Jatim Park 2 Batu Malang

Membahas kota Batu yang berada di Malang Jawa Timur sebagai tujuan lokasi wisata memang tidak akan ada habisnya. Apalagi jika membahas mengenai tempat-tempat wisata yang dikelola oleh Jatim Park group yang telah terbukti sukses dalam membangun dan mengembangkan lokasi wisata binaan mereka hingga menjadi icon wisata di kota batu dan Jawa Timur.

Beberapa lokasi wisata bagus yang merupakan binaan Jatim Park group tersebut diantaranya ialah Jatim Park 1, BSN, museum angkut, predator Park, museum tubuh dan Jatim Park 2 yang terdiri dari 3 objek wisata yakni museum satwa, eco green Park dan batu secret zoo.

Dari beberapa objek wisata binaan Jatim Park group diatas, beberapa diantaranya yang menarik untuk dibahas adalah objek-objek wisata yang tergabung ke dalam Jatim Park 2. Karena selain dikonsep dengan konsep yang mirip dengan Jatim Park 1 yang telah lebih dulu dibangun dan terkenal. Wahana dan fasilitas wisata yang disediakan di Jatim Park 2 juga cukup lengkap.

Mengenal lebih dekat objek wisata Jatim Park 2

Hampir semua objek-objek wisata di kota batu yang dimiliki oleh Jatim Park group menjadi objek wisata yang terkenal dan difavoritkan oleh para wisatawan. Begitu pun dengan objek wisata Jatim Park 2 yang tidak pernah sepi dari kunjungan orang-orang yang ingin berlibur.

Tercatat, baik di hari libur ataupun hari kerja, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jatim Park 2 tidak pernah kurang dari ribuan orang. Apalagi ketika libur panjang seperti libur idul fitri atau perayaan tahun baru, maka jumlah wisatawan yang datang biasanya akan jauh lebih banyak.

Meski memiliki konsep yang hampir sama, Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 tetaplah dibangun dengan tujuan yang berbeda-beda. Apabila Jatim Park 1 lebih condong kearah wisata permainan dan hiburan, maka Jatim Park 2 lebih condong kepada wisata edukatif.

Dengan kata lain, apabila kita ingin berlibur dengan menikmati wahana permainan dan hiburan, maka yang pas untuk dikunjungi adalah Jatim Park 1. Sedangkan apabila kita ingin berlibur sekaligus memperbanyak ilmu pengetahuan, maka di Jatim Park 2 lah tempatnya.

Wahana liburan edukatif di Jatim Park 2

Karena lokasi wisata Jatim Park 2 terdiri dari 3 zona wisata, maka apabila ingin menikmati semua wahana yang ada, mau tidak mau kita harus menjelajahi ketiganya. Dan berikut ini wahana-wahana yang tersedia di tiap zona wisata Jatim Park 2.

1. Zona museum satwa

Museum Satwa Jatim Park 2

Memasuki museum satwa kita akan disambut oleh berbagai macam bentuk diorama yang menampilkan tokoh-tokoh berupa hewan purba dan hewan-hewan lainnya. Salah satu diorama yang cukup menarik perhatian adalah diorama replika kerangka hewan purba seperti dinosaurus, triceptor dan juga tynosaurus yang ditata sedemikian rupa dengan sentuhan artistik yang menarik.

Selain itu, ada juga diorama yang menggambarkan aktivitas hewan-hewan yang ditata dengan sentuhan artistik dan unsur dramatis. Sehingga ketika melihatnya, kita seolah-olah sedang menyaksikan aktivitas hewan tersebut dalam wujud dan habitat aslinya.

2. Zona batu secret zoo

Batu Secret Zoo Jatim Park

Batu secret zoo merupakan kebun binatang yang menampilkan koleksi berbagai macam satwa dengan desain yang lebih modern sehingga membuatnya berbeda dengan kebun binatang di tempat lain.

Selain itu, yang membuat zona batu secret zoo ini kian menarik, ialah karena areanya yang tertata dengan unik, bersih dan nyaman. Apalagi dengan adanya area fantasy land dan adventure land yang dibangun sebagai pelengkap, tentunya akan semakin membuat zona ini sangat menarik untuk anak-anak.

Di zona batu secret zoo ini. kita bisa menjelajah 6 area dengan koleksi satwa yang berbeda-beda. Ke enam area tersebut ialah :

• Area reptile

Seperti namanya, di area ini kita akan menemukan bermacam-macam koleksi reptile yang terpajang dalam sebuah aquarium besar yang penataannya dibuat hampir mirip dengan habitat asli dari reptile. Menyaksikan aktivitas reptile dalam aquarium bersama tambahan pencahayaan yang ada di sekeliling ruangan, membuat area ini selalu terasa menarik untuk dinikmati.

• Area savanah

Area savana merupakan tempat berkumpulnya hewan-hewan yang didatangkan dari benua afrika. Selain dapat melihatnya, kita juga dapat mempelajari mengenai hewan-hewan tersebut melalui media interaktif yang telah disediakan di area ini.

• Area aquarium

Di sini adalah tempatnya sekumpulan binatang-binatang air dalam berbagai warna, bentuk dan jenis. Sepintas area ini akan mirip seperti seaworld mini, yang membedakannya ialah tidak adanya terowongan ikan.

• Area fantasy land dan adventure land

Area ini menyediakan berbagai macam wahana bermain yang umumnya merupakan wahana bermain bagi anak-anak. Apabila Anda datang membawa anak-anak, Anda bisa memanjakan mereka dengan berbagai wahana yang ada di area ini.

• Area tiger land

Terdapat berbagai macam jenis harimau di area ini. beberapa diantaranya ialah harimau putih, harimau emas dan harimau sumatera. Ada juga beberapa hewan buas lain, yang sengaja dilepas di dalam kAndang yang terbuka. Namun jangan khawatir, meskipun dilepas secara bebas, kita tetap bisa melihat dari dekat harimau dan hewan yang ada di area ini dengan aman. Karena antara area dan lokasi pengujung, telah dibuatkan semacarm pembatas yang terbuat dari kaca tebal.

• Area pasar afrika

Area ini akan memberikan gambaran kepada Anda mengenai situasi dan kondisi yang ada di benua afrika. Kalau beruntung, Anda sewaktu-waktu bisa ikut merasakan serunya memberi makan langsung kepada gajah dan binatang lainnya.

3. Zona eco green Park

Eco Green Park di Jatim Park Batu Malang

Ini adalah zona terakhir yang ada di lokasi wisata Jatim Park 2. Di sini, kita akan memperoleh tambahan ilmu mengenai budaya-budaya yang ada di nusantara. Adapun wahana-wahana yang terdapat di zona ini diantaranya ialah :

• Miniatur candi

Di sini Anda bisa menemukan dan mempelajari mengenai candi-candi terkenal yang ada di Indonesia. Miniatur-miniatur candi, dibangun di atas bukit yang dikelilingi kolam ikan dan berbagai jenis sayuran serta buah-buahan dengan penataan yang sangat rapi.

• Animal farm

Di area ini Anda hanya akan menemukan hewan-hewan yang mungkin sudah sering Anda lihat dalam kehidupan sehari-hari. Hewan-hewan tersebut diantaranya adalah ayam, kambing, sapi serta bebek. Hanya saja, jika Anda tidak melewatkan area ini, maka ketika keluar dari Jatim Park 1, Anda akan membawa pulang pengetahun mengenai cara pembuatan campuran pakan untuk hewan-hewan tersebut.

• Duck kingdom

Bagi Anda yang senang memelihara dan melihat bebek. Maka area duck kingdom adalah area yang tepat untuk dikunjungi. Di sini, tersedia bermacam-macam bebek yang yang didatangkan langsung dari seluruh dunia seperti bebek mute swan, bebek mAndarin, bebek amerika serta bebek ethiopia. Selain bebek, di sini Anda juga bisa berinteraksi dengan sekawanan burung nuri dan burung bangkok.

Selain ketiga area diatas, sebenarnya masih ada lagi beberapa area atau wahana lain di zona eco green Park yang juga cukup menarik untuk dikunjungi. Beberapa diantaranya ialah water track, dome multimedia, rumah terbalik, worl of parrot, hydroponic, jungle adventure dan eco hourney.

Fasilitas yang ada di lokasi wisata Jatim Park 2

Untuk melengkapi keberadaan wahana-wahana wisata yang ada di Jatim Park 2. Pengelola tempat wisata ini juga telah menyiapkan beberapa fasilitas utama yang biasanya dibutuhkan oleh para wisatawan ketika berlibur ke suatu tepat. Beberapa fasilitas tersebut ialah :

1. Toilet
2. Wc umum
3. Tempat ibadah
4. Area Parkir
5. Rumah akan
6. Penginapan

Rute menuju lokasi wiata Jatim Park 2

Rute yang bisa kita tempuh untuk sampai di lokasi wisata Jatim Park 2 sebenarnya cukup banyak. Hal ini tergantung dari arah atau awal start Anda saat memulai perjalanan. Bagi yang berasal dari kota Malang, maka lokasi Jatim Park 2 ini tentu tidak akan sulit untuk ditemukan. Selain karena tempatnya yang sudah terkenal, jarak antara pusat kota Malang dengan lokasi wisata Jatim Park 2 ini hanya sekitar kurang leibh 20 km.

Demikianlah artikel mengenai lokasi wisata Jatim Park 2 yang ada di kota Batu Malang. Semoga segala informasi yang termuat di artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan adan tentang Jatim Park 2.