Curug Luhur Bogor

Curug Luhur menjadi satu diantara sekian banyak obyek wisata berbentuk curug yang bisa kita temukan dan kunjungi saat berwisata atau berada di kota Bogor.

Curug ini memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki curug lain sehingga menjadi salah satu destinasi favorit warga Bogor dan juga para wisatawan dari kota atau daerah lainnya.

curug-luhur-bogor

Keindahan dan keunikan curug ini, membuat lokasinya pada saat weekend dan saat musim libur panjang biasanya akan selalu dipadati pengunjung.

Bagi Anda yang ada agenda liburan ke curug ini, berikut kami sajikan ulasan Curug Luhur untuk membantu perjalanan wisata Anda agar lebih mudah dan menyenangkan.

Silahkan di baca pelan-pelan dan sampai tuntas ya.

Curug Luhur Bogor

Bogor memang kaya akan obyek-obyek wisata alam. Struktur kawasannya yang tinggi dan berada di garis pegunungan, membuat kota yang berjuluk kota hujan ini akhirnya ditempati oleh banyak sekali bentuk obyek wisata alam yang muncul secara alami.

Salah satu obyek wisata alam yang ada di Bogor dan jumlahnya terbilang cukup banyak adalah curug atau air terjun.

Selain yang kita bahas saat ini yaitu Curug Luhur, di kota ini masih ada curug-curug lain seperti Curug Bidadari, Curug Leuwi Hejo, Curug Nangka, Curug Naga, Curug Cipamingkis, dan Curug Barong yang juga kerap dijadikan tujuan wisata.

curug-luhur-bogor-jawa-barat

Membahas Curug Luhur, kita mungkin akan menggapnya biasa saja seperti curug-curug lainnya. Yang ada di sana pastinya hanya obyek curugnya serta beberapa fasilitas standar yang biasa kita temukan di lokasi wisata curug.

Namun tunggu dulu. Curug luhur Bogor ini ternyata memang berbeda. Di lokasinya tak hanya ada air terjunnya saja, tapi juga berbagai macam wahana permainan yang sengaja dibangun oleh pengelola untuk menarik minat pengunjung agar berdatangan ke curug ini.

Selain itu, di lokasi Curug Luhur juga terdapat beberapa kolam dan curug mini yang membuat pengunjung memiliki pilihan aktifitas yang lebih beragam yang pastinya tidak bisa dilakukan di curug lain.

Daya Tarik Curug Luhur

Curug luhur menawarkan daya tarik yang tidak hanya ditemukan di kawasan curugnya saja. Bahkan sejak pertama kali menginjakkan kaki di area parkir hingga sampai lokasi curug, para wisatawan juga akan mendapatkan pesona keindahan alam yang melingkupi curug ini.

daya-tarik-curug-luhur

Misalnya saja saat melakukan perjalanan beberapa meter dari titik parkir ke area curug, para pengujung akan menemukan banyak spot cantik yang menarik sebagai spot berfoto di tengah perjalanan.

Selain itu, pemandangan di sepanjang jalur menuju area curug juga akan memberikan kedamaian dan ketenangan tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya.

Lalu setibanya di lokasi curug, para pengunjung akan dibuat terpesona dengan wujud curug yang tampak gagah di antara lempengan tebing dan aneka tetumbuhan hijau.

Di bawah, akan terlihat beberapa kolam alami serta berbagai macam wahana permainan yang menanti untuk dijelajahi.

Curug luhur memiliki ketinggian sekitar 62 meter. Ini juga yang menjadi asal penamaannya sehingga dinamai Curug Luhur.

waterboom-curug-luhur

Curug yang dalam bahasa jawa bermakna air terjun, dan luhur yang bermakna tinggi kemudian disatukan sehingga jadilah dua kata ini digunakan sebagai nama untuk Curug Luhur.

Selain obyek curugnya, di area curug juga sudah dilengkapi beberapa wahana permaianan air sebagaimana yang biasa kita temukan di wahana waterpark.

Wahana permainan air yang ada di sini antara lain kolam renang khusus anak, seluncuran dan beberapa wahana lainnya.

Jadi jika Anda datang bersama anak-anak, dipastikan mereka juga akan sangat menikmati keberadaan mereka di curug ini. Anda senang, anak-anak pun bahagia.

Aktifitas Menarik di Curug Luhur

Mengingat banyaknya wahana permainan selain obyek curugnya sendiri, berlibur di Curug Luhur tentunya akan memberikan banyak sekali pilihan aktifitas yang bisa Anda lakukan.

Nah dari sekian banyak aktifitas yang berpotensi untuk dilakukan di curug ini, 3 aktifitas berikut sepertinya tidak boleh Anda lewatkan :

1. Bersantai Menikmati Keindahan Curug Luhur

santai-di-curug-luhur

Keindahan Curug Luhur dan kesejukan suasana di tempat ini tentunya sangat nyaman sebagai tempat bersanti.

Bagi Anda yang sedang suntuk karena banyaknya beban pekerjaan, menikmati beberapa jam waktu Anda di curug ini sepertinya akan mampu menghilangkan kekalutan fikiran.

Agar lebih sahdu, Anda juga bisa bersantai di bebatuan sekitar curug sambil menikmati dentuman air yang jatuh mengenai permukaan air di bawahnya sembari menyantap camilan plus kopi.

2. Menjelajah Wahana Permainan

waterpark-mini-curug-luhur

Aktifitas selanjutnya yang akan sangat menarik khususnya jika Anda datang bersama anak-anak adalah bermain di area permainan.

Seperti yang telah kami tuliskan di atas, di curug ini sudah tersedia berbagai macam wahana permainan yang pastinya akan membuat si kecil semakin betah berlama-lama di tempat ini.

Wahana permainan yang cukup menarik untuk dicoba adalah wahana seluncuran. Dari atas seluncuran yang cukup tinggi, Anda bisa mencoba sensasi meluncur menggunakan ban dengan kecepatan tinggi hingga sampai ke muara atau muka kolam.

3. Hunting Foto

spot-foto-curug-luhur

Saat ini perjalanan wisata selalu identik dengan aktifitas berburu foto. Apalagi sejak booming-nya media sosial, orang-orang seolah mempunyai wadah khusus untuk menunjukkan eksistensi mereka kepada orang lain.

Nah jika Anda termasuk orang yang hobi berfoto, maka di sekitar kawasan Curug Luhur juga tersedia banyak sekali spot cantik sebagai lokasi berfoto.

Spot-spot ini bisa Anda temukan di area air terjun kembar yang berupa air terjun mini yang ada di sekitar lokasi curug utama, area taman bermain atau wahana permainan, dan tentunya di sekitar area Curug Luhur sendiri.

Alamat Curug Luhur

alamat-curug-luhur

Lokasi Curug Luhur sangat mudah untuk dijangkau. Curug ini adalah salah satu dari beberapa curug yang terletak di kaki gunung salak.

Mengenai alamat lengkapnya, Curug Luhur ini beralamat di Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat.

Jika Anda pernah ke Curug Bidadari atau ke Kebun Raya Bogor, maka jarak Curug Luhur ini dari lokasi kebun raya adalah sekitar 22 kilometer.

Sedangkan apabila diakses dari pusat kota Bogor, jarak perjalanan yang akan Anda tempuh adalah sekitar 18 kilometer.

Rute ke Curug Luhur

Kemudian mengenai rute jalan ke Curug Luhur, pilihannya ada banyak sekali.

Misalnya bagi Anda yang datang dari Jakarta, maka Anda bisa mengakses lokasi curug ini dengan rute jakarta – cikaret melewati kebun raya empang, setelah itu lanjut ke ciapus.

Nah dari ciapus, Anda tinggal melewati beberapa perkampungan lagi untuk sampai di lokasi curug.

rute-ke-curug-luhur

Begitu juga bagi Anda yang datang dari arah Bogor. Untuk sampai di lokasi Curug Luhur, rutenya adalah dari Bogor trade mall menuju ciapus.

Setelah itu sama seperti rute yang dari jakarta, setelah sampai ciapus Anda hanya perlu melewati beberapa kampung sebelum sampai di Curug Luhur.

Selain kedua rute di atas, untuk menemukan rute terbaik dan tercepat ke Curug Luhur bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan aplikasi Google Maps di ponsel android. Bahkan di aplikasi Google Maps tersebut, Anda juga bisa melihat peta lokasi Curug Luhur dengan jelas.

Jam Buka Curug Luhur

Curug luhur setiap harinya dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Waktu terbaik untuk berkunjung kesini adalah saat pagi hingga siang hari karena saat inilah lokasi curug tidak terlalu ramai sehingga Anda bisa puas meng-eksplore segala hal yang ada.

Sementara jika datang sore hari, dikhawatirkan suasana liburan Anda akan terganggu dengan banyaknya pengunjung yang memadati lokasi.

Harga Tiket Masuk Curug Luhur

tiket-masuk-curug-luhur

Curug luhur sampai saat ini masih dikelola oleh pihak swasta. Hal ini menyebabkan harga tiket masuk Curug Luhur terasa agak sedikit mahal jika dibandingkan dengan harga tiket masuk ke curug lainnya yang ada di Bogor.

Selain itu, tersedianya wahana tambahan berupa waterpark mini juga menjadi alasan pengelola untuk mematok harga tiket lebih tinggi.

Untuk memasuki Curug Luhur, para pengujung harus rela membeli tiket masuk yang dijual dengan harga Rp40.000 per orang.

Selain itu, ada juga biaya untuk retribusi parkir sebesar Rp8.000 bagi pengguna sepeda motor, dan Rp20.000 bagi pengguna mobil.

Tabel Harga Tiket Masuk Curug Luhur Bogor 2019

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp40.000
Parkir Sepeda MotorRp8.000
Parkir MobilRp20.000

Fasilitas Curug Luhur

Sebagai salah satu obyek wisata andalan di kota Bogor, Curug Luhur sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan memudahkan dan memberi kenyamanan kepada setiap pengunjung.

Fasilitas umum yang ada di curug ini antara lain :

  • Area parkir
  • Loker
  • Gazebo
  • Toilet
  • Warung makan
  • Kamar mandi
  • Tempat ibadah
  • Penginapan

Untuk penginapan, Anda bisa menemukannya di sekitar lokasi yang tidak jauh dari lokasi curug dengan harga sewa yang bervariasi dan fasilitas memadai.

gambar-curug-luhur

Baca juga : Tempat Wisata di Bogor

Berlibur ke obyek wisata alam memang ampuh untuk menghilangkan jenuh ataupun stres akibat banyaknya persoalan hidup. Nah bagi Anda yang berada di Bogor atau daerah lainnya di Jawa Barat, pilihan destinasi yang paling tepat untuk liburan Anda dan keluarga adalah ke Curug Luhur Bogor ini.

Loading...