Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas adalah salah satu kawasan konservasi berbagai jenis tanaman dan pepohonan yang juga sering dijadikan sebagai tempat berlibur oleh para wisatawan.

Panorama alam yang hadir di tempat ini berkat adanya tanaman dan pepohonan tadi, membuat siapapun yang datang ke Kebun Raya ini akan merasakan kenyamanan dan ketenangan tiada tara.

Bagi Anda yang suka berpetualang menikmati indahnya alam ciptaan tuhan, yuk, ikuti petualangan kami di Kebun Raya Cibodas berikut ini.

kebun-raya-cibodas-bogor

Sekilas Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas, taman Cibodas, atau ada juga yang meyebutnya dengan nama Cibodas bonatical garden adalah sebuah kawasan konservasi sekaligus obyek wisata yang keberadaannya sudah terkenal sejak dulu di kalangan wisatawan lokal tanah air dan juga mancanegara.

Di akhir pekan dan hari-hari libur nasional, lokasi Kebun ini biasanya akan dipenuhi oleh ratusan pelancong yang ingin menikmati keindahan Kebun Raya bersama teman, pasangan dan keluarga mereka.

Kebun Raya Cibodas menurut data sejarah dulunya dibangun oleh seorang ahli botani asal negeri kincir angin bernama johanes elias teijsman.

Teijsman yang memang konsen terhadap hal-hal yang berbau alam khususnya tanaman dan hewan, membuka Kebun Raya ini dengan tujuan awal sebagai tempat menanam pohon kina.

kebun-raya-cibodas-puncak-bogor

Namun setelah proses penanaman dan perawatan, pohon-pohon kina tersebut ternyata tidak bisa tumbuh sesuai harapan. Setelah dilakukan penelitian, ternyata masalahnya ada pada kecenderungan pohon kina yang memang tidak bisa tumbuh di lahan yang memiliki curah hujan hingga 2.380 mm per tahun seperti dikawasan Kebun Raya ini.

Diubahlah akhirnya rencana awal untuk menanam pohon kina di Kebun ini menjadi tempat menanam berbagai jenis tanaman tropis seperti paku-pakuan dan rujung.

Hingga kini, di Kebun Raya Cibodas tercatat ada sekitar 1.206 tumbunan dan pepohonan berbagai jenis yang bisa dinikmati pengunjung.

Daya Tarik Kebun Raya Cibodas

sejarah-kebun-raya-cibodas

Cukup sulit untuk menggambarkan keindahan Kebun Raya Cibodas dengan kata-kata. Saking sulitnya, seorang ahli fisiologi tumbuhan berkebangsaan belanda bernama Dr. FW. Went, bahkan menjuluki Kebun Raya ini dengan julukan surga firdaus untuk menggambarkan secara singkat apa saja yang ada di dalam Kebun Raya ini.

Menjejakkan kaki pertama kali di kawasan Kebun Raya Cibodas pengunjung atau para wisatawan akan disambut dengan sejuknya udara yang menyelimuti kawasan ini.

Berada di ketinggian kaki gunung gede pangrango sekitar 1.300 hingga 1.425 mdpl, membuat suhu udara di kawasan ini berkisar antara 17 – 27 derjat celcius. Dan sebagaimana yang kita ketahui, suhu udara di angka tersebut pastinya terasa sangat sejuk dan akan sangat menenangkan bagi tubuh.

Lanjut menyusuri setiap area Kebun Raya Cibodas, pengunjung akan disuguhkan pemandangan berupa padang rumput dan nuansa hijau yang bersumber dari tumbuhan dan pepohonan yang memenuhi kawasan Kebun Raya.

kebun-raya-cibodas-cianjur-bogor

Di tempat yang tidak terlalu jauh, suasana semakin terasa eksotis dengan adanya view perbukitan yang tampak menghijau.

Bagi Anda yang tidak ingin berlama-lama, Anda bisa langsung mengunjungi beberapa area yang menjadi spot favorit yang biasanya selalu ramai dipadati pengujung.

Setiap area berisi tumbuhan dan pepohohan dengan jenis berbeda-beda, dan tentunya memiliki ciri khas serta keunikan tersendiri.

Dan di akhir petualangan, Anda juga bisa beristirahan sambil menikmati sejuknya suasana di sebuah lokasi air terjun yang terletak tidak jauh dari kawasan Kebun Raya Cibodas.

Spot Favorit di Kebun Raya Cibodas

Berikut ini beberapa spot favorit yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di Kebun Raya Cibodas :

Taman Sakura

kebun-raya-cibodas-sakura

Spot pertama yang sangat ramai oleh pengunjung dan tentunya tidak boleh Anda lewatkan adalah spot taman sakura ini.

Seperti namanya, taman ini berisi ratusan pohon sakura dari 7 varian yang bisa tumbuh di Kebun Raya Cibodas.

Uniknya, jika di jepang bunga-bunga sakura hanya mekar sekali saja dalam setahun, maka di Kebun Raya Cibodas ini bunga-bunga sakura akan mekar dua kali dalam setahun yakni pada bulan Januari – Februari dan bulan Juli – Agustus.

Nah jika Anda ingin mendapati bunga-bunga sakura yang sedang mekar dengan indahnya, maka Anda bisa memilih waktu liburan pada bulan-bulan tersebut.

Rumah Kaca

kebun-raya-cibodas-rumah-kaca

Spot favorit berikutnya yang harus Anda datangi adalah spot rumah kaca ini. Spot ini berisi tak kurang dari 350 tanaman kaktus dan 360 bunga anggrek yang tumbuh dengan suburnya.

Selain itu, di spot rumah kaca ini juga ada 4.000-an tanaman lain yang dikoleksi. Ada juga bunga bangkai raksasa yang tumbuh tak jauh dari lokasi rumah kaca ini.

Taman Lumut

Dinamai taman lumut karena taman ini memang berisi beragam jenis lumut. Bahkan, di sini Anda akan mendapati sekitar 235 jenis lumut yang bisa dijadikan obyek ataupun latar foto.

Area Auracarua Avenue

kebun-raya-cibodas-Auracarua-Avenue

Spot inti di area ini sebenarnya adalah sebuah kolam besar yang bisa dijadikan tempat beristirahat ataupun menyegarkan tubuh.

Kemudian yang membuat spot ini unik dan menarik, adalah keberadaan pohon auracarua avenue yang konon telah berumur sekitar 150 tahun yang tumbuh di kiri kanan jalan yang mengarah ke kolam besar.

Taman Rhododendron

kebun-raya-cibodas-Taman-Rhododendron

Jika Anda ingin melihat berbagai jenis tanaman yang berasal dari luar Indoensia, maka di taman rhododendron inilah tempatnya.

Di sini Anda bisa menemukan tanaman yang berasal dari jepang, china dan juga indonesia tentunya.

Jalan Air

Wahana ini sengaja disiapkan oleh pengelola Kebun Raya Cibodas sebagai tempat atau lokasi bermain anak-anak.

Wahana ini berupa jalan air yang airnya bersumber dari gunung Gede Pangrango sehinga sangat jernih dan segar.

Wahana ini kerap dijadikan sebagai tempat berendam ataupun bermain air oleh anak-anak dan pengunjung dewasa.

Air Terjun Cibeureum

kebun-raya-cibodas-Air-Terjun-Cibeureum

Adanya Air Terjun Cibeureum secara tidak langsung menjadi daya tarik tersendiri yang mengundang banyak wisatawan untuk datang ke Kebun Raya Cibodas.

Meskipun letaknya berada di luar kawasan Kebun Raya, namun jaraknya tidak begitu jauh sehingga pengunjung yang datang ke Kebun Raya Cibodas juga selalu menyempatkan diri untuk datang ke lokasi air terjun ini.

Selain daya tarik di lokasi air terjun, sensasi pendakian melewati jalur atau track yang menghubungkan antara Kebun Raya Cibodas dengan lokasi air terjun cibeureum yang lumayan sulit menjadi tantangan tersendiri.

Bagi Anda yang gemar mendaki, maka tentu ini menjadi hidangan lezat yang tak boleh dilewatkan.

Alamat Kebun Raya Cibodas

harga-tiket-kebun-raya-cibodas

Kebun Raya Cibodas termasuk ke dalam kawasan taman nasional gunung gede pangrango. Alamat lengkapnya ada di Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Jika Anda datang dari jakarta, maka untuk sampai di lokasi Kebun Raya ini Anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam.

Sedangkan yang berasal dari pusat kota cianjur, perjalanan ke Kebun Raya bisa ditempuh kurang lebih selama kurang lebih 1 jam saja.

Jam buka Kebun Raya Cibodas

Berbeda dengan Taman Safari Bogor, Kebun Raya Cibodas hanya dibuka untuk kunjungan wisata pada siang hari saja. Jam operasionalnya dimulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Harga Tiket masuk Kebun Raya Cibodas

Harga tiket masuk terbaru Kebun Raya Cibodas pada tahun ini adalah Rp16.500 per orang. Bagi Anda yang membawa kendaaran pribadi, Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp5000 untuk sepeda motor dan Rp16.000 untuk roda empat.

tiket-masuk-kebun-raya-cibodas

Fasilitas dan Wahana Kebun Raya Cibodas

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, pengelola telah menyiapkan berbagai macam fasilitas dan wahana di lokasi Kebun Raya Cibodas.

Beberapa fasilitas umum yang tersedia di tempat wisata ini antara lain :

  • Pendopo
  • Shelter
  • Lavatory
  • Mushola
  • Lahan parkir
  • Camping ground seluas 3 hektar

Selain itu, di sini juga sudah tersedia outlet penjual makanan dan minuman serta warung yang menjual berbagai macam makanan berat khas Indonesia.

Yang terakhir, tersedia juga sarana transportasi bernama wara-wiri untuk berkeliling Kebun Raya dengan harga tiket Rp10.000 saja.

kebun-raya-cibodas-tutup-jam-berapa

Baca juga : Kebun Raya Bogor

Demikianlah akhir petualangan kita di Kebun Raya Cibodas Cianjur. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi ataupun aktifitas yang bisa Anda lakukan saat berlibur ke Kebun Raya Cibodas.

Loading...

Curug Cimahi

Hansar
4 min read

Curug Cilember Bogor

Hansar
5 min read

Pantai Ujung Genteng

Hansar
4 min read

Curug Pangeran Bogor

Hansar
4 min read

Curug Luhur Bogor

Hansar
4 min read

Tempat Wisata Bandung

Wahyoeni
2 min read