Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay adalah salah satu obyek wisata keluarga yang bisa kita kunjungi saat berlibur ke Jogja.

Berbentuk taman bermain air dengan 19 wahana di dalamnya, tempat wisata ini dipastikan dapat memberikan kepuasan karena banyaknya aktifitas yang bisa kita lakukan.

Jogja Bay Waterpark juga disebut-sebut sebagai satu-satunya themepark terlengkap dan tercanggih di Indonesia.

Tak heran jika akhirnya tempat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jogjakarta.

jogja-bay-pirates-waterpark

instagram.com/jogjabay

Nah, untuk Anda yang sedang liburan di Jogja dan akan berkunjung ke Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark, informasi tentang waterpark Jogja berikut ini seperti cukup penting sebagai bekal liburan Anda.

Sekilas Jogja Bay Waterpark

Tempat wisata ini dibangun dan diresmikan pada tahun 2015.

Peresmiannya yang dilakukan pada tanggal 20 Desember 2015 itu dihadiri langsung oleh Sri Sultan Hamengkubuwono sebagai orang nomor satu di Jogja.

Setelah diresmikan dan dibuka untuk umum, setahun setelahnya yakni sejak tahun 2016, Jogja Bay Waterpark terus mendapatkan kunjungan dalam jumlah massif dari para pelancong.

Pelancong yang datang pun tidak hanya berasal dari warga Jogja saja tapi juga dari berbagai penjuru tanah air serta mancanegara.

jogja-bay-pirates-adventure-waterpark
instagram.com/jogjabay

Jogja Bay Waterpark juga dikenal dengan nama Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark.

Hal ini karena obyek wisata yang dikelola oleh PT. Taman Wisata Jogja ini memang mengusung konsep wisata air bertema bajak laut.

Namun agar tidak meninggalkan unsur Jogja sebagai lokasinya, waterpark ini juga menyuguhkan beberapa corak adat Jogja dalam berbagai karakter property dan souvenir yang ada di lokasi.

Konsep bajak laut dan corak Jogja ini disatukan dengan sangat harmoni oleh PT. Taman Wisata Jogja. Hal tersebut semakin menambah daya tarik dan juga suasana berbeda tatkala pengunjung memasuki kawasan wisata ini.

Jogja Bay Waterpark memiliki luas kawasan sekitar 7 hektar. 5 hektarnya berisi area wisata yang terdiri dari berbagai macam wahana.

Sedangkan lahan sisanya seluas 2 haktar, difungsikan sebagai lahan parkir dan kawasan hijau agar suasana tetap sejuk.

Wahana dan Aktifitas di Jogja Bay Waterpark

jogja-bay-waterpark-jogja
instagram.com/jogjabay

Banyak yang mengatakan bahwa Jogja Bay Waterpark sangat berbeda dengan obyek-obyek wisata sejenis yang berlokasi di jogja ataupun di daerah lain.

Namun perbedaan tersebut sebenarnya hanya terletak pada konsep yang diusung waterpark ini yang bertemakan bajak laut.

Sementara mengenai wahana permainan, beberapa wahana yang ada di lokasi juga sepertinya akan kita temukan di taman-taman bermain air lainnya.

Nah, untuk mengetahui wahana dan aktitifas apa saja yang bisa dilakukan di Jogja Bay Waterpark, berikut ini akan kami ulas beberapa wahana yang ada beserta deskripsi singkatnya.

1. Wahana Memo Racer

wahana-memo-racer
instagram.com/jogjabay

Wahana pertama yang bisa dicoba adalah wahana Memo Racer ini. Wahana ini berbentuk seluncuran yang cukup panjang dengan lintasan berjumlah 8 buah.

Di wahan ini, pengunjung bisa beradu cepat melewati lintasan seluncuran bersama teman-teman ataupun keluarga mereka.

2. Kolam Tsunami

Wahana ini juga dinamai South Beach, sebuah wahana kolam renang yang sewaktu-waktu dapat menimbulkan gelombang cukup besar layaknya Tsunami.

Di wahana Kolam Tsunami ini, para pengunjung dapat merasakan sensasi berenang di lautan dan beruji nyali ketika tiba-tiba ombak Tsunami datang menerjang.

3. Bekti Adventure

Wahana ini punya maskot bernama Bekti. Di sini para pengunjung akan berpetualang mengelilingi seluncuran setengah lingkaran di mana tokoh Bekti adalah pemimpinnya.

4. Volcano Coaster

wahana-volcano-roaster
instagram.com/jogjabay

Wahana ini termasuk cukup ekstrem. Bentuknya berupa perosotan yang sangat tinggi dan memiliki lintasan yang panjang dan berliku-liku.

Pengunjung harus benar-benar siap fisik dan mental sebelum mencoba wahana Volcano Coaster ini.

Baca juga : Sindu Kusuma Edupark

5. Brando Boomeranggo

Seperti namanya wahana ini akan membawa pengunjung meluncur dengan kecepatan tinggi dan berakhir dengan kondisi terpental ke dalam air.

Meski lintasannya tidak terlalu panjang, namun Brando Boomeranggo ini memiliki lintasan berliku dan garis start-nya juga cukup tinggi.

6. Ziggy Giant Barrel

ziggy-giant-barrel-jogja-bay
instagram.com/jogjabay

Bentuk seluncuran ini tidak seperti seluncuran lain yang memiliki lintasan panjang. Meski begitu, sensasi meluncur di wahana ini juga cukup mengasyikkan apalagi ditambah dengan adanya sebuah tong air di atasnya yang terus mengguyur pengunjung selama meluncur.

7. Donte Wild River

Tidak seperti wahana lain yang berupa seluncuran, wahana Donte Wild River ini adalah sebuah wahana sungai mini.

Di wahana ini pengunjung dapat merasakan sensasi santai mengarungi arus tentang sungai mini menggunakan ban pelampung.

8. Kuala Playpool

Wahana yang satu ini tidak berbentuk wahana permainan. Ia hanya sebuah kolam renang dengan air yang jernih dan berwarna agak biru karena pantulan warna langit dan pepohonan di sekitarnya.

Yang bisa dilakukan di wahana ini adalah berenang santai menikmati kesegaran air dan sejuknya suasana Jogja Bay Waterpark.

9. Hip Playground

wahana-hip-playground
instagram.com/jogjabay

Wahana seperti ini juga bisa ditemukan di obyek wisata Snowbay Waterpark yang berlokasi di Jakarta.

Ini adalah wahana yang direkomendasikan bagi pengunjung anak-anak. Bentuknya berupa kolam dengan kedalaman yang aman bagi anak-anak dan juga sudah dilengkapi dengan berbagai property seperti air mancur dan permainan lain yang akan disukai oleh anak-anak.

Itulah beberapa wahana yang cukup menarik untuk dicoba saat liburan ke Jogja Bay Pirates Waterpark.

Selain wahan-wahana tersebut, di tempat wisata ini tentunya masih banyak wahana dan aktifitas lain yang juga cukup menyenangkan dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Namun kalau misalnya Anda tidak punya waktu terlalu banyak, maka kesembilan wahana yang telah kami ulas di atas sudah cukup untuk memuaskan perjalanan wisata Anda.

Alamat Jogja Bay Waterpark

Alamat tempat wisata keluarga di Jogja ini berada di Jalan Stadion, Maguwoharjo, Kec. Depok, Sleman, Yogyakarta.

Jika mengaksesnya dari pusat Kota Jogja, maka dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 28 menit dengan jarak tempuk kurang lebih 11 kilometer.

Rute ke Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

rute-ke-jogja-bay-waterpark
instagram.com/jogjabay

Mengenai rute ke tempat wisata ini, Anda bisa memilih berdasarkan posisi keberangkatan.

Contohnya jika berangkat dari Malioboro, maka rute nya adalah melalui Jalan Suryatmajan mengarah ke Jalan Mas Soeharto.

Kemudian dari Jalan Mas Soeharto, silahkan akses Jalan Tukangan ke arah Jalan Yos Sudarso.

Dari Jalan Yos Sudarso ini, lanjutkan lagi perjalanan Anda melewati Jalan Suroto ke arah Jalan Cik Di Tiro hingga ke Terban.

Nah sesampainya di Terban, maka Anda tinggal melewati tiga jalan hingga sampai di Depok yaitu Jalan Persatuan, Jalan Kaliurang, dan Jalan Ring Road Utara.

Terakhir setelah sampai di Depok, untuk sampai tepat di Lokasi Jogja Bay Waterpark, Anda tinggal belok kanan di Ring Road Utara tadi ke arah Jalan Nusa Indah yang akan menghubungkan Anda dengan lokasi Jogja bay.

Jam Buka Jogja Bay Waterpark

Obyek wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 6 sore.

Waktu KunjunganJam Operasional
Setiap Hari09.00 – 18.00 WIB

Untuk menemukan momen yang tepat di mana pengunjung tidak terlalu ramai, disarankan agar datang ke tempat wisata ini pada pukul 3 siang hingga pukul 5 atau 6 sore.

Harga Tiket Masuk Jogja Bay Waterpark

harga-tiket-masuk-jogja-bay-waterpark
instagram.com/jogjabay

Harga tiket masuk ke obyek wisata ini masih terbilang standar apabila melihat banyaknya wahana permainan yang disediakan.

Harga tiketnya berkisar antara 60 ribu sampai 150 ribu saja bergantung hari kunjungan dan usia pengujung.

Level UsiaHarga Tiket
Anak-anakRp60.000 (Hari Kerja) – Rp70.000 (Weekend) – Rp125.000 (High Season)
DewasaRp90.000 (Hari Kerja) – Rp100.000 (Weekend) – Rp150.000 (High Season)
Lanjut UsiaRp25.000 All Day

Selain tiket masuk pengujung juga tentunya harus membayar retribusi parkir dengan nominal yang cukup terjangkau.

Promo Jogja Bay

Bagi yang mencari tiket promo, Jogja Bay juga sering mengadakan promo potongan harga tiket pada waktu-waktu tertentu.

Informasi mengenai promo tiket masuk bisa Anda pantau di situs resmi mereka ataupun di akun-akun sosial media resmi mereka.

Fasilitas Jogja Bay Waterpark

Fasilitas umum sebagai penunjang kenyamanan pengunjung juga cukup diperhatikan oleh pengelola. Di lokasi wisata sudah tersedia beberapa fasilitas antara lain area parkir, mushola, toilet, kamar mandi, gazebo, penyewaan handuk, penyewaan loker, hingga restoran yang menyediakan aneka menu kuliner khas Jogja.

fasilitas-jogja-bay
instagram.com/jogjabay

Baca juga : Tempat Wisata di Jogja

Kesimpulan

Berlibur ke Jogja Bay Pirates Waterpark akan memberikan kepuasan dan pengalaman berbeda dari liburan Anda ke tempat wisata lainnya.

Seperti yang sudah kami utarakan di atas, konsepnya yang unik serta banyaknya wahana permainan akan memberikan kepuasan wisata tersendiri untuk Anda dan keluarga.

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber dengan sangat memperhatikan ke-valid-an data-data nya. Oleh karena itu jika terdapat kekeliruan atau kesalahan informasi, kami harap Anda tidak keberatan untuk menyampaikannya pada kami.

Loading...

Tempat Wisata di Jogja

Wahyoeni
4 min read

Pantai Krakal

Hansar
5 min read

Bukit Bintang Jogja

Hansar
4 min read

Pantai Sundak

Hansar
5 min read

Pantai Sepanjang

Hansar
4 min read

Pantai Wediombo

Hansar
5 min read