Gunung Putri Lembang

Dataran tinggi Bandung memang tak pernah kekurangan pesona untuk menggaet para wisatawan agar datang mengunjunginya.

Objek-objek wisata yang ada di sana selalu menghadirkan rasa penasaran dan dahaga akan nikmatnya menghabiskan waktu weekend ataupun libur panjang di tempat yang sejuk dan indah setelah bekerja berhari-hari di kantor.

Aktor utamanya kali ini adalah Gunung Putri Lembang yang juga sering disebut Geger Bintang Matahari. Gunung ini mulai ramai diperbincangkan khalayak karena keindahan dan keeksotisan kawasannya yang seakan membius siapapun yang pernah mendaki dan sampai di puncaknya.

Ya, salah satu destinasi wisata alam di Lembang atau secara umum di Bandung ini memang sedang hangat dan menjadi buah bibir. Apalagi setelah foto-foto kawasannya yang tampak begitu indah terus-terusan di-boost di media sosial, membuat tempat ini semakin terkenal dan viral.

fasilitas-gunung-putri-lembang
via instagram/destinasibandung

Gunung Putri Lembang dikatakan sangat pas untuk dijadikan tempat pengasingan diri, menjauh dari kehidupan kota yang bising dan penuh polusi. Karenanya jika kalian sedang berada di Lembang, Bandung, maka jangan sampai kehilangan momen untuk menikmati indahnya berlibur di Gunung Putri.

Di puncaknya kalian bisa camping, menikmati sunset dan sunrise, offroad, hingga hunting foto untuk koleksi gambar Instagram kalian.

Gunung Putri Lembang

Gunung Putri atau Geger Bintang Matahari adalah salah satu gunung yang ada di dataran tinggi Bandung Barat. Lokasinya tidak jauh dari gunung sakral Tangkuban Parahu yang penuh dengan cerita masa lampau itu.

Gunung ini awalnya tidak begitu dikenal dan jarang dikunjungi, tapi setelah demam media sosial merebak dan foto-foto kawasannya mulai di-share, wisatawan pun mulai banyak yang mengetahuinya dan berdatangan ke Gunung Putri.

Gunung Putri memiliki ketinggian sekitar 1.587 mdpl, untuk sampai di puncaknya, dibutuhkan pendakian dengan waktu sekitar 30 menit.

rute-gunung-putri-lembang
via instagram/alfakei7

Jalur trek yang menghubungkan kawasan puncaknya dari bawah memang terbilang cukup mudah. Karena itulah gunung ini juga menjadi tempat favorit para pendaki pemula.

Biasanya sebelum mendaki gunung yang lebih tinggi dan memiliki medan trek yang sulit, para pendaki pemula akan melatih teknik dan fisiknya di Gunung Putri terlebih dahulu.

Lalu untuk aktivitas wisata, gunung ini tentunya sangat rekomended. Suasana yang ditawarkan di puncaknya sangatlah mempesona. Selain dapat menikmati sejuknya udara dataran tinggi Lembang, dari puncak gunung ini kalian juga bisa menyaksikan indahnya hamparan kota Bandung dengan segala kesibukan penduduknya.

Di malam hari suasana akan semakin tampak romantis, gemerlap lampu yang berasal dari bangunan-bangunan di bawahnya, sangat eksotis untuk disaksikan sambil menikmati secangkir kopi atapun teh hangat.

Belum lagi spot-spot lain yang ada di kawasan gunung ini yang siap untuk dijelajahi, intinya, Gunung Putri Lembang akan memberikan kalian pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Sejarah Gunung Putri Lembang

Seiring terkenalnya gunung ini sebagai salah satu tempat wisata favorit di Bandung, kisah masalalu yang mengiringi keberadaannya pun mencuat ke permukaan. Konon, gunung ini memiliki keterkaitan erat dengan gunung Tangkuban Parahu yang kita tahu sebagai peninggalan kisah Sangkuriang.

sunrise-gunung-putri-lembang
via instagram/indakurnia13

Kisah bermula ketika Sangkuriang menaruh perasaan cinta kepada ibu kandungnya sendiri, Dewi Sumbi. Saking terpesonanya dengan kecantikan paras sang ibu, Sangkuriang nekat ingin memperistri ibunya sendiri.

Dewi Sumbi yang tidak ingin anaknya terus tenggelam dalam perasaan cintanya, akhirnya memutuskan untuk meninggalkan kampungnya dan memilih Gunung Putri sebagai tempat bersembunyi.

Sangkuriang yang tak dapat menahan hasrat cinta kepada Dewi Sumbi pun segera melakukan pencarian ke atas Gunung Putri. Singkat cerita, karena kecewa pencarian yang dilakukan tak kunjung menemui hasil, Sangkuriang pun dengan amarah berapi-api menendang perahu buatannya sendiri hingga sampai di posisi Gunung Tangkuban Parahu.

Konon dan entah benar atau tidak, gunung Tangkuban Parahu yang sekarang kita lihat berdiri dengan gagahnya itu adalah perahu Sangkuriang.

Baca juga : Gunung Pancar Sentul Bogor

Lokasi Gunung Putri Lembang

Gunung putri berada di daerah perbukitan Lembang, Bandung Barat. Alamat lengkap Gunung Putri ini yaitu di Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Bandung, hanya dibutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit berkendara sejauh 20,8 kilometer.

Rute Gunung Putri Lembang yang paling mudah adalah melalui jalan raya lembang kemudian mengarah ke kawasan wisata gunung Tangkuban Parahu.

biaya-camping-gunung-putri-lembang
via instagram/bandunginframe

Kalian hanya perlu mencari lokasi Hotel Grand Paradise, selanjutnya menuju Villa Osmond sebagai patokan awal menuju kawasan wisata Gunung Putri.

Dari lokasi Villa Osmon, silahkan ikuti terus jalan yang ada sampai kalian menemukan warung sekaligus areal parkir. Di sinilah kalian memarkir kendaraan apabila kalian datang membawa kendaraan sendiri, untuk mencapai Gunung Putri, kalian masih harus berjalan kaki sekitar 30-an menit.

Lanjutkan perjalanan kalian dari area parkir hingga nantinya menemukan sebuah pertigaan. Dari area parkir akan kalian jumpai 2 pertigaan, untuk ke Gunung Putri, kalian harus melewati pertigaan kedua ini.

Di pertigaan kedua ambil arah kanan yang merupakan jalur masuk ke hutan pinus. Lanjutkan saja perjalanan menyusuri hutan pinus tersebut sampai kalian menemukan kawasan berumput. Dari sini, belok kiri ke jalan sepak yang merupakan jalan masuk ke area Gunung Putri.

Jika dirasa rute di atas membingungkan, jangan khawatir karena pada prakteknya nanti kalian bisa bertanya langsung kepada masyarakat sekitar mengenai rute yang pas untuk menuju kawasan gunung putri lembang.

Baca juga : Grafika Cikole Lembang

tiket-camping-gunung-putri-lembang
via instagram/kemengsquad08

Harga Tiket Masuk Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang adalah kawasan wisata murah meriah, untuk memasukinya kalian hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 5000 saja, plus biaya parkir beberapa ribu rupiah.

Gunung ini dikelola oleh perum perhutani RPH lembang dan bekerjasama dengan para pemuda sekitar kawasan wisata. Di areal parkir pun yang bertugas menjaga keamanan kendaraan kalian adalah para pemuda desa yang tergabung dalam organisasi karang taruna.

Para pemuda ini juga menjadi pelindung dan penjaga kemanan kalian nanti ketika sampai di atas puncak Gunung Putri.

Baca juga : Kebun Begonia Lembang Bandung Barat

Fasilitas Gunung Putri Lembang

Sayangnya di kawasan Gunung Putri Lembang belum ada fasilitas umum yang dibangun. Jadi untuk memenuhi segala kebutuhan kalian seperti makanan dan minuman atau peralatan memasak dan lain-lainnya, harus kalian bawa sendiri dari rumah.

Namun tidak menutup kemungkinan di masa mendatang fasilitas di Gunung Putri ini akan mulai tersedia. Karena dengan semakin banyaknya wisatawan yang datang, tentu merupakan sebuah kesalahan besar apabila pengelola tidak segera membangun fasilitas.

harga-tiket-gunung-putri-lembang
via instagram/andregiovana_116

Objek Menarik dan Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Gunung Putri

Seperti tempat-tempat wisata lainnya, tentunya di Gunung Putri kalian juga bisa melakukan banyak hal. Selain camping yang menjadi aktivitas umum yang dilakukan para pengunjung, di gunung ini.

Tersedia trek untuk kalian yang menyukai olahraga kebut-kebutan sepeda motor atau yang biasa diistilahkan offroad. Kadang kalian juga akan melihat klub-klub motor dan mobil melakukan gathering offroad di gunung ini.

Untuk camping kalian tidak perlu mengeluarkan biaya ataupun membeli tiket. Yang perlu kalian persiapkan hanyalah bekal serta peralatan camping karena di sini masih belum ada tempat penyewaan alat-alat camping.

Lalu di Gunung Putri kalian juga bisa menutup hari dengan melihat pemandangan sunset yang indah, kemudian di pagi hari, penomena sunrise juga bisa kalian nikmati dengan sangat jelas dari gunung ini.

Ada juga sebuah benteng yang dipercaya merupakan peninggalan Belanda tatkala menjajah Indonesia dulu. Benteng ini dinamakan benteng Jayagiri dan dikenal juga dengan Benteng Gunung Putri. Kalian bisa menjelajah ke lokasi benteng ini untuk sekedar melihat-lihat sisa bangunan benteng, ataupun menjadikannya sebagai background foto diri.

Terakhir spot yang juga tak kalah menariknya dan menjadi favorit pengunjung adalah kawasan hutan pinus yang lokasinya berada sebelum kawasan puncak Gunung Putri. Di hutan ini kalian bisa bersantai menikmati suasana alam pegunungan di tengah pohon-pohon pinus, dan juga bisa berfoto di hutan ini.

Oh ya, selain bermalam di tenda-tenda camping Gunung Putri Lembang, bagi kalian yang punya budget lebih dan ingin hunian yang lebih bagus, maka kalian bisa menginap di beberap villa yang tersedia. Harga sewa villa per malamnya cukup terjangkau dengan fasilitas yang tak kalah dari hotel.

camping-gunung-putri-lembang
via instagram/biila

Baca juga tempat wisata menarik lainnya di Jawa Barat seperi Taman Bunga Nusantara

Kehidupan kota yang bising dan panas serta kesibukan kantor yang padat memang terkadang membuat kita jenuh dan butuh tempat beristirahat yang nyaman. Jika itu yang sedang kalian alami, maka Gunung Putri Lembang bisa menjadi pilihan kalian. Selain murah, suasana di gunung ini juga tentu tidak kalah dengan tempat-tempat liburan lainnya.

Loading...

Tempat Wisata di Subang

Wahyoeni
8 min read

Planet Waterboom Subang

Wahyoeni
4 min read

Ranca Upas

Hansar
6 min read

Kawah Putih

Hansar
4 min read

Tempat Wisata di Karawang

Wahyoeni
3 min read

Orchid Forest

Hansar
4 min read