Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor atau KRB menjadi salah satu pilihan tempat wisata di Bogor yang bisa Anda pilih jika berkesempatan melancong ke kota hujan.

Selain dapat menikmati keindahan alam berupa ribuan jenis tanaman dan pepohonan, di sana Anda juga bisa belajar banyak hal menyangkut sejarah, flora dan juga fauna.

Kebun Raya Bogor

Kebuan Raya Bogor adalah sebuah kebun botani yang selain dijadikan sebagai tempat konservasi beraneka macam tanaman, juga sering dijadikan tujuan berlibur oleh para wisatawan lokal di Bogor dan daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Dengan luas lahan sekitar 87 hektar dan berisi sekitar 15.000 spesies tanaman, kebun yang kawasannya menyatu dengan Istana Bogor ini akan menjadi tempat yang sangat lapang dan menyenangkan untuk bersantai bersama anggota keluarga.

kebun-raya-bogor-2019

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di Kebun Raya Bogor ini. Meskipun sebagian besar kawasannya berisi taman-taman bunga dan pepohonan, jangan anggap Anda hanya bisa duduk-duduk sepanjang waktu dan hanya bisa memandang bunga atau pepohonan itu saja.

Lebih dari itu, seperti yang telah tertulis di awal, selain area yang berisi bunga dan tumbuhan serta pepohonan, Kebun Raya Bogor juga berisi berbagai macam jenis hewan yang masih hidup dan yang sudah diawetkan.

Selain itu, di sana juga terdapat bangunan dan benda-benda bersejarah yang dapat menambah pengetahuan kita tentang kejadian-kejadian masa lampau sebelum kemerdekaan. Jadi, bisa dikatakan bahwa Anda akan mendapatkan pengalaman berlibur yang benar-benar lengkap di kebun raya ini.

Sejarah Kebun Raya Bogor

Ada cerita panjang yang menjadi cikal bakal berdirinya Kebun Raya Bogor. Beberapa tokoh penting dan memiliki pengaruh pada masa penjajahan bahkan ikut terlibat langsung dan menjadi pencetus ide untuk mendirikan kebun raya yang sekarang menjadi salah satu simbol dan kebanggaan warga kota Bogor ini.

Kalau Anda pernah membaca kisah sejarah, khususnya sejarah pendudukan pulau Jawa oleh para Kompeni , maka Anda pasti mengetahui bahwa pendirian kebun raya ini dulunya dicetuskan oleh seorang berkebangsaan Jerman bernama Georg Karl Reindwardt.

sejarah-kebun-raya-bogor

Reindwardt sendiri adalah seorang profesor ilmu botani yang sebelum melakukan ekspedisi ilmu pengetahuan ke Indonesia, juga merupakan rektor di sebuah universitas di Belanda.

Bahkan bukan hanya menyumbang ide, Reindwardt juga turun langsung untuk membangun dan mengumpulkan serta menanam bibit-bibit tanaman baru di Kebun Raya Bogor.

Kini sebagai tanda jasa atas usaha yang telah dilakukan Reindwardt, di kawasan Kebun Raya Bogor telah dibangung sebuah tugu atau monumen yang bernama monumen Reinwardt.

Lebih lanjut, tokoh lainnya yang juga sangat berperan dalam mengembangkan Kebun Raya Bogor hingga menjadi seperti yang kita lihat sekarang ini adalah seorang pria berkebangsaan Belanda yang bernama Johannes Elias Teijsmann.

Sama seperti Reinwardt, Teijsmann juga merupakan seorang ahli botani yang gemar mempelajari hal-hal yang berbau ilmu alam, kususnya tumbuhan dan hewan.

gambar-kebun-raya-bogor

Sepeninggal Reinwardt yang pada tahun 1823 harus kembali ke negara asalnya, Teijsmann lah yang kemudian meneruskan mimpi dan cita-cita Reindwardt untuk membangun dan mengembangkan Kebun Raya Bogor.

Dengan keuletan dan kerja keras seorang Teijsmann, akhirnya Kebun Raya Bogor mengalami perkembangan pesat dengan isi ribuan tanaman dan pepohonan yang sudah dikelompokkan berdasarkan spesies dan jenisnya.

Karena itu selain monumen Rendwardt, di Kebun Raya Bogor Anda juga akan menemukan sebuah monumen yang bernama tugu Teijsmann sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasanya.

Alamat dan Rute Menuju Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor yang merupakan salah satu tempat wisata di Bogor ini beralamat di Jalan Ir. Juanda Nomor 13, Paledang, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat.

Untuk sampai di tempat ini dari pusat kota Bogor, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 2,4 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 11 menit berkendara melewati jalan tol Jogorawi dan jalan Iskandardinata.

alamat-kebun-raya-bogor

Sementara mengenai rute menuju Kebun Raya Bogor, Anda bisa menyesuaikan dengan posisi atau titik awal keberangkatan.

Cara termudah untuk menemukan rute tercepat ke Kebun Raya Bogor adalah dengan memanfaatkan aplikasi Google Map di ponsel android.

Jam Buka Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor dibuka setiap hari untuk kunjungan wisatawan. Jam operasionalnya dimulai dari pukul 07.30 hingga pukul 16.00 WIB.

Namun perlu diketahui, beberapa wahana dan fasilitas wisata di Kebun Raya Bogor ini punya waktu operasional masing-masing. Jadi jam operasional di atas adalah jam buka Kebun Raya Bogor secara umum.

Nah, berikut daftar jam operasional beberapa wahana khusus di Kebun Raya Bogor :

WahanaJam Operasional
Rumah Kaca08.00 – 15.00 WIB
Toko Souvenir08.00 – 15.00 WIB
Museum Zoologi08.00 – 16.00 WIB
Herbarium08.00 – 15.00 WIB
Perpustakaan08.00 – 15.00 WIB

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Liburan ke Kebun Raya Bogor tidak membutuhkan persiapan dana yang banyak. Bahkan untuk lokasi wisata yang memiliki keindahan serta wahana dan fasilitas yang tergolong lengkap seperti kebun raya ini, harga tiket yang ditawarkan bisa dikatakan sangatlah terjangkau.

Untuk memasuki kawasan wisata Kebun Raya Bogor ini, Anda hanya perlu membeli tiket masuk seharga Rp. 15.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan asing, harga tiketnya dibandrol dengan harga Rp. 25.000.

tiket-masuk-kebun-raya-bogor

Coba bandingkan harga tiket masuk Kebun Raya Bogor ini dengan harga tiket masuk ke tempat-tempat wisata lainnya. Dengan fasilitas dan wahana yang sama atau bahkan lebih sedikit, harga tiketnya biasanya akan lebih mahal.

Hanya saja memang jika Anda membawa mobil dan berniat untuk berkeliling kebun raya menggunakan mobil tersebut, maka Anda harus membayar biaya tambahan lagi sebesar Rp. 30.000. Tapi ini sifatnya opsional tergantung kemauan pengunjung.

Fasilitas dan Wahana di Kebun Raya Bogor

Sebagai lokasi wisata yang menjadi icon dan andalan kota Bogor, kebun raya ini tentunya sudah dilengkapi dengan fasilitas dan wahana yang cukup lengkap.

Beberapa fasilitas umum seperti area parkir, tempat ibadah, toko souvenir, penjual makanan dan minuman, perpustakaan, hingga mobil wisata bisa Anda temukan di Kebun Raya Bogor.

fasilitas-kebun-raya-bogor

Begitupun dengan wahana wisata yang tersedia. Seperti yang telah diungkap di awal, kebun raya ini tidak hanya berisi tanaman dan pepohonan saja, melainkan berbagai macam satwa, bangunan dan benda-benda bersejarah.

Nah dari sekian banyak wahana wisata yang ada di Kebun Raya Bogor, ada beberapa wahana yang ternyata cukup ramai dikunjungi sehingga disebut sebagai wahana favorit pengujung.

Wahana-wahana tersebut antara lain :

1. Danau Gunting

kebun-raya-bogor-danau-gunting

Entah dari mana atau atas sebab apa danau ini dinamai dengan nama Danau Gunting. Yang pasti, danau ini adalah salah satu spot favorit yang selalu ramai didatangi pengujung.

Di sini, pengujung biasanya akan menghabiskan waktu dengan duduk-duduk menikmati view danau yang terlihat sangat alami. Selain itu, ada juga beberapa pengunjung  yang memanfaatkan obyek danau gunting sebagai latar foto.

2. Jembatan Pemutus Cinta

kebun-raya-bogor-jembatan-pemutus-cinta

Dari namanya sudah diketahui bahwa jembatan ini memiliki keterkaitan dengan masalah percintaan.

Konon, siapapun yang melewati jembatan ini bersama pasangannya, maka hubungan asmara mereka akan kandas dan berakhir dengan perpisahan.

Entah benar atau tidak, namun mitos tersebut ternyata banyak juga yang mempercayainya. Meski begitu, jembatan ini memiliki daya tarik tersendiri dari segi arsitekturnya sehingga banyak yang memilihnya sebagai tempat berfoto. Dan tentu, mereka-mereka ini adalah pengujung yang tidak percaya dan tidak takut dengan mitos Jembatan Pemutus Cinta.

3. Patung Tangan Tuhan

kebun-raya-bogor-patung-tangan-tuhan

Wahana favorit di Kebun Raya Bogor selanjutnya adalah sebuah patung berbentuk tangan yang menjunjung patung laki-laki dengan posisi menghadapkan wajah ke atas dengan mulut terbuka.

Dengan latar bangunan Istana Bogor di belakangnya, patung yang juga dikenal dengan nama The Hand Of God ini terlihat begitu unik dan sepertinya juga cukup bagus sebagai lokasi berfoto.

4. Museum Zoologi

kebun-raya-bogor-museum-zoologi

Museum ini berisi berbagai macam kerangka dan tubuh hewan yang telah diawetkan. Bahkan, paus biru yang konon merupakan hewan terbesar di dunia itu, kerangkanya bisa Anda temukan di Museum Zoologi Kebun Raya Bogor ini.

Selain itu, di museum ini juga sering dipentaskan sebuah diorama yang menceritakan kehidupan hewan-hewan di habitat aslinya. Jadi disamping mempelajari bentuk kerangka atau tubuhnya, Anda juga bisa mengetahui bagaimana hewan-hewan tersebut hidup di habitat masing-masing.

5. Taman Mexico

kebun-raya-bogor-taman-mexico

Taman ini berisi ratusan spesies tanaman Sukulen dengan ukuran beraneka ragam. Yang unik dan membuat taman ini menjadi salah satu spot menarik di Kebun Raya Bogor, adalah keberadaan 3 patung yang mengenakan topi khas Meksiko yang dikenal dengan nama topi Sombrero.

Selain menikmati kesejukan kawasan taman, di sini Anda juga bisa berfoto bersama ketiga patung khas Meksiko tersebut.

Simak dan baca juga : Taman Safari Bogor

Selain indah dan memiliki fasilitas serta wahana yang lengkap, tak dimungkiri bahwa tiket masuk Kebun Raya Bogor yang sangat terjangkau menjadi salah satu alasan dari banyaknya pengujung yang datang ke kebun raya ini setiap harinya. Bagi Anda yang menyukai tempat wisata sepert ini, maka jangan sampai lewatkan untuk mengujungi Kebun Raya Bogor saat musim liburan nanti.

Loading...

Curug Cimahi

Hansar
4 min read

Curug Cilember Bogor

Hansar
5 min read

Pantai Ujung Genteng

Hansar
4 min read

Curug Pangeran Bogor

Hansar
4 min read

Curug Luhur Bogor

Hansar
4 min read

Tempat Wisata Bandung

Wahyoeni
2 min read