Desa Wisata Sari Bunihayu

Desa-Wisata-Sari-Bunihayu

liburan adalah hari yang ditunggu-tunggu dan dinanti-nanti hampir oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak sekolah sampai orang tua yang sibuk dengan aktifitas kantor. Semua ingin segera menikmati liburan.

Apa yang Anda lakukan ketika waktu liburan tiba?

Setiap orang pasti memiliki jawaban-jawaban yang berbeda. Ada yang memilih pergi ke arena rekreasi yang memiliki banyak wahana permainan, ada yang memilih mengunjungi objek wisata alam yang unik, ada pula yang lebih memilih melakukan aktivitas ekstrem yang memacu adrenalin.

Namun perlu diketahui bahwa berwisata bukan hanya tentang aktivitas menyenangkan yang memacu adrenalin, bukan pula hanya tentang atraksi keajaiban alam yang memukau mata. Ada objek wisata berbeda yang punya sensasi lain daripada yang lain dan sudah selayaknya Anda coba. Datanglah ke desa wisata Sari Bunihayu.

Wisata Desa Bunihayu

Jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk kota Bandung, desa wisata Sari Bunihayu menawarkan apa yang tidak bisa Anda dapatkan di kota besar ataupun objek wisata lainnya, yakni keramah-tamahan dan ketenangan alam pedesaan yang mendamaikan.

Lokasi Desa Wisata Sari Bunihayu

Desa wisata Sari Bunihayu terletak 15 kilometer di Selatan kota Subang, tepatnya di Jalan Patinggi No 1 Desa Bunihayu, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Dibangun di atas lahan seluas 3 hektar dan ketinggian sekitar 500 – 1700 meter di atas permukaan laut, Anda akan mendapatkan objek wisata yang unik dengan dua nuansa sekaligus, yakni pegunungan dan pedesaan.

Peta lokasi desa Sri Bunihayu Subang

Letaknya yang berdekatan dengan objek wisata pemandian air panas Sari Ater dan Tangkuban Parahu menjadi daya tarik tersendiri. Desa wisata Sari Bunihayu juga memiliki lokasi yang strategis yang membuatnya mudah diakses dan ditemukan karena masih dalam kawasan jalan Raya yang menghubungkan antara Subang, Bandung, dan Jakarta.

Untuk mencapai ke sini tidaklah sulit, jalan akses pun sudah diaspal dengan mulus dan rapih. Dengan kendaraan pribadi, baik mobil ataupun motor, atau pun bus pariwisata Anda hanya memerlukan waktu kurang lebih satu jam berkendara dari kota Bandung. Atau jika Anda datang dari Jakarta, perjalanan ke desa wisata Sari Bunihayu hanya membutuhkan waktu 3 jam saja.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Sari Bunihayu

Untuk memasuki kawasan desa wisata Sari Bunihayu tidak membutuhkan biaya yang mahal. Harga tiket masuk hanya dipatok Rp 9000 per orang saja. Bahkan tanpa ada jam buka-tutupnya, alias buka 7 hari dalam seminggu dan 24 jam dalam sehari.

Anda bisa mengunjungi ke lokasi wisata ini kapan pun dan pada hari apapun Anda mau. Tidak peduli apakah Anda datang sendiri pada hari kerja yang sibuk ataupun datang membawa rombongan pada hari minggu, warga Desa Wisata Sari Bunihayu akan menyambut Anda dengan keramahan dan kehangatan khas pedesaan.

Tempat ini merupakan tempat yang sempurna bagi Anda yang ingin melepaskan diri sejenak dari kepenatan kehidupan kota yang padat, berisik, dan sibuk. Suasana disini masih sangat terjaga keasriannya, ada hamparan perkebunan sayur yang hijau, berpetak-petak sawah yang indah.

Penampakan Sungai Cileuleuy yang membelah desa menjadi daya tarik yang selalu dicari pengunjungnya. Selain itu juga disediakan juga fasilitas home stay bagi Anda yang ingin bermalam di sini sambil merasakan suasana kehidupan pedesaan.

Desa Wisata Sari Bunihayu dengan Suasana Pedesaan yang Alami

Kekentalan suasana pedesaan tidak hanya terlihat dari aktivitas-aktivitas yang dilakukan warganya saja. Fasilitas dan arsitektur bangunan di lokasi wisata ini juga masih mempertahankan gaya tradisional yang alami.

Bangunan-bangunan kayu dan bambu, bale dan gubuk-gubuk di pinggir sawah, serta panggung dan pendopo tempat pertunjukan kesenian juga memperlihatkan kesan suasana desa yang natural dan apa adanya. Terdapat berbagai macam aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di sini.

Kesemuanya merupakan aktivitas tradisional yang menyenangkan dan mampu mengedukasi pengunjungnya. Aktivitas edukasi inilah yang menjadi daya tarik utama desa Sari Bunihayu. Di sini Anda tidak hanya akan mendapatkan kealamian dan keasrian suasana desa saja. Anda juga dapat melihat, mengalami, merasa, dan menjadi bagian langsung dari kehidupan warga Desa Sari Bunihayu.

Desa Wisata Bunihayu Subang Jawa Barat

Pengalaman unik tersebut tentu saja tidak akan sering Anda temui di tempat lain. Kesempatan indah ini pastinya akan menjadi sebuah kenangan yang memorable dan tidak terlupakan. Bagi Anda yang menginginkan pengalaman berwisata sambil belajar, lokasi ini menyuguhkan berbagai aktivitas pembelajaran yang cocok untuk Anda dan anak-anak Anda.

Aktivitas yang cukup direkomendasikan untuk dilakukan di Desa Wisata Sari Bunihayu adalah bercocok tanam. Anak-anak akan diajak turun langsung ke dalam sawah yang berlumpur untuk bercocok tanam. Dari mulai proses pembajakan sawah, penanaman padi, sampai menuai hasil persawahan. Oleh warga sekitar aktivitas tersebut biasa disebut dengan “ngawuluku sawah”.

Anda tidak perlu takut kotor untuk belajar, karena di sini telah disediakan pemandian air bersih khusus untuk Anda membersihkan diri setelah aktivitas di sawah. Hal ini akan mempermudah Anda untuk membersihkan diri setelah turun ke sawah.

Desa Penghasil Buah-Buahan

Di sini juga tersebar beraneka macam tanaman-tanaman dan pohon buah langka. Anda akan diajak berkeliling di sekitar perkebunan sambil diperkenalkan aneka buah-buahan seperti buah Matoa yang berasal dari Papua, Gandaria an alain-lain. Bahkan buah yang tergolong langka seperti Samolo dan Kawista juga ada di lokasi wisata ini.

Menurut pengelola, Desa Sari Bunihayu memang dianugerahi tanah yang subur dengan keindahan alamnya. Hampir semua tanaman asli Jawa Barat maupun tanaman dari daerah lain dapat tumbuh subur di sini.

Desa Bunihayu sebagai penghasil durian

Jika sedang berbuah, pengunjung juga dapat mencoba langsung dan menikmati kesegaran buah yang dipetik langsung dari pohonya. Tidak hanya buah-buahan langka, buah super populer seperti Durian pun melimpah di sini. Bahkan desa wisata Sari Bunihayu juga terkenal sebagai desa durian karena melimpahnya pohon durian yang berbuah ranum di sana. Mulai dari harga 35 ribu Rupiah, pengunjung sudah bisa menikmati manisnya buah Durian asli yang tumbuh di sana.

Selain aktivitas pertanian dan perkebunan, Desa Wisata Sari Bunihayu juga juga merupakan tempat pelestarian kebudayaan dan kesenian tradisional asli Subang maupun daerah Jawa Barat lainnya. Di sini terdapat panggung amphitheater yang secara berkala menampilkan pagelaran kesenian dan kebudayaan asli Kabupaten Subang, seperti Sisingaan. Anda pun diperbolehkan ikut terlibat dalam pegelaran kesenian tersebut.

Warga sekitar akan dengan senang hati mengajak dan mengajari Anda untuk melakukan kesenian atau memainkan alat musik tradisionalnya. Untuk melengkapinya Desa ini juga terdapat fasilitas lain yang dapat menunjang segala aktivitas pengunjungnya, seperti Kolam pemancingan buat Anda yang gemar memancing, meeting room untuk aktivitas kantor, arena outbound, restaurant, toko souvenir, dan masih banyak lainnya.

Desa Sari Bunihayu merupakan salah satu desa wisata di Subang yang terkenal. Silahkan lihat wisata yang lainnya di Tempat wisata di Subang.

Demikian ulasan tentang Desa Wisata Sari Bunihayu yang memiliki berbagai macam keindahan alamnya. Anda bisa melepaskan diri sejenak dari kehidupan sehari-hari yang sibuk dan membuat stress. Udaranya yang sejuk dan suasana alam yang asri memberikan kenyamanan yang tiada banding.

Kehangatan dan keramahan warga sekitar akan memberikan Anda kedamaian dan ketenangan hati dan pikiran. Serta aktivitas santai yang menyenangkan akan menghanyutkan Anda dalam alur kehidupan pedesaan yang sederhana. Desa Wisata Sari Bunihayu sungguh merupakan sebuah objek wisata dengan kearifan lokal yang kental. Unik dan patut dilestarikan. Anda harus mencobanya!

Ranca Upas

Edy
6 min read

Kawah Putih

Edy
4 min read

Orchid Forest

Edy
4 min read