Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium, Jakarta

Tanjung Duren Selatan, Kota Jakarta Barat, Jakarta

5 Ulasan

Jakarta Aquarium adalah salah satu obyek wisata modern di Jakarta yang mengusung konsep Edutainment.

Konsep ini merupakan gabungan dua unsur yaitu unsur hiburan dan edukasi. Sehingga selain mendapatkan hiburan dari aktifitas wisata, Anda juga akan mendapatkan nilai edukasi yang akan menambah wawasan Anda.

Nah untuk mengetahui lebih dalam mengenai obyek wisata ini, silahkan simak ulasan kami kami mengenai obyek wisata Jakarta Aquarium Indonesia agar Anda mendapatkan gambaran yang jelas sebelum berkunjung ke sana.

jakarta-aquarium-indonesia

Jakarta Aquarium

Saat ini berwisata tidak hanya lekat dengan aktifitas mencari hiburan semata. Lebih dari itu, berwisata juga dijadikan sebagai sarana mencari ilmu pengetahuan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata berkonsep Edutainment seperti Jakarta Aquarium ini.

Jadi jika Anda ingin mendapatkan dua manfaat wisata ini sekaligus, maka jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke Jakarta Aquarium.

jakarta-aquarium-review

Jakarta Aquarium dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 7000 meter persegi. Di dalamnya terdapat berbagai macam wahana dan atraksi dari satwa laut dan darat yang bisa Anda nikmati.

Selain itu, karena letaknya yang di dalam shoping center, maka selain melihat aksi dan tingkah lucu satwa laut dan darat, Anda juga bisa berbelanja.

Jakarta Aquarium memiliki 12 zona atraksi yang di dalamnya terdapat sekitar 2000 satwa dari 600 jenis sawa yang hanya ada di Indonesia atau lebih dikenal dengan istilah satwa endemik.

jakarta-aquarium-ada-di-mana

Setiap zona ditempati oleh jenis satwa berbeda sehingga akan memberikan suasana berbeda-beda dan tentunya edukasi yang berbeda pula.

Satwa laut dan darat yang bisa Anda lihat dan bermain-main dengannya di tempat ini antara lain pinguin, berang-berang, kura-kura dan kuda laut.

Sementara atraksi favorit dan hiburan yang bisa Anda nikmati di tempat ini diantaranya feeding time (memberi makan satwa) dan pertunjukan pearl of the south sea yang menampilkan film berlatar kehidupan satwa.

Wahana dan Aktifitas di Jakarta Aquarium

Tentunya ada berbagai macam wahana yang bisa Anda nikmati dan juga berbagai macam hal yang bisa Anda lakukan saat berlibur ke Jakarta Aquarium.

Wahana dan aktifitas tersebut antara lain :

1. Otter Tunnel

wahana-otter-tunnel-jakarta-aquarium

Wahana ini berada di Zona Eksibit Berang-berang. Bentuknya berupa terowongan kaca yang di dalamnya berisi Berang-berang lucu yang bisa dinikmati sepuasnya oleh para pengunjung.

Selain melihatnya dari terowongan kaca, pengujung juga bisa berinteraksi dengan berang-berang tersebut dan berfoto ria bersama mereka.

Wahana ini biasanya diserbu oleh para pengujung anak-anak karena tertarik dengan kelucuan berang-berang.

Jadi kalau Anda datang bersama anak-anak, jangan lupa ajak mereka ke wahana Otter Tunnel ini.

2. Hermit Crab Wooden Log

wahana-hermit-crab-wooden-log-jakarta-aquarium

Wahana ini berada di zona Nurseries Of The Sea. Isinya adalah seekor Kelomang atau dalam bahasa latin disebut dengan nama Hermit Crab Long, biota laut yang suka hidup di kayu, pasir dan tempat-tempat hangat lainnya.

Uniknya, untuk menghindarkan diri dari serangan makhluk lain, hewan ini akan bersembunyi di balik cangkanya, mirip seperti kura-kura.

Pengujung bisa mengamati perilaku Kelomang yang ada di wahana ini menggunakan kaca pembesar sehingga detail tubuh hewan ini akan terlihat dengan jelas.

3. Kolam Sentuh

kolam-sentuh-jakarta-aquarium

Wahana selanjutnya yang bisa Anda nikmati di Jakarta Aquarium adalah wahana kolam sentuh yang berada di zona Touch And Find Zone.

Di sini ada sebuah kolam cukup besar yang berisi aneka macam biota laut seperti siput, bintang laut, tiram hingga teripang.

Yang menyenangkan di wahana ini, pengunjung yang datang diizinkan untuk berinteraksi langsung dengan biota laut tersebut dengan arahan atau panduan dari petugas.

4. Aqua Trekking

jakarta-aquarium-aqua-trekking

Wahana yang cukup menarik dan akan memberikan sensasi keseruan karena pengujung akan diajak langsung untuk berenang ke dalam aquarium raksasa bersama ikan hiu, ikan pari dan berbagai jenis ikan lainnya.

Meskipun tak bisa berenang atau tidak punya lisensi renang, pengujung tetap bisa mencoba wahana ini karena dipandu oleh petugas yang akan menjaga kemanan setiap pengunjung.

Untuk memberi kenyamanan dan keamanan saat berenang, pengunjung akan dipakaikan sebuah helm oksigen sehingga mereka tidak perlu naik ke permukaan untuk bernafas.

Wahana yang cukup atraktif ini berada di Zona Main Tank.

Baca juga : Ocean Dream Samudra

5. Menyelam Bersama Hiu

jakarta-aquarium-kolam-hiu

Selain Aqua Trekking, wahana yang juga akan menghadirkan sensasi keseruan yang luar biasa adalah wahana Kolam Hiu ini.

Di sini, Anda akan diajak untuk berenang bersama hiu-hiu karang yang cantik dan lucu.

Namun berbeda dengan Aqua Trekking, untuk bisa ikut berenang di wahana ini Anda harus memiliki lisensi renang.

6. Wahana Create Your Own Fish

jakarta-aquarium-create-your-own-fish

Wahana ini pastinya akan sangat disenangi oleh anak-anak. Di sini mereka bisa menggambar berbagai bentuk ikan dan biota laut lainnya yang mereka sukai.

Setelah digambar, petugas kemudian akan men-scan hasil kreatifitas pengujung kemudian ditampilkan di sebuah layar yang bisa disaksikan oleh semua pengujung.

Wahana yang cukup menarik dan akan menambah kreatifitas anak-anak ini berada di dalam Zona Kid’s Classroom.

Baca juga: Melihat ribuan satwa darat di Kebun Binatang Ragunan Jakarta

7. Atraksi Feeding Time

jakarta-aquarium-atraksi-feeding-time

Atraksi ini menampilkan para petugas yang akan memberi makan kepada ikan-ikan di dalam sebuah aquarium raksasa.

Selain petugas, pengunjung yang ingin merasakan sensasi memberi makan ikan juga bisa mencobanya setelah mendapatkan persetujuan petugas.

Di atraksi Feeding Time ini, para pengujung akan memberi makan ikan-ikan dan biota laut seperti berang-berang, ikan piranha, pinguin, ikan pemanah, belut moray hingga ikan hiu.

Agar Anda tidak terlewat atraksi ini, harap datang lebih pagi atau kantongi dulu jadwal Feeding Time Jakarta Aquarium agar Anda bisa menyesuaikan kedatangan Anda ke tempat ini.

8. Pertunjukan Pearl Of The South Sea

jakarta-aquarium-atraksi-pearl-of-the-south-sea

Di Jakarta Aquarium pengujung juga bisa menyaksikan sebuah pertunjukan bertajuk Pearl Of The South Sea.

Pertunjukan ini akan menampilkan lakon dari sebuah cerita rakyat yang konon pernah terjadi di sebuah kerajaan di selat Pulau Jawa zaman dahulu.

Baca juga : Seaworld Ancol

Selain menghibur, pertujukan ini juga memiliki nilai atau pesan edukasi agar para pengujung selalu menjaga dan melestarikan alam.

Pertunjukan yang berlatar aquarium super besar dengan background kehidupan bawah laut ini, dilengkapi juga dengan efek musik, pencahayaan yang eksotis dan efek asap untuk menyemarakkan suasana.

9. Restoran Pingoo

Selain wahana satwa, di Jakarta Aquarium kita juga bisa menikmati kuliner lezat di sebuah restoran unik bernama Restoran Pingoo.

Keunikan restoran ini yaitu kita bisa menyantap menu-menu kuliner khas Nusantara dan Amerika ditemani hiburan dari satwa Antartika yakni Pinguin.

Lokasi Aquarium Jakarta

AlamatAlamat Jakarta Aquarium berada di Jalan Letjen S. Parman Kav.28, Jakarta Pusat 11470. Telp: (021) 1-500-212. Email: info@jakarta-aquarium.com. Instagram: @jakartaaquarium.
Peta LokasiKlik Disini

Lokasi tepatnya yaitu di dalam kawasan Mall Neo Soho yang merupakan sebuah pusat perbelanjaan terkenal di mall Jakarta Barat.

Bagi Anda yang datang dari pusat Kota Jakarta, untuk sampai di tempat ini Anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 6,1 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 26 menit berkendara melewati jalan Tomang Raya.

Rute Menuju Jakarta Aquarium

alamat-jakarta-aquarium

Lokasi obyek wisata ini sangat mudah untuk dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum.

Untuk Anda yang datang dengan angkutan umum, silahkan arahkan tujuan awal ke Stasiun Grogol. Nah dari stasiun ini, lanjutkan perjalanan Anda dengan menaiki bus Transjakarta koridor 9 yang mengarah ke Centrall Park Mall.

Sesampainya di Centrall Park Mall, lokasi Mall Neo SOHO yang merupakan tempat Jakarta Aquarium ini berada bisa Anda akses hanya dengan berjalan kaki lebih kurang selama 7 menit saja.

Untuk rute dari arah lain atau luar kota silahkan ikuti panduan rute menuju Jakarta Aquarium yang bisa Anda temukan pada aplikasi Google Maps.

Jam Buka Jakarta Aquarium

Anda bisa berkunjung ke tempat ini setiap hari baik di hari kerja ataupun hari libur. Jam buka Jakarta Aquarium ini dimulai dari pukul 10.00 – 20.00 WIB.

HariJam Operasional
Setiap Hari10.00 – 20.00 WIB

Bagi Anda yang tertarik dan ingin mencoba atraksi feeding time, maka sebelum berangkat sebaiknya Anda melihat jadwal pasti atraksi tersebut agar tidak terlewat atau terlambat sampai lokasi.

Harga Tiket Masuk Jakarta Aquarium

harga-tiket-masuk-jakarta-aquarium

Tiket Jakarta Aquarium tersedia dalam dua jenis yaitu tiket masuk Jakarta Aquarium reguler kids dan tiket masuk reguler dewasa. Selain itu, ada juga tiket masuk premium untuk menikmati wahana Aquarium Admission dan Teater 5D yang dijual terpisah dengan tiket masuk lokasi.

Harga tiket masuk dan tiket wahana bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini :

Jenis TiketHarga
Tiket Masuk Regular AnakRp125.000 (Senin – Jum’at) – Rp150.000 (Sabtu – Minggu & Hari Libur Nasional)
Tiket Masuk Regular DewasaRp150.000 (Senin – Jum’at) – Rp200.000 (Sabtu – Minggu & Hari Libur Nasional)
Wahana Aquarium AdmissionRp50.000
Wahana Teater 5DRp50.000

Selain info harga tiket di atas, Jakarta Aquarium juga sering mengadakan promo dengan memberikan berbagai diskon kepada pengujungnya.

Informasi mengenai promo Jakarta Aquarium ini bisa langsung Anda akses di situs resmi mereka yaitu di jakarta-aquarium.com.

Fasilitas Jakarta Aquarium

Fasilitas umum yang tersedia di dalam obyek wisata Jakarta Aquarium tentunya tidak perlu diragukan lagi. Di sini Anda akan mendapatkan dan bisa menggunakan fasilitas-fasilitas yang tersedia secara gratis.

Fasilitas – fasilitas umum yang ada di tempat ini antara lain :

  • Areal Parkir
  • Toilet
  • Kamar Mandi
  • Ruang Khusus Menyusui
  • Ruang Ganti Bayi
  • Loker Barang
  • Wifi Area
  • Mushola / Tempat Ibadah
  • dan Tempat Makan

jakarta-aquarium-promo

Baca juga : Daftar Tempat Wisata di Jakarta

Obyek Wisata Dekat Jakarta Aquarium

Selain mengunjungi Aquarium Jakarta, tidak ada salahnya apabila Anda juga berkunjung ke beberapa tempat wisata yang lokasinya tidak jauh dari tempat wisata ini.

Jika ingin yang mirip, Anda bisa mengunjungi Seaworld Ancol yang berada di Jakarta Utara dengan jarak tempuh sekitar 15 kilometer dari Jakarta Aquarium.

Lalu ada juga tempat-tempat wisata lain seperti Mall Taman Anggrek, Musuem Macan, Monumen Nasional (Monas), dan Taman Komodo.

Untuk keempat obyek wisata di atas, Anda bisa mencapai hanya dengan menempuh perjalanan kurang dari 10 kilometer dari Aquarium Jakarta Indonesia.

Video Jakarta Aquarium

Meski tujuan inti berwisata itu adalah untuk mendapatkan hiburan, namun akan lebih baik jika darinya kita juga mendapatkan manfaat berupa ilmu pengetahun. Nah jika Anda menyukai tempat liburan yang seperti ini, maka jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke Jakarta Aquarium Indonesia ini.

Oh ya, salah satu tempat wisata di Jakarta yang juga memiliki nilai edukasi selain memberikan hiburan adalah Taman Ismail Marzuki. Anda bisa mendatangi tempat ini setelah ataupun sebelum berkunjung ke Jakarta Aquarium.

5 Ulasan untuk Jakarta Aquarium, Jakarta

  1. Isinya bagus, buat anak mendidik, cuma kekurangannya biaya utk ambil hasil dari foto yg di jepret oleh mereka didlm sangat mahal..not worth it, paket mulai +/-400rban, alhasil dari hasil pengamatan selama disana, gak ada yg membeli foto2 mereka, useless, udah cetak byk2, diliat pun nggak, apalagi dibeli…mending pake hp atau kamera sendiri.

  2. Lumayan buat pemula yg baru hadir seperti saya, saya kira besar dan punya lokasi sendiri ternyata dia gabung sama mall Neo Soho di lantai LM, maklum baru tau saya hehehe, tapi bagus buat nambah pengetahuan, soalnya ada informasi digital disetiap spotnya & ada pertunjukan putri duyungnya setiap jam 13.00, 15.00 & 17.00 wib, kecuali jum’at hanya 15.00wib…👍🏽

  3. Harga tiket masuk Jakarta Aquarium cukup ramah di kantong. Destinasi wisata ini akan membawa Anda mengenal dunia bawah air dengan cara yang berbeda. Jakarta Aquarium merupakan destinasi wisata akuarium terbesar indoor di Indonesia. Tempat wisata ini memiliki lebih dari 3.500 spesies hewan air. Anda juga bisa melihat dari dekat hewan-hewan eksotis, seperti humboldt penguin dan sea dragon. Jakarta Aquarium akan membuat Anda merasa lebih dekat serta bisa berinteraksi dengan hewan-hewan air tersebut. Tempat wisata ini terletak di Neo Soho Lantai LG 101- LGM 101 di Jalan Letjen S.Parman, Grogol, Jakarta Barat. Tiket dewasan Reguler Senin-Jumat Rp 150.000 Premium Senin-Jumat Rp 200.000 Reguler Sabtu-Minggu Rp 175.000 Premium Sabtu-Minggu Rp 225.000 Tiket anak Reguler Senin-Jumat Rp 115.000 Premium Senin-Jumat Rp 150.000 Reguler Sabtu-Minggu Rp 150.000 Premium Sabtu-Minggu Rp 175.000 Aqua Trekking Rp 550.000nnsc kontan.co.id

  4. Awalnya kirain ikan semua. Ternyata isinya bukan cuma ikan, ada juga hewan-hewan lainnya ada serangga, ular, sampai hewan mamalia. Bagus kok sayangnya untuk tebus foto agak mahal tapi bisa foto-foto sendiri pake kamera sendiri kok asal ga nyalain flashnya ya. Terus kalo beli karcis reguler untuk masuk ke wahana-wahana lain bayar lagi. Didalamnya ada restonya.

  5. “Big Beautiful Indoor Aquarium Inside Mall” Definisi yang tepat untuk menggambarkan keelokan aquarium ini. Indoor aquarium dengan penataan yang bagus, bersih, pelayanan staff prima (mereka akan membantu kamu untuk menjelaskan tentang biota laut serta berinisiatif untuk membantumu mendapatkan foto terbaik). Karena lokasinya berada di dalam Neo Soho Mall tentu menjadi nilai lebih tersendiri. Pengunjung bisa menikmati atraksi / show yang disediakan di jam tertentu (3 kali penayangan dalam 1 hari), serta jika kelaparan dapat mengunjungi Pingoo Restaurant di dalamnya. Dan jika itu tidak cukup, kamu bisa mencicipi berbagai jenis makanan yang ada di mall. Best photo spot aku rasa ada di tengah aquarium, di ruang bawah setelah menuruni tangga. Adanya tabung besar berbentuk tube berisi berbagai macam ikan ikan kecil dan cantik dengan penataan cahaya yang indah.

Leave a Reply