Curug Cilember Bogor

Curug Cilember Bogor

16 Ulasan

Curug Cilember bisa menjadi alternatif destinasi liburan Anda dan keluarga jika berlibur ke kawasan puncak, Bogor.

Di kawasan yang termasuk area Curug Cilember ini ada 7 curug dengan lokasi berbeda yang bisa Anda nikmati.

Jika Anda adalah penikmat wisata di tempat-tempat yang alami, maka Curug Cilember ini sangat layak dan wajib untuk dikunjungi.

curug-cilember-bogor

Curug Cilember

Kota Bogor memang terkenal memiliki banyak sekali obyek wisata berbentuk curug. Beberapa diantaranya bahkan menjadi langganan wisatawan di saat weekend ataupun musim libur panjang tiba.

Selain yang sudah memiliki nama, di Bogor ada juga beberapa curug yang sudah ditemukan tapi belum diberi nama dan belum dikelola dengan serius sehingga belum banyak yang mengetahuinya dan berkunjung kesana.

Dari deretan curug yang terkenal dan menjadi primadona wisatawan, ada satu lokasi curug yang menawarkan kepuasan menjelajah dan menikmati keindahan alam karena memiliki 7 obyek curug sekaligus.

Curug ini bernama Curug Cilember yang lokasinya masih sejalur dengan taman matahari dan juga taman safari Bogor.

Curug Cilember sejak tahun 1990 dikelola oleh Perhutani dan baru diresmikan sebagai obyek wisata pada tahun 2000.

mitos-curug-cilember

 

Menempati kawasan seluas 5,9 hektar, curug ini berada di ketinggian sekitar 900 mdpl dengan suhu udara rata-rata mencapai 18 sampai 23 derajat celcius.

Dengan ketinggian lokasinya dan suhu udara yang mencapai angka tersebut, di kawasan ini Anda akan mendapati kenyamanan dan juga kesejukan yang menenangkan.

Daya Tarik Curug Cilember

Mengunjungi Curug Cilember Anda bisa mencoba menjelajah ke semua lokasi curug ataupun memilih beberapa diantaranya saja yang sudah terkenal dan menjadi tujuan banyak wisatawan.

Karena kawasannya yang sangat luas dan jarak antar curug juga lumayan jauh, maka opsi kedua bisa Anda pilih dengan hanya mengunjungi curug nomor 5 atau curug 7 saja.

Perlu diketahui bahwa penamaan curug-curug yang termasuk Curug Cilember ini menggunakan angka 1 sampai 7. Curug 1 menempati lokasi paling tinggi dan curug 7 di posisi paling bawah.

curug-cilember-cisarua-bogor

Nah untuk sampai ke curug paling atas yakni curug nomor 1, Anda setidaknya harus menempuh rute menanjak dari curug 7 selama kurang lebih 2 sampai 3 jam perjalanan.

Dari sini, Anda mungkin bisa membayangkan bagaimana jauh dan sulitnya medan yang harus ditempuh jika ingin menjelajah ketujuh curug yang ada di kawasan Curug Cilember.

Untuk itu kalau Anda memang bukan tipe penjelajah, maka sebaiknya Anda hanya berkunjung ke curug 7 saja yang lokasinya paling bawah dan masih mudah untuk diakses.

Curug 7 cilember menjadi curug yang paling banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya memang paling mudah untuk dijangkau.

Selain itu, di sekitar curug 7 cilember ini juga sudah tersedia berberapa fasilitas dan wahana yang cukup menarik sebagai tambahan tempat bersantai dan tempat mengedukasi diri.

curug-cilember-1

Misalnya jika ingin menikmati suasana romantis bersama pasangan, di sekitar curug 7 cilember ada sebuah wahana bernama jembatan cinta yang bisa dijadikan tempat menikmati kebersamaan bersama pasangan.

Kemudian bagi yang datang bersama anak-anak, di area ini juga tersedia lokasi penangkaran atau konservasi kupu-kupu berbagai jenis lengkap dengan laboratorium penelitiannya sebagai tempat memberi pengetahuan baru kepada anak-anak Anda.

Sementara mengenai keindahan lokasi, semua curug yang ada di kawasan Curug Cilember ini bisa dikatakan memiliki keindahan yang sama.

Semua curug menawarkan suasana alami yang semakin tampak indah dengan adanya tanaman pinus merkusi yang mengelilingi kawasan curug.

Misteri dan Mitos Curug 7 Cilember

curug-cilember-5

Di samping keindahaannya yang menarik minat banyak wisatawan, curug 7 cilember juga menyimpan misteri serta mitos yang dipercayai oleh masyarakat sekitar dan juga sebagian wisatawan.

Masyarakat sekitar mempercayai bahwa sampai saat ini Curug Cilember masih dijaga oleh raja-raja kerajaan siliwangi dan juga menjadi tempat membasuh muka putri kerajaan pasundan yang cantik jelita.

Selain itu, konon siapapun yang mandi dan membasuh muka dengan air curug ini, maka ia akan awet muda, mendapatkan kekuatan dan mudah dalam mencari jodoh.

Karena itu saat berkunjung ke sini, Anda mungkin akan melihat banyak warga sekitar dan juga sebagian wisatawan yang melakukan ritual mandi dan cuci muka dengan air yang berasal dari curug ini.

Aktifitas Wisata di Curug Cilember

Ada banyak aktifitas wisata yang bisa dilakukan saat mengunjungi obyek wisata Curug Cilember. Di tempat ini ada beberapa spot menarik yang bisa Anda jelajahi untuk mengisi waktu libur Anda setelah puas menikmati keindahan curug.

Beberapa aktifitas tersebut ialah :

1. Trekking

curug-cilember-trekking

Seperti saat berkunjung ke Curug Nangka atau Curug Leuwi Hejo, Sebelum sampai di lokasi Curug Cilember, Anda juga akan melakukan perjalanan beberapa meter dengan jalur menanjak dari lokasi parkir.

Perjalanan ini bisa Anda memanfaatkan untuk menyalurkan hobi trekking karena jalan setapak yang akan dilalui hingga sampai di lokasi curug sedikit berliku dan licin.

Harap gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman agar trekking anda semakin terasa mudah dan tidak terlalu melelahkan.

2. Mandi di Curug

gambar-curug-cilember

Air terjun Curug Cilember sangat segar dan juga bersih sehingga Anda akan merasakan kesegaran tubuh dan fikiran setelah mandi di kolam curug.

Jangan lupa sesampainya di lokasi curug setelah melakukan trekking dari areal parkir untuk langsung mandi agar kondisi tubuh kembali normal.

Sementara mengenai kepercayaan tentang misteri atau mitos yang mengatakan mandi di curug ini akan membuat awet muda, itu terserah anda karena mempercayai hal-hal berbau mistis seperti itu adalah hak diri masing-masing.

3. Hunting Foto

Di beberapa area sekitar Curug Cilember bisa Anda temukan spot cantik yang cocok sebagai tempat berfoto.

Spot utamanya tentu di sekitar obyek curug dengan memanfaatkan keindahan wujud curug sebagai background foto untuk menambah kesan berbeda dan unik di foto Anda.

Baca juga : Hunting Foto di Wisata Gunung Pancar

4. Kupu-kupu dan Jembatan Cinta

Tidak jauh dari lokasi curug, ada dua wahana menarik yang juga sering diserbu oleh setiap wisatawan yang datang ke Curug Cilember ini.

taman-kupu-kupu-curug-cilember

Wahana pertama berupa sebuah jembatan yang dinamai jembatan cinta yang sering dijadikan sebagai tempat bersantai sekaligus tempat berfoto oleh para wisatawan.

Nah jika mau, Anda juga bisa melakukan hal yang sama dengan pasangan ataupun keluarga di jembatan cinta tersebut.

Kemudian wahana berikutnya adalah sebuah komplek atau area konservasi kupu-kupu yang berbentuk kubah raksasa.

Di wahana ini, Anda bisa melihat berbagai jenis dan warna kupu-kupu dan juga bisa mengamati perkembangbiakan mereka di laboratorium khusus yang telah disediakan untuk mengamati kehidupan kupu-kupu.

Wahana ini akan sangat menarik bagi anak-anak. Karena itu jika datang bersama anak-anak, jangan sampai lupa untuk membawa mereka ke area konservasi kupu-kupu Curug Cilember ini.

5. Camping

camping-ground-curug-cilember

Tidak jauh dari lokasi curug, tepatnya di sekitar lokasi curug nomor 5, Anda bisa mendirikan tenda camping di area datar yang memang sudah disiapkan pengelola.

Tidak sedikit wisawatan yang camping di area ini untuk sekedar menikmati kehidupan alam liar ataupun sebagai tempat bermalam yang lebih hemat.

Untuk bisa camping di area ini, Anda harus membayar biaya sewa area sejumlah Rp30.000 per malam.

Lalu jika tidak membawa peralatan camping, di sini juga sudah tersedia tempat penyewaan alat-alat camping dengan harga sewa sekitar Rp250.000 per malam.

Namun ada juga peralatan camping yang harga sewanya lebih murah dan lebih mahal, ini bergantung pada seberapa banyak daya tampung tenda yang akan disewa.

Baca juga: Wisata keluarga Gumati Waterpark Sentul City

Alamat Curug Cilember

penginapan-curug-cilember

Alamat Curug Cilember berada di Megmendung, Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Puncak Bogor, Jawa Barat.

Untuk sampai di lokasi Curug Cilember ini dari pusat kota Bogor, Anda setidaknya harus menempuh perjalanan sejauh 23, 5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Jarak Curug Cilember dari pusat kota memang cukup jauh. Namun tenang saja, lokasi curug ini sangat mudah diakses karena berada di jalur yang sudah terkenal dan menjadi rute yang dilalui setiap orang yang akan berlibur ke puncak.

Di perjalanan, Anda juga akan menemukan banyak sekali papan penunjuk jalan yang akan memudahkan untuk sampai di lokasi dan menghindarkan Anda dari kemungkinan tersesat.

Jam Buka Curug Cilember

jam-buka-curug-cilember

Jam buka Curug Cilember setiap harinya dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 21.30 WIB baik di hari kerja ataupun weekend.

Anda bebas mengunjungi tempat ini selama rentang waktu buka tutup di atas. Hanya saja bila menginginkan suasana yang lebih eksotis, maka waktu kunjungan yang menurut kami paling tepat adalah saat pagi atau sore hari.

Namun perlu diingat, bagi yang datang sore hari harus memastikan untuk turun atau pulang saat hari masih terang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Harga Tiket Masuk Curug Cilember

Saat ini beredar kabar bahwa harga tiket masuk Curug Cilember sudah tidak ada patokan lagi karena banyaknya pungutan liar dan orang-orang tidak bertanggung jawab yang menjual tiket masuk Curug Cilember dengan harga sangat malah.

harga-tiket-curug-cilember

Namun untuk harga resmi dari pengelola, untuk memasuki kawasan cugur ini Anda hanya perlu membeli tiket masuk yang dijual dengan harga Rp6000 saja.

Lalu jika datang membawa kendaraan pribadi, Anda juga harus membayar karcis parkir sebesar Rp4000 untuk sepeda motor dan Rp8000 untuk mobil.

Semantara jika menginap dan, karcis parkir ini harus diperpanjang lagi dengan menambah biaya sebesar 10.000 untuk sepeda motor dan Rp20.000 untuk mobil.

Harga Tiket Masuk Curug Cilember 2019

Jenis Tiket Harga
Tiket Masuk Rp6000
Parkir Sepeda Motor Rp4000
Parkir Mobil Rp8000
Sewa Area Camping Rp30.000
Perpanjangan Parkir Sepeda Motor Rp10.000
Perpanjangan Parkir Mobil Rp20.000

Fasilitas Curug Cilember

fasilitas-curug-cilember

Ketersediaan fasilitas umum di Curug Cilember sudah cukup memadai. Sebagaimana diย  tempat-tempat wisata lainnya, di lokasi curug ini juga ada beberapa fasilitas umum seperti area parkir, saung, toilet, warung makan, hingga penginapan.

Untuk penginapan Anda bisa memilih beberapa penginapan berbentuk villa yang tersedia di beberapa titik di sekitar lokasi curug. Atau jika anda ingin yang lebih hemat, maka Anda bisa bermalam di area camping ground.

Villa Curug Cilember

Villa-villa di Curug Cilember ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memudahkan setiap pengunjung yang akan menginap.

Fasilitas yang tersedia di villa-villa tersebut antara lain tungku pemanas, dapur, hingga water heater yang bisa digunakan untuk menyiapkan bekal sebelum berangkat ke lokasi curug.

Sementara untuk harga sewanya, villa-villa di tempat ini bisa disewa dengan harga yang cukup terjangkau yaitu hanya sekitar Rp800.000 sampai 1 juta rupiah saja.

Nah jika pun villa-villa di tempat ini sudah disewa semuanya, Anda juga bisa menyewa hotel yang juga terletak di sekitar kawasan curug dengan biaya yang lebih murah yaitu sekitar Rp500.000 per malam.

villa-curug-cilember

Baca juga : Tempat Wisata di Bogor

Curug Cilember Puncak Cisarua Bogor sangat bisa dan sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan Anda dan keluarga di akhir pekan ataupun saat libur panjang nanti. Selain menawarkan keindahan dan kenyamanan berwisata, di tempat ini Anda juga bisa menambah pengetahuan anak-anak agar lebih mencintai alam dan makhluk hidup lainnya.

16 Ulasan untuk Curug Cilember Bogor, Jawa Barat

  1. Air terjung (dalam bahasa sunda disebut curug) cilember ini merupakan suatu kawasan dengan 7 buah air terjun. Mulai dari air yterjun kecil hingga besar dan tinggi. Kawasan masih tergolong asri meski ada beberapa gubahan. Ada lokalisasi pedagang dan penginapan, kolam renang maupun camping spot. Lokasi menyenangkan untuk hiking. Untum tiket sayangnya tergolong mahal, dengan biaya Rp 25.000 per orang. Sebaiknya angka tersebut diikuti perbaikan dan pemeliharaan yang baik mengingat pengunjung yang datang banyak.

  2. Wisata alam yang sangat sangat recommended. Buat orang yang Instagramable wajib banget nyobain foto di setiap spot di tempat ini. Bagus banget. Cuma saran aja buat para pengunjung lebih baik datang pagi biar puas sampai sore. Kalau kesorean disini rasanya lumayan horror juga.

  3. Suka… dulu ksni gw waktu jadi pramuka tahun 2003 silam..kmren dtg lagi bareng anak + suami๐Ÿฅฐ,,udah banyak yg berubah n jarang ada yg benar2 kemah,,mungkin skrg jadi lebih ramai pengunjung wisata

  4. air terjun yg oke punya ..menuju air terjun nya jg engga terlalu jauh jg ko sampai air terjun kita akan terpana dengan melihat air terjun nya…ini air terjun yg ditempuh kedalam engga terlalu jauh…banyak jg yg foto2 buat wedding . ga nyesel deh

  5. Enak buat refreshing.. ada bnyk curug.. di bawah sama kita harus naek ke atas lg kira2 15 menit.. tapi pas udah sampe di atas seger bgt.. air terjunnya suasananya asri.. ada bbrp monyet liar juga di sini..

  6. Meskipun lumayan jauh jalan kakinya tapi terbayar lunas kok diatas ๐Ÿ˜‚

  7. Sejuk dan nyaman..apalagi kalo lagi musim liburan,banyak ciwi ciwi cantik maen ke sini.. Awokwokwok ๐Ÿ˜โœŒ

  8. Tolong donk kalo waktunya jam tutup dibilangin di maps atau sediakan nmr tlp untuk tau lebih infonya

  9. Enak buat nyantai sama keluarga tmn bisa jg buat camping fotoยฒbiaya masuk hari biasa 25/org

  10. Hoax, masih belum buka anjinggg! Covid overhype tai

  11. Sekedar info ketika perjalanan ke sini. – Kondisi Curug masih cukup terjaga alami. – Bawa peluit !!!, jadi ketika lost sinyal dan tersesat, masih ada komunikasi dengan penyelamat/orang sekitar. – Pakai sepatu dan jangan sandal flip flop. – Antar curug lokasinya agak berjauhan. – Ada warung makan di dalam lokasi curug, bahkan yang di atas juga ada. – Usahakan datang ke lokasi tidak lebih dari jam 15.00, karena menuju curug yang atas agak jauh. – Jangan membawa anak dibawah 5 tahun, kalau mau menuju curug yang atas. . Pengalaman saja:. Ketika menuju pintu keluar, menggunakan jalan lain. Setelah dekat lokasi pintu keluar ada semacam penangkaran burung(bukan yang dekat warung/pintu masuk). Terdengar orang laki dan perempuan berbincang dengan keras. Ketika didekati, suara hilang dan ketika menjauh, suara perempuan kembali terdengar. Pas makan di warung dekat pintu masuk, tidak ada petugas di curug yang perempuan dan lokasi dimaksud sudah tidak ada penjaga..he..he…kelihatannya horor, tapi lokasi curug terlalu indah untuk di skip dari daftar kunjungan.. Sepanjang niat baik, dan kita menjaga alam(tidak membuang sampah, tidak berbuat asusila) tidak masalah kok

  12. tiket masuk perorang Rp.25.000 lumayan mahal tapi jauh lebih baik dibanding ke telaga saat yg harga tiketnya sama tapi jalurnya payah. parkir motor + titip helm Rp.10.000.. untuk jalur tracking ke air terjun berupa tangga batu yg licin pas turun, klo pas naik sih ok ok aja dan cukup jauh ya dari pintu masuk buat yg jarang olahraga berasa bgt capenya ๐Ÿ˜… (kaya saya).. banyak monyet juga, jgn dikasih makan nanti malah temen”nya dateng. ttp jaga kebersihan jgn buang sampah sembarangan atau sengaja ninggalin sampah ditempat duduk ๐Ÿ™‚

  13. Sudah banyak perubahan sejak terakhir ke sini tahun 2016. Ada beberapa fasilitas umum yang ditambahkan seperti Gasebo tempat pengunjung rehat sejenak saat naik ke Curug 7. Cuma sayang, beberapa warung sepertinya gulung tikar akibat pandemi.. . Juga ada beberapa wahana baru seperti flying fox, memanah, menembak dan beberapa tempat makan baru di dekat air terjun atau Curug 7. Wahana lama seperti tempat foto tanda hati, terapi ikan, kemping, dll.. . Curug Cilember ini salah satu tempat wisata favorit orang Arab. Karena itu papan pengumuman juga ditulis dalam bahasa Arab. Tempat makan juga menyediakan menu2 bernuansa Arab seperti Sisha, dll.. . Harga tiketnya sekarang 25 ribu per orang. Kemping 30 ribu motor menginap 20 ribu.

  14. Tiket msh tetep y 25k. Jln’a mobil motor muat yg kuat y aga nanjak dikit. Udara msh seger dingin ademlah ditmnin ama suara” jangkrik dkk brasa alam bgt. Ada tmpt makan,bsa camp jg,curug 1-7 klo bwa bocah mlz kmn” worry udh d 7 aja maen aer๐Ÿ˜…. Klo png check fisik bolehlah naek k curug level up tp jarak antar curug lumayan y hrus tau tracknya tkt nyasar tr nemu aer trsmbunyi lg๐Ÿ˜…. Msh fav rekomend si curug aman

  15. Daerahnya masih asri dan adem banget. Air terjunnya dingin, segar, pemandangannya bagus dan pas hari senin kesana ngga terlalu ramai jadi puas banget nikmatin view nya. Tiket masuk juga masih termasuk affordable. Di pintu masuk parkir mobil di charge 10ribu perorang lalu pas mau masuk daerah curugnya bayar lagu 25ribu perorang.. . Ngga hanya air terjun saja yang ada di sini. Ada penginapan, camping ground, flying fox, playground, tempat makan, taman kupu2 dan terapi ikan. Walau ya beberapa tempat masih perlu banget di maintainance karena sudah mulai kotor dan nampak tak terawat.. . Tempat yang cocok banget untuk yang mau healing dari hiruk pikuk kota. Untuk harga tiket yang ditawarkan ya worth it lah.

  16. Tempat wisata di puncak Bogor, letaknya dari taman matahari GK terlalu jauh.agak naik sedikit. Belok ke gang hankam kurang lebih 3sampai 4 kilo ke dalem.ada satu turunan dan satu tanjakan yg agak curam .tapi masih kejangkau untuk motor dan mobil pribadi ,. Untuk tempat wisata nya lumayan bagus air terjunnya.tapi waktu saya ke sana hanya kuat curuk 7 dan 5.dua2 nya bagus.dikelilingi pohon2 Pinus.. Ada penyewaan tenda, vila2 jg ada.recomend buat healing keluarga. Tiket masuk 25 – 35.untuk yg villa kapan aja nikmat tapi. Untuk yg camping lebih enak di musim kemarau.kalau musim hujan .bisa2 GK ada temenya.soalnya saya kemaren akhir januari bersama keluarga .hanya ada 3 tenda saja .lumayan serem .. Karena tempatnya tidak seperti tanah lapang, tapi di petak2 banyak rerimbunan di sekelilingnya.untuk mushola dan toilet bersih.secara keseluruhan recommend ๐Ÿ‘

Tinggalkan Balasan