Curug Bidadari Sentul Bogor

Curug Bidadari Sentul Bogor adalah salah satu tempat wisata di Bogor, Jawa Barat, yang sudah lama dikenal dan menjadi tempat wisata favorit di Bogor.

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan daerah-daerah sekitarnya yang dekat dengan kota Bogor, Curug Bidadari ini bisa menjadi alternatif tujuan berlibur Anda di akhir pekan.

Namun sebelum berangkat ke Curug Bidadari, ada baiknya Anda baca dulu review kami tentang obyek wisata yang berada di dalam kawasan wisata Sentul Paradise Park ini. Apa saja daya tariknya, di mana alamatnya, hingga informasi mengenai harga tiket masuknya akan Anda dapatkan setelah membaca tuntas artikel ini. Yuk, baca terus sampai akhir ya.

Curug Bidadari Sentul Paradise Park Bogor

Bogor lekat atau sering dijuluki sebagai kota hujan. Tidak salah memang karena curah dan intensitas hujan di kota ini memang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Indonesia.

Hal tersebut secara tidak langsung berimbas pada kondisi atau hawa udara di kota Bogor yang selalu terasa sejuk.

Di samping itu, kontur wilayahnya yang berbukit dengan barisan gunung dan hutan membuat banyak sekali obyek wisata alam yang bisa kita temukan di kota ini.

Salah satu obyek wisata alam yang menjadi ikon pariwisata di kota Bogor adalah Curug Bidadari. Meskipun akhir-akhir ini terdengar isu ataupun review kurang sedap mengenai pengelolaan obyek wisata ini yang katanya banyak pungutan liarnya, namun tetap saja tempat wisata di Bogor ini selalu ramai dipadati pengujung setiap harinya.

Tentu para wisatawan memiliki alasan tersendiri yang membuat mereka memilih Curug Bidadari sebagai destinasi wisatanya.

Namun bisa ditebak, alasannya pasti karena obyek wisata yang ada di Bogor ini memang sangat menarik dan nyaman sebagai lokasi bersantai menikmati hari libur setelah berhari-hari bekerja.

Curug atau air terjun bidadari ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan lebar air yang menghujam tanah sekitar 5 meter. Di bawah, pengelola juga sudah menyiapkan kolam pemandian berukuran besar yang sanggup menampung puluhan wisatawan yang ingin menghabiskan waktu dengan berenang atau bermain air.

curug-bidadari-sentul

Beralih ke sekitar kawasannya. Hawa sejuk yang menjadi ciri khas kota Bogor akan sangat terasa tatkala Anda memasuki area di mana lokasi curug ini berada.

Di pinggir atau di sekitar air terjun, Anda akan menemukan beberapa gazebo dan kios penjual makanan serta minuman untuk menggajal perut.

Jika Anda tidak ingin basah-basahan, Anda bisa menghabiskan waktu di gazebo yang tersedia. Di sana Anda bisa menikmati suasana curug dengan segala aktifitas pengunjungnya sambil menikmati camilan dan kopi hangat.

Namun untuk bisa menggunakan gazebo untuk bersantai ataupun istirahat, pengunjung harus mengeluarkan uang sewa. Jadi sebelum naik ke gazebo, pastikan Anda sudah izin dan membayar biaya sewa gazebo.

Alamat Curug Bidadari

Sebelum pengelolaannya diambil alih oleh pihak Paradise Park, Curug Bidadari dahulunya bernama Curug Bojong Koneng.

Nama ini merujuk pada alamatnya yang berada di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Desa Bojong Koneng sendiri berada sekitar 19,1 kilometer dari pusat kota Bogor. Dari pusat kota, Anda sedikitnya akan menghabiskan waktu sekitar 36 menit berkendara untuk sampai di Desa ini.

curug-bidadari-sentul-bogor

Namun tidak perlu khawatir. Saat ini akses jalan yang menghubungkan pusat kota Bogor ke desa Bojong Koneng hingga ke area obyek wisata Curug Bidadari sudah cukup bagus.

Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati karena jalanan yang akan dilalui jalurnya agak berbukit dan sedikit curam.

Rute ke Curug Bidadari

Ada beberapa pilihan rute yang bisa Anda pilih untuk sampai di lokasi air terjun bidadari ini. Contohnya bagi Anda yang berasal dari Jakarta, maka Anda bisa melalui tol Jogorawi – Sentul dan mengarahkan tujuan ke Sentul Paradise Park.

Saat ini sebenarnya kita sudah dimudahkan untuk mengetahui atau mendapatkan rute terbaik ke suatu tempat dengan bantuan teknologi.

rute-ke-curug-bidadari

Jadi jika Anda masih bingung mengenai rute ke Curug Bidadari, silahkan cari saja rute terbaiknya berdasarkan posisi Anda saat ini via Google Map.

Jam Buka Curug Bidadari

Pengelola menerapkan jam operasional yang berbeda untuk hari kerja dan hari libur. Saat hari kerja, curug ini akan dibuka dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Sedangkan di hari libur, jam buka Curug Bidadari akan dimulai lebih awal yakni pukul 07.30 – 18.30 WIB.

Oh iya. Sebelum memutuskan untuk berangkat ke Curug Bidadari, sebaiknya Anda sudah mengetahui waktu terbaik untuk datang ke sana.

Saran kami, pilihlah waktu setelah terjadinya hujan. Misalnya jika tadi malam atau nanti malam turun hujan, maka Anda bisa memilih untuk berkunjung ke curug ini keesokan harinya.

gambar-curug-bidadari

Alasannya, air di Curug Bidadari akan sangat bersih dan segar setelah semalam terjadi hujan. Selain itu, jika Anda berniat untuk berenang di kolam yang ada di bawahnya ataupun di wahana lazy pool, airnya juga akan lebih besar dan segar setelah hujan.

Harga Tiket Masuk Curug Bidadari

Saat ini membaca dari beberapa review pengunjung yang pernah datang ke Curug Bidadari, terkadang pengujung akan dikenai biaya untuk hal-hal yang kurang jelas oleh para pelaku pungli. Kami harap Anda tidak mengalami atau dikenai pungli saat berlibur ke curug ini.

harga-tiket-curug-bidadari-2019

Nah untuk harga tiket masuk ke Curug Bidadari ini, secara normal pengunjung harus harus membayar tiket masuk seharga Rp. 25.000 per orang di hari kerja. Kemudian di hari libur, harga tiket masuknya akan naik menjadi Rp. 40.000 per orang.

Selain itu jika datang membawa sepeda motor, Anda juga harus membayar retribusi parkir sebesar Rp. 4000. Sedangkan untuk mobil, pengujung harus membayar biaya parkir sebesar Rp. 10.000.

Fasilitas dan Wahana Wisata

Ada banyak aktifitas wisata dengan dukungan fasilitas serta wahana yang cukup lengkap yang bisa Anda lakukan saat berlibur di Curug Bidadari.

Wahana wisata yang tersedia di curug ini antara lain obyek air terjunnya sendiri, kolam renang, perahu tangan, lazy pool, wave pool, dan juga flying fox.

Sedangkan untuk fasilitas, di lokasi Curug Bidadari sudah tersedia area parkir, tempat ibadah, kamar kecil, gazebo, dan warung penjual makanan.

curug-bidadari-di-bogor

Sebagai tambahan informasi, harga makanan dan minuman di lokasi curug ini kabarnya lebih murah jika dibandingan dengan di tempat wisata lain yang ada di bogor, misalnya Telaga Warna.

Sebagai contoh untuk menikmati lezatnya nasi campur plus soto, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 10.000 saja.

Kemudian untuk semangkuk soto daging dan bakso, dengan uang sebesar Rp. 12.000 Anda sudah bisa menyantapnya sambil menikmati indahnya suasana di Curug Bidadari.

curug-bidadari-sekarang

Baca juga : Curug Ciherang Jawa Barat

Dibalik kabar tidak sedap yang akhir-akhir ini menggelayuti keberadaan Curug Bidadari Sentul Bogor, curug ini sebenarnya masih sangat layak untuk dijadikan tujuan berwisata. Jika saja pengelola mau memperbaiki sistem pengelolaan yang saat ini sedang berjalan, maka obyek wisata ini akan tetap menjadi primadona bagi para pelancong tanah air bahkan mancanegara.

Loading...

Curug Cimahi

Hansar
4 min read

Curug Cilember Bogor

Hansar
5 min read

Pantai Ujung Genteng

Hansar
4 min read

Curug Pangeran Bogor

Hansar
4 min read

Curug Luhur Bogor

Hansar
4 min read

Tempat Wisata Bandung

Wahyoeni
2 min read