Mata Air Cimincul

Jika berbicara tentang destinasi wisata di Jawa Barat, Subang memang masih kalah pamornya dengan daerah lainnya seperti Sukabumi ataupun Garut. Selain Ciater, praktis Subang tidak memiliki objek wisata lainnya yang dikenal secara luas oleh publik. Padahal sebenarnya Kabupaten Subang memiliki banyak sekali lokasi wisata dan surga tersembunyi yang menunggu ditemukan dan menjadi hits baru dalam objek wisata populer.

Sumber Mata Air Cimincul Subang

Salah satu objek wisata di Subang yang sedang naik popularitasnya adalah Mata Air Cimincul. Ya, sesuai namanya tempat wisata ini merupakan objek wisata kolam mata air yang sangat jernih sehingga sekilas terlihat seperti sebuah kolam kaca.

Terima kasih kepada media sosial, Mata Air Cimincul yang dahulu hanya dianggap sebagai kolam air biasa. Tidak lebih dari sekedar sumber mata air bagi warga sekitarnya. Namun kini mata air Cimincul menjadi objek wisata populer yang selalu ramai dikunjungi baik di hari biasa maupun akhir pekan oleh wisatawan.

Mata Air Cimincul

Hal tersebut sekaligus membuktikan bahwa Subang memang memiliki banyak potensi wisata yang menjanjikan. Dengan semakin dikenalnya berbagai obyek wisata di Subang, seperti pemandian air panas di Ciater resort, maka Kota Subang semakin terkenal.

Simak dan baca juga wisata di pemandian air panas Ciater Subang.

Lokasi Kolam Mata Air Cimincul

Letaknya tidak jauh dari pusat Kota Subang, yakni hanya berjarak sekitar 27 kilometer atau 90 menit berkendara melalui jalan darat. Sementara jika dari anda datang dari Bandung bisa mencapai tempat ini dengan menempuh perjalanan kurang lebih sejauh 30 kilometer atau 2 jam perjalanan darat.

Lokasi kolam mata air Cimincul di Desa Pasanggrahan, kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Jika Anda datang dari Jakarta Anda hanya perlu menuju ke arah Bandung melalui jalur Tol Cipali dan keluar melalu gerbang tol Kalijati. Setelahnya Anda akan memasuki jalan Cijambe yang kemudian mengarahkan Anda ke jalan Cagak, hingga akhirnya anda akan sampai ke Desa Pasanggrahan.

Sesampainya di Desa Pasanggrahan, Anda akan dengan mudah menemukan lokasi Mata Air Cimincul. Nanti akan banyak tulisan yang menunjukkan ke arah lokasi mata air Cimincul. Letaknya berdekatan dengan pabrik air mineral PT Tirta Investama atau yang lebih dikenal dengan merek dagang Aqua

Secara harfiah, Cimincul berarti air yang timbul. Kata tersebut berasal dari bahasa Sunda yang terdiri dari kata “Cai” dan “Mincul”. Cai berarti air, dan Mincul berarti muncul, sehingga lahirlah kata serapan Cimincul. Penamaan tersebut memang tidak lepas dari kebiasaan penamaan sederhana khas orang Jawa Barat.

Cimincul yang berarti air timbul memang mendeskripsikan gambaran objek wisata ini secara keseluruhan. Yakni sumber mata air yang airnya menyembur keluar hingga membentuk sebuah kolam.

Sebagai objek wisata memang sekedar mata air terdengar sangat sederhana, namun tunggu dulu, jangan nilai objek wisata dari namanya saja. Faktanya, meski terlihat sederhana, Mata Air Cimincul punya pesona dan keindahan yang membuat banyak orang berduyun-duyun datang ke lokasi ini.

Terdapat dua kolam air jernih dengan kedalaman hanya sekitar 50 hingga 120 centimeter. Tidak dalam dan sangat aman bagi anak-anak dan orang-orang yang tidak bisa berenang. Di sekitar kolam dikelilingi hamparan sawah yang hijau dan kenanekaragaman vegetasi yang menambah kesan asri dan alami. Ditambah fasilitas pendukung yang mulai dibangun akan menambah pengalaman berwisata di sini menjadi lebih maksimal.

Simak dan baca juga lokasi desa wisata Bunihayu Subang.

Harga Tiket Masuk Kolam Mata Air Cimincul

Untuk memasuki kawasan wisata Mata Air Cimincul tidak membutuhkan biaya yang mahal. Harga tiket masuk sangat bersahabat bagi kantong pelajar maupun anak kostan. Hanya dengan membayar 9 ribu Rupiah, Anda sudah bisa menikmati jernihnya Mata Air Cimincul sepuasnya yang buka dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 18.00 sore.

Air kolam di sini sangat jernih dan sebening kaca, bahkan bebatuan dan tanaman di dasar kolam dapat terlihat jelas dari luar kolam. Karena itu juga Mata Air Cimincul menjadi spot favorit bagi para pemburu foto dalam air (underwater) yang ingin eksis di media sosial.

Mata Air Cimincul Subang

Paduan air yang berkilau dan vegetasi dasar kolam akan menjadi kombinasi yang dapat menghasilkan foto keren dan instagramable. Tidak masalah juga jika anda hanya ingin menikmati sensasi kesegaran mandi di air super jernih yang airnya bersumber langsung dari mata air.

Atau Anda hanya ingin sekedar bersantai menikmati pemandangan alam sekitar. Tidak akan ada yang melarang,  karena memang ada banyak cara untuk menikmati wisata Mata air Cimincul ini. Jika lapar datang, tidak perlu khawatir dan bingung mencari mencari makan jauh-jauh. Di sekitar objek wisata telah ramai pedagang makanan dan rumah makan yang menyediakan aneka ragam kuliner khas Subang.

Jangan lupa untuk mencicipi paket nasi liwet khas Subang yang disediakan oleh hampir semua penjaja makanan di sekitar lokasi wisata. Dan pastinya dengan harga yang sangat terjangkau dan murah meriah.

Mata Air Cimincul telah memberikan berkah bagi banyak orang. Dulu bagi warga sekitar hanya digunakan sebagai sumber air untuk mengairi perkebunan dan persawahan saja. Namun kini juga menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan buat warga sekitar yang menjajakan makanan dan menyewakan jasa perlengkapan renang.

Dengan dijadikannya sumber mata air Cimincul menjadi obyek wisata membuka pintu rezeki bagi mereka yang membuka rumah makan di sekitar lokasi mata air. Sementara bagi masyarakat umum tentu saja Mata Air Cimincul menjadi objek wisata alternatif bagi mereka yang mencari sensasi berwisata dan berenang di mata air yang masih terjaga kealamiannya.

Dengan segala keindahan dan pesona yang dimiliki Mata Air Cimincul, sudah selayaknya Mata Air Cimincul ini menjadi tujuan destinasi wisata yang patut anda pertimbangkan untuk dikunjungi ketika anda berada di Kabupaten Subang.

Mata Air Kasumber

Selain Mata Air Cimincul, sebenarnya Desa Pasanggrahan menyimpan banyak potensi wisata lain yang bisa Anda nikmati. Terdapat juga mata air Kasumber yang juga merupakan sumber mata air alami lainnya yang terdapat di Desa Pasanggrahan.

Mata air kasumber

Berbeda dengan Mata Air Cimincul, mata air ini merupakan milik PT Tirta Investama sekaligus menjadi sumber air untuk memproduksi air mineral Aqua. Meski demikian, pengunjung tetap boleh menikmati kesegaran mandi di kolam mata air ini.

Mata air Kasumber juga memiliki pesona yang tidak kalah dengan Mata Air Cimincul. Airnya sangat jernih, hingga batu-batuan di dasar kolam dapat terlihat jelas dari sisi luar kolam. Dan juga beningnya air selalu dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mengambil foto bawah air dengan hasil foto yang maksimal.

Selain objek wisata mata air, desa Pasanggrahan juga menyimpan potensi wisata keterampilan dan cindera mata yang dihasilkan oleh warga desa. Penduduk sini terkenal dengan keahliannya dalam membuat gula aren, aneka olahan sagu, dan rengginang yang renyah dan enak.

Selain itu juga terdapat makanan khas desa Pasanggrahan yang disebut Pakreng yang terbuat dari bahan dasar singkong. Selain berwisata sumber mata air, mengunjungi desa Pasanggrahan membuat Anda bisa memiliki banyak pengalaman unik dan tak terlupakan. Hal ini dikarenakan banyaknya aktivitas dan pilihan kuliner yang dapat Anda bawa pulang sebagai cindera mata atau oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Simak dan baca juga lokasi wisata di Tangkuban Perahu Subang.

Demikian informasi tentang obyek wisata sumber mata air Cimincul yang berada di Subang. Semoga informaasi lokasi wisata ini bisa menambah wawasan Anda tentang tempat wisata di Subang. Ketika Anda berkunjung ke Subang, bisa Anda sempatkan untuk berkunjung ke lokasi wisata ini.