Mandalawangi Camping Ground

Mandalawangi Camping Ground

Komplek Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cimacan, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253, Indonesia

6 Ulasan

Camping seru bersama teman atau keluarga masih menjadi opsi yang banyak dipilih para wisatawan untuk mengisi hari libur.

Jika Anda tinggal di sekitaran Cianjur, salah satu tempat camping yang bisa Anda coba adalah Mandalawangi Camping Ground Cibodas.

Di lokasi camping ini Anda tidak hanya bisa berkemah saja. Namun, pengelola camping ground sudah menyediakan berbagai wahana mulai dari area outbound hingga spot foto yang bisa Anda jelajahi.

Yuk, simak berikut ini ulasan lengkap tentang obyek wisata Mandalawangi Cibodas Camping Ground. Berapa harga tiket Mandalawangi, biaya sewa tenda, rute jalan hingga paket camping keluarga.

Ulasan Singkat Mandalawangi Camping Ground

Camping Ground Cibodas
source: instagram.com/wisata_cibodas/

Padatnya aktifitas di tempat kerja bisa mempengaruhi kesehatan mental. Ditambah kehidupan kota yang penuh masalah, membuat fikiran jadi stress dan mood kurang baik.

Jika ini yang terjadi, saatnya Anda meluangkan waktu di hari libur untuk mencari suasana tenang di tempat wisata.

Dan, kalau Anda sudah bosan ke tempat-tempat wisata yang biasa-biasa saja, maka bisa coba ke Camping Ground Mandalawangi Cibodas.

Camping ground ini sudah lama menjadi bumi perkemahan favorit para pecinta alam dan para wisatawan penyuka aktivitas wisata terbuka.

Karena selain bisa berkemah, di tempat ini ada banyak aktifitas menarik yang bisa pengunjung lakukan.

Liburan ke Mandalawangi Camping Ground akan lebih seru jika dilakukan bersama rombongan teman atau keluarga.

Alasannya, aktifitas wisata di tempat camping ini memang lebih asyik jika dilakukan beramai-ramai daripada seorang diri.

Dan benar saja, wisatawan yang berlibur ke Mandalawangi Cibodas biasanya datang secara berombongan.

Ada yang datang bersama teman kuliyah, teman kerja, hingga rombongan keluarga yang membawa serta anak-anak mereka.

Harga Tiket Masuk Mandalawangi Camping Ground

Mandalawangi Cibodas
source: instagram.com/bukitgolfcamp/

Harga tiket masuk atau tiket camping di Mandalawangi Cibodas cukup murah.

Per malamnya, Anda hanya akan dipunguti biaya sewa lahan sebesar Rp. 18.500 saja.

JenisHarga
Tiket MasukRp. 18.500

Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya sewa peralatan camping seperti tenda, matras dan yang lainnya.

Jadi kalau Anda tidak membawa peralatan camping dari rumah, Anda tentu harus menyiapkan dana lebih untuk menyewa peralatan tersebut.

Biaya Camping di Mandalawangi Cibodas

Semua bahan atau fasilitas camping sudah tersedia lengkap di Camping Ground Mandalawangi Cibodas.

Biaya sewa selengkapnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini:

JenisHarga Sewa
Tenda PletonRp. 900.000 – Rp. 1.200.000
Tenda CitarumRp. 200.000
Tenda DomeRp. 75.000 – Rp. 100.000
Tenda ReguRp. 100.000
Sleeping BagRp. 15.000
MatrasRp. 10.000 – Rp. 20.000
Api UnggunRp. 200.000
PeneranganRp. 175.000

Biaya sewa peralatan camping di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Kalau Anda punya informasi biaya sewa tenda terbaru di Mandalawangi Nature Camp, silahkan tambahkan di kolom komentar, ya.

Rute Menuju Lokasi Camping Mandalawangi

Mandalawangi Cibodas Nature Camp
source: instagram.com/bukitgolfcamp/

Alamat lengkap mandalawangi camping ground berada di Komplek Pasar Lapang Mandalawangi, Jl. Raya Cibodas, Cimacan, Cianjur, Jawa Barat.

Kalau Anda pernah berkunjung ke Kebun Raya Cibodas atau ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, maka Anda tidak akan kesulitan menemukan rute jalan ke Mandalawangi Cibodas.

Sebab, lokasi camping ground ini berada di sebelah utara balai besar TNGGP. Lebih tepatnya lagi, Mandalawangi Camping Ground ini bersebelahan dengan Kebun Raya Cibodas.

Pengunjung yang datang dari Jakarta dan Bandung hanya memerlukan waktu berkendara sekitar 2 sampai 3 jam saja untuk menuju lokasi camping.

Dari Jakarta, bumi perkemahan ini berjarak sekitar 95 kilometer. Sedangkan dari Bandung, tempat camping ini berjarak sekitar 85 kilometer.

Hal Menarik di Mandalawangi Cibodas

Di camping ground Mandalawangi tersedia beragam wahana dan fasilitas yang siap memanjakan pengujung.

Inilah yang membedakan bumi perkemahan ini dengan bumi perkemahan yang lain. Pengunjung tidak hanya bisa berkemah saja, tapi juga bisa melakukan aktifitas menarik berikut ini.

1. Trekking

Rute Ke Mandalawangi
source: instagram.com/malictpict/

Jalan yang menghubungkan pintu masuk ke area camping didesain agar pengunjung bisa merasakan sensasi trekking.

Area camping ini ada dua yaitu di area bawah dan di area atas.

Nah, untuk sampai di area camping bagian atas pengunjung harus melewati jalan yang diapit oleh taman luas.

Meski lintasannya tidak terlalu panjang, tapi menyusuri jalan setapak yang dihiasi aneka pepohonan rindang memang menghadirkan sensasi tersendiri.

2. Camping Seru

Tiket Masuk Mandalawangi
source: instagram.com/koalaadventureindonesia/

Inilah aktifitas utama yang bisa pengunjung lakukan di Mandalawangi Camping Ground Cibodas.

Anda bisa menggelar tenda dan menikmati serunya sensasi camping ramai-ramai.

Siang harinya Anda bisa berkegiatan bersama wisatawan lain di wahana outbound.

Sementara malam harinya, Anda bisa bercengkerama bersama teman-teman ditemani api unggun dan kopi hangat.

3. Wahana Outbound

Biaya Camping Di Mandalawangi
source: instagram.com/ryanthalib/

Selanjutnya Anda juga bisa menikmati kegiatan di area outbound Mandalawangi Cibodas.

Ada beberapa pilihan wahana di area outbound ini seperti flying fox dan panjat tebing.

Flying fox cukup menarik dicoba dengan lintasannya yang tepat berada di atas sungai.

Baca juga: Tafso Barn Lembang.

4. Kolam Renang

Siapa sangka di bumi perkemahan ini ada juga wahana kolam renangnya.

Meskipun sederhana, tapi sudah cukup untuk menyalurkan hobi renang para wisatawan.

Kolam renang ini berukuran sedang dengan kedalaman yang hanya cocok untuk orang dewasa.

5. Danau Mandalawangi

Fasilitas Di Mandalawangi
source: instagram.com/pezpur8810/

Kegiatan yang tak kalah serunya untuk dicoba adalah menjelajahi danau Mandalawangi dengan kano.

Wahana kano ini bisa dinaiki oleh tiga hingga empat orang.

Jadi, Anda bisa mendayung kano bersama istri dan anak-anak mengelilingi danau mandalawangi cibodas.

6. Air Terjun Rawa Gede

Mandalawangi Cibodas Camping Ground
source: instagram.com/ranting_stage22/

Air terjun ini letaknya di utara bumi perkemahan. Untuk sampai di lokasi air terjun, wisatawan harus membelah hutan dengan medan jalan yang menantang.

Bisa dikatakan bahwa air terjun ini letaknya sangat tersembunyi. Karena itu, hingga kini kondisi sekitar air terjun masih sangat alami dan asri.

Penutup

Yup, jadi itulah ulasan singkat tentang obyek wisata Mandalawangi Camping Ground Cibodas. Meskipun harga tiket Mandalawangi ini cukup murah, tapi wahana dan fasilitasnya sangat lengkap.

Baca juga: Rumah Air.

Harga sewa tenda dan fasilitas lainnya mungkin agak mahal kalau ditanggung sendiri. Karena itu, lebih baik ajak serta teman dan keluarga Anda agar biayanya bisa ditanggung bersama.

6 Ulasan untuk Mandalawangi Camping Ground, Jawa Barat

  1. Tempat wisata sekaligus lokasi berkemah yang recommended banget! Pas buat liburan sekaligus melakukan eksplorasi dan berpetualang.

  2. Tempatnya masih bersih, namun untuk kepadatan jumlah pengunjungnya melebihi kapasitas pada hari minggu, 12 September. Untuk kamar mandi gratisnya diperbanyak. Mengingat apabila tempat wisata dengan kamar mandi berbayar kurang pas.

  3. Padahal tempatnya enak tapi disini lebih banyak punglinya beda sama yg di lapangan golf, kalo di mandalawngi di kamar mandi bawah yang dkt warung sungai ituu bayar terus setiap ke kamar mandi penjaga kamar mandinya ibu ibu .. mandi 5k , buang air kecil 3k , kalo sehari ke kamar mandi berkali kali waduhh-_- kalo di golf untuk kamar mandi cukup bayar 5k untuk kebersihan jadi gaada bayar bayar lagi selama kalian camping .. cuma karena di golf lagi tutup jadi mau gamau di mandawangi dkt sungai danau. . Untuk camp disini harus siap sedia uang yg cukup lumayan yaa karena biayanya lumayan. Masuk pintu kawasan cibodas : 12.500/org. Masuk motor : 3000/mtr. Masuk perkemahan : 30.000/org. Parkir motor : 15.000/mtr. Penitipan helm : 2.500/helm. Kamar mandi setiap kali masuk bayarrr yaa jannlupa , kmrn saya sempet lupa ngantongin uang karena mlm mlm kebelet pipis .. trs ditanya tanya sama ibunya “kamu siapa” gtu gtu wkwk akhirnya saya balik ke tenda ambil uang, dan paginya saya mandi mau masukin uangnya ke kotaknya ehh diminta sama ibunyaaa udah kasih saya aja uangnya gausa dimasukin kotak wkwk … Siapin logistik smua dari rmh ya karena lumayan harganya. Air mineral 1liter : 12.000. Royco 1nya 2000

  4. Kalo kalian yang ke Bogor bosen dengan berlibur menginap di villa. “Nah” cobain yang satu ini cocok bangat untuk keluarga. Bisa edukasi juga untuk yang mempunyai anak kecil di sini di lembah mandalawangi.’ Kita bisa kemping di sini … Ettt. Untuk kalian yang ga punya tenda jangan kawatir di sini juga kita bisa sewa perlengkapan kemping lohhhh.. . Untuk sewa tenda dari yang kapasitas 3 orang sampai 7 orang gays…jadi jangan kawatir untuk yang kesini dengan keluarga….. . Untuk parkiran lumayan luwas nanti di tunjukin parkirannya sama juru parkir.. . Untuk kalian yang mau ke lembah Mandalawangi ke nomor HP ini ya 085720068956 EO (kang Dedi Mulyadi) nanti apa yang di butuhkan untuk kemping di sediakan di tempat. Kita sampe tinggal nikmati alam lembah Mandalawangi…… . Untuk harga sewa kemping dengan EO kang Dedi menurut gw cukup murah apalagi gw bawa keluarga besar.. Jadi tunggu apa lagi piknik dengan keluarga dengan udara sejuk.😁✌️. . Oh iya satu lagi kalo mau kemping di sini bawa bekal yang cukup dan kempingnya pilih dekat sungai spot yang sangat bagus .

  5. Kesana lagi pas hari biasa, sepi…ga ada warung yang buka didalam. Toilet tersedia dan bersih. Udara sejuk, adem. Tempatnya lumayan luas. Ada sungai yang bersih dan airnya dingin banget.

  6. suasananya menyenangkan dan udaranya sangat sejuk cenderung dingin apalagi habis mandi di sungainya wow dingin di tambah cuaca diguyur gerimis hujan suasana menjadi syahdu

Tinggalkan Balasan