Kawah Putih

Kawah Putih adalah satu dari beberapa tempat wisata alam di Bandung yang saat ini menjadi favorit para pelancong yang berasal dari Bandung, luar kota, bahkan mancanegara.

Tidak mengherankan karena Kawah Putih memang memiliki pesona yang sangat menakjubkan sehingga mampu menghipnotis siapapun untuk datang mengunjunginya.

Kawah Putih berada di Bandung Selatan. Lokasinya dekat dengan beberapa tempat wisata terkenal lainnya yang ada di Bandung seperti Ranca Upas, De Ranch, dan juga Situ Patenggang.

kawah-putih-bandung
via instagram.com/kawahputihecotourism

Kawah Putih Bandung

Kawah Putih Bandung menawarkan pesona keindahan alami kawasan pegunungan yang berhawa sejuk dan tenang. Karena itulah, tempat wisata ini memang sangat cocok sebagai lokasi pengasingan diri dari hiruk-pikuk kehidupan kota yang penuh kesibukan. Menjejak tanahnya pertama kali, kalian pasti akan merasakan sensasi luar biasa yang bahkan tidak akan pernah kalian temukan di tempat lain.

Tempat wisata ini sesuai namanya memiliki sebuah objek kawah atau danau yang menjadi sumber segala pesona yang dimilikinya. Kawah inilah yang menjadi tujuan para pelancong datang ke tempat wisata ini.

Daya tarik yang dimiliki oleh danau di tempat wisata Kawah Putih ini adalah airnya yang berwana putih kehijauan. Dan seringkali, danau ini juga diselimuti kabut putih yang akan semakin menambah indah dan unik rupa danau tatkala dipandang mata.

kawah-putih-ciwidey-bandung
via instagram.com/kawahputihecotourism

Lalu di sekeliling, nampak batang-batang dan ranting-ranting pohon bergelimpangan tak beraturan namun membuat suasana di sini terlihat semakin eksotis, persis seperti kawasan yang hanya ada dalam sebuah negeri khayalan, tapi ini di dunia nyata.

Kawah putih terbentuk dan muncul pertama kali sekitar abad ke 10, ada juga yang menyebut pada abad ke 9. Tapi yang pasti, kawah ini adalah hasil dari letusan dahsat gunung Patuha Ciwidey, Bandung, Jawa barat.

Letusannya yang dahsat, menciptakan dua buah kawah yakni Kawah Putih dan kawah yang ada di sisi barat gunung Patahuha sekarang.

Kawah Putih sejak mulai dikembangkan sebagai kawasan wisata pada tahun 1987 memang telah menyedot minat banyak wisatawan. Hingga kini, tempat wisata ini selalu ramai pengunjung apalagi saat weekend dan musim libur panjang.

Selain sebagai tempat liburan, lokasi Kawah Putih juga sering dijadikan sebagai latar syuting film, objek lukisan, photography, hingga pre-wedding.

kawah-putih-jawa-barat
via instagram.com/kawahputihecotourism

FYI. Film “heart” yang sempat tenar pada tahun 2006 yang diperankan oleh aktor dan aktris papan atas tanah air seperti Irwansyah, Nirina Zubir, dan Acha Septriasa, salah satu adegannya ternyata diambil di Kawah Putih.

Lalu untuk kalian yang datang dari daerah perkotaan yang sesak dan berhawa panas, tempat ini tentunya sangat pas untuk dituju. Lokasi Kawah Putih ini berada di atas ketinggian sekitar 2.400 mdpl sehinga bisa dibayangkan betapa sejuk udaranya. Bahkan mungkin lebih dari sejuk, karena suhu udara di sini setiap harinya berkisar antara 8 sampai 22 derajat celcius.

Sejarah Penemuan Kawah Putih

Sebelum keberadaanya ditemukan oleh seorang bule asal Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Lokasi Kawah Putih merupakan tempat yang dipercaya memiliki aura mistis oleh sebagain besar masyarakat.

Waktu itu, tak ada satupun anggota masyarakat yang berani mengadakan perjalanan ke lokasi Kawah Putih karena yakin bahwa tempat ini dihuni oleh makhluk astral tak terlihat yang dapat membahayakan hidup siapapun yang datang.

sejarah-kawah-putih
via instagram.com/kawahputihecotourism

Memang, pada waktu itu lokasi Kawah Putih sangat sepi. Bahkan, konon burung pun tak berani terbang di atas kawah ini karena setiap ada yang terbang, burung tersebut pasti jatuh dan mati.

Namun Dr. Junghuhn yang dipercaya dan ditugasi untuk meneliti gunung Patuha oleh pemerintah kolonial yang dulu menjajah tanah air, tidak begitu saja percaya dengan cerita ataupun mitos yang diyakini masyarakat.

Berbekal kewajiban menjalankan perintah dan rasa penasaran untuk membuktikan mitos yang ada, sang peneliti itu pun berangkat mendaki gunung Patuha.

Sesampainya di atas, di dekat kawah yang sekarang bernama kawah putih, Dr. Junghuhn sempat berhenti dan termangu beberapa saat menyaksikan kondisi kawah yang ada. Saat itu, Dr. Junghuhn juga mendapati Kawah Putih dalam keadaan sepi dan sunyi, tak ada satupun makhluk yang ada di sekitar kawah.

tiket-masuk-kawah-putih
via instagram.com/kawahputihecotourism

Baca juga tempat kren lainnya seperti Farmhouse Lembang

Tak mau menunggu waktu, sang Doktor itu pun kemudian mengadakan penelitian dengan seksama bersama teman-teman peneliti-nya yang lain. Dan dari hasil penelitian tersebut, terpecahlah sebab musabbab kenapa sampai burung saja enggan terbang di atas Kawah Putih.

Ternyata, Kawah Putih ini mengandung belerang yang cukup tinggi sehingga sangat mengganggu penciuman bagi burung-burung dan makhluk hidup lainnya.

Lokasi Kawah Putih

Lokasi tempat wisata Kawah Putih bisa kalian temukan dengan sangat mudah. Apalagi jika kalian pernah berkunjung ke tempat wisata yang berada di kawasan wisata Ciwidey semisal Situ Patenggang, maka kalian tidak akan kesulitan menemukan di mana Kawah Putih ini berada.

Kemudian mengenai alamat Kawah Putih ini sendiri terletak di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Untuk mengaksesnya dari pusat kota Bandung, kalian membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam berkendara dengan jarak tempuh sejauh 50 kilometer.

via instagram.com/kawahputihecotourism

Lalu rute ke Kawah Putih yang bisa kalian lalui juga bisa dengan mudah kalian temukan dengan memanfaatkan aplikasi Google Maps. Di bawah ini adalah peta lokasi serta rute termudah dan tercepat menuju Kawah Putih yang kami ambil dari Google Maps. Tinggal sesuaikan saja dengan arah kedatangan kalian.

Peta Lokasi dan Rute ke Kawah Putih Bandung

[peta lokasi]

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Bandung

Tempat wisata ini dibuka setiap hari. Jam operasional Kawah Putih dimulai dari pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Namun untuk bisa memasuki tempat wisata alam di Bandung ini, kalian diharuskan untuk membeli tiket masuk. Harga tiket masuk ke Kawah Putih ini sebesar Rp. 18.000 per orang untuk wisatawan tanah air, dan Rp. 50.000 per orang untuk wisatawan bule.

Lalu bagi yang membawa kendaraan pribadi, lokasi parkir di kawah ini ada di dua tempat, yaitu area parkir bawah dan area parkir atas yang terletak di sekitar kawah.

Biaya parkir area bawah yang terletak sebelum pintu masuk adalah sebesar Rp. 5000 untuk sepeda motor, Rp. 6000 untuk mobil, dan untuk bis sebesar Rp. 25.000.

rute-kawah-putih
via instagram.com/kawahputihecotourism

Kemudian di area parkir atas, biaya parkirnya agak lebih mahal yaitu sebesar Rp. 35.000 untuk sepeda motor, dan Rp. 150.000 untuk mobil. Area parkir atas hanya ditempati oleh sepeda motor dan mobil, sedangkan bis, hanya diperbolehkan menempati area parkir bawah.

Selanjutnya bagi kalian yang datang menggunakan angkutan umum semisal bis, untuk naik ke lokasi kawah kalian harus berjalan kaki sejauh 5 kilometer. Jika merasa tidak kuat, di sekitar pintu masuk sudah tersedia angkutan bernama ontang-anting yang memang disiagakan untuk keperluan mengangkut pengunjung dari pintu masuk ke lokasi kawah.

Tapi naik ontang-anting juga perlu bayar tiket lagi seharga Rp. 10.000 per orang. Ya daripada capek-capek lebih baik naik saja walaupun harus nambah biaya lagi.

Fasilitas Kawah Putih

Fasilitas di Kawah Putih saat ini sudah tergolong cukup lengkap. Di sini ada fasilitas umum berupa area parkir, mushola, toiler, dan warung penjual makanan.

lokasi-kawah-putih
via instagram.com/kawahputihecotourism

Penginapan Kawah Putih

Ketersediaan penginapan di sekitar lokasi wisata biasanya menjadi pertanyaan banyak calon pengunjung. Nah jika berlibur ke Kawah Putih dan berencana untuk menginap, kalian bisa dengan mudah menemukan penginapan dengan beragam fasilitas dan harga.

Tempat menginap di sekitar Kawah Putih diantaranya Villa Walini, Saung Gawir, Villa Patengan, dan Cimanggu Cottage Ciwidey. Harga sewa untuk menginap di penginapan ini cukup murah, harganya berkisar antara Rp. 300.000 – Rp. 750.000 per malam.

Wisata Kawah Putih

Selain ketersediaan penginapan, keberadaan tempat wisata lain di sekitar tempat wisata yang akan dikunjungi juga kerap menjadi kegelisahan calon pengunjung. Asiknya di sekitar lokasi Kawah Putih, juga ada beberapa tempat wisata lain yang bisa kalian kunjungi.

Tempat wisata dekat Kawah Putih yang recomended untuk kalian datangi antar lain Situ Patenggang, De Ranch, Ranca Upas, Kawah Rengganis, Pemandian Air Panas Ciwalini, dan Situ Cileunca. Jika ada tempat wisata lain yang menurut kalian juga bagus sebagai destinasi lanjutan setelah ke Kawah Putih, silahkan tambahkan di kolom komentar ya.

kawah-putih-tiket-masuk
via instagram.com/kawahputihecotourism

Baca juga tempat menarik lainnya di Jawa Barat seperti wisata Taman Limo

Pesona yang dimiliki tempat wisata Kawah Putih Bandung ini memang tidak berlebihan jika dikatakan mampu menghipnotis siapa saja untuk datang mengunjunginya. Terlebih saat ini dengan adanya fasilitas yang lengkap serta tersedianya tempat menginap, maka jangan heran kalau tempat wisata ini terus dipadati pengunjung setiap harinya.

Tempat Wisata di Banten

Edy
5 min read

Penginapan Murah di Bandung

Wahyoeni
2 min read

Ciater Highland Resort

Wahyoeni
4 min read