Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo adalah salah satu tempat wisata di kota Bogor yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga di akhir pekan nanti.

Di tempat ini, Anda bisa trekking, berenang, hingga berburu foto-foto cantik di spot-spot foto yang ada di Curug Leuwi Hejo.

curug-leuwi-hejo-sentul

Curug Leuwi Hejo

Sejak dibuka untuk kunjungan wisata sekitar tahun 2014 silam, Curug Leuwi Hejo terus mengalami perkembangan dalam hal jumlah pengunjung.

Curug ini setiap harinya pasti didatangi pengunjung yang tidak hanya dari Bogor, tapi juga dari kota-kota lainnya di Indonesia.

Bahkan Curug Leuwi Hejo juga sering mendapat kunjungan dari para turis mancanegara.

Bule-bule ini nampaknya sangat terpesona dengan keindahan suasana alam yang ada di Curug Leuwi Hejo sehingga rela untuk melancong ke tempat yang sangat jauh dari negara mereka.

curug-leuwi-hejo-sentul-bogor

Ya. Curug Leuwi Hejo memang sangat menarik. Tak heran kalau curug ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit di kota Bogor.

Daya Tarik Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo menawarkan daya tarik berupa keindahan alam berbalut sejuknya udara kota Bogor.

Aneka tetumbuhan hijau dan pepohonan rindang akan menyambut Anda ketika sampai di lokasi curug.

Saat matahari mulai naik, air curug ini akan membiaskan warna kehijauan sehingga semakin menambah kesan eksotis di sekitar kawasannya.

Selain itu, Curug Leuwi Hejo juga menarik untuk dikunjungi karena tantangan medan yang harus ditempuh pengunjung sebelum sampai di lokasinya.

rute-ke-curug-leuwi-hejo

Dari pintu masuk utama hingga ke lokasi, Anda akan dipaksa untuk melewati medan yang sedikit agak terjal dan berliku.

Namun perjalanan yang sedikit melelahkan dari gerbang utama ke lokasi curug ini bagi sebagian orang ternyata menyisakan kesan indah tersendiri.

Apalagi di tengah perjalanan, Anda akan menjumpai banyak spot indah yang menggoda untuk dijadikan tempat berfoto. Bukannya merasakan lelah, malah Anda mungkin saja ingin berlama-lama menjelajahi spot-spot yang ada di tengah perjalanan.

Cerita Mistis Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo tidak hanya dikenal sebagai tempat rekreasi yang indah tapi juga tempat yang angker dan penuh kisah mistis.

Kemistisan ini bahkan sampai sekarang terus menyebar dari mulut ke mulut dan menjadi buah bibir di kalangan wisatawan yang datang ke tempat ini.

Pertama, curug ini konon memiliki 2 penjaga yang selalu mengawasi gerak gerik setiap pengunjung selama berada di lokasi curug.

Sedikit saja melakukan kesalahan misalnya mengumpat, mengotori kawasan curug apalagi melanggar norma, maka nasib buruk akan menimpa si pengunjung tersebut.

cerita-mistis-curug-leuwi-hejo

Lalu yang kedua berkaitan dengan adanya sebuah kuburan yang terletak tidak jauh dari lokasi curug. Meski belum ada kejadian menyeramkan yang dialami wisatawan, namun keberadaan kuburan tersebut membuat kesan angker terasa sampai di lokasi curug.

Kisah-kisah mistis seperti di atas memang tidak perlu terlalu dipersoalkan. Selama kita mengedepankan kesopanan, tentu hal-hal buruk tidak akan terjadi.

Namun kisah mistis curug leuwi hejo ini memang cukup mumpuni untuk membuat setiap pengunjung yang datang jadi taat norma dan menjaga kesopanan.

Kawasan curug pun selalu terjaga kebersihannya karena para wisatawan tidak berani membuang sampah sembarangan.

Aktifitas Menarik di Curug Leuwi Hejo

Berlibur di Curug Leuwi Hejo akan terasa lebih mengasikkan apabila diisi dengan melakukan berbagai kegiatan. Berikut ini beberapa aktifitas seru yang bisa dilakukan di Curug Leuwi Hejo :

1. Trekking

curug-leuwi-hejo-terkking

Seperti yang sudah dituliskan sedikit di atas, jalur yang menghubungkan antara pintu masuk dan lokasi Curug Leuwi Hejo memiliki medan yang agak sulit.

Jalurnya berupa jalan setapak berbatu yang butuh kehati-hatian agar tidak terjatuh saat melintas di atasnya.

Untuk sampai di lokasi curug dari pintu masuk, Anda sedikitnya akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit.

2. Lompat Tebing

curug-leuwi-hejo-lompat-tebing

Ini adalah aktifitas paling seru yang bisa Anda lakukan di Curug Leuwi Hejo. Mirip seperti Curug Pangeran, Posisi aliran air curug ini yang diapit oleh tebing-tebing tinggi, membuat beberapa pengunjung memanfaatkannya sebagai spot lompat tebing.

Spot inipun sudah dilengkapi dengan tali tambang sebagai pegangan untuk menaiki bebeatuan tebing.

Dari atas, Anda bisa melakukan lompatan ringan sebelum menghujam permukaan air sedalam kurang lebih 3 meter.

3. Berenang dan Bermain Air

curug-leuwi-hejo-berenang

Aktifitas selanjutnya yang tidak kalah menyenangkan adalah berenang dan bermain air di kolam curug yang menggoda dengan airnya yang bersih dan berwarna biru kehijauan.

Setelah melewati perjalanan yang sedikit melelahkan dari pintu masuk, Anda kemudian bisa langsung menceburkan diri ke kolam curug. Selain bersih, airnya juga tentu sangat menyegarkan.

4. Hunting Foto

curug-leuwi-hejo-spot-foto

Selain spot-spot cantik yang bisa Anda dapatkan selama perjalanan dari pintu masuk ke lokasi curug, spot foto juga bisa Anda dapatkan dengan sangat mudah di sekitar lokasi curug.

Anda bisa memilih latar air terjun, ataupun menjelajah spot lainnya di kawasan perbukitan dan perasawan penduduk.

5. Camping

curug-leuwi-hejo-camping

Di lokasi curug ini juga sudah tersedia area lapang dan luas sebagai tempat camping. Dengan tarif atau biaya retribusi sebesar Rp40.000 per orang, Anda sudah bisa bermalam dengan sangat romantis di tempat ini.

Alamat Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo beralamat di Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Untuk sampai di lokasi curug ini dari pusat kota Bogor, Anda setidaknya akan menempuh perjalanan sejauh 10 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit berkendara.

alamat-curug-leuwi-hejo

Namun, berbeda dengan obyek-obyek wisata lain di kota Bogor, perjalanan dari pusat kota ke lokasi Curug Leuwi Hejo akan terasa lebih mudah dan cepat karena tidak terganggu kemacetan.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo setiap harinya dibuka untuk kunjungan wisatawan sejak pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Mengenai harga tiket masuk, Anda harus rela membayar tiket masuk sebanyak dua kali sebelum sampai di lokasi curug.

Harga tiket masuk pertama yakni sebesar Rp15.000 per orang dan tiket kedua seharga Rp5000 per orang.

curug-leuwi-hejo-green-canyon

Tiket pertama untuk melewati pintu pos pertama yang dananya akan digunakan untuk operasional pengelola, dan tiket kedua untuk melewati pos kedua yang diperuntukkan untuk pembangunan Desa setempat.

Fasilitas Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo hanya dikelola oleh perkumpulan masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Meski begitu, ketersediaan fasilitas umum di tempat ini sudah cukup memadai.

Adapun fasilitas yang akan Anda dapatkan di lokasi curug ini antara lain :

  • Area Parkir Yang Luas
  • Tempat Penitipan Barang
  • Saung
  • Warung Penjual Makanan
  • Toilet
  • Tempat Ibadah
  • Kamar Bilas
  • Tim SAR
  • Dan Penginapan

Untuk penginapan selain di area camping, Anda juga bisa menyewa beberapa hotel dan villa yang terletak di sekitar kawasan Sentul dengan fasilitas dan harga sewa yang bervariasi.

Sementara untuk tempat makan, di sini juga sudah tersedia warung-warung penjual makanan yang menyediakan aneka menu kuliner khas Jawa Barat.

penginapan-di-curug-leuwi-hejo

Baca juga : Curug Nangka

Curug Leuwi Hejo Sentul Bogor sangat cocok sebagai tujuan liburan Anda bersama keluarga. Banyaknya aktifitas yang bisa Anda lakukan di salah satu tempat wisata di Bogor ini, tentunya akan memberikan pengalaman serta suasana liburan yang lebih berwarna.

Loading...

Curug Cimahi

Hansar
4 min read

Curug Cilember Bogor

Hansar
5 min read

Pantai Ujung Genteng

Hansar
4 min read

Curug Pangeran Bogor

Hansar
4 min read

Curug Luhur Bogor

Hansar
4 min read

Tempat Wisata Bandung

Wahyoeni
2 min read