Merapi Park

Merapi Park atau The World Landmarks Merapi Park adalah salah satu tempat wista di Jogja yang mengusung konsep wisata edukasi dan taman rekreasi.

Di dalamnya selain menikmati keindahan warna warni bunga, Anda juga bisa melihat dan mempelajari sejarah bangunan-bangunan bersejarah di dunia sekaligus berfoto bersama bangunan-bangunan tersebut.

Nah, seperti apa keseruan berlibur di Merapi Park Jogja dan apa saja yang bisa Anda lakukan di sana? Yuk, ikuti penjelajahan kami di salah satu tempat wisata paling kece dan paling favorit di Jogja ini.

merapi-park-yogyakarta

Sekilas Merapi Park Jogja

Tidak dimungkiri bahwa Jogja adalah salah satu daerah di Indonesia yang kerap dikunjungi para wisatawan untuk mengisi waktu libur bersama keluarga.

Di kota yang terkenal dengan julukan kota gudeg ini, terdapat berbagai jenis tempat wisata mulai dari wisata alam hingga taman rekreasi.

Sejalan dengan hal itu, baru-baru ini tepatnya pada tanggal 25 Juni 2017 silam, di Jogja telah diresmikan dan dibuka sebuah obyek wisata baru bertema taman bermain yang dilengkapi dengan taman bunga dan replika bangunan-bangunan bersejarah di dunia sebagai daya tarik utamanya.

merapi-park-sleman

Menyasar pengunjung milenials yang hobi photography, tempat ini menyediakan berbagai macam spot berfoto yang pastinya sangat menarik untuk dicoba.

Alamat dan Rute Menuju Merapi Park Jogja

Lokasi atau alamat lengkap Merapi Park Jogja berada di Jalan Kaliurang KM.22, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Untuk sampai di lokasi tempat wisata ini dari pusat kota Jojga, Anda hanya butuh waktu sekitar 48 menit berkendara melewati jalan Palagan Tentara Pelajar, dengan jarak tempuh sekitar 23,3 kilometer.

Sementara itu mengenai akses jalan ke merapi Park Jogja, Anda bisa menggunakan berbagai macam moda transportasi. Jalanan yang akan Anda lalui sudah cukup bagus yang mana semua jalurnya sudah terhotmik.

Rute ke Merapi Park Jogja

merapi-park-2019

Selanjutnya mengenai rute ke Merapi Park Jogja, Anda bisa memulai perjalanan dari pusat kota Jogja ke arah utara melewati jalan Abu Bakar ali.

Dari sini, lanjutkan lagi perjalanan Anda ke arah bundaran Universitas Gajah Mada (UGM) melewati jalan Cik Di Tiro.

Sesampainya di bundaran UGM, ambil arah kiri kemudian lanjut hingga sampai di perempatan ringroad melewati jalan Persatuan.

Nah dari sini, Anda kemudian bisa melanjutkan perjalanan ke arah utara melalui jalan Kaliurang hingga melewati jalan museum Gunung Merapi yang merupakan rute terakhir untuk sampai di lokasi Merapi Park Jogja.

alamat-merapi-park-jogja

Untuk memudahkan Anda menemukan rute terbaik ke tempat wisata The World Landmarks Merapi Park, Anda bisa mengakses rutenya melalui aplikasi Google Maps.

Sebagai referensi, berikut ini peta lokasi obyek wisata Merapi Park Sleman yang kami ambil dari Google Maps :

Jam Operasional

Obyek wisata ini dibuka setiap hari baik di hari kerja ataupun hari libur. Jam operasionalnya bisa Anda lihat pada tabel jam buka Merapi Park berikut ini :

HariJam Operasional
Senin-Jum’at (kecuali hari Selasa)08.30-17.00 WIB
Sabtu-Minggu dan Hari Libur Nasional09.00-16.30 WIB

Harga Tiket

tiket-masuk-merapi-park

Harga tiket masuk Merapi Park Jogja bisa dikatakan cukup terjangkau bila dibandingkan dengan apa yang akan Anda temukan di dalam.

Detail harga tiketnya bisa Anda lihat di bawah ini :

HariHarga Tiket
Hari KerjaRp15.000 / Orang
Hari LiburRp20.000 / Orang
WahanaHarga Tiket
Kids WaterparkRp10.000
Replikas Taman SatwaRp10.000

Selain membayar tiket masuk dan tiket wahana, bagi Anda yang datang dengan kendaraan pribadi maka diwajibkan untuk membayar retribusi parkir sebesar Rp2000 untuk sepeda motor, Rp5000 untuk mobil, dan Rp10.000 untuk bus.

Fasilitas dan Wahana

fasilitas-merapi-park

Fasilitas serta wahana wisata yang ada di The World Landmarks Merapi Park tentunya sudah tersedia dengan cukup lengkap.

Selain fasilitas berbayar, di sini juga sudah disiapkan beberapa fasilitas gratis seperti :

  • Area Parkir
  • Pondok Peristirahatan
  • Kamar Kecil
  • Gazebo
  • Tempat Sampah
  • Cafe

Kemudian untuk wahana wisatanya, di lokasi wisata Merapi Park Jogja sudah tersedia berbagai macam wahana yang bisa dieksplore pengujung seperti spot foto berupa bangunan atau replika landmarks terkenal dunia, bangku malas, taman bunga, jempringan, replika taman satwa, dan kids waterpark.

Spot Foto di Merapi Park Jogja

Meski bisa melakukan beragam aktifitas wisata seperti di Tempat Wisata Romantis di Jogja ini, namun spot-spot yang tersedia di lokasi wisata Merapi Park sebenarnya lebih pas untuk wisata foto. Ini dikarenakan obyek wisata tersebut memang lebih menyasar pengujung yang berasal dari kaum muda yang gemar berbagi foto di media sosial.

Berikut beberapa spot foto menarik di Merapi Park Jogja :

1. Brandenburg Gate

merapi-park-Brandenburg-Gate

Spot foto pertama yang tak boleh Anda lewatkan tatkala berkunjung ke Merapi Park Jogja adalah spot Brandenburg Gate. Spot ini berupa sebuah gapura yang terletak di pintu masuk obyek wisata Merapi Park.

Ternyata, wahana atau spot ini adalah miniatur monumen bersejarah dan terkenal yang wujud aslinya berada di Jerman sana.

Sebelum atau setelah membeli tiket, Anda bisa berhenti sejenak di spot ini untuk mengambil beberapa foto.

2. Menara Pisa

merapi-park-menara-pisa

Siapa yang tak kenal dengan monumen ikonik bernama menara Pisa ?

Jika selama ini Anda hanya bisa melihatnya di film-film berlatar negara Italia ataupun lewat gambar-gambar di media cetak dan online, kini Anda bisa berpose dengan latar miniatur menara Pisa yang ada di Merapi Park Jogja.

Meski hanya berupa miniatur saja, replika menara Pisa yang ada di The World Landmarks Merapi Park ini dipastikan akan membuat foto Anda tampak unik dan cantik.

3. Menara Eiffel

merapi-park-menara-eiffel

Monumen yang satu ini hampir sama terkenalnya dengan menara Pisa. Anda juga pasti mengenal dan ingin berfoto di dekat menara yang hanya ada di Prancis ini bukan?

Nah, kabar baiknya menara ini juga sudah ada miniatur atau replikanya di Merapi Park, jadi Anda juga bisa berfoto dengan gaya apapun bersama miniatur menara Eiffel ini kalau berkunjung ke sana.

4. Patung Liberty

merapi-park-patung-liberty

Monumen paling terkenal dan menjadi salah satu monumen nasional Amerika Serikat ini juga sudah ada miniatur nya di lokasi wisata Merapi Park Jogja. Bahkan miniatur patung liberty ini dibuat sangat mirip dengan aslinya sehingga siapapun kemungkinan besar tidak akan menyangka bahwa patung liberty yang ada bersama Anda di dalam foto hanya replika saja.

5. Kincir Angin Belanda

merapi-park-kincir-angin-belanda

Ini adalah salah satu spot yang paling banyak diburu wisatawan untuk dijadikan background foto. Di sekitarnya juga sudah disiapkan hiasan berupa bunga-bunga tulip untuk memberikan warna pada hasil foto yang Anda dapatkan di spot ini.

Yang unik, bunga-bunga tulip ini ternyata juga bukan bunga asli melainkan hanya hiasan foto saja.

6. Pos Office Box dan Telepon Box London

merapi-park-Telepon-Box-London

Meski tidak mengandung kisah sejarah, namun kedua benda ini sangat terkenal dan merupakan benda ikonik di Inggris.

Bagi Anda yang penasaran terhadap kedua benda ini dan ingin berfoto di dekatnya, maka sekarang replika nya juga bisa Anda temukan di lokasi wisata Merapi Park.

7. Burj Al Arab

merapi-park-burj-al-arab

Wahana atau spot yang satu ini adalah spot foto terbaru yang dibangun untuk menambah pilihan spot foto bagi para pengujung.

Jika Anda belum mengetahui, Burj Al Arab adalah sebuah hotel tertinggi nomor 3 di dunia yang terletak di Dubai.

Nah jika ke Dubai tidak memungkinkan, maka datang saja ke lokasi wisata Merapi Park dan puaskan diri Anda berfoto di spot miniatur Burj Al Arab ini.

Selain ketujuh spot di atas, di lokasi wisata The World Landmarks Merapi Park masih ada beberapa spot foto lain yang tidak kalah menarik untuk dieksplore.

Spot-spot yang dimaksud antara lain Indian Village, Big Ben London, Pagoda, New York Love, tokoh kartun Masha and Bear, Air Mancur, dan Spot Bingkai Love.

merapi-park-view

Baca juga : Tempat Wisata di Jogja

Bagaimana ? cukup lengkap dan menarik kan, wahana-wahana yang ada di lokasi wisata Merapi Park Jogja ini. Karena itu, yuk, segera atur jadwal dan ajak teman-teman atau keluarga Anda untuk berlibur ke The World Landmarks Merapi Park.

Loading...

Tempat Wisata di Subang

Wahyoeni
8 min read

Planet Waterboom Subang

Wahyoeni
4 min read

Ranca Upas

Hansar
6 min read

Kawah Putih

Hansar
4 min read

Tempat Wisata di Karawang

Wahyoeni
3 min read

Orchid Forest

Hansar
4 min read