3 Jenis Platform Web Hosting dan Penjelasannya

Saat memilih platform web hosting yang kita gunakan kita perlu mengetahui varian yang berbeda dari setiap platform. Mulai dari pilihan Virtual Private Server (VPS) sampai ke Server Khusus atau Dedicated Server.

Hampir semua jenis atau platform server yang banyak digunakan oleh para blogger, semuanya menyesuaikan dengan kebutuhan website yang dimiliki para blogger. Untuk memilih platform hosting yang tepat sangat penting bagi para blogger sebelum memulai dalam membuat website-nya.

Hal ini dikarenakan server sangat berperan penting dalam kecepatan dan kemampuan website dalam menampung traffik pengunjung web nantinya. Pemilihan server ini menjadi pilihan ketika para blogger akan membuat blog pribadi, portal atau forum nantinya.

Banyak penyedia jasa yang jual hosting mulai harga termurah dan terjangkau bagi para blogger sampai harga yang paling mahal untuk suatu perusahaan atau portal. Salah satu penjual hosting murah di Indonesia adalah Domainesia. Selain jualan hosting, Domainesia juga menawarkan penjualan promo domain terbaru yang sangat terjangkau bagi para blogger pemula.

Jenis Web Hosting

Di bawah ini akan kami ulas mengenai 3 pilihan platform hosting beserta penjelasannya untuk membantu Anda dalam memahami perbedaan antara satu platform dengan platform lainnya. Semoga memudahkan Anda dalam memilih platform web hosting terbaik untuk website Anda.

3 Jenis Platform Web Hosting dan Penjelasannya

Simak 3 jenis platform web hosting dan penjelasannya berikut ini:

1. Shared Hosting

Jika kita memilih platform shared hosting semua situs web yang berada di server akan menggunakan bersama-sama semua sumber daya sistem seperti, Memori (RAM), CPU (Processor ) dan ruang data penyimpanan yang tersedia di server.

Pada dasarnya platform ini bekerja seperti satu PC rumahan yang digunakan bersama oleh seluruh anggota keluarga. Dalam situasi ini peningkatan lalu lintas (traffic) yang signifikan dari pengguna lain akan menghabiskan lebih banyak sumber daya server.

Kondisi ini akan membuat kemacetan lalu lintas situs lainnya dan memperlambat kinerja situs web Anda dan web-web yang lain dalam satu shared hosting ini.

Namun, opsi ini sangat cocok untuk situs yang hanya menjalankan perangkat lunak standar, traffic yang masih kecil dan hanya menggunakan volume data rendah hingga sedang.

Anda dapat dengan mudah mengatur dan mengelola situs web Anda sesuai dengan kebutuhan dengan biaya yang relatif murah dan hanya membutuhkan pengetahuan dasar tentang web hosting.

Tetapi kelemahannya adalah Anda tidak memiliki kendali atas kinerja sistem atau alokasi sumber daya yang tersedia sehingga Anda tidak bisa mendapatkan hasil yang konsisten.

2. Virtual Private Server (VPS)

Dibandingkan dengan jenis shared hosting platform hosting berjenis VPS ini menawarkan situs web independen dengan operasi yang aman dan kinerja tinggi.

Anda juga bisa mendapatkan akses root dengan kontrol penuh untuk mengonfigurasi sistem yang serupa dengan yang Anda dapatkan ketika menggunakan Dedicated Server.

VPS memberikan setiap pengguna sebuah ruang pribadi di mana mereka tidak dapat melihat pengguna lain untuk saling berinteraksi atau mengganggu. Selain itu platform hosting jenis VPS dapat berkembang dengan cepat karena sumber daya khusus mereka biasanya bukan server fisik.

Dibandingkan dengan platform Shared Hosting, platform hosting jenis VPS ini menawarkan bandwidth lebih besar dan konfigurasi sistem yang lebih baik dengan adanya berbagai server yang memiliki penyimpanan CPU, RAM yang dapat dikelola secara mandiri.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan jenis platform hosting yang andal dengan kinerja jaringan tinggi dan efisiensi biaya yang baik.

3. Dedicated Server

Platform hosting khusus atau Dedicated Server ini memberikan Anda kendali atas hosting web Anda. Anda akan mendapat semua sumber daya tanpa berbagi. Anda dapat memaksimalkan efisiensi pelayan Anda.

Namun platform jenis ini membutuhkan investasi yang cukup signifikan terutama dalam perawatan dan pengetahuan soal mengontrol dan mengelola server.

Inilah alasan mengapa hanya perusahaan besar atau perusahaan dengan banyak situs yang memiliki beban lalu lintas dan data yang besar yang menggunakan platform dedicated server ini.

Dengan dijelaskannya ketiga platform web hosting di atas jelas faktor pemilihannya menyesuaikan dengan target web atau blog yang ingin Anda buat. Pilihlah hosting sesuai dengan budget dan kebutuhan website Anda.