Curug Cimahi

Curug Cimahi bisa menjadi alternatif tujuan wisata Anda bersama keluarga jika sedang berada di Bandung.

Curug ini sangat terkenal keindahannya dan cukup mudah diakses karena lokasinya terletak di pinggir jalan raya dan dekat dengan beberapa tempat terkenal yang ada di Bandung.

Jika berkeinginan untuk liburan ke Curug Cimahi, yuk baca dulu ulasan kami tentang curug ini sebagai informasi awal agar perjalanan wisata Anda lebih mudah dan menyenangkan.

curug-cimahi-bandung

Curug Cimahi

Curug Cimahi atau Curug Pelangi atau ada juga yang menyebutnya Rainbow Waterfalls Bandung adalah salah satu tempat wisata yang cukup terkenal dan saat ini menjadi primadona para wisatawan.

Hal ini menjadi semakin terbukti dengan banyaknya kunjungan wisatawan yang berasal dari Bandung dan daerah2 sekitarnya saat musim libur tiba.

Saat weekend atau libur nasional, ratusan wisatawan biasanya akan menyerbu kawasan curug ini dan menghabiskan waktu libur mereka dengan bercengkrama ataupun melakukan aktifitas wisata di sekitar area curug.

Curug Cimahi menawarkan daya tarik berupa keindahan kawasan curug yang alami dan tentunya obyek curug yang sangat indah.

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 74 meter sehingga menyandang status sebagi curug tertinggi di wilayah Bandung.

curug-cimahi-rainbow-waterfalls-bandung

Jika Anda memilik waktu libur yang lumayan panjang dan bisa menginap, kami sarankan untuk menginap agar Anda dapat melihat keindahan curug ini di malam hari dengan hiasan lampu disco yang membuat airnya tampak berwarna.

Selain itu, kawasan Curug Cimahi juga terletak di tempat yang cukup tinggi yaitu sekitar 1050 mdpl.

Hal ini mengakibatkan hawa udara di sekitar kawasan curug sangat sejuk dengan suhu rata-rata mencapai 18 sampai 22 derajat celcius.

Karena itu bila Anda memang pencinta wisata alam dengan keriteria semacam ini, maka jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke Curug Cimahi Bandung.

Mitos Curug Cimahi

Ada mitos yang beredar di kalangan wisatawan dan masyarakat sekitar mengenai Curug Cimahi ini.

Konon, Curug Cimahi sering mengakibatkan putusnya hubungan asmara. Artinya, jika Anda datang bersama pasangan ke curug ini, maka kemungkinan setelahnya hubungan Anda tidak akan berumur panjang.

curug-cimahi-lembang-bandung

Namun mengenai kepercayaan terhadap mitos Curug Cimahi ini sebenarnya tidak perlu dibesar-besarkan dan terlalu diyakini.

Jika Anda merasa ragu untuk datang bersama pasangan ke curug ini karena takut dengan mitos tersebut, segera saja kembalikan semuanya kepada sang pencipta.

Bukankah kita percaya bahwa rizki dan jodoh itu sudah ditentukan olehnya? Kalau begitu, buat apa mikirin mitos yang belum pasti kebenarannya ini?

Aktifitas Wisata di Curug Cimahi

Mengisi waktu di tempat wisata dengan melakukan berbagai aktifitas tentunya akan semakin menambah keseruan dan kenikmatan berlibur.

Karena itu, saat berkunjung ke Curug Cimahi, Anda juga sebaiknya beraktifitas agar waktu liburan Anda tidak sia-sia.

Ada berbagai macam aktifitas wisata yang bisa Anda lakukan di Curug Cimahi ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tekking Ringan

curug-cimahi-pelangi

Curug Cimahi ini memang berlokasi di tempat yang tidak begitu jauh dari jalan raya. Namun untuk benar-benar sampai di lokasi curug, Anda harus menuruni tangga yang lumayan panjang.

Perjalanan dari pintu masuk ke area curug melewati tangga tersebut bahkan harus ditempuh dengan waktu kurang lebih 20 hingga 30 menit. Bisa dibayangkan betapa jauh dan panjangnya perjalanan yang harus Anda lalui.

Namun tenang saja, di beberapa titik sepanjang tangga sudah tersedia shelter atau tempat beristirahat. Jadi Anda bisa menghela nafas sebentar sebelum melanjutkan perjalanan.

2. Berenang di Kolam Curug

curug-cimahi-rainbow

Tak sempurna rasanya apabila berkunjung ke Curug Cimahi tanpa merasakan kesegaran air curugnya.

Setelah trekking menuruni tangga yang pastinya akan melelahkan, Anda bisa langsung cuci muka sekaligus berenang di kolam curug yang tercipta secara alami persis di bawah curug.

Air Curug Cimahi ini berasal dari Situ Lembang yang kemudian mengalir mengairi Kota Cimahi, jadi Anda tidak perlu ragu dengan kebersihan dan kesegaran airnya.

3. Berburu Foto

curug-cimahi-spot-foto

Tempat-tempat wisata alam selalu menarik dan menggoda untuk dijadikan spot berfoto.

Meskipun mungkin tidak semenarik spot-spot foto yang sengaja dibuat di tempat-tempat wisata khsusus foto, namun Anda tetap akan mendapatkan foto yang terlihat cantik jika mampu mencari dan memilih spot foto yang bagus di sekitar curug.

Sebagai referensi, spot foto yang bisa Anda pilih dan sepertinya akan membuat foto Anda terlihat menarik adalah di sekitar obyek curug. Anda bisa berfoto dengan latar belakang curug, ataupun befoto dengan latar belakang kawasan curug yang ditumbuhi aneka pepohonan hijau.

4. Santai Menikmati Keindahan Curug

curug-cimahi-2019

Bagi Anda yang malas bangun dan melakukan aktifitas aktif, Anda juga bisa mengisi waktu libur di Curug Cimahi dengan bersantai menikmati keindahan curug sambil duduk beralaskan tikar di area-area yang rindang.

Agar semakin nikmat, jangan lupa menyiapkan beberapa bungkus camilan dan juga kopi atau teh hangat sebagai teman bersantai.

5. Camping ?

Tidak seperti Curug Cilember yang memiliki area camping, di Curug Cimahi ini belum ada lokasi yang bagus dan memungkinkan untuk mendirikan tenda camping.

Jadi, untuk aktifitas ini sepertinya belum bisa dilakukan di Curug Cimahi minimal untuk saat sekarang ini.

Alamat Curug Cimahi

Alamat Curug Cimahi berada di Jalan Kolonel Masturi No.325, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat.

Akses jalan ke curug ini sudah sangat bagus dan lokasinya juga berdekatan dengan obyek wisata lain di Bandung sehingga Anda pasti tidak akan kesulitan untuk menemukan lokasinya.

alamat-curug-cimahi

Curug ini berlokasi di pinggir jalan raya Kolonel Masturi yang juga akan Anda lalui jika berkunjung ke obyek wisata Dusun Bambu Bandung.

Selain itu, lokasi curug ini juga lumayan dekat dari Universitas Advent Bandung yang bisa Anda jadikan patokan untuk menemukan lokasi Curug Cimahi selain Dusun Bambu Bandung.

Jika Anda mengakses Curug Cimahi dari pusat kota Bandung, maka Anda akan menempuh perjalanan sejauh 19,8 kilometer.

Meskipun lumayan jauh, namun waktu tempuh yang Anda butuhkan hanya sekitar 30 menit karena akses jalannya sudah sangat baik.

Rute Menuju Curug Cimahi

rute-menuju-curug-cimahi

Ada beberapa alternatif rute yang bisa Anda lalui jika ingin berlibur ke Curug Cimahi. Salah satu yang termudah adalah rute Lembang – Parongpong yang juga satu arah dengan rute ke Dusun Bambu Bandung.

Melewati rute ini Anda hanya perlu menyusuri jalan hingga sampai di Universitas Advent Bandung.

Nah dari universitas ini, berikutnya Anda tinggal melanjutkan perjalanan beberapa kilometer lagi hingga sampi di lokasi Curug Cimahi yang ditandai dengan sebuah pintu masuk persis di pinggir jalan Kolonel Masturi atau di depan terminal angkot Cisarua.

Jam Buka Curug Cimahi

Jam buka Curug Cimahi dimulai dari pukul 07.00 WIB dan tutup pada pukul 20.00 WIB. Jam buka ini berlaku di semua hari baik di hari libur ataupun hari kerja.

Sementara mengenai waktu berkunjung yang paling bagus, kami sarankan agar Anda memilih waktu pagi dan sore hari agar suasananya lebih adem.

gambar-curug-cimahi

Kemudian apabila Anda ingin menyaksikan indahnya sang pelang di Curug Cimahi ini, cobalah untuk datang setelah sebelumnya turun hujan atau terjadi gerimis. Dari atas, Anda bisa melihat warna warni pelangi yang melintas di sekitar area curug.

Namun kami tidak menyarankan Anda untuk turun ke lokasi curug setelah turun hujan deras. Alasannya adalah untuk menghindari bahaya jika sewaktu-waktu di Curug Cimahi terjadi longsor.

Harga Tiket masuk Curug Cimahi

Harga tiket masuk Curug Cimahi cukup terjangkau. Anda bisa memasuki kawasan curug ini hanya dengan membeli tiket yang dijual dengan harga Rp15.000 di hari kerja dan Rp17.000 di hari libur.

Lalu bagi Anda yang datang membawa kendaraan pribadi, retribusi parkirnya juga cukup murah yaitu hanya Rp3000 untuk sepeda motor dan Rp5000 untuk mobil.

harga-tiket-masuk-curug-cimahi

Kemudian bagi Anda yang datang bersama anak-anak, aturannya adalah anak yang berumur di bawah 2 tahun bebas masuk tanpa tiket, sedangkan yang berumur di atas 2 tahun, aturannya sama dengan orang dewasa yaitu hanya bisa masuk setelah membeli tiket.

Tabel Harga Tiket Masuk Curug Cimahi 2018 – 2019

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp15.000 (hari kerja) – Rp17.000 (hari libur)
Parkir Sepada MotorRp3000
Parkir MobilRp5000

Fasilitas Curug Cimahi

Fasilitas yang tersedia di lokasi Curug Cimahi sudah sangat lengkap. Pengelolanya yaitu pihak perhutani sepertinya sangat serius untuk menjadikan obyek wisata ini sebagai salah satu tempat wisata favorit di Bandung.

Fasilitas Curug Cimahi antara lain :

  • Area Parkir
  • Toilet
  • Warung Makan
  • Mushola
  • Shelter
  • Piknik Site
  • Pintu Pagar
  • Peta Lokasi
  • Jalan Setapak / Anak Tangga
  • Pagar Pengaman
  • Pos Jaga
  • Bangku
  • Klinik
  • Pusat Informasi
  • Tempat Sampah
  • Penginapan

Penginapan di Curug Cimahi

Bagi yang punya waktu libur agak panjang dan ingin menginap di sekitar lokasi Curug Cimahi, Anda bisa memilih beberapa penginapan yang tersedia tidak jauh dari lokasi curug.

Dan salah satu penginapan yang bisa Anda pilih, adalah Villa Air yang memiliki bangunan cukup luas sehingga sangat cocok untuk tempat menginap bersama keluarga.

penginapan-curug-cimahi

Baca juga : Daftar Tempat Wisata di Bandung

Curug Cimahi Bandung sangat cocok untuk mengisi daftar destinasi wisata yang akan Anda kunjungi bersama keluarga.

Selain tempatnya yang indah dan nyaman, tidak jauh dari lokasinya juga terdapat beberapa obyek wisata lain yang tak kalah memukau. Jadi setelah puas berwisata di Curug Cimahi, selanjutnya Anda bisa meneruskan petualangan seru ke obyek-obyek wisata terdekat.

Loading...

Curug Ciherang

Hansar
5 min read

Grafika Cikole

Hansar
5 min read

Chinatown Bandung

Hansar
5 min read

Farmhouse Lembang

Hansar
4 min read

Gunung Pancar

Hansar
5 min read

The Lodge Maribaya

Hansar
5 min read