Museum Macan

museum-macan

Bila sedang berada di Jakarta dan ingin melepas penat dengan mengunjungi tempat wisata, maka tidak ada salahnya memilih Museum Macan. Apalagi bagi kalian yang gemar dan menyukai karya seni, maka Museum Macan Jakarta adalah lokasi yang sangat tepat untuk kalian kunjungi. Di sana tersedia tak kurang dari 800 karya seni lokal dan mancanegara yang siap memanjakan mata.

Tapi sebelum berkunjung ke sana, yuk, simak dulu ulasan kami berikut ini mengenai Museum Macan Jakarta yang terkenal dengan ragam wahana pameran karya seni kontemporernya itu. Apa saja yang ada di sana, berapa harga tiket masuknya, lokasinya di mana, semuanya akan kalian temukan jawabannya sebentar lagi. Yuk, scroll ke bawah dan baca terus artikel ini.

museum-macan-jakarta
via instagram/devidngz

Museum Macan

Selain Museum Macan, Jakarta sebenarnya memiliki beberapa tempat rekreasi yang punya konsep agak mirip dengan Museum Macan. Sebut saja ada Taman Ismail Marzuki, Planetariaum Jakarta, Galeri Salihara, ataupun Galeri Nasional, yang kesemuanya menawarkan pagelaran atau pertunjukan seni sebagai suguhan utama kepada para pengunjung.

Namun yang membedakan Museum Macan atau yang juga dikenal dengan nama Museum Of Modern And Contemporary Art In Nusantara ini dengan tempat sejenis lainnya adalah di museum atau galeri seni ini kalian akan menemukan banyak karya seni yang berasal dari luar Indonesia. Bahkan, jumlah karya seni kontemporer karya seniman luar negeri yang ada di museum ini mencapai setengah atau 50% dari jumlah keseluruhan karya seni yang ada.

Di dalamnya ada karya seni yang dihasilkan oleh seniman Jepang, Amerika, China, Eropa, dan negara-negara Asia lainnya. Beberapa seniman luar yang karyanya dipamerkan di museum ini antara lain Yoyoi Kusama dari Jepang, Lee Mingwei dari Thailand, On Kwara dari Jepang, dan Arahmaiani yang berasal dari Amerika. Mereka ini adalah para seniman kawakan yang sudah diakui sebagai seniman kelas dunia.

museum-macan-dimana
via instagram/dickynugrh

Lokasi Museum Macan Jakarta

Lokasi Museum Macan Jakarta terletak di tempat yang cukup stratergis. Hal ini membuat objek wisata ini akan mudah diakses dari manapun kalian datang.

Alamat lengkap Museum Macan berada di Jln. Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Indonesia.

Lokasinya berdekatan dengan beberapa tempat rekreasi lainnya yang juga terkenal di Jakarta seperti misalnya Tugu Monas, yang hanya berjarak sekitar 9,5 kilometer dari Museum Macan. Kemudian ada ada juga tempat wisata Central Park, yang hanya berjarak tidak lebih dari 3 kilometer dari museum ini.

Sementara mengenai rute, kalian bisa memilih salah satu dari 2 referensi rute ke Museum Macan berikut ini:

Rute Dari Pusat Kota Jakarta

Untuk kalian yang merupakan warga Jakarta, perjalanan ke Museum Macan bisa dimulai dengan menaiki Transjakarta atau bus Kopaja T57 dengan trayek Terminal Blok M.

rute-ke-museum-macan
via instagram/museummacan

Dari terminal tersebut kalian selanjutnya arahkan tujuan ke Halte Kebayoran Lama menggunakan Metromini type S70 ataupun S74.

Nah kemudian dari Halte Kebayoran Lama, lanjut lagi naik Transjakarta dengan arah Kebon Jeruk sebelum naik angkot KWK b03 untuk menuju ke Museum Macan.

Rute Dari Luar Kota

Rute ini dengan asumsi keberangkatan dari arah Bekasi. Mulailah dengan naik kereta api menuju stasiun Manggarai, lalu menuju Kampung Bandan, kemudian turun di stasiun Tanah Abang Jakarta.

Dari stasiun tersebut, lanjutkan ke arah Stasiun Serpong, kemudian ke Halte Pasar Kebayoran Lama. Nah dari halte ini, naikilah Transjakarta koridor 8 yang akan mengarah ke Halte Kebon Jeruk.

Dari Halte Kebon Jeruk, Museum Macan bisa kalian akses dengan menumpangi angkot warna merah KWK B03.

museum-macan-tiket
via instagram/naomikristina

Kedua rute di atas sebenarnya sangat mudah untuk diikuti. Namun jika kalian masih bingung, silahkan cari saja peta lokasi Museum Macan beserta rute terdekat melalui aplikasi Google Maps di Android dan IOS.

Harga Tiket Masuk Museum Macan

Harga tiket masuk Museum Macan memang agak mahal. Namun akan sebanding dengan apa yang bisa kalian nikmati nanti ketika sudah berada di dalam.

Berikut ini harga tiket yang harus dibeli pengunjung agar bisa memasuki Museum Macan Jakarta:

  • Dewasa – Rp. 100.000 per orang
  • Anak-anak – Rp. 80.000 per orang
  • Pelajar – Rp. 90.000 per orang

Selain tiket umum di atas, pengelola museum juga menerapkan sistem tiket dengan program keanggotaan. Berikut ini harganya:

  • Anggota Individu – Rp. 300.000
  • Anggota Pelajar – Rp. 180.000
  • Anggota keluarga – Rp. 750.000 (2 anak dan 2 dewasa)
museum-macan-yayoi-kusama
via instagram/wiliansoni

Fasilitas Museum Macan

Mengenai fasilitas di Museum Macan tentu sudah tersedia dengan lengkap. selain fasilitas berupa wahana wisata. Di sana juga tersedia fasilitas umum seperti area parkir, ruang menyusui, penitipan barang, ruang P3K, tempat ibadah, hingga toilet untuk difabel.

Penginapan Dekat Museum Macan

Khusus bagi kalian yang ingin menginap di dekat tempat rekreasi Museum Macan, di bawah ini beberapa rekomendasi tempat menginap yang bisa kalian pilih.

Penginapan atau hotel dekat Museum Macan:

  • Crowne Plaza Hotel – Rp. 964.000 per malam
  • Hotel Ciputra Jakarta – Rp. 550.000 per malam
  • Hotel 88 Kedoya Jakarta – Rp. 370.000 per malam
  • Hotel Menara Peninsula – Rp. 508.000 per malam
  • Business Hotel Tomang & Airy – Rp. 150.000 per malam

Selain 5 hotel di atas, di sekitar lokasi museum juga masih ada banyak tempat menginap dengan fastilitas dan harga sewa yang lebih mahal. Tinggal sesuaikan saja dengan selera dan budget yang kalian miliki.

tiket-museum-macan
via instagram/soehardihartono

Wahana Menarik dan Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Banyak hal yang bisa kalian lakukan dalam rangka berlibur di Museum Macan. Selain melihat berbagai macam bentuk rupa karya seni, di dalam kalian juga akan menemukan beberapa spot atau wahana menarik yang cukup instagramable sebagai lokasi berfoto. Kalian yang termasuk anak milenials pasti menyukainya bukan?

Nah berikut ini beberapa wahana menarik di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN).

Dots Obsession

Spot atau wahana ini menjadi penyambut kalian saat pertama kali memasuki bangunan museum. Spot ini berisi bola berwarna kuning dengan ukuran besar, yang dihiasi titik hitam yang tersebar random di semua bagian bola.

Wahana ini adalah buah tangan seniman Jepang Yayoi Kusama. Di sini kalian bisa melihat-lihat bola, atau juga bisa berfoto dengan bola-bola tersebut.

Baca juga tempat kren lainnya di Jakarta seperti Ocenpark BSD

Experiments In Japan

Wahana ini juga merupakan karya seni dari Yayoi Kusama. Bentuknya berupa sebuah objek tanaman yang dibuat dengan beberapa bahan seperti labu, bunga, dan polkadot yang mirip dengan yang ada di wahana Dots Obsession. Ternyata keberadaan polkadot memang menjadi salah satu ciri khas dari karya-karya Yayoi Kusama.

harga-tiket-museum-macan
via instagram/md.renald

Oh ya, karya seni Experiments In Japan ini konon dibuat Yayoi karena terinspirasi oleh kondisi masyarakat di jepang yang berubah pada tahun 1973. Entah apa maskud atau makna yang terkandung di dalam karya seni tersebut. Tapi yang pasti, karya seni ini terlihat cukup unik dan membuat siapapun akan berpikir keras untuk menemukan makna yang dibawanya.

Infinity Mirrored Room

Ini adalah spot yang paling menarik dan unik, serta instagenic banget sebagai tempat berfoto. tapi sayangnya pengunjung yang memasuki wahana Infinity Mirrored Room ini hanya diberikan jatah waktu sekitar 10 detik saja.

Karya seni yang lagi-lagi dibuat oleh Yayoi Kusama ini berupa sebuah ruangan yang dipenuhi oleh kaca, dan berisi bola warna-warni dengan berbagai ukuran. Keindahan dan keunikannya benar-benar akan terlihat setelah difoto atau dijadikan background foto.

Kalian akan melihat bola berwarna-warni dalam jumlah tak hingga seolah seperti bintang yang memenuhi angkasa saat malam hari. Pokoknya benar-benar indah dan sangat unik.

Love Forever

Spot ini berupa sebuah ruangan yang berhias lukisan monokrom karya Yayoi Kusama. Lukisan-lukisan yang dibuat sekitar tahun 2004 hingga 2007 ini terlihat agak berbeda dari kayra seni Yayoi pada umumnya yang berciri khas cerah.

tiket-masuk-museum-macan-jakarta
via instagram/jktgo

Namun satu hal yang pasti. Spot ini juga cukup menarik dan bisa dicoba sebagai spot berfoto. Tapi ingat, sebelum mulai jepret sana sini, sebaiknya kalian minta izin dulu pada petugas atau pengelola museum apakah dibolehkan atau tidak mengambil foto di spot Love Forever ini.

Wisata Dekat Museum Macan

Di jarak yang tidak terlalu jauh dari Museum Macan, kalian bisa menemukan tempat-tempat liburan lain yang juga tak kalah menarik. Ini mungkin dibutuhkan oleh kalian yang ingin menjelajah dua atau lebih lokasi wisata dalam sekali liburan.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang dekat dengan lokasi Museum Macan beserta perkiraan jaraknya dari museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara:

  • Kidzania Jakarta – 6 kilometer
  • Mall Taman Anggrek – 3 kilometer
  • Jakarta Aquarium – 3 kilometer
  • Taman Suropati – 7 kilometer
  • Monas – 7 kilometer
  • Taman Ismail Marzuki – 12 kilometer

Yang paling jauh jaraknya dari museum adalah Taman Ismail Marzuki. Namun jika kalian memang benar-benar pencinta seni, maka sangat sayang apabila kalian belum pernah mengunjunginya. Di sana ada beragam karya seni dan pentas seni yang menarik untuk kalian nikmati.

harga-masuk-museum-macan
via instagram/bagaskoroo

Tips Wisata Ke Museum Macan

Tidak lengkap rasanya apabila tidak menyertakan beberap tips wisata agar liburan kalian lebih maksimal. Karena itu, berikut ini beberapa tips wisata ke Museum Macan yang sebaiknya kalian ikuti.

  • Selalu cek kondisi kesehatan dan kebugaran sebelum pergi berlibur kemanapun tujuannya. Jika memang sedang tidak sehat atau kurang fit, maka sebaiknya liburan dibatalkan atau diundur saja.
  • Siapkan semua kebutuhan yang akan kalian bawa ke tempat liburan, sehari atau paling tidak di malam hari keberangkatan. Ini cukup penting agar esoknya kalian tidak tergesa-gesa karena harus mencari dan menyiapkan barang bawaan.
  • Selalu datang lebih awal agar kalian punya lebih banyak waktu meng-eksplore semua wahana atau spot yang ada.
  • Sebelum berangkat sebaiknya cek dulu jadwal pameran karya seni yang akan dipamerkan di Museum Macan. Kalian bisa mencari informasi jadwal pameran di akun-akun media sosial tempat wisata ini atau di situs resmi Museum Macan ini.
  • Agar di lokasi kalian tidak terlalu berjejalan dengan pengunjung lain, sebaiknya datang lah pada hari kerja. Sebab jika datang di hari libur, maka siap-siap saja museum ini akan penuh sesak oleh banyaknya pengunjung.
  • Yang terakhir selalu taati peraturan yang ditetapkan pengelola tempat wisata, jangan sampai melanggar apalagi sengaja melawan aturan.
beli-tiket-museum-macan
via instagram/farnoorisya

Baca juga tempat-tempat wisata di Jakarta yang menarik

Warga Jakarta ataupun pendatang yang ingin mencari hiburan atau meluangkan waktu senggang memang tidak perlu kebingunan lagi untuk mencari lokasi wisata yang tepat. Tidak perlu jauh-jauh ke luar kota, cukup datangi saja tempat-tempat wisata yang banyak tersebar di dalam kota Jakarta, salah satunya ya ke Museum Macan Jakarta ini.

Tempat Wisata di Jakarta

Edy
6 min read

Oceanpark BSD

Edy
5 min read

Taman Ismail Marzuki

Edy
6 min read