Ecopark Ancol

Kedatangan hari libur memang selalu dinanti-nanti oleh semua orang. Di hari itu, kita bisa mengistirahatkan badan dan fikiran dengan berlibur bersama keluarga.

Nah jika Anda berada di Jakarta ataupun sedang dalam perjalanan wisata di Jakarta, kami ada rekomendasi tempat wisata yang cukup menarik dan sangat sayang kalau dilewatkan.

Obyek wisata ini bernama Ecopark Ancol yang terletak di dalam kawasan wisata Ancol Jakarta Utara.

ecopark-ancol-review

via instagram.com/allianz.ecopark

Seperti apa keseruannya ? yuk, simak ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

Ecopark Ancol

Ecopark Ancol atau dikenal juga dengan nama Allianz Ecopark adalah salah satu wahana wisata yang ada di dalam kawasan wisata Ancol, Jakarta.

Wahana wisata ini menawarkan konsep go green dengan suguhan kawasan hijau berisi berbagai macam tanaman dan pepohonan.

Ecopark Ancol sudah berdiri dan menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Jakarta sejak tahun 2010.

Dengan luas kawasan sekitar 34 hektar, wahana wisata yang masih satu komplek dengan Pantai Ancol ini menyajikan konsep wisata edutainment dalam 4 zona berbeda.

allianz-ecopark-ancol
via instagram.com/allianz.ecopark

Di tempat ini Anda dan anak-anak bisa bermain dan mengeksplorasi anek tumbuhan dan pepohonan yang konon jumlahnya mencapai lebih dari 10.000 jenis.

Seain itu, tersedia juga aneka macam permainan yang menghibur sekaligus bernilai edukasi bagi anak-anak.

4 Zona Ecopark Ancol

Keempat zona yang ada di Ecopark Ancol yaitu :

1. Zona Eco Care

Zona ini berisi berbagai macam permainan seru yang dikonsep agar pengujung bisa semakin dekat dan memiliki rasa kepedulian terhadap keluarga dan lingkungan.

2. Zona Eco Nature

Di zona ini, pengunjung bisa bermain sekaligus belajar mengenai berbagai jenis flora dan fauna.

3. Zona Eco Energy

Zona ini disiapkan dan diperuntukkan sebagai tempat belajar pengujung mengenai konservasi energi serta sumber-sumber energi terbaru.

4. Zona Eco Art

ecopark-ancol-zona-eco-care
via instagram.com/allianz.ecopark

Di zona terakhir yakni zona Eco Art, tersedia aneka macam pertunjukan seni dan berbagai macam pameran yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Berlibur ke Ecopark Ancol sangat menyenangkan dan bisa menjadi alternatif wisata alam selain kawasan hijau Puncak, Bogor.

Aktifitas Menarik di Allianz Ecopark Ancol

Aktifitas yang bisa dilakukan di sebuah lokasi wisata bisa menjadi tolak ukur daya tarik wisata tersebut.

Nah di Ecopark Ancol atau Allianz Ecopark Ancol, Anda dan anak-anak bisa melakukan berbagai macam kegiatan seru dan bernilai edukasi. Aktifitas ini diantaranya :

1. Outbondholic

ecopark-ancol-tiket-masuk
via instagram.com/allianz.ecopark

Ini adalah sebuah wahana adventure yang dapat mengasah perkembangan motorik dan jiwa kepemimpinan anak-anak.

Berada di lahan seluas 1,5 hektar, wahana outbondholic menawarkan aktifitas seru berupa berbagai macam permainan outbond.

Salah satu wahana permainan yang ada dan paling digemari pengujung anak-anak di wahana outbondholic ini adalah wahana Flying Fox.

Flying Fox ini memiliki lintasan sejauh 480 meter yang akan membawa pengunjung melintas di atas jalan beraspal yang membelah kawasan pepohonan.

2. Learning Farm

ecopark-ancol-learning-farm
via instagram.com/allianz.ecopark

Sesuai namanya wahana ini berisi permainan yang dapat menghibur anak-anak dan memberi mereka pengetahuan tentang perkebunan.

Cara bercocok tanam seperti proses menanam sampai memanen juga diajarkan di wahana Learning Farm ini.

Wahana ini akan memberikan sensasi menyenangkan dan sangat mirip dengan aslinya karena dilengkapi dengan kawasan perkebunan asli.

3. Archery Battle

Olahraga panahan saat ini mulai banyak digemari karena selain mampu meningkatkan konsentrasi, juga merupakan sunnah Nabi yang sebaiknya dijalankan oleh para penganut agama Islam.

Nah di wahana Archery Battle Ecopark Ancol ini, anak-anak akan berlatih konsentrasi, kecermatan, serta kerjasama untuk memenangkan permainan panahan selama 30 menit.

Permainan Archery Battle ini dikonsep untuk mempertemukan 2 kelompok panahan dalam sebuah pertempuran seru.

Tenang saja, para peserta akan dilengkapi dengan pelindung tubuh agar tidak terluka.

Baca juga : Ocean Dream Samudra Jakarta

4. Bermain Kano

ecopark-ancol-harga
via instagram.com/allianz.ecopark

Di Allianz Ecopark Ancol juga tersedia wahana permainan air berupa danau yang bisa dijelajahi dengan kano.

Nah jika Anda ingin menikmati suasana santai dan romantis bersama pasangan, maka datanglah ke danau Ecopark Ancol dan kayuhlah kano bersama-sama.

Kano atau perahu yang disediakan di danau ini mampu menampuh hingga 4 orang. Jadi kalau Anda datang bersama istri dan anak-anak, Anda juga bisa bermain kano satu keluarga di danau ini.

5. Paintball

Wahana yang satu ini akan sangat menarik bagi para pengunjung dewasa.

Di wahana Paintball Ecopark Ancol ini, para pengujung akan merasakan sensasi pertempuran layaknya di medan tempur asli karena areanya yang sangat luas dan dilengkapi dengan berbagai macam properti permainan.

Selama 60 menit, para peserta akan melewati tahap perkenalan strategi, pertempuran hingga menjadi pemenang di akhir permainan.

 

ecopark-ancol-tiket
via instagram.com/allianz.ecopark

Selain kelima aktifitas di atas, di Ecopark Ancol juga masih banyak aktifitas seru dan menyenangkan yang bisa Anda lakukan.

Aktifitas tersebut diantaranya menikmati keindahan flora fauna khas Asia di wahana Faunaland, hingga mempelajari pemanfaatan energi di wahana Rumah Energi.

Selain itu, Anda juga bisa mempelajari tentang pola hidup sehat di wahana Rumah Lebah, kemudian membeli dan menikmati aneka sayuran dan buah-buahan di wahana Eco Park.

Baca juga : Waterbom PIK

Terakhir, di Ecopark Ancol Anda juga bisa menikmati suasana hijau yang menentramkan sambil naik sepeda di wahana Eco Bike.

Alamat Ecopark Ancol Jakarta

spot-foto-ecopark-ancol
via instagram.com/allianz.ecopark

Alamat Ecopark Ancol atau Allianz Ecopark Ancol berada di Jalan Lodan Timur No.7, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Jika sudah masuk di kawasan wisata Ancol, maka wahana terdekat yang bisa dijadikan patokan untuk menemukan Ecopark Ancol adalah wahana wisata Dunia Fantasi (Dufan) Ancol.

Sedangkan rute atau cara ke Ecopark Ancol juga cukup mudah.

Jika mengaksesnya dari pusat kota Jakarta, maka Anda hanya perlu menggunakan bus Transjakarta ataupun bus kota dengan trayek Halte Ancol atau terminal Tanjung Priok.

Sementara bagi pengunjung yang datang dari luar kota, Anda cukup menggunakan kereta commuter line dengan tujuan stasiun kota Jakarta lalu naik angkutan umum ke Ancol.

Baca juga : Seaworld Ancol

Jam Buka Ecopark Ancol Jakarta

Jam buka Ecopark Ancol dimulai sejak pagi yaitu dari pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB.

Hari KunjunganJam Operasional
Setiap Hari06.00 – 18.00 WIB

Namun, beberapa wahana permainan memiliki jam operasional tersendiri sehingga Anda juga perlu menyesuaikan waktu keberangkatan agar bisa mencobanya.

Contohnya jika ingin mencoba bermain Paintball, Anda harus datang di lokasi pada pukul 08.00 WIB agar dapat Menikmati permainan ini dalam waktu yang lebih lama.

Harga Tiket Masuk Ecopark Ancol 2019

Harga tiket masuk Ecopark Ancol sampai hari ini masih gratis kecuali saat memasuki gerbang utama Ancol.

Namun, beberapa wahana permainan yang ada hanya bisa dicoba setelah membayar tiket wahana.

Wahana-wahana berbayar yang dimaksud diantaranya wahana Paintball, ATV, Water Pedal Boat, Kano, Learning Farm, dan Flying Fox.

Selain itu, beberapa wahan berbayar lainnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini :

Wahana/PermainanHarga Tiket
Mobil GolfRp130.000 (hari kerja) – Rp170.000 (hari libur)
Mini ATVRp35.000 (hari kerja) – Rp35.000 (hari libur)
EcotrikeRp70.000 (hari kerja) – Rp80.000 (hari libur)
Eco BikeRp35.000 (hari kerja) – Rp35.000 (hari libur)
PaintballRp130.000 (hari kerja) – R1305.000 (hari libur)
Charge SepedaRp35.000 (hari kerja) – Rp35.000 (hari libur)
Outbondholic Flying FoxRp70.000 (hari kerja) – Rp80.000 (hari libur)
Sirkuit AnakRp70.000 (hari kerja) – Rp80.000 (hari libur)
Mobil ListrikRp100.000 (hari kerja) – Rp100.000 (hari libur)
KanoRp60.000 (hari kerja) – Rp75.000 (hari libur)
Bumper BoatRp25.000 (hari kerja) – Rp30.000 (hari libur)

Dari tabel di atas bisa dilihat bahwa untuk bisa menikmati semua wahana permainan di Ecopark Ancol ternyata membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah wahana yang benar-benar seru dan menarik untuk Anda dari sisi hiburan dan juga edukasinya.

Fasilitas di Ecopark Ancol

Selain menyediakan wahana permainan yang cukup lengkap, Ecopark Ancol juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum untuk memberi kenyamanan bagi para pengunjung.

Fasilitas umum yang tersedia di Allianz Ecopark Ancol Jakarta antara lain toilet, area parkir, mushola, ruang makan, tempat istirahat, penyewaan sepeda, ecolab, treetop walk, botani garden, hingga club house.

Selain itu, di sekitar lokasi juga sudah tersedia beberapa penginapan yang bisa disewa dengan harga terjangkau namun sudah dilengkapi fasilitas yang memadai.

harga-tiket-allianz-ecopark-ancol
via instagram.com/allianz.ecopark

Baca juga : Tempat Wisata di Jakarta

Berwisata ke Ecopark Ancol Jakarta dapat memberikan hiburan dan juga ilmu pengetahuna baru yang tak ternilai harganya.

Karena itu dari pada berlibur ke tempat-tempat yang tidak jelas, akan lebih baik jika Anda mengajak istri dan anak-anak ke Allianz Ecopark Ancol.

Atau kalau Anda ingin obyek wisata yang berkonsep edutainment namun dengan nuansa berbeda, di Jakarta Anda bisa datang ke Kidzania Jakarta, Planetarium Jakarta, atau Jakarta Aquarium.

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber dengan sangat memperhatikan ke-valid-an data-data nya. Oleh karena itu jika terdapat kekeliruan atau kesalahan informasi, kami harap Anda tidak keberatan untuk menyampaikannya pada kami.

Loading...

Atlantis Ancol

Hansar
4 min read

Museum Macan

Hansar
5 min read

Oceanpark BSD

Hansar
5 min read

Taman Ismail Marzuki

Hansar
6 min read

Waterbom PIK

Hansar
4 min read

Ocean Dream Samudra

Hansar
3 min read