Coban Rondo

Berlibur ke obyek-obyek wisata alam memang masih menjadi pilihan yang paling menggiurkan. Alasannya mungkin karena di tempat-tempat tersebut lah kita bisa mendapatkan kedamaian paling sempurna.

Meski setiap orang punya hobi dan selera sendiri-sendiri dalam memilih tujuan wisata, namun dipastikan semuanya akan tetap menyukai obyek-obyek wisata alam.

Nah, berangkat dari hal tersebut, kali ini kami akan menuliskan deskripsi atau lebih tepatnya ulasan tentang obyek wisata alam Coban Rondo, sebuah obyek air terjun yang ada di Kota Batu, Jawa Timur.

coban-rondo-malang

instagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Kenapa tempat ini menarik dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan di Malang ? Jawabannya akan Anda dapatkan pada teks deskripsi lengkapnya di bawah ini.

Sekilas Coban Rondo

Coban Rondo adalah salah satu air terjun yang terletak di Kota Batu. Sebelum menjadi kabupaten sendiri, Kota Batu termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Malang sehingga coban atau air terjun ini juga dikenal dengan nama Coban Rondo Malang.

Coban ini diresmikan sebagai salah satu tempat wisata di Malang pada tahun 1980. Meski terhitung sudah sangat lama, namun pesonanya sampai saat ini tak pernah pudar terbukti dengan tidak berkurangnya jumlah wisatawan yang berkunjung.

Saat weekend ataupun musim libur panjang tiba, kawasan Coban Rondo akan dipenuhi puluhan bahkan ratusan wisatawan yang berasal dari berbagai kota di Jawa Timur.

Coban yang memiliki ketinggian sekitar 84 meter ini terletak di ketinggian sekitar 1.135 mdpl. Hal ini membuat kawasan sekitar air terjun memiliki hawa yang sejuk dan menyegarkan.

coban-rondo-waterfall
instagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Selain itu, tempatnya yang merupakan bagian dari lereng Gunung Kawi juga membuatnya dikelilingi belantara pegunungan yang eksotis berkat tumbuh suburnya berbagai tanaman dan pepohonan hijau.

Coban Rondo mengalirkan air yang bersumber dari mata air Cemoro Dudo. Debitnya lumayan besar yakni 90 liter per detik saat musim panas dan 150 liter per detik di musim hujan.

Karena besarnya aliran air, maka sungai yang airnya berasal dari air terjun ini difungsikan juga sebagai wana wisata susur sungai atau fun tubing.

Tidak hanya itu, pesona wisata alam Coban Rondo juga hadir dengan disediakannya beberapa area permainan.

Tidak jauh dari lokasi air terjun akan Anda temukan kebun buah dan kebun satwa serta berbagai wahana outbound seperti paint ball, sepeda gunung, ATV hingga flying fox.

Misteri dan Mitos Coban Rondo

Obyek-obyek wisata alam memang biasanya menyimpan misteri dan mitos yang mengiringi kemunculannya, begitu juga dengan obyek wisata Coban Rondo.

Karena itu saat berkunjung ke sana, jangan heran kalau Anda juga akan mendapati cerita dari warga sekitar atau sesama wisatawan tentang misteri dan mitos coban ini.

Misteri dan mitos Coban Rondo yang terkenal adalah tentang asal muasal keberadaannya yang terkait dengan kisah suami istri bernama Raden Baron Kusumo dan Dewi Anjarwati.

Keduanya konon terpisahkan di lokasi coban ini karena sebuah perkelahian antara Raden Baron Kusumo dan Joko Lelono.

mitos-coban-rondo
instagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Kisahnya bermula saat Raden Baron Kusumo dan istrinya Dewi Anjarwati melakukan perjalanan ke Gunung Anjasmoro untuk menemuai mertuanya.

Nah di tengah perjalanan, mereka bertemu dengan Joko Lelono yang ternyata jatuh hati dengan kecantikan paras Dewi Anjarwati.

Tak ingin istrinya direbut Joko Lelono, Raden Baron Kusumo kemudian menyembunyikan istrinya di sekitar lokasi Coban Rondo sebelum melanjutkan pertarungan dengan Joko Lelono.

Setelah melalui pertarungan yang cukup alot dan sengit, kedua lelaki ini akhirnya tewas dan hanya menyisakan Dewi Anjarwati sendirian yang terus menanti kedatanga suaminya di lokasi coban.

Tewasnya Raden Baron Kusumo membuat Dewi Anjarwati otomatis menjadi janda. Namun kemana perginya Dewi Anjarwati sampai saat ini belum diketahui secara pasti.

Yang pasti hanyalah keberadaan Coban Rondo yang ternyata penamaannya berasal dari kata “coban” dan “rondo” yang kalau di-translate ke dalam Bahasa Indonesia akan berarti “air terjun janda”.

Seturut dengan kisah di atas, saat ini di Coban Rondo juga kono sering muncul penampakan Dewi Anjarwati pada malam-malam tertentu.

Selain itu, di sana juga ada mitos bahwa siapapun yang datang bersama pasangannya sebelum menikah, maka hubungan mereka biasanya akan putus atau tidak bertahan lama.

Aktifitas dan Wahana di Coban Rondo

Seperti Coban Talun ataupun Coban Rais, coban ini menjadi menarik untuk dikunjungi karena kita tidak hanya disuguhkan keindahan air terjunnya saja.

Lebih dari itu jika sudah bosan menghabiskan waktu di lokasi air terjun, kita bisa beranjak ke area lainnya untuk menjelajahi berbagai wahana permainan dan spot foto yang tersedia.

Nah, bagi Anda yang belum pernah ke Coban Rondo, berikut ini beberapa wahana serta aktifitas yang bisa Anda lakukan di sana :

1. Air Terjun dan Fun Tubing

fun-tubing-coban-rondo
instagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Akan ada banyak hal menarik yang bisa kita lakukan di sekitar lokasi air terjun. Jika ingin mencoba aktifitas yang menantang, maka kita juga bisa mencoba olahraga fun tubing.

Fun tubing atau susur sungai di aliran sungai Coban Rondo cukup mengasyikkan dan menguji adrenaline karena lintasannya yang berliku dan diapit berbagai tumbuhan dan pepohonan hijau.

2. Kebun Satwa dan Kebun Buah

kebun-satwa-coban-rondo
instagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Di wahana ini kita bisa mencoba rasa Apel Malang yang terkenal dengan kelezatannya. Selain itu, di sini juga tumbuh tanaman Toga yang katanya memiliki banyak khasiat.

Selain melihat langsung tanaman Toga, dengan biaya masuk sebesar 5 ribu rupiah kita juga bisa mempelajari bagaimana cara yang tepat dalam membudidayakan tanaman Toga tersebut.

Kemudian di area lain yang masih dalam kawasan kebun satwa dan buah ini, kita juga akan menemukan aneka macam satwa salah satunya Rusa.

Rusa-rusa ini bisa kita ajak berinteraksi langsung bahkan kita diizinkan juga untuk ikut serta memberi makan Rusa-rusa tersebut.

Jika datang bersama anak-anak, di sini juga menyedian penyewaan Kuda Poni yang bisa digunakan berkeliling kebun.

3. Taman Labirin

tanam-labirin-coban-rondo
instagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Taman Labirin selain digunakan sebagai media permainan, juga digunakan sebagai spot foto. Di sini pengunjung bisa bermain petak umpet atapun masuk labirin sendirian untuk mencari titika tengah nya.

Labirin ini juga sangat indah dijadikan obyek foto. Kita bisa memotretnya dari atas gardu pandang yang memang sudah disediakan untuk keperluan tersebut.

4. Wahana Permainan

wahana-outbound-coban-rondo
instagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Obyek wisata Coban Rondo juga menyediakan wahana permainan yang cukup beragam. Bermain wahana bisa kita lakukan jika sudah bosan di lokasi air terjun dan ingin mencoba suasana berbeda.

Wahana permainan yang ada di tempat wisata ini antara lain flying fox, sepeda gunung, dan ATV.

5. Camping Ground

camping-ground-coban-rondo
instagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Suasana alam yang asri dan alami bisa dinikmati lebih maksimal dengan cara camping sehari atau dua hari di area camping ground Coban Rondo.

Ada 5 pilihan area camping yand disediakan pengelola yaitu area camping ground damar, cemara, mangir, karpa dan area rasamala.

6. Nongkrong di Dancok Cafe

dancok-cafe-coban-rondo
instagram.com/ayodolan

Jika Anda hobi nongkrong menikmati keindahan alam sambil ngopi di spot yang unik, maka spot dancok cafe (Daun Cokelat Cafe) adalah tempatnya.

Di sini ada sebuah tempat ngopi terbuka yang sekelilingnya langsung berhadapan dengan hutan belantara.

Selain asyik sebagai tempat nongkrong, karena bentuknya cukup unik maka spot dancok cafe ini juga kerap dijadikan spot berfoto oleh para pengunjung.

7. Hunting Foto

hunting-foto-coban-rondo
instagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Hunting foto di Coban Rondo Anda tidak akan kehabisan spot-nya.

Di tempat wisata ini banyak sekali spot cantik nan instagenic yang bisa dijadikan spot foto. Spot-spot yang dimaksud antara lain spot air terjun, taman bunga, kebun satwa dan buah, atau di dancok cafe.

Alamat Coban Rondo

Tempat wisata ini beralamat lengkap di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur.

Lokasinya tidak begitu jauh dari Kota Malang yakni hanya sejarak 1 jam perjalanan saja. Sedangkan apabila diakses dari pusat Kota Batu, maka jaraknya tentu akan lebih dekat lagi yaitu hanya berjarak kurang lebih 12 kilometer saja.

Rute Menuju Air Terjun

deskripsi-coban-rondo
instagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Menuju lokasi air terjun ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil serta angkutan umum.

Yang berasal dari luar kota bisa mengakses Kota Malang dulu kemudian dilanjutkan ke Kota Batu. Setelah sampai di Kecamatan Pujon, silahkan cari lokasi pertigaan Patung Sapi.

Kemudian dari pertigaan ini, silahkan masuk ke gang Sapi dan lanjutkan mengikuti rute yang akan membawa Anda hingga ke lokasi Coban Rondo.

Jam Buka Coban Rondo

Obyek wisata ini dibuka setiap hari selama 24 jam.

Namun sama halnya dengan Coban Rais atau Coban Talun, untuk waktu kunjungan terbaik anda bisa memilih datang di pagi hari pada pukul 8 atau 9 pagi hingga pukul 12 siang, ataupun datang siang hari pada pukul 3 siang hingga 5 sore.

HariJam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Harga Tiket Masuk Coban Rondo

tiket-masuk-coban-rondo
instagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Untuk memasuki obyek wisata ini pengunjung diharuskan membeli tiket masuk.

Tiket masuk ke tempat wisata ini dijual dengan harga berbeda untuk wisatawan lokal dan wisatawan asing.

Selain membeli tiket masuk, di dalam kita juga diharuskan untuk membeli tiket wahana jika ingin mencoba salah satu atau semua wahana yang ada.

Daftar harga tiket masuk dan tiket wahana Coban Rondo bisa dilihat pada tabel berikut ini :

Jenis TiketHarga
Tiket Masuk (Hari kerja)Rp15.000 (Wisatawan lokal) – Rp25.000 (Wisatawan asing)
Tiket Masuk (Hari libur)Rp18.000 (Wisatawan lokal) – Rp30.000 (Wisatawan asing)
Kebun SatwaRp5000 (Eksplore tanaman toga) – Rp5000 (Memberi makan rusa)
TreewalkRp200.000
Shooting VideoRp10.000
Sepeda GunungRp5.000
SegwayRp30.000
Fun TubingRp35.000
Taman LabirinRp10.000

Fasilitas Umum di Coban Rondo

Selain menyediakan wahana permainan, obyek wisata ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai.

Fasilitas yang akan kita temukan di tempat ini antara lain area parkir, mushola, toilet, toko souvenir, dan warung makan.

Penginapan Coban Rondo

Semenatara ini belum ada penginapan yang lokasinya berada di dalam kawasan wisata Coban Rondo.

Namun jika ingin menginap utamanya untuk pengunjung dari luar kota, maka bisa mencari penginapan yang ada di sekitar kawasan wisata Songgoriti.

Di sekitar kawasan tersebut tersedia hotel dan villa yang bisa disewa dengan harga mulai dari Rp150.000 saja per malam nya.

penginapan-coban-rondo
instagram.com/cobanrondopalawirisorsis

Baca juga : Tempat Wisata di Malang

Kesimpulan

Demikian deskripsi atau ulasan tentang obyek wisata Coban Rondo Malang.

Obyek wisata ini sangat cocok sebagai tujuan liburan keluarga yang mana Anda tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya untuk menikmati keindahan menakjubkan dan berbagai macam wahana permainan.

Loading...

Tempat Wisata di Malang

Wahyoeni
3 min read

Suku Osing Banyuwangi

Wahyoeni
3 min read

Ciputra Waterpark Surabaya

Hansar
3 min read

Jatim Park 2 Batu Malang

Wahyoeni
4 min read

Selecta Malang

Hansar
5 min read