Curug Pangeran Bogor

Curug Pangeran adalah salah satu obyek wisata alam yang ada di Bogor, Jawa Barat. Curug ini terletak di kaki gunung Bunder yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Berwisata ke Curug Pangeran, kamu akan disuguhkan pemandangan curug yang sangat mempesona dengan berbagai daya tarik yang dimilikinya.

curug-pangeran-bogor

Curug Pangeran Bogor

Bogor memang dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak sekali obyek wisata berbentuk curug. Bahkah kota yang berjuluk kota hujan ini kabarnya merupakan satu-satunya kota di Indonesia dengan curug terbanyak.

Selain curug yang sudah teridentifitkasi dan diberi nama seperti Curug Pangeran, Curug Bidadari, Curug Ciherang, Curug Luhur, Curug Leuwi Hejo, dan curug Leuwi Lieuk, di kota ini masih banyak curug-curug lain yang ditemukan tapi belum dinamai.

Curug Pangeran sendiri saat ini telah menjadi salah satu obyek wisata yang cukup terkenal dan termasuk ke dalam obyek wisata favorit di kota Bogor.

curug-pangeran-gunung-salak

Di hari-hari libur, biasanya curug ini akan kedatangan banyak pengunjung yang tidak hanya berasal dari kota Bogor tapi kota-kota lain salah satunya Jakarta.

Tak heran memang. Siapapun yang pernah datang ke curug ini pasti sepakat bahwa keindahan yang dimiliki curug pangeran memang tiada duanya.

Pantaslah kalau curug ini Anda jadikan salah satu destinasi utama jika Anda sedang berada atau akan berkunjung ke kota Bogor.

Daya Tarik Curug Pangeran

Curug Pangeran sebenarnya masih kalah dari curug-curug lain di Bogor yang juga dijadikan sebagai lokasi wisata dari segi jumlah pengunjung.

Misalnya jika kita bandingkan dengan Curug Ciherang atau Curug Bidadari, maka pengujung yang datang ke curug Pangeran jauh lebih sedikit.

Namun inilah yang menjadi nilai lebih Curug Pangeran menurut para penggemarnya.

Justru karena jumlah pengunjung setiap harinya belumlah terlalu banyak, maka para wisatawan yang datang akan lebih leluasa menikmati keindahan curug serta melakukan aktifitas wisata mereka.

curug-pangeran-halimun-salak

Selain itu, daya tarik curug ini bahkan sudah terasa jauh sebelum Anda sampai di lokasi curug. Pasalnya saat menyusuri jalan setapak sejauh 500 meter hingga ke lokasi, Anda juga akan disuguhi pemandangan alam yang indah mempesona.

Kemudian setelah sampai di lokasi curug, keindahan kawasan curug dengan obyek curugnya serta suasana sekitar yang tenang akan menghadirkan kenyamanan yang tak tergambarkan.

Anda bisa langsung menyegarkan badan di kolam alami yang ada di bawah curug, ataupun menghela napas sebentar di area sekitar curug sembari menikmati semilir angin yang membelai tubuh.

Mitos Curug Pangeran

Selain keindahannya yang mempesona, Curug Pangeran ternyata menyimpan mitos yang sampai saat ini masih dipercaya khusunya oleh masyarakat sekitar.

Mitos tersebut ialah air curug ini katanya memiliki khasiat yang ampuh untuk mendatangkan jodoh. Jadi kalau Anda sampai saat ini belum menikah dan termasuk orang yang percaya terhadap mitos, maka segeralah berkemas dan mandilah di Curug Pangeran.

Aktfitas Wisata di Curug Pangeran

Banyak sekali aktifitas wisata yang bisa Anda lakukan di Curug Pangeran. Beberapa diantaranya yang cukup menarik untuk dicoba adalah sebagai berikut :

1. Trekking

curug-pangeran-ranggon-hills

Suka atau tidak suka, para pengunjung memang harus melewati jalan setapak sejauh 500 meter untuk sampai di lokasi Curug Pangeran.

Nah bagi para penyuka trekking, perjalanan ke Curug Pangeran dari lokasi parkir ini akan sangat menyenangkan karena selain dapat menyalurkan hobi trekking, mereka juga akan disuguhi pemandangan indah berupa aneka tetumbuhan dan pepohonan yang rindang.

Belum lagi banyak sekali spot atau area di tengah perjalanan yang cantik dan cocok sebagai tempat berfoto.

Jadi untuk memanaskan kamera, Anda juga bisa berfoto beberapa kali jepret di jalanan ini.

2. Berenang

mitos-curug-pangeran

Air Curug Pangeran yang bersih dan jernih tentunya akan sangat menggoda untuk segera dinikmati.

Anda bisa merasakan kesegaran air curug ini dengan berenang di kolam alami yang ada tepat di bawah curug.

Bagi Anda yang hobi dan pandai berenang, Anda bisa berenang sampai ke tengah kolam yang memiliki kedalam sekitar 5 meter ini.

Tapi bagi Anda yang kurang pandai berenang, maka Anda bisa bereng di pinggir kolam yang kedalamannya masih dalam batas aman.

3. Lompat Tebing

Seperti Curug Leuwi Hejo, Curug Pangeran juga cocok dan sering digunakan oleh para wisatawan untuk mencoba keberanian mereka dengan cara meloncat dari atas tebing dan terjun ke permukaan air kolam.

Ketinggian tebing yang tidak terlalu tinggi dan dasar kolam yang lumayan cukup dalam, membuat aktifitas lompat tebing cukup aman untuk dilakukan di curug ini.

4. Hunting Foto

spot-foto-curug-pangeran

Bagi Anda yang suka bergaya di depan kamera, keindahan Curug Pangeran juga sangat cocok untuk dijadikan lokasi berfoto.

Anda bisa memilih beberapa spot foto yang ada di curug ini salah satunya di sekitar kolam alami.

Di area ini, Anda bisa berfoto dengan latar kolam alami tersebut. Airnya yang bersih dan nampak kehijauan tentu akan menjadikan foto Anda terlihat lebih cantik.

5. Camping

curug-pangeran-camping-ground

Di sekitar Curug Pangeran juga sudah tersedia area datar yang sering dijadikan lokasi camping.

Jadi kalau Anda suka dengan kegiatan ini, Anda juga bisa camping di sini dengan membayar biaya sewa area beberapa puluh ribu saja.

Namun kabarnya di tempat ini masih belum tersedia penyewaan tenda camping. Jadi kalau memang berniat untuk camping dari rumah, maka Anda harus membawa sendiri tenda dan peralatan lainnya.

Lokasi Curug Pangeran

Kurangnya jumlah pengunjung yang datang ke Curug Pangeran kemungkinan besar disebabkan oleh letaknya yang cukup jauh dari kota Bogor.

Lokasi curug ini bila diakses dari pusat kota memang cukup jauh yakni sekitar 30 kilometer dengan estimasi waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam berkendara.

Sementara untuk alamatnya, curug ini beralamat lengkap di Desa Gunung Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

alamat-curug-pangeran

Jam Buka Curug Pangeran

Curug Pangeran dibuka setiap harinya mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Untuk waktu kunjungan terbaik, Anda bisa mempertimbangkan untuk berkunjung ke curug ini sejak pagi hari agar lebih puas mengeksplore semua hal yang ada.

Harga Tiket Masuk Curug Pangeran

Untuk memasuki kawasan Curug Pangeran, Anda terlebih dahulu harus memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Itu berarti, tiket masuk yang harus dibeli juga terdiri dari dua jenis tiket yaitu tiket masuk Taman Nasional dan tiket masuk Curug Pangeran.

tiket-masuk-curug-pangeran

Namun tenang saja, harga tiket kedua tempat ini jika ditotal masih terbilang cukup terjangkau. Untuk memasuki kawasan Taman Nasional, Anda hanya perlu membeli tiket yang dijual dengan harga Rp20.000 per orang.

Sedangkan untuk memasuki kawasan Curug Pangeran, harga tiket yang perlu Anda bayar hanya sebesar Rp10.000.

Tabel Harga Tiket Masuk Curug Pangeran 2018 – 2019

Jenis TiketHarga
Tiket Taman NasionalRp20.000
Tiket Curug PangeranRp10.000

Fasilitas Curug Pangeran

Meski pengunjungnya belum terlalu ramai, fasilitas yang tersedia di curug ini sudah cukup lengkap.

Di sini Anda juga akan menemukan fasilitas umum layaknya di tempat-tempat wisata lainnya seperti area parkir, kamar bilas, mushola, dan toilet.

Selain itu, di sekitar area juga sudah tersedia beberapa warung penjual makanan dan minuman mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

Ada juga beberapa gazebo atau saung sebagai tempat istirahat untuk para wisatawan.

fasilitas-curug-pangeran

Baca juga : Curug Luhur Bogor yang mempesona

Curug Pangeran Bogor bisa menjadi salah satu alternatif destinasi wisata Anda dan keluarga saat berada di kota Bogor. Meskipun saat ini belum terlalu dikenal, namun keindahan dan kelengkapan fasilitas yang ada sudah cukup untuk membuatnya layak sebagai salah satu tempat wisata unggulan di kota Bogor.

Loading...

Curug Cimahi

Hansar
4 min read

Curug Cilember Bogor

Hansar
5 min read

Pantai Ujung Genteng

Hansar
4 min read

Curug Luhur Bogor

Hansar
4 min read

Tempat Wisata Bandung

Wahyoeni
2 min read

Pantai Batu Hiu

Hansar
4 min read