Floating Market

Floating Market bisa dikatakan sebagai salah satu tempat wisata yang harus kalian kunjungi jika sedang berada di Lembang, Bandung, Jawa Barat. Apalagi buat kalian yang memang hobi banget dengan tempat wisata yang punya spot-spot foto kece dan Instagramable, maka tempat wisata ini bukan lagi hanya harus dikunjungi, tapi wajib hukumnya kalian kunjungi.

Floating Market Lembang sejak pertama kali di-launching, langsung mendapat respon positif dari kalangan pencinta travelling. Alasannya sederhana, yaitu tempat ini memang layak diburu karena benar-benar menawarkan suasana baru yang berbeda dari tempat-tempat wisata yang telah ada lebih dulu di Lembang.

Floating Market Bandung memang pas untuk dijadikan destinasi wisata kalian bersama keluarga. Tak jauh berbeda dengan tempat wisata semacam Dago Dream Park, The Lodge Maribaya, atau Dusun Bambu Lembang, tempat ini dapat memberikan ketengan, kesegaran fikiran, dan keceriaan bagi kalian dan juga keluarga.

floating-market-bandung
instagram/floating.market.lembang

Apa saja yang ada di floating market? Yuk baca dulu ulasannya berikut ini.

Floating Market Lembang

Lembang terletak di kawasan kaki gunung Tangkuban Perahu. Karenanya, suasana di sekitar tempat ini selalu nyaman dengan hawa sejuk pegunungan yang bersih dari polusi.

Nah lantaran objek wisata Floating Market lokasinya berada di wilayah Lembang, maka tak pelak suasana di sekitar kawasan tempat wisata ini juga sejuk dan menenangkan, nyaman lah sebagai tempat bersantai melepas segala kepenatan fikiran dan kepelikan hidup.

Namun bukan hanya itu saja yang ditawarkan Floating Market untuk memikat hati para pelancong. Selain kesejukan dan keasrian kawasan khas pegunungan yang dimiliki, tempat ini juga punya banyak daya tarik lain yang membuat wisatawan semakin terpesona dan tak tahan untuk segera datang mengunjunginya.

Membaca namanya yang ada embel-embel “market” nya, sekilas pasti tertebak di fikiran kita bahwa di tempat ini pasti ada pasar atau toko yang menjual segala kebutuhan para wisatawan. Dan benar sekali, di Floating Market memang ada pasar apung, namun hanya digunakan untuk berjualan berbagai macam menu makanan atau kuliner dan cinderamata saja.

floating-market-lembang
instagram/floating.market.lembang

Karena itu bagi kalian yang ingin mencicipi rasa makanan khas Lembang ataupun Bandung, maka kalian bisa membeli di pasar apung ini dan menyantapnya di tempat-tempat yang telah disediakan pengelola tempat wisata.

Kemudian beranjak lebih jauh ke dalam area tempat wisata, kita akan menemukan banyak sekali fasilitas dan wahana yang bisa di-eksplore untuk mengisi waktu liburan di Floating Market Lembang.

Di sini ada spot kota mini sebagai tempat bersantai dan berfoto, spot penyewaan kostum jepang, rainbow garden, taman kelinci seperti di rabbit town, wahana permainan air, penyewaan becak dan mobil mini, miniatur kereta api, dan masih banyak yang lainnya.

Lebih detail mengenai wahana wisata di Floating Market Lembang akan kami bahas di bagian akhir artikel ini.

floating-market-lembang-2017
instagram/floating.market.lembang

Lokasi Floating Market Bandung

Lokasi Floating Market berada di posisi yang strategis dan akan sangat mudah untuk kalian temukan. Jaraknya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Bandung, hanya sekitar 16 kilometer dengan estimasi waktu tempuh kira-kira 40-an menit.

Untuk alamat Floating Market Lembang, tempat ini berada di Jln. Grand Hotel No.33E, Kec. Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.

Kemudian mengenai moda transportasi, kondisi jalan menuju tempat wisata ini sekarang sudah cukup bagus, jadi kalian bisa menggunakan kendaraan apapun dengan catatan kondisinya dalam keadaan sehat wal’afiat.

floating-market-lembang-2018
instagram/floating.market.lembang

Selanjutnya mengenai rute ke Floating Market Lembang, kami sarankan agar memanfaatkan kecanggihan teknologi yang digunakan pada Smartphone kalian saja. Tinggal buka aplikasi Google Maps, maka hampir semua rute ke tempat manapun bisa kalian temukan.

Harga Tiket Masuk Floating Market

Harga tiket masuk Floating Market Lembang Bandung bisa dikatakan sangat mudah apabila dibandingkan dengan suguhan keindahan dan keseruan yang bisa kita dapatkan saat berada di dalam.

Tiket masuknya dijual dengan harga Rp. 15.000 (weekdays), dan Rp. 20.000 saat weekend. Kemudian untuk biaya parkir, kalian harus membayar sebesar Rp. 5000 jika datang menggunakan sepeda motor, dan Rp. 10.000 jika menggunakan mobl (roda empat).

Selain itu jika kalian ingin mencoba beberapa fasilitas atau wahana permainan yang ada di dalam, kalian juga harus siap mengeluarkan budget tambahan untuk membeli tiket wahana. Saat ini, harga tiket masing-masing wahana di Floating Market ialah sebagai berikut:

floating-market-lembang-2019
instagram/floating.market.lembang
  • Outbound Anak – Rp. 25.000
  • Becak dan Mobil Mini – Rp. 20.000
  • Miniatur Kereta api – Rp. 20.000
  • Sampan Keluarga – Rp. 70.000 per 30 Menit
  • Mancing Magnet – Rp. 20.000
  • Taman Kelinci – Rp. 20.000
  • Kereta Air – Rp. 20.000
  • Kampung Kandang – Rp. 20.000
  • Sepeda Air – Rp. 50.000 per 30 Menit
  • Kano – Rp. 50.000 per 30 menit
  • Paddle Boat – Rp. 20.000 per 20 Menit (Khusus untuk anak-anak)

Kemudian belakangan di Floating Market Bandung juga ada beberap tambahan wahana lain berupa spot untuk berfoto dan bersantai. Wahana baru ini juga hanya bisa dimasuki atau digunakan setelah membayar tiket terlebih dahulu.

Berikut ini wahana yang dimaksud, beserta harga tiket masuknya:

  • Ranbow garden floating market – Rp. 10.000
  • Sepeda listrik untuk berkeliling kota mini – Rp. 35.000
  • Penyewaan kostum jepang lengkap dengan segala pernak-pernik nya – Rp. 75.000
  • Kota mini – 25.000

Setelah ditotal dengan asumsi akan mencoba semua fasilitas dan wahana, ternyata harga tiket untuk memasuki Floating Market Lembang ini juga cukup menguras kantong. jadi sebaiknya kalian pilih-pilih saja fasilitas atau wahana yang akan kalian coba agar tidak terlalu banyak biaya yang dikeluarkan.

lokasi-floating-market-lembang
instagram/floating.market.lembang

Fasilitas Floating Market

Melihat yang sudah tersedia saat ini, fasilitas Floating Market sepertinya sudah cukup lengkap. selain area parkir, musholla, toilet, gazebo, dan fasilitas gratis lainnya, di sana juga tersedia beragam wahana berbayar yang nama-namanya sudah kami tuliskan di atas.

Bahkan saat ini beberapa fasilitas baru lagi-lagi sudah ditambahkan olehp pengelola, sekarang di sana ada juga kolam renang Floating Market, area petik strawberri, sawah mini, area main catur, spot family gathering, dan spotspot untuk mengadakan sesi foto pre-wedding.

Penginapan di Floating Market

Adakah penginapan atau hotel dekat Floating Market?

Pastinya ada dan memang harus ada karena ada banyak sekali wisatawan yang tidak puas hanya berada di tempat ini sehari saja dan memilih untuk menginap.

Hotel-hotel atau penginapan yang bisa kalian pilih jika ingin menginap di sini antara lain hotel bumi Makmur Indah Lembang, Gran Hotel Lembang, Hotel Pesona Bamboe Lembang, Villa Istana Bunga Lembang, Imah Seniman, Rumah Kayu Organic, dan Trizara Resort.

arti-floating-market
instagram/floating.market.lembang

Hunian di atas selain aman juga bisa kalian sewa dengan harga yang tidak terlalu mahal. Intinya sesuaikan saja dengan fasilitas hunian yang kalian ingini dan juga ketersediaan dana yang kalian miliki.

Objek Menarik dan Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Dari sekian banyak wahana yang ada, menurut kami ada beberapa wahana yang pantas disebut sebagai wahana terfavorit. Berikut ini detail masing-masing objek menarik dan terfavorit di Floating Market Lembang beserta kegiantan yang bisa kalian lakukan:

Danau di Floating Market Lembang

Objek ini tentunya menjadi spot pertama yang bisa kalian eksplore. Di danau ini, kalian bisa melakukan banyak hal seperti berkeliling menaiki sepeda air, kano, dan juga sampan. Selain itu, danau ini juga cukup menarik sebagai spot untuk berfoto dengan latar airnya yang tampak kehijauan.

fasilitas-floating-market
instagram/floating.market.lembang

Pasar Apung

Berikutnya kalian bisa menjelajah dan membeli aneka kuliner khas Lembang dan Bandung di pasar apung Floating Market. Namun perlu diketahui, pasar apung ini biasanya hanya dibuka pada hari Jum’at, Sabtu, dan hari Minggu saja. Jadi kalau datang di hari lain, kemungkinan kalian tak akan mendapati pasar apung ini.

Yang menarik, segala pembayaran di pasar apung hanya menggunakan koin khusus yang telah disediakan pengelola sebagai pengganti uang cash. Kalian bisa menukar uang cash dengan koin di stand yang telah disediakan.

tiket-masuk-floating-market-2018
instagram/floating.market.lembang

Selain makanan, di pasar apung juga dijual aneka macam souvenir atau cinderamata yang bisa kalian jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Kota Mini

Area ini didesain membentuk sebuah kota lengkap dengan segala hal yang biasanya terdapat di kota namun dalam bentuk mini. Di sini kalian bisa bersantai di beberapa tempat duduk yang disediakan, berfoto, dan mengikuti beberapa kegiatan yang diatur oleh pengelola.

Ranbow Garden

Bagi yang suka berfoto dengan background bunga, maka bisa menuju area Rainbow Garden ini. di spot ini ada berbagai macam jenis dan warna bunga yang bisa dijadikan sebagai latar foto. Foto-foto kalian di tempat ini dipastikan akan sangat cantik dan menarik.

instagram/floating.market.lembang

Taman Kelinci

Tidak hanya Famhouse Lembang atau Rabbit Town saja yang ada kelincinya. Di Floating Market juga tersedia taman kelinci bagi kalian yang suka dengan hewan lucu tersebut. Di taman kelinci ini kalian bisa berinteraksi langsung dengan para kelinci sambil berfoto dan memberi makan pada mereka.

Penyewaan Kostum Korea – Jepang

Ingin tampil gaya dan unik dengan balutan busana atau kostum yang biasa dipakai orang-orang Jepang dan Korea?

Gampang. Kalian bisa mencobanya di area penyewaan kostum Korea dan Jepang ini. Selain mencoba kostum, kalian juga bisa berfoto sambil mengenakan kostum tersebut.

Tidak hanya bisa berfoto di spot yang telah disediakan pihak penyedia kostum, tapi kalian juga bisa memilih sendiri tempat berfoto di sektiar area Floating Market dengan menggunakan kostum jepang atau Korea. Wah, foto kalian dijamin pasti kren dan unik sob.

instagram/floating.market.lembang

Wisata Dekat Floating Market

Lembang tentunya masih memiliki banyak tempat wisata lain yang bisa kalian kunjungi selepas berkunjung ke Floating Market. Objek wisata dekat Floating Market yang bagus dan bisa kalian datangi antara lain Bukit Senyum, Taman Kupu-kupu, Taman Begonia, Bukit Senyum, Orchid Forest, Rumah Sosis, dan Taman Kardus.

Tips Liburan ke Floating Market

Untuk kalian yang tidak sabar dan ingin segera mendarat di tempat wisata Floating Market Lembang, tengok dulu beberapa tips liburan ke Floating Market di bawah ini. Tips – tips ini pastinya akan bermanfaat bagi kalian nantinya.

  1. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat wisata ini ialah pada musim kemarau. Karena di musim kemarau, kalian akan lebih leluasa menikmati suasana dan wahana dengan sangat nyaman tanpa khawatir turun hujan, walapun sebenarnya hujan adalah rahmat.
  2. Untuk kaum hawa sebaiknya membawa krim untuk melindungai kulit dari paparan sinar matahari dan polusi.
  3. Periksa kunci kotak kendaraan kalian sebelum meninggalkannya di area parkir. Karena meskipun dijaga, tidak menutup kemungkinan terjadi hal-hal buruk kalau kalian sampai meninggalkan motor dalam keadaan kuncinya masih nempel.
  4. Tukar koin seperlunya saja. Inilah pentingnya sebelum masuk, kalian sudah me-list daftar wahana atau fasilitas yang akan kalian coba di dalam. Jadi sejak awal kalian sudah punya gambaran berapa dana yang akan kalian habiskan.
  5. Selalu taati peraturan yang telah ditetapkan pengelola, dan jangan lupa, jangan buang sampah sembarang.
instagram/floating.market.lembang

Temukan juga tempat-tempat wisata kren Bandung lainnya di artikel Tempat Wisata Bandung ini

Demikian ulasan singkat mengenai Floating Market Lembang. Setelah membaca artikel ini, kalian pasti percaya bahwa tempat ini ternyata sangat cocok dan recomended banget untuk mengisi waktu liburan kalian bersama teman, pasangan, dan juga keluarga bukan? Nah, jadi kapan nih liburan ke Floating Market?