Guci Tegal

Guji Tegal adalah sebuah nama tempat wisata yang ada di Jawa Tengah. Tempat wisata ini terkenal lantaran memiliki pesona pemandangan alam yang asri dan alami serta pemandian air panas yang punya mitos bisa menyembuhkan beragam penyakit.

Karenanya apabila kalian berkesempatan untuk berkunjung ke Jawa Tangah, apalagi ke kota Tegal, maka jangan sampai melewatkan kesempatan untuk berlibur ke tempat wisata Guci Tegal.

Nah apa saja daya tarik yang dimiliki oleh tempat wisata ini? bagimana sejarah Guci Tegal? Harga tiket masuknya berapa? Hingga adakah oleh-oleh khas Tegal yang bisa kalian bawa pulang nanti setelah liburan di sana? Semuanya akan diulas pada artikel kali ini. Karena itu, yuk, baca terus lanjutannya.

guci-tegal-jawa-tengah
via instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Wisata Guci Tegal

Mungkin agak lucu saat pertama kali mendengar nama tempat wisata ini. Iya, Guci Tegal, memang inilah nama yang diberikan masyarakat pada salah satu tempat wisata di Jawa Tengah ini.

Penamaan ini tak lain karena wahana utama tempat wisata ini yang berupa pemandian air panas berbentuk pancuran, dimana moncong pancuran yang menjadi jalan keluar air panas terlihat mirip dengan moncong-nya guci. Kalian pasti pernah melihat guci kan? Kalau belum, anggap saja seperti ceret tempat menampung air minum.

Selain itu, penamaan Guci Tegal untuk tempat wisata ini juga berkaitan dengan sejarah masa baheulak yang dipercaya masyakarat sekitar sebagai cikal bakal atau asal usul keberadaan sumber air panas di tempat wisata ini.

Daya tarik yang dimiliki objek wisata Guci Tegal yang pertama adalah tempat wisata ini berada di dataran tinggi. Jaraknya dari permukaan laut mencapai 1.050 meter. Sehingga kalau kalian berada di tempat ini, hawa sejuk dan suasana khas pegunungan pasti akan sangat kalian rasakan.

Lokasi Guci Tegal juga memang berada di kawasan pegunungan yang tercatat sebagai gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa, ia berada tepat di kaki gunung Slamet Jawa Tengah. FYI, gunung Slamet memiliki tinggi menjulang sekitar 3.428 mdpl, urutan kedua gunung paling tinggi di pulau Jawa setelah gunung Semeru.

guci-tegal-hotel
via instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Berdasarkan hal tersebut, maka bukanlah sesuatu yang mengherankan kalau kawasan wisata Guci Tegal memiliki hawa sejuk yang sangat menenangkan, cocok sebagai tempat mengusir segala keluh kesah setelah memikul beban hidup sehari-hari.

Kemudian daya tarik berikutnya dari tempat wisata Guci Tegal ini adalah pemandian air panasnya yang penuh misteri dan mitos.

Perlu diketahui, pemandian air panas yang ada di tempat wisata ini terdiri dari dua pemandian utama, yaitu pemandian pancuran 13, dan pemandian pancuran 7. Sebenarnya masih ada satu lagi pemandian yang memiliki pancuran sebanyak 5 buah. Namun yang biasanya dipadati pengunjung adalah kedua pemandian utama tadi.

Baca juga tempat wisata kren lainnya di Jawah Tengah seperti Watu Gunung

Kedua pemandian utama tersebut banyak diburu oleh wisatawan karena mitos yang menyelimuti keduanya. Konon, kedua tempat pemandian ini dapat mengobati beragam penyakit misalnya penyakit kulit dan rematik.

Bahkan untuk pemandian yang memiliki 13 pancuran, diyakini bisa memberi kesehatan bagi siapapun yang mandi atau berendam di bawah pancurannya.

camping-ground-guci-tegal
via instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Mitos-mitos seperti ini memang belum bisa diklarifikasi kebenarannya menurut ilmu pengetahuan. Namun tetap saja mitos ini terus berkembang dan menular turun temurun di tengah masyarakat yang konon lagi memang sering membuktikan bahwa mitos ini benar adanya.

Ya mungkin kesembuhan penyakit yang didapatkan setelah mandi di pancuran air panas ini terjadi karena keyakinan yang sangat mendalam dari si penderita penyakit. Sehingga tanpa disadari keyakinan itu telah mensugesti dirinya untuk sembuh.

Semua kembali ke diri masing-masing untuk mempercayai mitos ini atau tidak. Hanya yang kuasa lah yang memiliki pengetahuan mutlak akan hal tersebut.

Sejarah Tempat Wisata Guci Tegal

Melanjutkan asal muasal penamaan tempat wisata ini dengan nama Guci Tegal, ternyata memiliki keterkaitan erat dengan sejarah yang diyakini masyarakat sebagai latar belakang munculnya sumber air panas di tempat ini.

Dikisahkan, sebelum ajaran Islam tersebar di wilayah Tegal, diutuslah seorang wali atau ulama yang bertugas untuk mendakwahkan Islam pada masyarakat Tegal.

guci-tegal-penginapan
via instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Yang unik, kemanapun dan kapanpun sang wali menyampaikan dakwah, ia selalu membawa guci berisi air yang selalu diberikan kepada masyarakat yang ia dakwahi.

Karena yakin akan khasiat air pemberian sang wali, maka permintaan air dari masyarakat pun semakin banyak hingga akhirnya tak mampu dipenuhi secara langsung oleh sang wali.

Dalam kondisi seperti itu, sang wali kemudian menancapkan tongkat yang selalu ia bawa setiap berdakwah ke dalam tanah, lalu dengan izin yang maha kuasa, dari lubang tanah yang tadi ditancapi tongkat sang wali muncullah mata air panas yang kemudian secara beramai-ramai diambil oleh masyarakat.

Hingga kini, mata air tersebut terus mengalirkan air panas yang diyakini masyarakat penuh dengan khasiat dan kebaikan. Mata air inilah sekarang yang dialirkan dari pancuran-pancuran yang ada di tempat wisata Guci Tegal.

Dan dari sekilas sejarah di atas, terungkaplah nama Guci Tegal yang menjadi nama tempat wisata ini diambil dari nama tempat penampungan air yang selalu di bawa sang wali.

sejarah-guci-tegal
via instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Lokasi Guci Tegal

Lokasi wisata Guci Tegal beralamat lengkap di Jln. Objek Wisata Guci, Desa Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah.

Jaraknya dari pusat kota Tegal adalah sekitar 43 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam berkendara.

Sementara mengenai rute ke Guci Tegal, kalian bisa melewati rute utama dengan memulai perjalanan dari pusat kota Tegal ke arah Purwokerto. Dari Purwokerto, lanjutkan perjalanan kalian menuju arah Slawi dan cari atau berhentilah setelah sampai di kecamatan Lebaksiu.

Nah di kecamatan Lebaksiu, tepatnya di pertigaan Yomani, kalian akan mendapati penunjuk jalan yang akan mengarahkan kalian ke Guci. Jarak dari pertigaan ini ke desa Guci adalah sekitar 25 kilometer.

Untuk mendapatkan rute tercepat dan termudah ke tempat wisata Guci secara lebih praktis, kami menyarankan kepada kalian untuk menggunakan bantuan aplikasi Google Maps. Di aplikasi tersebut nantinya akan terlihat di mana lokasi tempat wisata Guci Tegal ini dalam landscap peta lokasi yang lebih jelas.

penginapan-di-guci-tegal
via instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Harga Tiket Masuk Guci Tegal

Harga tiket masuk Guci Tegal yang harus kalian beli agar bisa memasukinya tidaklah mahal, malah sangat murah yakni hanya Rp. 5000 per orang dewasa, dan Rp. 4.500 per anak-anak di hari biasa. Sedangkan di hari libur, tiket dewasa dijual dengan harga Rp. 7000 per orang, dan tiket anak-anak dijual seharga Rp. 6.500 per anak.

Fasilitas Wisata Guci Tegal

Dengan semakin banyaknya wistawan yang terus mendatangi tempat wisata ini, segala fasilitas dan wahana yang dapat memudahkan dan memuaskan pengunjung pun terus diperbaiki dan dibangun oleh pihak pengelola Guci Tegal.

Beberap fasilitas yang saat ini tersedia di tempat wisata Guci Tegal antara lain kolam renang, wisma singgah dengan fasilitas lengkap, area outbound, lapangan tenis, lapangan sepakbola, kereta gantung dengan tarif Rp. 20.000 per orang, dan juga area camping ground.

Lalu bagi pengunjung yang ingin mengelilingi kawasan wisata ini namun malas jalan kaki, tersedia juga tempat menyewa kuda yang siap digunakan sebagai sarana berkeliling kawasan wisata dengan harga sewa yang tdak terlalu mahal.

Kemudian untuk mengisi perut dikala lapar, di beberapa titik di sekitar lokasi wisata juga sudah berdiri lapak atau restoran yang menjual berbagai macam makanan dan minuman baik ringan maupun berat.

tiket-masuk-wisata-guci-tegal
via instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Penginapan di Dekat Wisata Guci Tegal

Adakah penginapan di sektiar wisata Guci Tegal? Pertanyaan ini pastinya menjadi sesuatu yang mengganggu bagi wisatawan yang berniat untuk menginap di tempat wisata Guci Tegal.

Dan kabar baiknya, di sekitar lokasi wisata ini juga sudah tersedia penginapan yang bisa disewa sebagai tempat menginap dengan tarif yang terhitung murah.

Penginapan di tempat ini berupa homestay dan hotel mulai dari hotel kelas bawah hingga hotel kelas istimewa. Kalian tinggal pilih saja sesuai selera dan ketersediaan dana.

Oleh-oleh Khas Tegal di Tempat Wisata Guci

Meski tidak wajib, membawa oleh-oleh atau buah tangan untuk keluarga di rumah setelah liburan kadang menjadi keharusan bagi sebagian orang.

Nah setelah berwisata ke Guci Tegal, kalian pun bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga baik berupa makanan khas ataupun souvenir.

Beberapa makanan khas Tegal yang bisa dijadikan buah tangan antar lain buah Ceremai, manisan Pepaya, Sayuran, hingga Buah-buahan.

Sedangkan untuk souvenir atau cindera mata, bentuknya tentu beragam, kalian tinggal mencarinya di toko-toko penjual souvenir yang juga ada di kawasan Wista Guci.

oleh-oleh-khas-guci-tegal
via instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Temukan tempat menarik lain di tempat wisata di boyolali yang merupakan salah satu kota di Jawa Tengah.

Demikian ulasan singkat mengenai tempat wisata Guci Tegal Jawa Tengah. Dengan daya tarik panorama kawasannya yang memukau dan lengkapnya fasilitas yang ada di sana, maka jangan ragu untuk menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata yang harus kalian kunjungi jika berlibur ke Jawa Tengah.

Tempat Wisata di Magelang

Wahyoeni
7 min read

Wisata Malam di Semarang

Wahyoeni
5 min read

Tempat Wisata Bandungan

Wahyoeni
3 min read