Gili Trawangan

gili-trawangan

Gili Trawangan sebagai tempat wisata di Lombok menjanjikan semua kesenangan yang bisa kamu dapatkan dalam perjalanan liburan mu. Maka kalau berkesempatan melancong ke pulau Seribu Masjid itu, jangan sampai lewatkan untuk mengunjungi Gili Trawangan yang sudah terkenal sebagai tempat wisata favorit di pulau Lombok.

Gili Trawangan

Jika kamu ingin merasakan sensasi berlibur di sebuah gili yang rapi, bersih, sejuk, dan memiliki kawasan pesisir pantai yang menakjubkan, maka salah satu destinasi yang wajib untuk kamu datangi adalah Gili Trawangan di pulau Lombok.

Tempat wisata ini telah lama menjadi langganan wisatawan baik lokal maupun mancanegara sebagai peraduan untuk menumpahkan segala kepenatan setelah menjalani rutinitas hidup sehari-hari.

Bagi yang datan jauh-jauh dari Lombok, tidak usah khawatir untuk mencari tempat menginap di sekitar Gili Trawangan. Sudah banyak banyak gili Trawangan hotel ataupun gili Trawangan resort yang siap menampung Anda.

Gili Trawangan adalah salah satu dari gugusan tiga gili di pulau Lombok yang lokasinya saling berdekatan. Selain Gili Trawangan, di sebelahnya masih ada dua gili lain yang juga sering menjadi tujuan berlibur wisatawan lokal, dan juga beberapa wisatawan asing. Kedua gili tesebut adalah Gili Air dan Gili Meno.

matahari-terbit-gili-trawangan

Namun jika membandingkan Gili Trawangan dengan kedua saudaranya itu, maka yang paling terkenal adalah Gili Trawangan. Hal ini disimpulkan dari pengunjung ketiga gili yang jumlahnya dimenangkan dengan sangat telak oleh Gili Trawangan.

Gili Trawangan setiap harinya bisa dikunjungi oleh tidak kurang dari ribuan wisatawan, plus karena di sana ada banyak penginapan, tempat wisata ini akhirnya selalu ramai oleh pengunjung yang menginap, baik di siang ataupun malam hari. Khusus wisatawan asing, biasanya mereka akan datang ke Gili Trawangan sebelum atau sesudah berkunjung ke tempat wisata di Bali.

Kawasan wisata Gili Trawangan ditata dengan sangat rapi dan bersih oleh pihak pengelola. Selain keindahannya yang memang lahir dari sananya, gili ini juga semakin nyaman untuk ditinggali dengan diberlakukannya aturan Gili Trawangan bebas kendaraan bermotor.

objek-wisata-favorit-di-lombok-gili-trawangan

Di gili ini kamu tak akan pernah menjumpai satu pun sepeda motor atau mobil, sarana transportasi yang tersedia hanyalah sepeda dan cidomo yang merupakan alat transportasi tradisional masyarakat Lombok.

Dengan aturan tersebut, jadilah akhirnya kawasan Gili Trawangan menjadi tempat yang sejuk, bersih, segar, dan pastinya bebas polusi.

Melipir ke pesisir pantainya, kamu akan mendapati suasana pantai Gili Trawangan yang sangat bersahabat. Selain kebersihannya yang selalu terjaga, pasir pantainya yang putih dan air lautnya yang bergelombang tenang, akan menjadi tempat yang sangat nyaman untuk kamu melakukan aktivitas apapun.

wahana-ayunan-gili-trawangan

Ada banyak kegiatan wisata yang bisa kamu lakukan saat berlibur di salah satu tempat wisata di Lombok ini. Selain menghabiskan waktu di sekitar kawasan pantai, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya di beberapa spot menarik yang ada di sana.

Mengenai aktivitas wisata di Gili Trawangan, selengkapnya bisa kamu simak pada bagian berikutnya di bawah ini.

Fasilitas dan Kegiatan di Gili Trawangan

Berlibur sejatinya adalah kegiatan bersenang-senang yang identik dengan aktivitas luar rumah. Jadi jika kamu berada di Gili Trawangan, maka singsingkan lengan baju mu dan lakukanlah kegiatan apapun yang bisa menyenangkan perasaan mu di beberapa wahana dan fasilitas wisata Gili Trawangan berikut ini.

Oh ya tapi ingat, lakukan kegiatan yang baik-baik dan tidak melanggar aturan ya.

1. Menjelajah Laut Dengan Kayak

Laut Gili Trawangan dengan air nya yang jernih dan aneka macam biota laut yang menghiasinya adalah salah satu alasan para wisatawan mengunjungi tempat wisata ini. Kamu bisa menjelajah lautannya dengan berbagai sarana yang tersedia, salah satunya dengan menggunakan kayak.

kayak-gili-trawangan

Kayak sendiri adalah sebuah perahu mini yang semua bagiannya dibuat transparan. Ini bertujuan agar kamu bisa leluasa melihat indahnya karang dan ikan-ikan, serta makhluk laut lainnya langsung dari bawah tempat duduk mu di atas kayak.

Karena hanya mampu memuat maksimal dua orang saja, maka kamu bisa menjelajah lautan Gili Trawangan dengan kayak sendirian ataupun ditemani satu orang teman mu.

Dengan mengeluarkan biaya sewa sekitar Rp. 300.000, kamu bisa kayakan dan berkeliling menikmati keindahan laut Gili Trawangan sampai puas.

2. Bersepeda Mengelilingi Gili

Gili Trawangan yang asri dan bersih akan membuat siapa saja penasaran untuk menjelajahi setiap sudutnya. Untuk kegiatan ini, kamu bisa melakukannya dengan menyewa sepeda di beberapa tempat penyewaan sepeda yang tersebar di sekitar kawasan gili.

bersepeda-di-gili-trawangan

Berkeliling santai mengayuh sepeda, sambil sesekali mengambil gambar objek-objek yang kamu anggap menarik dengan kamera, tentunya merupakan aktivias yang cukup menyenangkan.

Namun ingat, sebagian besar jalanan di Gili Trawangan saat ini biasanya ditutupi oleh pasar-pasar tumpah. Jadi agar perjalanan mu berkeliling gili tidak terhambat, lebih baik kamu mengambil jalur melewati pinggiran pantai.

Dan ini artinya, kamu juga harus pintar-pintar dalam memilih sepeda yang akan kamu sewa. Pilihlah sepeda yang menggunakan ban agak besar agar lebih leluasa ketika melewati jalur pinggir pantai yang berpasir dan licin.

Untuk menikmati aktivias keliling gili dengan sepeda, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sewa sepeda tak lebih dari Rp. 100.000 per hari.

3. Menonton Presean

Acara yang selalu ramai dipadati oleh wisatawan di Gili Trawangan. Acara ini menampilkan dua orang laki-laki sasak yang biasanya disebut pepadu, yang akan saling serang menggunakan sebuah alat pemukul (pecut/ende) yang terbuat dari rotan.

presean-gili-trawangan

Namun acara ini tidak digelar setiap hari, pertunjukannya biasanya akan berlangsung di waktu-waktu tertentu saja. Misalnya setelah panen raya orang-orang sasak, atapun saat musim kemarau panjang.

Percaya ataupun tidak, acara presean ini bagi orang sasak juga merupakan acara sakral sebagai media minta hujan.

Di Gili Trawangan, acara presean biasanya akan dilangsungkan di sekitar area pasar seni Gili Trawangan.

4. Snorkeling dan Diving

Kedua aktvitas ini paling disukai oleh wisatawan bule. Saat hari agak mulai terang, mereka biasanya akan memadati spot-spot snorkeling dan diving yang ada di Gili Trawangan.

snorkeling-diving-gili-trawangan

Jika kamu ingin mencoba snorkeling atau diving, maka pilihlah lokasi yang ada di kawasan sekitar tiga gili yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Alasannya karena memang tidak semua spot yang ada di Gili Trawangan ini cocok untuk kedua kegiatan tersebut.

Belum pernah sekalipun mencoba snorkeling dan diving? Tidak masalah, di Gili Trawangan sudah disiapkan instruktur atau pelatih snorkeling dan diving dengan lisensi resmi. Jadi kamu bisa belajar dulu sebelum mencobanya.

5. Menikmati Indahnya Sunrise dan Sunset

Gili Trawangan menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati detik-detik terbit dan tenggelamnya matahari. Bahkan, tempat wisata di Lombok ini memiliki beberapa spot sunrise dan sunset yang memang telah disediakan oleh pengelola.

sunset-sunrise-gili-trawangan

Untuk sunset-an, kamu bisa memilih spot yang ada di depan Hotel Ombak. Di sana ada beberapa wahana ayunan yang telah disiapkan bagi wisatawan agar lebih jelas melihat terbenamnya matahari sambil bersantai di atas ayunan.

Kemudian untuk sunrise-an, spot yang paling bagus adalah di Point Beach Club atau sunrise bar yang berada di sebelah barat gili. Lokasinya yang langsung menghadap lautan juga akan membuat mu lebih leluasa menyaksikan terbitnya matahari.

Alamat dan Rute Menuju Gili Trawangan

Banyak yang bertanya Gili Trawangan dimana?

Bagi orang Lombok dan sekitarnya munkin sudah paham dan tahu tentang lokasi Gili Trawangan dan Gili-Gili lainnya. Tapi bagi orang yang jauh dari Lombok pasti tidak paham dan tidak tahu lokasi Gili Trawangan tersebut.

Gili Trawangan beralamat di Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Untuk sampai di objek wisata favorit di Lombok ini, kamu harus menyeberangi lautan yang memisahkannya dengan pulau Lombok.

Cara ke Gili Trawangan yang paling praktis adalah dengan menyeberang menggunakan perahu cepat melalui Teluk Nara atau pelabunan Bangsal yang beralamat di Malaka, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Ongkos penyeberangan menggunakan perahu cepat hanya Rp. 85.000/orang. Atau kalau kamu mau berhemat, gunakan saja perahu kayu dengan ongkos yang jauh lebih murah yakni hanya Rp. 15.000/orang.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Gili Trawangan

Sependek pengetahuan kami, Gili Trawangan selalu dibuka setiap hari untuk kunjungan wisatawan. Hanya saja, wahana atau fasilitas wisata yang ada di dalamnya mungkin menerapkan jam operasional yang berbeda-beda.

Begitupun dengan harga tiket masuk ke Gili Trawangan. Untuk memasukinya kamu tidak perlu membayar biaya sedikitpun.

Namun, sebelum pintu masuk utama ke Gili Trawangan, mungkin akan kamu temukan kota donasi pengunjung yang bisa kamu isi dengan uang sekehendak mu. Ataupun kalau kamu tidak mau berdonasi, tidak ada yang memaksa.

Lagi-lagi hanya saja, wahana dan fasilitas yang ada di kawasan gili beberapa diantaranya pasti akan menerapkan sistem tiket untuk bisa menggunakannya. Jadi, kamu siapkan saja budget secukupnya untuk berlibur ke Gili Trawangan.

Sebagai tempat wisata paling populer, Gili Trawangan Lombok telah berhasil mengundang jutaan wisatawan setiap tahunnya. Hal ini tentu menjadi berkah tersendiri bagi para pelaku bisnis di Lombok yang bergerak dalam industri pariwisata.

Dengan keindahan kawasan yang dimilikinya serta perbaikan dan penambahan fasilitas yang terus dilakukan pihak pengelola, Gili Trawangan sepertinya akan terus menahbiskan diri sebagai satu-satunya tempat wisata di Lombok yang  tidak hanya terkenal di Nusantara tapi juga di Dunia. jadi, kamu kapan ke Gili Trawangannya sobat?

Pantai Senggigi Lombok

Edy
4 min read

Pantai Nipah Lombok

Edy
4 min read

Pantai Kuta Lombok

Edy
4 min read