Kuntum Farm Field

Kuntum Farm Field, Jawa Barat

Jl. Teras Hijau Residence Jl. Raya Tajur No.291, RT.01/RW.01, Sindangrasa, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat

5 Ulasan

Waktu libur sekolah bisa dimanfaatkan untuk memberikan tambahan edukasi kepada anak-anak seputar ilmu pengetahuan yang mungkin belum didapatkan di sekolah.

Bagi Anda yang tinggal di Bogor, saat libur sekolah anak-anak bisa dibawa ke Kuntum Farm Field yang terletak di Bogor timur.

Di sana, anak-anak bisa berwisata sambil belajar ilmu baru seputar pertanian, peternakan, dan perkebunan.

kuntum-farm-field-bogor

Review Kuntum Farm Field

Kota Bogor sudah lama dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki banyak sekali obyek wisata.

Di kota yang dijuluki sebagai kota hujan ini berdiri aneka macam jenis tempat wisata mulai dari yang full menyuguhkan hiburan sampai yang dikonsep dengan paduan hiburan dan edukasi.

Nah Kuntum Farm Field, hadir dengan konsep eduwisata bertema agrowisata.

Artinya, obyek wisata ini dibangun sebagai sarana rekreasi sekaligus edukasi tentang tanaman dan hewan.

Oleh karena itu, berkunjung ke Kuntum Farm Field ini akan memberikan manfaat ganda yaitu hiburan dan juga ilmu pengetahuan tentang pertanian dan peternakan.

Daya Tarik Kuntum Farm Field

kuntum-farm-field-review
instagram.com/kuntumfarmfield

Kuntum Farm Field dibangun di atas lahan terbuka yang cukup luas di mana bagian depannya terdapat sebuah bangunan yang difungsikan sebagai lobi bagi para pengunjung.

Di area lobi ini, para pengunjung akan diberikan sebuah penutup kepala khusus yang harus dipakai saat menjelajah kawasan Kuntum Farm Field.

Selain itu, di area lobi ini juga ada beberapa kolam ikan yang menawarkan fish spa bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi pijat kaki oleh ikan-ikan.

Untuk mencoba fish spa ini, pengunjung harus membayar karcis sejumlah Rp30.000.

Setelah melewati pemeriksaan tiket masuk dan mendapatkan penutup kepala di lobi, para pengujung kemudian bisa melanjutkan penjelajahan ke semua area Kuntum Farm Field.

Kawasan Kuntum Farm Field dibagi menjadi beberapa area untuk mempermudah penjelajahan pengunjung.

Berikut ini area atau zona yang ada di Kuntum Farm Field :

1. Zona Tanaman Sayur

kuntum-farm-field-tajur
instagram.com/kuntumfarmfield

Area ini berisi aneka macam tanaman sayur seperti kubis, wortel, dan jenis tanaman sayur lainnya.

Pengunjung bisa menikmati area ini dengan melihat-lihat tanaman sayur dan juga mempelajari cara budidayanya.

Selain itu, pengunjung juga diziinkan untuk memetik dan membawa pulang aneka sayuran dari area ini setelah membelinya dengan harga yang pastinya lebih murah daripada harga sayuran di pasar.

2. Zona Hewan Ternak

Seperti namanya zona ini berisi aneka macam hewan ternak seperti biri-biri, kambing, domba, hingga sapi.

Ada juga beberapa hewan piaraan seperti kelinci yang menjadi hewan favorit anak-anak.

Agar penjelajahan Anda dan anak-anak di area ini lebih seru, Anda bisa membeli beberapa pakan ternak untuk diberikan langsung pada hewan-hewan piaraan.

Pakan ternak yang dijual di area ini salah satunya susu botol seharga 5 ribu sampai 10 ribu yang nantinya bisa Anda berikan pada kambing atau sapi.

3. Zona Unggas

Area ini khusus berisi aneka macam jenis unggas seperti angsa dan bebek. di sini juga dibuat beberapa anak sungai sebagai habitat bagi para unggas agar tampak seperti habitat aslinya.

4. Zona Berkuda

kuntum-farm-field-2019
instagram.com/kuntumfarmfield

Kuntum Farm Field juga menyediakan zona berkuda bagi para pengunjung yang ingin merasakan sansasi naik kuda.

Asyiknya, berkuda di tempat ini tidak mengharuskan Anda untuk bisa menunggang kuda terlebih dahulu karena Kuntum Farm Field juga sudah menyediakan instruktur atau pawang kuda yang siap menuntun Anda agar bisa naik kuda.

Dengan bimbingan para pawang kuda professional, Anda akan dibawa berkeliling zona dengan kuda sambil menikmati kesejukan dan kelamian Kuntum Farm Field.

5. Zona Tangkap Ikan

Menangkap ikan menurut beberapa orang bisa melatih kecermatan dan ketelitan. Nah untuk anak-anak apalagi yang masih dalam tahap pertumbuhan, mengajaknya bermain di zona ini tentu sangat menghibur dan bermanfaat.

Zona ini menyuguhkan permainan menangkap ikan-ikan kecil dengan jaring sebagai alat tangkapnya.

Sekilas memang terlihat sepele dan mudah. Namun untuk membuktikan mudah tidaknya menangkap ikan di zona ini, Anda sebaiknya mencobanya langsung.

6. Zona Bercocok Tanam

Di zona inilah Anda terutama anak-anak bisa belajar bagaimana bercocok tanaman yang benar.

Para pengunjung di zona ini akan diajarkan cara menanam, merawat sekaligus cara memanen tanaman secara organik.

7. Zona Asah Kreatifitas

kuntum-farm-field-tajur-bogor
instagram.com/kuntumfarmfield

Zona ini juga sangat penting untuk anak-anak. Di zona ini anak-anak bisa menuangkan ide dan kreatifitas mereka dengan cara menggambar dan mewarnai caping atau penutup kepala yang biasa digunakan oleh para petani.

Selain baik untuk melatih kreatifitas, untuk anak-anak usia 5 tahun kebawah zona ini juga sangat bermanfaat untuk mengenalkan mereka tentang jenis-jenis warna.

Selain hal-hal di atas, Kuntum Farm Field juga mengadakan pelatihan bagi para pengujung yang ingin mengetahui lebih dalam atau ingin mendapatkan keahlian seputar pertanian.

Anda bisa mengikuti pelatihan membuat pupuk kompos, budidaya tanaman obat, tanaman buah, hingga belajar tentang agribisnis di Kuntum Farm Field.

Alamat Kuntum Farm Field (h2)

lokasi-kuntum-farm-field
instagram.com/kuntumfarmfield

Lokasi Kuntum Farm Field berada di tempat yang cukup strategis dan mudah diakses karena banyaknya papan penunjuk jalan yang tersedia.

Alamat lengkap Kuntum Farm Field berada di Jln. Raya Tajur No.291, Sindangrasa, Bogor Timur, Bogor, Jawa Barat.

Untuk mengaksesnya dari pusat kota Bogor, Anda hanya perlu waktu sekitar 21 menit dengan jarak tempuh kurang lebih 7 kilometer saja.

Sedangkan bagi pengujung yang datang dari jakarta, perjalanan yang harus ditempuh untuk sampai di lokasi Kuntum Farm Field adalah sekitar 62 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh kurang lebih 2 jam berkendara.

Rute ke Kuntum Farm Field

Rute ke Kuntum Farm Field pun sangat mudah untuk ditemukan dengan memanfaatkan aplikasi Google Maps.

Kalau Anda berasal dari Jakarta, maka Anda hanya perlu menyusuri jalan tol Jogorawi hingga keluar pintu tol, kemudian mengikuti arah ke Kuntum Farm Field yang ditunjukkan oleh papan penunjuk jalan.

Jam Buka Kuntum Farm Field

jam-buka-kuntum-farm-field
instagram.com/kuntumfarmfield

Obyek wisata Kuntum Farm Field dibuka setiap hari dari pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WIB.

HariJam Operasional
Senin – Minggu08.00 – 18.00 WIB

Untuk Anda yang datang dari luar kota, sebaiknya berangkatlah lebih awal agar bisa menjelajah Kuntum Farm Field lebih puas sebelum pengunjung lain berdatangan.

Harga tiket Masuk Kuntum Farm Field

harga-tiket-masuk-kuntum-farm-field
instagram.com/kuntumfarmfield

Harga tiket masuk Kuntum Farm Field mungkin agak mahal bagi sebagian orang. Namun yakin saja, harga yang sedikit mahal ini sebenarnya sudah sebanding dengan hiburan dan ilmu yang akan Anda dapatkan.

Jenis TiketHarga Tiket
Tiket MasukRp40.000 (har kerja) – Rp50.000 (weekend, libur nasional)
Memberi Makan HewanRp5000
Tangkap IkanRp100.000

Di zona hewan ternak Anda bisa ikut serta memberi makan hewan-hewan seperti kambing dan sapi. Namun agar mendapatkan izin, Anda diharuskan untuk membayar karcis wahana seharga Rp5000.

Begitu juga bila anak-anak ingin mencoba permainan menangkap ikan di zona tangkap ikan. Mereka atau orang tuanya juga diharuskan untuk membayar tiket wahana yang agak mahal yaitu sebesar Rp100.000.

Fasilitas Kuntum Farm Field

Fasilitas juga menjadi hal yang tentunya diperhatikan oleh pengelola obyek wisata Kuntum Farm Field. Oleh karena itu, di tempat ini juga sudah tersedia fasilitas yang cukup memadai seperti area parkir, mushola, toilet, tempat makan, penjualan bibit, dan lain-lain.

fasilitas-kuntum-farm-field
instagram.com/kuntumfarmfield

Baca juga : Tempat Wisata di Bogor

Mengujungi tempat wisata memang sebaiknya dapat memberikan manfaat lebih selain hanya sekedar hiburan semata. Nah untuk mendapatkan manfaat lebih ini, Anda dan keluarga bisa datang ke Kuntum Farm Field Bogor.

Selain Kuntum Farm Field, di Bogor sebenarnya masih ada beberapa tempat wisata yang memadukan konsep hiburan dan edukasi. Obyek-obyek wisata tersebut antara lain Devoyage Bogor dan Kebun Raya Bogor.

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber dengan sangat memperhatikan ke-valid-an data-data nya. Oleh karena itu jika terdapat kekeliruan atau kesalahan informasi, kami harap Anda tidak keberatan untuk menyampaikannya pada kami.

5 Ulasan untuk Kuntum Farm Field, Jawa Barat

  1. Awalnya sempat ragu mau ke Kuntum Farmfield karena HTM yg agak mahal. Tiket masuk untuk Weekend 60 ribu rupiah sudah dapat 1 jenis makanan buat hewan. Saya pikir ya bakal gitu-gitu aja: anak-anak ngasih makan kambing, sapi, ikan, dll. Sudah banyak tempat begini. Tapi ternyata pas udah masuk, walaupun konsepnya ga baru, tempat ini sangat tertata dengan baik sehingga bikin betah dan mau untuk mengeksplorasinya.nnTempatnya luas, tapi ga terlalu cape untuk mengunjungi tiap spot-nya. Bagusnya datang ketika hari tidak panas terik. Tempat ini cocok untuk anak-anak kecil di bawah 10 tahun karena ya konsep dasarnya itu ya memberi makan hewan seperti domba, kambing, sapi, kerbau, bebek, burung, ayam, kelinci, marmut dan ikan. Ada arena naik kudanya juga @30rb per anak. Ada juga tanaman macam-macam, namun sepertinya bagi anak-anak kurang menarik. Bisa juga memanem tanaman yg ada di sini, nanti hasil panennya kita beli.nnYang paling menarik mungkin arena tangkap ikan. Jadi, kita beli ikan mas hidup per Kg, nanti kita sewa semacam kolam kecil dan ikan tersebut dimasukan ke kolam untuk ditangkap anak-anak. Sangat menyenangkan bagi anak-anak, jadi jangan lupa untuk membawa baju ganti. Kalau tanamannya sih kebetulan lagi sedikit yg berbuah, tapi yg paling menarik perhatian saya sih pohon Tin yg buahnya lebat sekali. Rasanya manis deh. Di sini juga banyak tempat jajanan dengan harga yg ga dimahalin deh.nnIntinya sih menurut saya HTM 60rb sudah worth it utamanya buat pengunjung yg bawa anak-anak. Suasana farm nya bikin betah. Untuk di Bogor saya kira tempat ini adalah farm dengan konsep terbaik. De Ranch masih kalah deh. Jadi, cocok juga buat yg udah bosen ke Kebun Raya Bogor atau yg malas buat macet-macetan ke puncak. nnSangat direkomendasikan.

  2. Kemaren karyawisata SD anakku kesana. Tempatnya luas, adem, pendoponya banyak dan luas. Anak2 diajak keliling liat2 hewan sama nangkep ikan mas. Mamah2nya poto2 deh, spot buat poto oke2 kok.

  3. Harga bersahabat.Variasi hewan banyak.Tempat tidak teelalu besar, tidak terlalu kecil juga. Jadi ga capek2 amat..Ada jual tanaman hias juga dgn harga yg bersahabat..

  4. pertama kesini 2th yll,, tempat seru buat tambah pengalaman anak2 usia 2-11th. htm lumayan mahal untuk (maaf) kalangan bawah kek saya, maksain kesini supaya anak punya pengalaman seru interaksi sama hewan peliharaan ato ternak, kalo mau tangkep ikan mahal sewa kolamnya kecuali rame2 bisa patungan, juga ada kebun sayur (walopun saat itu ga musim tanam kata salah 1 petani) harusnya ttp tanaman di kebunnya sesuaikan jenis tanaman nya dgn masa tanam. harga beli di kebun lumayan mahal juga. disini juga byk dijual bibit tanaman hias, sayur dan buah. soal harga sama juga agak tinggi. ga boleh bawa makanan tapi byk saung untuk istirahat. kalo yg mepet uang mending bawa bekal dr rmh. kuntum farmfield lebih cocok menengah atas karena mulai dari HTM, jajanan, foodcourt, bibit semua lumayan mahal,, jadi kalo mau kesini harus prepare uang saku agak lebih ya.

  5. Akses di lokasi sangat mudah. Aman untuk balita dan anak2. Untuk kursi roda atau stroller bayi juga bisa dipakai krn ada jalur khusus

Leave a Reply