Mojosemi Forest Park

Mengunjungi obyek wisata alam yang menawarkan keindahan dan kenyamanan suasana adalah salah satu cara terbaik untuk sedikit melupakan beban hidup dan kalutnya fikiran.

Jika Anda berdomisili atau akan rekreasi ke Jawa Timur, wisata alam semacam ini bisa Anda temukan di kabupaten Magetan, tepatnya di obyek wisata Mojosemi Forest Park.

Yup, Mojosemi Forest Park akhir-akhir ini memang sedang naik daun lantaran banyaknya foto-foto keindahannya plus suasana liburan orang-orang di lokasinya yang tersebar di berbagai media sosial.

Dari foto-foto tersebut, diketahuilah bahwa di tempat itu saat ini telah tersedia berbagai wahana dan fasilitas penunjang wisata yang sangat lengkap dan bervariasi.

mojosemi-forest-park-magetan

via instagram.com/ratnaditnasidharta

Booming-lah akhirnya hutan Mojosemi yang dulunya hanya dikenal sebagai tempat camping, menjadi tempat yang sangat menarik sebagai destinasi wisata.

Dan hasilnya sudah bisa ditebak. Obyek wisata ini sekarang menjadi salah satu wana wisata favorit di Magetan dengan ratusan pengunjung setiap harinya.

Nah, jika Anda penasaran dan ingin berkunjung ke Mojosemi Forest Park, sebelum berangkat silahkan baca dulu ulasannya berikut ini.

Mojosemi Forest Park

Magetan adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur.

Perihal destinasi wisata, Kabupaten Magetan punya Telaga Sarangan yang pastinya sudah sangat familiar di telinga wisatawan tanah air.

Selain itu, di kabupaten ini juga berdiri Gunung Lawu yang kerap dijadikan obyek pendakian oleh para pendaki dan pencinta alam.

Di kaki gunung tersebut, Mojosemi camping ground menjadi salah satu rest area yang sering digunakan para pendaki untuk mendirikan tenda sebelum melanjutkan pendakian.

Namun saat ini rest area itu sudah dipermak dengan tambahan berbagai wahana permainan dan juga spot-spot foto.

mojosemi-forest-park-sarangan
via instagram.com/amel_arsyfa30

Indahnya panorama alam yang tersaji di kawasan tersebut, membuahkan ide untuk mengubahnya dari sekedar lokasi camping menjadi tempat wisata.

Dibekali suasana alam yang sejuk karena terletak di atas ketinggian sekitar 1398 mdpl, tempat camping di hutan Mojosemi itu kemudian dilengkapi berbagai wahana serta fasilitas dan diresmikan sebagai tempat wisata bernama Mojosemi Forest Park.

Mojosemi Forest Park dibangun sebagai tempat wisata bertema agrowisata.

Di lokasinya wisatawan bisa menikmati pesona alam yang indah dan nyaman sebagai tempat bersantai.

Di sisi lain, wisatawan yang gemar dengan aktifitas outdoor juga akan terpuaskan dengan wahana permainan yang menghibur dan menantang.

Lalu di sisi lainnya, wisatawan yang hobi selfie juga bisa eksis dengan berbagai fose di spot-spot foto yang tersebar di sekitar kawasannya.

Wahana Wisata (Permainan)

Untuk Anda yang suka dengan wahana permainan menantang sekaligus menguji adrenalin, Mojosemi Forest Park sudah dilengkapi dengan wahana-wahana semacam itu.

Misalnya bagi yang datang bersama teman atau anggota komunitas, di sana sudah ada wahana paintball yang sangat seru untuk permaianan berbasis tim.

Kemudian bagi yang suka bermain di atas ketinggian, di sana juga sudah tersedia berbagai pilihan permainan bertema high rope adventure.

Lalu bagi yang gemar menjajal jalur menantang dengan ATV, Mojosemi Forest Park juga menyediakan wahana ATV yang siap digunakan berpetualang.

mojosemi-forest-park-tawangmangu
via instagram.com/dwifatmatauf

Tidak cukup sampai di situ, di tempat wisata ini juga ada wahana menunggang kuda dan wahana panahan.

Bahkan bagi wisatawan yang suka offroad, di sana ada satu wahana yang cukup terkenal dan menyedot perhatian lebih yaitu wahana jeep lawu tour.

Wahana jeep lawu tour ini disediakan bagi wisatawan yang hobi menjajal jalur-jalur ekstrem di tengah hutan layaknya para offroader.

Hanya dengan biaya sekitar Rp. 150.000, Anda dan 3 orang teman bisa menikmati sensasi menegangkan sekaligus mengocok adrenalin saat menembus jalur berlumpur dan berbatu menggunakan mobil jeep.

Wahana-wahana lainnya yang biasa kita temukan di wana wisata obutbound juga tersedia di Mojosemi Forest Park. Sebut saja misalnya flying fox, war game, hingga wahana air soft gun.

Baca juga: Selecta Malang

Camping Ground

Kawasan yang saat ini digunakan sebagai lokasi wisata Mojosemi Forest Park sejak tahun 2016 sudah digunakan sebagai area camping ground.

Dan hingga sekarang meskipun telah berkembang sebagai tempat wisata, area camping tersebut masih tetap ada bahkan semakin dilengkapi dengan berbagai pilihan fasilitas sesuai kategori.

Jika ingin bermalam di area camping, Anda bisa memilih 3 kategori tenda yang disediakan pengelola berdasarkan fasilitas yang dimiliki.

Ketiga kategori tersebut yaitu wahana deck camp, container forest camp, dan lawu forest camp.

camping-ground-mojosemi-forest-park
via instagram.com/sivarayatour

Berikut ini deskripsi dari masing-masing pilihan wahana camping di Mojosemi Forest Park:

Deck Camp

Memilih wahana ini Anda akan mendapatkan tenda yang nyaman dengan fasilitas berupa 2 spring bad, selimut, dan bantal.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan fasilitas tambahan seperti air mineral, teh, gula, kopi, kamar mandi air hangat, dan tiket serta kupon wisata gratis.

Container Forest Camp

Jika sanggup membayar mahar sekitar Rp. 750.000 hingga Rp. 950.000, untuk mendapatkan suasana dan tenda yang lebih nyaman Anda bisa menyewa wahana camping di area container forest camp ini.

Selain fasilitas berupa TV yang tidak didapatkan di wahana camping deck camp, ukuran tempat tidur yang lebih luas serta ranjang susun juga menjadi kelebihan container forest camp.

Selain itu di kategori ini Anda juga akan mendapatkan fasilitas sarapan gratis dan juga tiket serta kupon wisata.

Lawu Forest Camp

Karena merupakan kategori paling istimewa, bermalam di wahana lawu forest camp tentu lebih nyaman daripada dua kategori camping sebelumnya.

Di kategori ini Anda akan mendapatkan tambahan fasilitas berupa 3 jenis spring bed dengan ukuran berbeda-beda, TV, sarapan gratis, dan kamar mandi air hangat.

Kemudian Anda juga akan mendapatkan fasilitas tiket dan kupon gratis yang bisa digunakan untuk menikmati wahana permainan di Mojosemi Forest Park.

Baca juga: Rawa Bayu Banyuangi

Spot Foto Instagenic

mojosemi-forest-park-instagram.com
via instagram.com/nnvttaa

Keindahan alam yang tersaji secara alami di kawasan wisata ini membuat pengelola dengan mudah menghadirkan spot-spot foto cantik, unik, dan instagenic.

Beberapa spot foto yang bisa dipilih yaitu spot foto hammock, payung warna-warni, spot T-Rex atau Dinosaurus, spot Gorilla raksasa, dan spot foto berlatar frame love.

Selain itu di sekitar kawasan wisata juga masih banyak spot-spot foto alami yang bisa di-eksplore sesuai kreatifitas Anda masing-masing.

Alamat dan rute Menuju Lokasi

Tempat wisata ini beralamat lengkap di Jalan Raya Telaga Sarangan, Sarangan, Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur.

Untuk sampai di lokasi wisata ini dari pusat Kota Magetan, kita hanya memerlukan waktu tempuh berkendara sekitar 30 menit dengan jarak tempuh kurang lebih 19 kilometer.

Sementara itu rute ke Mojosemi Forest Park bisa Anda temukan dengan mudah menggunakan aplikasi Google Maps.

Pada aplikasi tersebut, silahkan masukkan titik lokasi kedatangan dan biarkan aplikasi menemukan serta menyarankan rute tercepat yang bisa Anda lalui.

Lokasi wisata ini sebenarnya cukup dekat dari obyek wisata Telaga Sarangan ataupun Cemoro Sewu.

Jadi kalau pernah mengunjungi kedua tempat wisata tersebut, maka Anda pastinya akan bisa menemukan lokasi Mojosemi Forest Park dengan sangat mudah.

Jam Buka

wahana-wisata-mojosemi-forest-park
via instagram.com/ratnaditnasidharta

Obyek wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore.

HariJam Operasional
Setiap Hari09.00 – 17.00 WIB

Meski setiap harinya selalu didatangi pengunjung, namun jika ingin suasana yang lebih sepi sebaiknya tidak datang saat weekend atau hari-hari libur karena pengunjungnya akan lebih ramai dari biasanya.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki obyek wisata ini tentunya kita harus membeli tiket masuk.

Selain itu, wahana-wahana di dalamnya juga tidak gratis alias butuh biaya untuk mencobanya.

Berikut harga tiket masuk dan tiket wahana di Mojosemi Forest Park Magetan Regency East Java:

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp. 10.000 – Rp. 25.000
ATVRp. 30.000
Sky WalkRp. 100.000
High Rope AdventureRp. 10.000
Air Soft GunRp. 75.000 – Rp. 100.000
War GameRp. 100.000
BerkudaRp. 40.000
Deck CampRp. 550.000 – Rp. 650.000
Container Forest CampRp. 750.000 – Rp. 950.000
Lawu Forest CampRp. 750.000 – Rp. 950.000

Oh ya, sebelum tiba di lokasi wisata ini kita akan melewati gerbang Telaga Sarangan.

Nantinya di gerbang tersebut kita juga akan dimintai retribusi tiket masuk beberapa ribu rupiah.

Karena itu sebelum atau setelah berlibur di Mojosemi Forest Park, jangan lupa nikmati juga suasana santai di Telaga Sarangan.

Fasilitas Umum

harga-tiket-masuk-mojosemi-forest-park
via instagram.com/saniasani

Tempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai.

Selain wahana, fasilitas umum yang akan kita temukan di tempat wisata ini diantaranya area parkir, gazebo, toilet, mushola, meeting room, dan tempat makan.

Hotel Terdekat

Bagi yang tidak cukup dengan fasilitas yang ada di area camping ground, di sekitar kawasan wisata juga ada beberapa hotel yang bisa disewa dengan fasilitas yang tentunya lebih mewah.

Beberapa rekomendasi hotel di dekat Mojosemi Forest Park antara lain Kintamani Hotel, Putri Duyung Guest House, Telaga Mas International Hotel, Villa Tiara, Red Hotel Sarangan, dan Hotel Nirwana Sarangan.

Hotel-hotel di atas selain dekat dari tempat wisata, juga menyediakan berbagai fasilitas yang akan menghadikan pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Selain itu meskipun fasilitasnya memadai, hotel-hotel di atas bisa disewa dengan biaya yang cukup murah yaitu antara Rp. 150.000 hingga Rp. 500.000 saja per malamnya.

hotel-dekat-mojosemi-forest-park
via instagram.com/heruspf

Baca juga: Coban Rondo Malang

Demikianlah ulasan lengkap tentang obyek wisata Mojosemi Forest Park Sarangan. Jika masih penasaran dengan obyek wisata ini, sebaiknya segera rencanakan waktu yang tepat untuk liburan ke sana.

Berlibur ke tempat wisata ini akan lebih seru jika dilakukan secara beramai-ramai. Jadi, jangan lupa ajak teman-teman dan anggota keluarga yang lain.

Loading...

Pulau Bawean

Hansar
6 min read

Sumber Maron

Hansar
6 min read

Wisata Religi di Tuban

Wahyoeni
3 min read

Tempat Wisata di Surabaya

Hansar
5 min read

Gili Ketapang

Hansar
3 min read

Tempat Wisata di Malang

Wahyoeni
3 min read