Dusun Bambu Lembang

dusun-bambu-lembang

Dusun Bambu Lembang – Bandung dengan kawasan dataran tinggi Lembang nya, menawarkan lebih dari satu pilihan tempat wisata. Jika kalian berada di Bandung dan sedang mencari tempat berlibur, maka jangan sampai melewatkan tempat-tempat wisata yang ada di dataran tinggi Lembang, Bandung.

Selain tempat wisata Gunung Putri, Gunung Tangkuban Parahu, atau Air Terjun Pelangi, di Lembang juga ada sebuah lokasi wisata yang konsepnya mungkin masih jarang ditemukan di tempat wisata lain.

Dusun Bambu Lembang

Tempat wisata ini bernama Dusun Bambu Lembang, yang walaupun tergolong tempat wisata baru di Bandung, namun sudah berhasil mendulang puluhan hingga ratusan wisatawan setiap harinya.

Tempat wisata ini tentunya sangat menarik dan layak untuk kalian kunjungi dalam rangkaian liburan kalian di Bandung. Di dalamnya akan kalian temukan banyak sekali wahana unik dan menarik, fasilitas, serta kegiatan wisata yang beragam.

paket-wisata-dusun-bambu-lembang
via instagram/wisatahitskeren

Lebih lengkap mengenai tempat wisata Dusun Bambu Lembang Bandung bisa kalian simak di bawah ini.

Sekilas Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang sejatinya adalah sebuah dusun buatan yang sengaja dibangun sebagi tempat rekreasi di Bandung. Pembangunannya sendiri dimulai sekitar tahun 2013 dan diresmikan serta mulai dibuka untuk umum pada tahun 2014.

Sejak awal kemunculannya tempat wisata di Lembang ini langsung mendapat resfon positif dari para wisatawan. Tak butuh waktu lama, Dusun Bambu Lembang berhasil menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jawa Barat.

Setara dengan tempat-tempat wisata dekat dusun bambu lembang yang juga menjadi favorit para pelancong seperti De Ranch Lembang, The Lodge Maribaya, Maribaya Resort, Trans Studio Bandung, Dream Park Dago, Tangkuban Parahu, dan Gunung Putri Lembang.

Memasuki kawasan wisata ini kalian akan disuguhi suasana khas dataran tinggi dengan hawa udaranya yang sejuk serta panorama alamnya yang masih alami. Dusun Bambu Lembang Bandung memang dikonsep sebagai kawasan ekowisata yang memadukan alam dataran tinggi Lembang yang asri dengan budaya tradisional Sunda.

Namun meski begitu jangan beranggapan bahwa di tempat ini hanya akan kalian temukan hal-hal yang melulu tradisional, di sini juga tersedia beberapa spot yang dibangun dengan desain modern.

dusun-bambu-lembang-resort
via instagram/dion_azkayudhistiar

Lokasi Dusun Bambu Lembang

Lokasi Dusun Bambu Lembang beralamat lengkap di Jalan Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Bandung Barat. Untuk mengaksesnya dari pusat kota Bandung, hanya dibutuhkan perjalanan berkendara sejauh 20,3 kilometer dengan waktu tempuh normal sekitar 50 menit.

Lokasi tempat wisata yang juga sering disebut dengan Dusun Bambu Family Leisure Park Lembang ini tidak sulit untuk dijangkau. Kalian bisa mengaksesnya dengan mudah baik baik dari arah Lembang ataupun dari arah Bandung.

Rute ke Dusun Bambu Lembang

Rute Dusun Bambu Lembang atau cara ke tempat wisata Dusun Bambu Lembang ini bisa menggunakan beberapa rute. Silahkan sesuaikan dengan posisi kalian berada saja. Beberapa rute yang bisa kalian lalui antara lain:

Rute Utama

Rute utama yang biasanya digunakan para wisatawan untuk menuju kawasan wisata Dusun Bambu Lembang adalah melalui Bandung kemudian ke Ledeng, lalu lanjut ke Lembang hingga ke Parongpong dan sampai lokasi.

Rute utama ini bisa kalian gunakan jika kondisi jalan tidak macet, karena di saat musim libur panjang, rute utama ini biasanya sangat padat oleh kendaraan sesama wisatawan. Nah agar kalian tidak terlalu lama di perjalanan, maka kalian bisa menggunakan rute alternatif.

Rute Alternatif

Selain rute utama, tempat wisata Dusun Bambu Lembang juga bisa dijangkau melalui rute alternatif. Yaitu melalui Bandung ke Jalan Geger Kalong Girang, kemudian menuju Jalan Cihanjuang, lalu ke Parongpong sebelum sampai lokasi. Rute ini bisa kalian pilih jika kondisi jalan rute utama terlalu padat.

dusun-bambu-lembang-bandung
via instagram/bandungskuy

Harga Tiket Masuk Dusun Bambu Lembang

Untuk bisa memasuki kawasan wisata kalian harus membayar harga tiket masuk Dusun Bambu Lembang 2018, seharga Rp. 20.000 per orang di hari biasa, dan Rp. 25.000 di hari libur. Lalu jika membawa kendaraan pribadi, kalian juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp. 10.000 untuk sepeda motor, dan Rp. 15.000 untuk mobil.

Sedangkan untuk angkutan umum seperti bus atau minibus, biaya parkirnya masing-masing Rp. 25.000.

Jam Buka Dusun Bambu Lembang

Mengenai jam buka Dusun Bambu Lembang Bandung, objek wisata ini dibuka setiap hari untuk kunjungan wisata mulai pukul 09.00-21.00 WIB di hari biasa, dan pukul 08.00-23.00 di hari libur.

Kalau kalian menginginkan suasana yang tidak terlalu ramai, maka datanglah pada hari kerja, karena pada hari libur, objek wisata ini biasanya sangat ramai oleh para wisatawan.

Fasilitas dan Wahana Wisata Dusun Bambu Lembang

Sebagai tempat wisata favorit, fasilitas dan wahana yang ada di Dusun Bambu Lembang tentunya sudah tersedia dengan cukup lengkap. fasilitas umum seperti area parkir yang cukup luas, kamar kecil, tempat ibadah, gazebo, hingga lapak penjual souvenir sudah siap menunggu kalian.

Sedangkan untuk wahana wisatanya, di tempat ini kalian bisa menemukan spot kuliner, restoran makanan khas Bandung dan nusantara, spot foto, wahana bermain, penginapan berbentuk villa dan glumping.

dusun-bambu-lembang-tiket
via instagram/rachmawatisherin

Wahana-wahana di atas tentunya sangat menarik untuk dijelajahi. Agar lebih puas dan dapat menjelajah ke semua wahana, maka sebaiknya kalian datang ke tempat ini lebih pagi.

Aktivitas Wisata di Dusun Bambu Lembang

Akan sangat banyak sekali kegiatan yang bisa kalian lakukan di dalam kawasan wisata Dusun Bambu Family Leisure Park Lembang ini, beberapa diantaranya seperti:

Menikmati Landscape Dusun Bambu Dari Cafe Burangrang

Aktivitas pertama yang bisa kalian lakukan di tempat wisata ini yaitu bersantai di Cafe Burangrang sambil menyantap beberapa menu makanan, serta menikmati landscape kawasan Dusun Bambu dari arah cafe yang lokasinya agak sedikit dibuat tinggi dari permukaan tanah.

Suasan cafe yang tertata rapi dengan view pohon-pohon hijau di sekelilingnya, semakin menambah tenang dan nyaman perasaan. Kalian pasti betah dan tahan untuk berlama-lama di cafe ini.

Taman Arimbi

Di area ini banyak spot yang bisa kalian eksplore kalau kalian suka fotography. Area taman ini berada di pinggir kawasan Dusun Bambu dan tertata dengan rapi mengitari kawasan wisata. Di tengahnya ada aliran sungai kecil yang mungkin bisa kalian jadikan spot bermain bersama anak-anak.

dusun-bambu-lembang-harga-penginapan
via instagram/nanii_msh

Restoran purbasari

Selain Cafe Burangrang, di dusun bambu lembang juga ada Restoran Purbasari sebagai tempat untuk menikmati aneka hidangan kuliner. Restoran ini cukup unik karena berada di pinggir danau kecil di tengah kawasan wisata, dengan saung-saung yang mengelilingi danau.

Sensasi menikmati kuliner di restoran ini dipastikan akan sangat berbeda dari tempat atau restoran biasa. Air danau yang jernih dan tenang tentu akan membuat setiap makanan yang kalian santap terasa lebih enak dan nikmat.

Namun tempat ini setiap harinya selalu penuh oleh pengunjung. Saking larisnya, untuk bisa menikmati makanan di restoran ini kalian harus melakukan reservasi atau pemesanan via telepon terlebih dahulu agar kebagian tempat.

Lutung Kasarung

Tempat yang lebih unik dari Restoran Purbasari ataupun Cafe Burangrang adalah area lutung kasarung. Dulu ketika baru pertama kali di buka, spot lutung kasarung inilah yang menjadi area paling favorit di Dusun Bambung Lembang.

Di sini kalian bisa menikmati kuliner di dalam ruangan yang berbentuk sarang burung sambil menyaksikan indahnya panorama alam kawasan wisata dari atas ketinggian.

dusun-bambu-bandung-2018
via instagram/dusun_bambu

Pasar Khatulistiwa

Tempat santap kuliner berikutnya yang ada di dalam objek wisata Dusun Bambu adalah di pasar khatulistiwa ini. Bedanya dari ketiga tempat makan sebelumnya yaitu harga makanan lebih murah, di pasar ini macam dan jenis makanan yang disediakan juga lebih lengkap.

Setelah memesan makanan dan minuman, kalian kemudian bisa langsung menikmatinya di beberapa tempat yang disediakan.

Menginap di Dusun Bambu Lembang

Banyak wisatawan yang tidak puas hanya meng-eksplore kawasan wisata Dusun Bambu sehari saja. Untungya, di sekitar kawasan wisata sudah tersedia beberapa villa dan glamping untuk menginap.

Villa-villa di sini sudah dilengkapi dengan fasilitas kamar dan perabotan yang cukup lengkap. Tinggal sesuaikan saja dengan budget yang kalian miliki untuk harga penginapan di Dusun Bambu Lembang tersebut.

Kemudian apabila kalian ingin menikmati malam yang lebih romantis, kalian bisa memilih untuk bermalam di penginapan berupa glamping dengan tenda khas camping-nya. Menginap di glamping, artinya kalian akan lebih leluasa untuk menikmati suasana malam Dusun Bambu Lembang.

dusun-bambu-bogor
via instagram/umamul.husen

Baca juga tempat menarik lainnya di Bandung seperti Tempat Wisata di Bandung

Sangat wajar rasanya apabila Dusun Bambu Lembang Bandung ini disebut sebagai salah satu tempat wisata favorit yang ada di Bandung. Kelengkapan fasilitas dan keunikan wahana, serta Keseruan belibur di dalamnya tentu sangat sayang untuk kalian lewatkan.

Ranca Upas

Edy
6 min read

Kawah Putih

Edy
4 min read

Orchid Forest

Edy
4 min read