Sebelum populer seperti sekarang ini, air terjun ini dulunya sempat terkesan angker. Sebelum dinamai Coban Rais, air terjun ini bernama Coban Sabrangan karena untuk mencapai lokasinya harus menyeberangi beberapa sungai.

Coban Rais memiliki tinggi sekitar 75 meter. Dengan ketinggian seperti ini, bisa dibayangkan betapa derasnya aliran air yang menghujam tanah sehingga di bawahnya akan pengunjung temukan sebuah kolam alami yang cukup dalam.

Selain tinggi, lokasi air terjun ini juga terletak di dataran tinggi Gunung Panderman. Diukur dari permukaan air laut, Coban Rais berada di ketinggian sekitar 1.025 mdpl.

Hawa udara di kawasan air terjun sangat dingin, dianjurkan agar pengunjung yang akan menuju lokasinya menggunakan jaket atau pakaian hangat lainnya untuk meredam hawa dingin tersebut.

Begitu juga dengan air yang mengalir dari Coban Rais. Suhunya sangat dingin bahkan ada yang mengatakan hampir sama dengan dinginnya es yang baru dikeluarkan dari kulkas.

Karena itu bagi yang tidak tahan dingin, maka dianjurkan juga untuk tidak berenang ataupun bermain air. Lebih baik nikmati liburan di Coban Rais dengan memanjakan mata melihat keindahan alam yang ada di sekelilingnya.

Pesona Coban Rais Malang

Daya tarik obyek wisata ini akan lebih menguntungkan bagi para pelancong yang hobi berpetualang.

Alasannya karena untuk sampai di lokasinya, para pengunjung akan dipaksa mengeluarkan tenaga ekstra melewati perjalanan sejauh 7 kilometer dari lokasi parkir.

Meskipun saat ini jalanan yang akan dilalui sudah diperbaiki dengan pemasangan paving block, namun rutenya yang menanjak dan berliku tetap saja menyulitkan bagi yang tidak biasa mendaki.

Trekking ke Coban Rais

coban-rais-angker
instagram.com/rentaloutdoorlabama

Rute menanjak dan berliku ke lokasi Coban Rais bagi wisatawan yang suka tantangan akan menjadi medan trekking yang menyenangkan.

Selama kurang lebih 30 menit sampai 1 jam, para pengunjung akan melewati jalan setapak yang beberapa diantaranya masih belum mendapatkan jatah paving block.

Perjalanan akan semakin sulit tatkala sebentar lagi akan sampai di lokasi Coban Rais.

Selain banyak bebatuan dan pepohonan tumbang yang kadang menghalangi, jalanan juga terkadang sangat licin karena terkena air yang dibawa kaki pengunjung setelah menyeberangi sungai.

Namun di tengah perjalanan pemandangan alamnya sangat memukau.

Lamanya perjalanan sebenarnya bukan hanya dikarenakan sulitnya medan tapi karena pengujung sering berhenti di beberapa spot untuk beristirahat ataupun berfoto.

Sesampainya di lokasi air terjun, nikmatnya petualangan akan sempurna dengan suguhan wujud Coban Rais yang sangat indah.

Spot Foto di Coban Rais

coban-rais-spot-foto
instagram.com/purtirnd

Bagi pengujung yang tidak kuat berpetualang hingga ke lokasi Coban Rais, wisata ke tempat ini bisa dialihkan ke beberapa wahana yang sudah disiapkan pengelola.

Diantara wahana yang tersedia, yang tidak boleh dilewatkan adalah mengunjungi spot foto Coban Rais yang bernama Batu Flower Garden dan Rumah Hobbit.

Di wahana Batu Flower Garden sudah tersedia taman bunga serta beberapa spot foto yang cukup menarik.

Spot foto tersebut berupa gardu pandang beraneka rupa dan juga hammock berbagai jenis.

Selain itu, ada juga spot berbentuk ayunan dan wahana permainan seperti sepeda udara yang bisa di-eksplore pengunjung.

Wahana-wahana ini akan cukup menyenangkan dan akan sepadan sebagai pengganti pengalaman wisata yang tidak sempat didapatkan karena tidak sanggup melewati medan terjal ke lokasi Coban Rais.

Baca juga : Eco Green Park Batu Malang

Alamat Coban Rais

Alamat obyek wisata Coban Rais berada di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Untuk mengakses areal parkirnya dari pusat Kota Batu, para pengujung hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 20 menit dengan jarak tempuh hanya 6 kilometer saja.

Rute ke Coban Rais

gambar-coban-rais
instagram.com/clr.shintya

Rute jalan ke Coban Rais juga sangatlah mudah. Pengunjung dari Kota Batu hanya perlu mengarahkan tujuan ke studio Batu TV dari arah Terminal Batu.

Setelah sampai di studio Batu TV, akan ada papan penunjuk jalan yang nantinya mengarahkan pengujung ke lokasi parkir Coban Rais.

Baca juga : Coban Rondo Batu Malang

Jam Buka Coban Rais

Air terjuan ini dibuka setiap hari baik hari kerja ataupun hari libur. Jam bukanya pun sama yaitu dari pukul 7 pagi hingga pukul 4 sore.

Hari KunjunganJam Operasional
Setiap Hari07.00 – 16.00 WIB

Baca juga: Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Coban Rais

jam-buka-coban-rais
instagram.com/zaskia_gotikers

Harga tiket masuk ke obyek wisata Coban Rais tergolong sangat murah. Untuk memasukinya hanya butuh biaya sebesar Rp10.000 per orang.

HariHarga Tiket
Setiap HariRp10.000

Namun selain membeli tiket masuk, bagi pengujung yang masuk ke wahana Batu Flower Garden juga tentunya akan dikenai biaya tiket tambahan sebesar Rp25.000.

Kemudian untuk yang membawa kendaraan pribadi, di lokasi parkir juga harus membayar retribusi sebesar Rp5000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Baca juga : Wana Wisata Coban Talun Batu Malang

Fasilitas di Coban Rais Malang

Fasilitas umum di sekitar obyek wisata Coban Rais sudah cukup memadai. Meskipun belum bisa dikatakan lengkap, namun di sana sudah ada fasilitas seperti area parkir, toilet, mushola, warung makan, dan penjual souvenir.

Bagi pengujung yang tidak membawa bekal, di sekitar lokasi banyak warung makan yang menjual menu kuliner khas Jawa Timur seperti bakso malang, rawon, hingga tahu campur.

harga-tiket-masuk-coban-rais
instagram.com/samncus

Baca juga : Tempat Wisata di Malang

Coban Rais Malang dulunya memang lebih dianjurkan bagi wisatawan yang berjiwa petualang.

Namun dengan adanya beberapa wahana pelangkap yang lokasinya tidak terlalu jauh dari lokasi parkir, maka saat ini Coban Rais pun cocok untuk wisatawan dengan tipe apapun dan dari level usia berapapun.

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber dengan sangat memperhatikan ke-valid-an data-data nya. Oleh karena itu jika terdapat kekeliruan atau kesalahan informasi, kami harap Anda tidak keberatan untuk menyampaikannya pada kami.

2 Ulasan untuk Coban Rais, Jawa Timur

  1. Wisata ke Coban Rais, tepatnya ke Batu Flower Garden, merupakan wisata taman bunga yang sangat cocok dikunjungi bersama orang terdekat kita. Nuansa alam yang dikelilingi dengan berbagai macam bunga memberikan nuansa tersendiri dimana kita bisa menikmati keindahan alam untuk melepas penat oleh hiruk pikuk aktifitas keseharian.nnTempat itu merupakan salah satu tempat rekreasi yang ada di kota Batu Kabupaten Malang dengan cirikhas Flower-nya serta spot-spot foto yang Instagramable. nnTiket masuk ke tempat ini relatif sangat terjangkau karena hanya dikenakan biaya parkir dan tiket masuk Paket maupun Non Paket. Mulai dari Paket Rp. 25.000 s.d Rp. 150.000 tergantung dengan layanan foto yang diinginkan. nnSelain tempat-tempat foto disana juga terdapat tempat makan dan arena bermain anak-anak serta kolam renang.nnDisana juga terdapat jasa Ojek bagi pengunjung yang tidak menginginkan jalan kaki dari lokasi parkir menuju lokasi wisata. Biaya untuk satu orang sekitar Rp. 10.000. Lumayan bisa untuk menghemat tenaga.nnSeperti biasanya, moment-moment selama dilokasi tersebut kami abadikan dengan video yang kemudian kami upload disalah satu media video straming.

  2. Coban Rais termasuk tempat wisata di Kota Batu, Jawa Timur. Tempat ini mulai banyak dikunjungi para wisatawan sekitar bulan Desember 2016, setelah adanya spot Bukit Bulu Batu Flower Garden, dan setiap harinya ramai dengan para pengunjung dari berbagai daerah.nnBerikut fasilitas yang ada di Coban Rais, dikutip dari berbagai sumber:nn1. Coban Rais ‘Waterfall’nnCoban Rais merupakan satu dari sekian banyak coban yang ada di sekitar Batu dan Malang. Coban yang berarti air terjun ini, memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan merupakan salah satu obyek wisata air terjun di Kota Batu.nnCoban ini berada di ketinggian sekitar 1.025 mdpl di Lereng Gunung Panderman. Dulunya coban ini bernama Coban Sabrangan, yang berarti jika hendak ke coban ini harus menyeberangi 14 sungai.nn2. Spot FotonnDi kawasan wisata Coban Rais, kamu akan disuguhi banyak spot foto cantik dan instagramable banget lho. Di antaranya adalah bukit Batu Flower Garden, Rumah Hobbit, Spot Hujan Salju, Gardu Pandang, Apel Ikon Kota Batu, Bunga Warna-warni, dan sebagainya.nn3. OutboundnnCoban Rais juga menawarkan wahana outbound yang menantang dan bikin deg-degan, seperti wahana sepeda udara. Jika berani, kamu juga bisa menikmati sensasi melayang di udara, dengan wahana paragliding.nn4. Akses LokasinnCoban Rais berada di berada di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Malang, Jawa Timur . Lokasinya bisa ditempuh dari Kota Batu sekitar 7 km, atau perjalanan sekitar 45 menit – 1 jam, dan berjarak sekitar 3,5 km dari bumi perkemahan Coban Rais.nnUntuk jam buka Coban Rais dimulai dari pukul 07.30 sampai 15.00 WIB. Perjalanan ke lokasi pun sudah cukup bagus dan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Leave a Reply