Curug Ciherang

Curug Ciherang, Jawa Barat

Sirnajaya, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat

5 Ulasan

Yuk simak wisata di curug Ciherang Bogor, rute ke lokasi curug Ciherang, harga tiket masuk ke curug Ciherang dan harga penginapan di sekitar curug Ciherang.

Lagi stress dan galau karena pekerjaan gak selesai-selesai?

Atau suasana kantor mulai sumpek dan fikiran jadi runyam?

Lupakan sejenak, yuk tenangkan pikiran dan istirahatkan badan Anda dengan berkunjung tempat wisata di bogor. Mendengar ataupun membaca kata Bogor, yang akan telintas di kepala kita biasanya kawasan wisata puncaknya.

Kota ini memang telah lama lekat dengan wisata Puncak, sehingga kalau menyebut kata Bogor, orang langsung ingat Puncak. Demikian juga ketika mendengan kata Puncak, maka Bogor lah yang terbayang.

Sebenarnya Bogor yang dijuluki kota hujan ini tidak hanya mengandalkan kawasan puncak sebagai destinasi liburan bagi para pelancong.

Kota seribu angkot ini punya banyak tempat wisata mulai dari tempat wisata alam di Bogor, wisata sejarah, wisata edukasi, dan wisata air berupa curug atau air terjun.

curug-ciherang-bandung

Untuk jenis terakhir yakni wisata alam berupa curug, Bogor memiliki beberapa koleksi. Di sana ada Curug Kencana, Curug Cipamingkis, Curug Leuwi Hejo, dan Curug Ciherang. Kalau ada tambahan curug lain yang berlokasi di Bogor, mohon koreksi dan tambahkan di kolom komentar ya sobat.

Nah di artikel ini kami akan mengulas atau mereview curug terakhir yakni Curug Ciherang.

Kenapa curug ini yang kami pilih untuk diulas padahal masih ada curu-curug lainnya?

Ya, yang pertama karena Curung Ciherang lah yang menurut kami paling unik saat ini. Kemudian yang kedua, ya karena kami memang punya rencana untuk mengulas semua curug, dan Curug Ciherang berada di urutan pertama dalam daftar kami.

curug-ciherang-bogor
via instagram/irvandyawan_72

Baiklah langsung saja berikut ini ulasan lengkap seputar Curug Ciherang Bogor. Inforamasi yang akan kami tulis ini pastinya bermanfaat buat kalian yang berencana untuk liburan ke sana. Jadi silahkan dibaca sampai tuntas kata perkata, kalimat perkalimat, dan paragraf perparagraf yah.

Curug Ciherang

Stress akibat tekanan hidup dan pekerjaan sudah semestinya tidak dibiarkan berlarut-larut. Ia harus segera dibasmi agar semangat dan produktifitas kerja tidak terganggu.

Nah salah satu cara untuk mengalahkan stress dan menyegarkan fikiran, adalah dengan berlibur ke tempat-tempat yang asri, alami, dan sejuk, misalnya ke Curug Ciherang.

Curug Ciherang Jonggol yang merupakan salah satu objek wisata favorit di Bogor ini menawarkan panorama alam khas pedalaman Bogor.

Suasananya yang ditawarkan pastinya sangat sejuk dan nyaman. Lokasinya yang terletak di atas dataran tinggi menjadi jawaban dari sejuknya udara yang terasa di sekitar kawasannya.

Pokoknya kalian akan sangat nyaman dan betah menghabiskan banyak waktu di lokasi Curug Ciherang Bogor.

Lalu menelisik ke objek utama curugnya, curug ini memiliki tinggi sekitar 30 meter dengan rata-rata debit air yang terbilang cukup deras.

Di bawah curug seperti biasa akan kalian temukan juga sebuah kolam yang bisa kalian tuju jika ingin berenang ataupun bermain air.

Air curug ini cukup bersih dan alami sehingga kalian tidak perlu kawatir terkena ataupun basah olehnya.

curug-ciherang-jonggol
via instagram/ajii_023

Malah kalau ingin badan kalian segar dan fikiran jadi fresh, bila memungkinkan sebagiknya coba saja berendam beberap waktu di dalam kolam curug, dan rasakan sensasinya.

Curug Ciherang Angker

Setiap tempat wisata biasanya mempunyai sejarang dan mitos-mitos tersendiri. Sama seperti sejarah dan mitos yang menyertai eksistensi Curug Maribaya, Curu Ciherang juga punya ceritanya sendiri.

Berkembang cerita di masyarakat sekitar dan sebagian wisatawan tentang Curug Ciherang yang katanya angker.

Apa benar cerita kalau curug Ciherang angker?

Menyimak kisah dari masyarakat sekitar, curug ini memang diyakini sebagai tempat pemandian para raja dan bidadari.

Selain itu, konon di curug ini ada tempat yang sampai sekarang masih menjadi misteri terkait di mana letak dan kebenarannya, yang menjadi lokasi bertapa bagi orang-orang sakti zaman baheulak hingga zaman milenials sekarang ini.

Ada juga wisatawan yang katanya pernah melihat penampakan makhluk astral di sekitar curug ini. Enah benar atau tidak cerita tersebut, tapi begitulah lagi-lagi masyarakat dan sebagian wisatawan meyakininya.

penginapan-curug-ciherang
via instagram/bangekasiregar

Rumah Pohon Curug Ciherang

Berlibur ke Curug Ciherang kalian tidak hanya dapat menikmati keindahan curugnya saja. Namun, di lokasi Curug Ciherang Jonggol belum lama ini juga sudah dibangun sebuah wahana pandang yang dinamai rumah pohon oleh para wisatawan.

Wahana ini pastinya sudah sering kalian lihat. Walaupun mungkin agak sedikit berbeda dari segi konsep dan bentuk, tapi rumah pohon ini sama dengan wahana bamboo sky-nyatempat wisata The Lodge Maribaya di Lembang Bandung.

Dari tujuan pembuatannya, yakni sebagai tempat untuk melihat landscap kawasan sekitar tempat wisata, sekaligus sebagai tempat untuk berfoto.

Saat ini memang lagi ngetren-nya foto-foto yang menampakkan satu atau dua orang yang sedang berada di tempat yang tinggi berbackground pepohonan hijau ataupun bukit serta pegunungan.

Nah semakin banyaknya orang yang suka dengan gaya berfoto seperti itu, membuat pengelola Curug Ciherang juga tak mau ketinggalan untuk menyediakan wahananya.

Baca juga : Ulasan lengkap Coban Rondo Malang

harga-tiket-masuk-curug-ciherang-2019
via instagram/bogorkotahijau

Rumah pohon Curug Ciherang dibangun setinggi 900 mdpl lengkap dengan tangga untuk naik ke atasnya. Selain berfoto di atas rumah pohon, wisatawan juga banyak yang berfoto di atas tangga rumah pohon ini.

Dan kabar baiknya—yang berarti kalian cukup berfoto di atas tangganya saja—hasil foto dengan background tangga rumah pohon ini juga tidak kalah unik dengan hasil foto yang diambil langsung di atas rumah pohon.

Lokasi Curug Ciherang

Lokasi Curug Ciherang tidak sulit untuk ditemukan bahkan bagi kalian yang mungkin tidak pernah ke Bogor.

Alamat Curug Ciherang ini berada di Sirnajaya, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830.

Jaraknya apabila diakses dari pusat kota bogor adalah sekitar 45, 4 kilometer dan bisa kalian tempuh dalam waktu satu setengah jam.

Untuk kalian yang tidak pernah datang sama sekali ke Bogor, kami sarankan untuk menjadikan Stasiun Bogor sebagai titik awal perjalanan kalian ke Curug Ciherang.

Rute ke Curug Ciherang

Ada lebih dari satu rute ke curug ciherang yang bisa kalian lewati. Berikut ini dua diantaranya.

Rute Dari Jakarta

Kalian bisa memulai perjalanan menuju sentul City yang dilanjutkan kemudian ke arah Jungleland. Sebelum sampai di pintu masuk Jungleland, akan kalian temukan sebuah jalan perkampungan yang merupakan jalur untuk menuju curug Kencana.

Jalan terus mengikuti jalur curug Kencana tersebut bahkan sampai kalian menemukan pertigaan gunung Pancar nantinya, jangan berbelok, terus lurus sampai akhirnya nanti kalian menemukan pertigaan curug Kembar setelah sebelumnya melewati curug Kencana dan curug Leuwi.

Baca juga: Water Kingdom Mekarsari Bogor

rute-curug-ciherang-dari-stasiun-bogor
via instagram/bogorz

Di sinipun masih harus tetap jalan lurus di pertigaan curug Kembar, jangan berbelok ke kiri atau ke kanan, lurus terus sampai nanti kalian sampai di pertigaan Joggol.

Di pertigaan inilah kalian harus ambil arah kanan yang akan mengantar kalian sampai di pasar Jonggol. Nah, tidak jauh dari pasar jonggol ini, tepatnya setelah belok kanan terakhir, kalian pun tiba di pintu masuk curug Ciherang.

Baca juga : Coban Rais Malang

Rute Dari Stasiun Bogor

Untuk rute ke Curug Ciherang dari stasiun Bogor, kalian sepertinya akan lebih terbantu dengan melihat peta lokasi Curug Ciherang yang kami ambil dari Google Maps ini.

Peta ini tidak hanya bisa diikuti oleh kalian yang akan mengakses Curug Ciherang dari stasiun Bogor saja, tapi juga dari arah manapun. Silahkan diikuti saja ya.

Peta Lokasi Curug Ciherang dari Alun-Alun Jonggol via Google Maps

Harga Tiket Masuk Curug Ciherang

Berikut rincian harga tiket masuk Curug Ciherang 2018 yang sepertinya masih berlaku di tahun 2019 ini.

  • Tiket masuk utama – Rp. 20.000 per orang
  • Tiket rumah pohon – Rp. 2000 per orang sekali naik
  • Parkir sepeda motor – Rp. 5000
  • Parkir mobil – Rp. 25.000

Harga tiketnya mungkin terbilang cukup mahal. Tapi menimbang dengan apa yang akan kalian dapatkan di dalam, maka sebenarnya harga tiket dengan nominal seperti di atas sudah termasuk wajar.

curug-ciherang-2019
via instagram/loren_sopoyoga

Fasilitas Curug Ciherang

Fasilitas Curug Ciherang saat ini sudah bisa dikatakan cukup lengkap. Di sana sudah tersedia fasilitas berupa kamar mandi plus toilet, musholla, warung penjual makanan dan minuman, area parkir, dan wahana rumah pohon.

Penginapan Curug Ciherang

Bagimana jika kalian ingin menginap di sekitar Curug Ciherang, adakah penginapan di Curug Ciherang ini?

Kabar baiknya selain bisa menginap di area camping dengan hanya membayar retribusi sebesar Rp. 75.000 saja, saat ini disekitar lokasi curug ciherang juga sudah ada sedikitnya 2 buah villa yang siap disewa dan ditinggali.

Villa ini masing-masing mampu menampung hingga 8 wisatawan sekaligus, dengan harga sewa berkisar antara Rp. 300.000 sampai dengan Rp. 800.000, tergantung tipe kamar yang kalian pilih.

Baca juga: Darajat Pass

Wisata Dekat Curug Ciherang

Bagi kalian yang masih ingin melanjutkan liburan di Bogor setelah ke Curug Cihareng, maka ada beberapa tempat wisata yang dekat dari lokasi curug ini, yang juga cukup bagus untuk kalian singgahi.

Beberapa diantaranya ialah gunung Pancar, Curug Kencana, Curug Kembar, dan Curug Leuwi Hejo. Bahkan tempat-tempat wisata ini jaraknya berjejer dan sejalur dengan curug Ciherang, jadi nantinya kalian akan lebih mudah untuk sampai di lokasinya.

kolam-renang-curug-ciherang
via instagram/curug_ciherang

Baca juga tempat menarik lainnya di Bogor seperti The Voyage Bogor

Tak dimungkiri dengan keindahan objek curug, panorama alam, ditambah sekarang adanya wahana pandang berupa rumah pohon di tempat wisata ini, akan membuat siapapun betah untuk berlama-lama menikmati waktu liburan mereka di Curug Ciherang Jonggol.

Dan, setelah keluar dari lokasi wisata ini, kalian pasti akan merasakan kondisi diri yang lebih baik dari sebelumnya. Lebih segar, lebih ceria, lebih bahagia dan tentunya lebih semangat untuk bekerja.

5 Ulasan untuk Curug Ciherang, Jawa Barat

  1. Pelayanan ramah, tempatnya lumayan bersih, siapkan performa kendaraan krn jalanannya nanjak berliku2, harga tiket murah 90rb hanya utk 2org dewasa, sementara anak2 gratis.. utk signal bagi yang menggunakan map/waze sering drop, jd sebaiknya siapkan berbagai kartu SIM, bagi pengguna motor, perjalanan bisa dilanjutkan sampai awal tangga air terjun, tetapi bagi pengguna kendaraan lain, pengelola menyediakan angkutan bak yg diberi kursi, dan gratis… ga nyesel kesana, pemandangannya MasyaAllah indah, dgn jarak yang ga jauh2 amat dari tangerang bisa ditempuh PP tanpa harus bermalam disana, parkiran luas, trus merpati2 yang dibiarkan lepas, kebetulan ada tukang foto profesional dr pengelola, saya salah sangka kirain tkg foto keliling… Maaf ya mas… ^_^ Dan beliau sudah mau berbaik hati memfoto kami dgn jepretannya …yg keren. Jazakallah ya mas… 😀 Dan untuk minusnya bagi saya musholanya aja, dibiarkan ngeres bgitu, diberi karpet cuma setengah, jd terkesan kecil dan tak terawat, mungkin baiknya dipakaikan karpet yg baik dan ditambah kaca, utk memperbaiki hijab, atau rambut yg acak-acakan… ulasan ini Semoga jadi masukan ya utk pengelola… Dan membantu bagi pengunjung yang akan kesana 😀

  2. Tgl 25 jan 2020(sabtu) . Masya Allah suasananya enak bgt dan alhamdulillah murce👍 Masuk 40rb/org udah Include semuanya termasuk mobil menuju curug kolam renang dllnParkir 5rb/motor n10rb/mobil. Jajanan relatif biasa aja harganya gak terlalu mahal bakso 17rb/porsi pisang goreng isi 6 15rb cireng isi 6 10rb minuman juga gak terlalu mahal sekitaran 10rban. Ke curug nya jalan kaki gak terlalu jauh, jalannya batu2 dan udah tertata rapi jd nyaman dipijak. untuk orang tua sih lumayan capek, disarankan pakai sandal yg nyaman bawa makanan minuman krn dicurugnya gak ada yg jual makanan Kec klo arah menuju curug ada bbrp warung makan. INGAT BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA (Udah tersedia di curugnya) nnKaos dewasa ukuran XL 40rb murce nBaju anak kecil 35rb per stel murcennMasuk jalannya juga udah aspal dan agak jauh lewatin rumah2 penduduk tapi worth it dgn apa yg akan kalian dapatkan view yg keren dimulai dr sepanjang jalan ampe lokasi trus Pelayanan juga ramah, banyak bgt petugasnya. nRuang ganti dekat curug bayar 2rb/org.

  3. Tiket masuknya cukup mahal dibanding curug lainnya yg berada disekitaran ciherang, namun di ciherang bukan hanya bisa menikmati air terjun saja. Disana ada fasilitas kolam renang yg sudah 1 paket dengan tiket masuk. Tempatnya bersih, jika ingin kesana pastikan membawa sandal dan menggunakan sepatu karena jalanannya cukup terjang dan berbatu. Didalam ada warung yang menjual mie instan, bakso dan beberapa cemilan. Wisata curug yang cukup besar dan sangat rapih. Juga ada toilet untuk bilas yg berbayar 2rb, tapi biasanya jika berkunjung di hari biasa tidak banyak toilet yang buka. Didalam juga ada tukang foto langsung cetak tapi yang itu harganya beda lagi yaa dari tiket masuk .

  4. Rekomend pokonya gila parah mantap. Cuman kalau mau ke curug siap2in aja kakinya jangan ampe gempor. Tapi kamu bakalan puas disajikan pemandangan alamny terbayar lunas. Eh Ampe temen2 gw pada bls story nanyain dmna itu pada ga percaya d daerh jonggol. Btw gw cari2 jembatan gantungnya sblah mna si. nnMinus nya harga tiket masuknya kemahalan anjir masa 85k gw berdua ama bini. Padahal liat ulasan disni ga nyampe sgitu padahal gw hari biasa ksitu bkn weekend

  5. Htm 40rb dewasa weekend. Anak anak gratis. Parkir mobil 10rb. Sudah termasuk berenang di mini waterpark, serta naik odong2 ke curug. Kalau menginap/sewa villa/tenda hanya byr 15rb. Pemandangan oke..instagramable tergantung ambil foto nya 😂. Mandi di curug seru kalau tidak terlalu ramai. Waktu saya berkunjung hari sabtu, tidak bgtu ramai. Saran saya bawa makanan, sbab makanan nya mahal. Bakso goreng 1 tusuk 5000 keras pulak😂

Leave a Reply