Curug Nangka

Curug Nangka

8PMG+RX6, Sukajadi, Kec. Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16370, Indonesia

15 Ulasan

Berlibur ke Curug Nangka bisa menjadi pelipur lara setelah menjalani rutinitas yang padat sehari-hari. Di akhir pekan, jangan lupa untuk meluangkan waktu ke curug di Bogor ini agar fikiran Anda kembali segar dan bersemangat menyambut hari.

Bagi Anda yang akan berlibur ke Curug Nangka, artikel ini akan mengulas sedikit mengenai semua hal yang ada di Curug Nangka.

Hal-hal tersebut antara lain daya tarik Curug Nangka, alamatnya, jam operasional, harga tiket, hingga fasilitas dan wahana yang ada di lokasi wisata yang terletak di kaki Gunung Salak ini.

Karena itu, yuk, baca pelan-pelan sampai akhir.

curug-nangka-hills

Curug Nangka

Kota Bogor selama ini dikenal sebagai kota yang memiliki suhu udara sejuk dengan berbagai obyek wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi.

Dari sekian banyak obyek wisata yang ada, curug atau air terjun menjadi salah satunya yang banyak ditemukan menghiasi daftar tempat wisata di kota Bogor.

Ada sekitar 20-an lebih curug di kota yang berjuluk kota hujan ini. Dan salah satunya yang cukup menyita perhatian, adalah Curug Nangka yang bahkan disebut-sebut sebagai salah satu obyek wisata favorit di kota Bogor.

curug-nangka-bogor

Daya Tarik Curug Nangka

Curug Nangka menawarkan pesona perpaduan keindahan alam kota Bogor yang sejuk dengan indahnya obyek curug plus tantangan rute perjalanan yang harus dilewati pengunjung untuk sampai dilokasinya.

Beratnya medan yang harus ditaklukkan untuk sampai di area curug, seolah menjadi harga mahal yang harus dibayar pengunjung sebelum menikmati eksotisme curug yang tiada duanya.

Sesampainya di lokasi curug, para wisatawan akan disambut dengan indahnya panorama alam yang mengelilingi area sekitar curug.

Di sekeliling, terlihat rimbunan pohon pinus yang secara alami tertata rapi sehingga menampilkan kesan indah yang tak bisa diungkap dengan kata-kata.

curug-nangka-gunung-salak

Namun, daya tarik utamanya tentu tetaplah obyek curugnya yang berketinggian sekitar 25 meter dengan debit air yang cukup deras.

Air yang mengalir ke Curug Nangka ini tidak pernah kering walau di musim kemarau sekalipun.

Selain jernih, airnya juga bersih sehingga akan sangat aman bagi siapapun untuk melakukan aktifitas berenang ataupun bermain air di kolam alami yang ada di bawah curug.

Kisah Mistis Curug Nangka

Di balik keindahan Curug Nangka dengan segala daya tariknya, ternyata curug ini menyimpan misteri yang membuat sebagain orang juga mengenalnya sebagai tempat yang angker.

Selain dipercaya menjadi tempat semedi orang-orang sakti zaman dulu seperti raden Surya Kencana, di curug ini juga ada sebuah batu yang bentuknya mirip anjing.

Batu ini oleh sebagian orang dipercaya sebagai jelmaan ayah Sangkuriang yang kita tahu kisahnya begitu melegenda di tanah Sunda hingga sekarang.

Kemudian ada juga mitos atau kepercayaan yang entah benar atau tidak, namun tetap diyakini oleh sebagian orang.

curug-nangka-angker

Mitos tersebut yakni siapapun yang naik ke lokasi curug ini tanpa terjatuh di tengah perjalanan, maka itu pertanda bahwa ia telah diterima oleh penunggu curug dan termasuk seorang pencinta alam sejati.

Namun jika sebaliknya, maka itu berarti penunggu curug tidak menerimanya dan menjadi pertanda kurang baik bagi orang tersebut.

Ada juga kisah yang menyebutkan bahwa penamaan curug ini dengan nama Curug Nangka ternyata didasari oleh banyaknya pohon nangka yang dulunya tumbuh di sekitar curug.

Namun anehnya dan lagi-lagi menjadi misteri, saat ini pohon-pohon nangka tersebut tidak satupun ditemukan di lokasi curug ini.

Aktifitas Menarik di Curug Nangka

Liburan di Curug Nangka akan lebih berkesan dan bermakna apabila diisi dengan melakukan aktifitas dari pada sekedar duduk termangu memandangi obyek curug.

Aktifitas yang bisa dilakukan pun beragam, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Trekking

curug-nangka-trekking

Aktifitas pertama kali yang bahkan pasti akan dilakukan oleh setiap pengunjung yang datang ke Curug Nangka adalah trekking.

Jalur atau lintasan dari pintu gerbang ke area curug yang terbilang sulit karena berliku dan menanjak, mengharuskan siapapun untuk menyiapkan tenaga dan fisiknya untuk menaklukkan lintasan sejauh kurang lebih 700 meter ini.

Mungkin bagi sebagain pengunjung akan sangat melelahkan, namun bagi sebagian lainnya terutama yang menyukai trekking, perjalanan dari pintu masuk hingga lokasi air terjun tentunya merupakan perjalanan yang menyenangkan.

Trekking untuk menuju lokasi curug seperti ini juga akan Anda lakukan jika nanti berkunjug ke Curug Cilember yang juga berada Bogor, tepatnya di sekitar kawasan Puncak.

2. Berenang

Perjalanan yang melelahkan untuk sampai di lokasi curug bisa dihilangkan dengan langsung melakukan aktifitas berenang di kolam alami curug.

Dengan air yang jernih dan bersih, rasa lelah dan peluh keringat akan tergantikan dengan kesegaran yang tiada tara.

3. Hunting foto

spot-foto-curug-nangka

Spot untuk berburu foto yang paling indah tentunya di sekitar area curug. Anda bisa berfose di depan curug yang terlihat gagah dengan dindingnya yang tinggi menjulang.

Selain itu, spot foto terbaik di Curug Nangka bisa ditemukan di kawasan hutang pinus. Di sini sudah disediakan beberapa bangku sebagai tempat duduk ataupun tempat berfose di depan kamera.

Dengan latar ratusan pohon pinus yang berjejer dengan rapinya itu, foto Anda pasti akan terlihat lebih cantik dan menarik.

4. Camping

area-camping-curug-nangka

Selain tersedia spot untuk hunting foto, di kawasan obyek wisata Curug Nangka juga tersedia area camping yang luas dan nyaman.

Bagi Anda yang suka camping, Anda bisa bermalam di area ini dengan membayar retribusi sebesar Rp5000 saja.

5. Bersantai di Lokasi Curug

misteri-curug-nangka

Tak mengherankan kalau Curug Nangka disebut sebagai salah satu tempat wisata favorit di Bogor. Mirip seperti Curug Luhur, Panorama alam dan keindahan Curug Nangka begitu mempesona dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Sambil menyaksikan deburan air dan aktifitas orang-orang di bawahnya, Anda bisa duduk santai menikmati waktu ditemani secangkir kopi atau teh, dan beberapa bungkus camilan.

Alamat Curug Nangka

Curug Nangka terletak di kaki Gunung Salak tepatnya di ketinggian sekitar 750 meter di atas permukaan laut. Alamat lengkapnya berada di Tamansari, Sukajadi, Bogor, Jawa Barat.

Rute ke Curug Nangka naik motor ataupun mobil serta bus cukup mudah untuk dilalui. Jalanan yang mengarah ke lokasi curug ini pun sudah teraspal dengan baik dan lebar, lebarnya kira-kira cukup untuk 2 mobil.

Jam Buka Curug Nangka

Kawasan wisata Curug Nangka dibuka untuk umum dari pagi sampai sore. Jam buka curug ini dimulai dari pukul 06.30 – 19.00 WIB setiap harinya baik di hari kerja ataupun hari libur.

Harga Tiket Masuk Curug Nangka

harga-tiket-masuk-curug-nangka

Ada dua gerbang atau pintu masuk yang mengarah ke Curug Nangka. Keduanya memiliki tarif atau harga tiket masuk yang berbeda.

Entah apa sebabnya, yang pasti jika masuk melalui pintu masuk pertama, maka Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp7.500, sedangkan jika masuk melalui gerbang ke dua, harga tiketnya naik menjadi Rp15.000

Sementara untuk wisatawan asing, pengelola membebankan harga tiket yang cukup mahal. Bagi para bule yang ingin berwisata ke sini, untuk masuk mereka harus membayar tiket dengan harga Rp150.000 per orang.

Baca juga: Resort dan wisata terbaik Giri Tirta Kahuripan

Fasilitas Umum di Curug Nangka

Pengelolaan obyek wisata Curug Nangka di-handle langsung oleh pemerintah kota Bogor. Karenanya, fasilitas umum di tempat ini tentunya sudah tersedia dengan cukup lengkap.

penginapan-di-curug-nangka

Fasilitas-fasilitas umum yang akan Anda temukan di lokasi wisata Curug Nangka antara lain :

  • Area Parkir
  • Pos Jaga
  • Gardu Pandang
  • Pos Kerja
  • Kamar Mandi Plus WC
  • Tempat Ibadah
  • Pusat Informasi
  • Bangku Malas
  • Tempat Sampah
  • Warung Makan
  • Penginapan

Untuk penginapan sendiri, di tempat ini sudah tersedia beberapa glamour camping atau glamping dengan fasilitas seperti listrik, toilet duduk, shower, dan sarapan pagi gratis.

Selain itu bagi yang ingin menginap di penginapan yang lebih mewah, di sekitar pintu masuk juga sudah tersedia beberapa villa beserta fasilitas yang bisa disesuaikan dengan harga sewanya.

Yang terakhir mengenai tempat makan, di sekitar kawasan wisata ini sudah berdiri beberapa warung penjual makanan ringan dan minuman serta berbagai menu kuliner khas Sunda.

rute-ke-curug-nangka

Baca juga : Curug Bidadari Sentul Bogor

Berlibur ke Curug Nangka Hills adalah opsi yang tepat untuk menyelingi kesibukan Anda sehari-hari. Banyaknya aktifitas yang bisa dilakukan di lokasi curug, dipastikan dapat memberi suasana berbeda serta semangat baru untuk menapaki hidup dan hari-hari sibuk selanjutnya.

15 Ulasan untuk Curug Nangka, Jawa Barat

  1. Curug nangka sebenarnya enak tempatnya cuma pintu pertama bayar Rp. 7500 pintu ke dua Rp. 12.500 klo parkir motor Rp. 5000 mobil Rp. 10.000 terkadang klo dateng pagi sekitar jam 6 itu masih sepi cuma bayar satu gerbang atau engga bayar sama sekali, walau kita bayar 2 kali pun bisa menginap dan gada bayar tambahan, saran saya buat yang mau ngapain acara keluarga kamar mandinya di sewa aja biar gausah bayar bayar lagi, cocok buat ngecamp juga, usahakan bawa tenda klo gamau mahal biaya sewanya, kayu bakar juga ada klo mau bkin api unggun 1 iketnya Rp. 10.000 dan juga hati hati, jangan taru tas berisi makanan sembarangan soalnya ada monyet yang udah bisa buka resleting minimal tenda ada yang jaga klo emang safety gpp di tinggal, pengalaman pribadi saya sih selama seminggu disana alhamdulillah aman aman aja, selagi kita ga ngasih makanan monyetnya ga akan nyamperin kita terus, sekali dia di kasih dia bakal panggil temennya buat nyerbu. awal awal saya kesana monyetnya gada yang berani nyamperin makin ksni makin berani karena mereka udah biasa di kasih makan dan berinteraksi sama manusia, dan alhamdulillah selama saya berkunjung kesana baik dan aman aman aja

  2. Curug nangka ini sangat bagus tempatnya. Sekarang sudah diperbaiki jalurnya. Tidak ada pungli. Tempatnya nyaman, bersih, dan masih alami. Disini ada 3 Curug yang bisa anda kunjungi. Paling bawah Curug nangka, atas Curug daun, dan yang paling indah serta paling tinggi adalah Curug kaung. Disini juga terdapat banyak monyet yang sedang bermain dan bergelantungan. Biaya masuk ke Curug nangka hanya dikenakan 15000 saja per orang. Pokoknya mantep deh. Kalo kalian mau kesini, jgn buang sampah sembarangan ya sob. #salamlestari

  3. Masih bagus, masih asri. Kebetulan pas dateng belum banyak punglinya jadi total berdua naik motor 39rb (pos masuk 34rb, parkir motor 5000) dan bersih, gak banyak daun ngapung

  4. Tempatnya bagus, masih asri, adem, dan nyaman. Tapi ada sedikit kekurangan yaitu ruang ganti/toilet yg menurut saya agak jauh dari curug tsb. Tapi skrng sudah mulai banyak saungΒ² yg jual indomie dll, overall gak mengecewakan.

  5. Untuk rekreasi dan menghirup udara gunung yg paling sejuk di curug nangka yg paling tepatlokasinya nyaman bNgt dari tempat parkir ke curug dekat, sehingga kuta ga cape untuk menikmati air curug

  6. Curugnya bagus dan jln menuju curug keren sprti lorong yg d sampingnya tebing tinggi dgn air mengalir menambah eksotik pas bgt buat poto2

  7. Sudah banyak berubah, semakin banyak warung jualan makan di curug nangka, seperti bukan tempat kamping lagi. tapi masih enak buat refresh fikiran.

  8. Mantap juga tempat nya nihnnSalam Kenal Semua ,,,, Semoga sehat selalu dan wabah corona cepat sirna, agar kita bisa beraktifitas normal kembali. AamiinnnPromo Toyota Apriln- Toyota Calya G MTnTDP 5,000,000nAngsuran 3,737,800 x 48 blnnn- Toyota Avanza G MTnTDP 5,000,000nAngsuran 4,791,600 x 48 blnnnMore Info Toyota : nDonny 087773602000

  9. Kenangan waktu kecil dl.. tempat sekarang sudah lebih baik.mantap

  10. Masa awal masuk bayar, katanya 1 motor 37.500, ditambah parkir 10.000 , giliran di bawah di tagih lagi 5.000 buat parkir..nkebanyakan pungli πŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž

  11. HTM (manusia ) : 32.000 (weekend). Anak kecil dibawah 7-8 tahun gratis sih.. Masuk motor : 7.500. Bayar parkiran : 5.000. Ada mobil antar jemput/odong odong : 5.000. . Untuk fasilitas jalanannya dia udah bagus jalan setapak, tapi dari depan gerbang parkir cukup jauh ke dalamnya ada sekitar 1-2km. Jajanan,warung, toilet bersih ada. CCTV terpasang aman πŸ‘πŸ». . Ada tempat camping (ada biaya tambahan / malamnya) ,lengkap fasilitas toilet (Bayar 3—4k) ,. . cuman banyak monyet dimana mana. . β›”β›”hati hati kalau bawa makanan nanti monyetnya suka ngambil πŸ‘πŸ» β›”. saran saya sih bawa minum aja, karna didalem ada yang jual kok πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ». . Airnya bener bener sejuk dan dingin, masih bersih nyaman buat berenang/berendam.. Nggak ada sampah berserakan, pokoknya bersih lah (paling ya, daun yang berguguran). toilet diatas bersih ( 4K ). . Udaranya juga bersih gitu, sejuk banyak pepohonan segar.. Ada flying fox juga diatas. . Nggak terlalu ramai juga yang datang jadi enak πŸ‘πŸ»

  12. Di entrance jalan masuk utama mobil/motor ada petugas yg akan menghampiri dan menarik tarif sesuai yg tertulis di spanduk gapura utama. Setelah itu mobil/motor diarahkan naik ke parkiran sekitar Treetop Zipline, sedangkan kawasan curugnya ada di bawahnya. Dari parkiran tsb ada jalur turun tebing yg sudah dibuat undakan, bagus sih tapi agak sempit dan curam, ga cocok utk org tua. Opsi lain bisa menyusuri jln aspal turun lg ke bawah atau naik odong2 Rp.5000 PP sampai ke entrance kawasan curug nangka. Dari situ udh ngga jauh ke titik air terjunnya, ikuti aja rambu yg ada walau masih minim. Utk ke titik curug nangka ada 2 pilihan rute, bisa turun tebing atau susur sungai. Lebih baik pilih susur sungai, ngga jauh, relatif aman dan landai. Kalau turun tebing undakannya curam bgt harus ekstra hati2.. Hati2 monyet, klo makan atau piknik di bawah pohon mereka bs tiba2 muncul dan menguasai makanan kita. Klo makanan terlanjur direbut jangan dilawan, relakan saja.. πŸ˜…. Klo ga bawa makanan, bs makan or ngemil di kios2 sebelum masuk kawasan dan ada jg di dalam kawasan curug, harga bersahabat.

  13. Tempat yang nyaman dengan lokasi trekking yg sudah direvitalisasi sehingga memudahkan aksesnya.. Tapi untuk tiket masuk lumayan mahal menurut saya untuk standar curug. Untuk masuk sekitar 75ribuan untuk 2 orang dan 1 mobil. Didalam, dikenakan biaya parkir lagi sebesar 15 ribu. Karena sudah jauh jauh dari jakarta jadi yaudah.. . Didalamnya banyak monyet dan warung serta restoran. Untuk toilet dikenakan biaya 4rb.. . Dengan biaya yang lumayan tinggi, curug ini lumayan sepi pengunjung walaupun hari libur. Gapapa bayar mahal sedikit yang penting ga umpel umpelan sama orang orang.. . Jalanan mudah dicapai, air dingin dan segar, yang perlu d perhatikan adalah penambahan tongsampah yg perlu diperbanyak karena banyak sampah berserakan dan suka dibawa monyet

  14. Tiket Masuk 1 orang : 35 ribu – 40 ribu. Parkir : 5 ribu. Ada wc umum. Ada mushola. Ada banyak warung. Ada tempat camp. Akses ke curug sekitar 10 menit. Trek menuju curug mudah, karena jalan nya sudah di cor, dan hanya beberapa titik yang masih berbatu. . Cukup memuaskan sebenarnya camping disini, kekurangan nya itu. . Bahaya hewan liar terutama monyet. Saran ketika pagi datang biasa nya para monyet akan menyerbu tempat camp untuk mencari makanan, sebaiknya saat pagi jangan mengeluarkan makanan apapun. Sebaik nya juga bawa tongkat panjang buat menakut nakuti monyet nya.. . Selain itu kekurangan nya, debit air terjun nya sangat kecil dan juga tempat nyebur nya sangat dangkal, jadi kurang puas dipakai untuk nyebur.

  15. Ini pertama kali ke sini dan baru tahu ada tempat asik di Bogor, ga jauh banget dari kota Bogor. Harga tiket masuk saat akhir pekan 9.500/orang, parkir 15.000/mobil. Tiket masuk bisa dibeli langsung di tempat.. . Untuk yang suka jalan kaki dari parkir, enak tracknya ke air terjun. Lumayan sih kalau jalan kaki pakai track tangga, ga cocok buat anak-anak dan sepuh. Tapi ada juga bis kereta gratisnya yang anterin ke bawah, abis itu tinggal jalan meski lumayan kalo buat sepuh. Mungkin pelan-pelan aja bisa. Sampai air terjunnya bisa berendam atau main air terjun gratis dan ada terapi ikan bayar 10rb. Ke sini saat cuaca cerah, jadi menyenangkan sekali. Hati-hati saat hujan ya.. . Tersedia tempat untuk kemah, mushola, dan banyak toilet. Mau main zipline juga ada.. . Di dalam lokasi ini ada resto, warung-warung makan, toko, Treetop Resto dan Cafe, mau gelar tiker sendiri atau sewa juga bisa, tinggal bawa rantang dan gelar baremg keluarga seru pasti.. . Di dalam curug ini ada akses ke penginapan glamping Herman Lantang. Kamu masih bisa lihat monyet liar di sini. Mereka ga ganggu kok, ingat jangan kasih makan monyet ini ya.. . Yuk.. sesekali harus banget datang ke sini hirup udara bersih dan rasakan segarnya air pegunungan😊

Tinggalkan Balasan