Orchid Forest

orchid-forest

Orchid Forest adalah salah satu tempat wisata terbaru di Lembang, Bandung, Jawa Barat. Objek wisata ini sedang menjadi buah bibir di kalangan wisatawan lantaran keindahannya yang seakan menghipnotis setiap pelancong yang datang.

Orchid Forest sangat recomended sebagai destinasi liburan kalian bersama keluarga. Apalagi bila kalian adalah penyuka bunga, maka jangan lewatkan tempat wisata yang satu ini saat berada di Bandung.

Nah, apa saja yang membuat tempat ini tiba-tiba menjadi viral dan menjadi primadona baru di belantika wisata di Bandung? Yuk, baca ulasan kami mengenai Orchid Forest berikut ini.

orchid-forest-lembang
instagram/orchidforestcikole

Orchid Forest Cikole

Kawasan Lembang di Bandung Barat memang sarat dengan tempat-tempat wisata alam kekinian yang terus bermunculan bak jamur di musim hujan. Para pengelola tempat wisata di sana seperti saling berlomba membangun tempat-tempat wisata baru yang sesuai perkembangan zaman dan mengikuti trend kehidupan milenials.

Dan yang terbaru, di lembang kini muncul tempat wisata yang mengusung konsep taman bunga anggrek bernama Orchid Forest. Berbekal 157 spesies anggrek yang didatangkan dari seluruh dunia, tempat wisata ini digadang-gadang akan menjadi taman anggrek terbesar di Indonesia, Asia, bahkan Dunia.

Suguhan pertama Orchid Forest untuk para pengunjungnya adalah panorama alam khas dataran tinggi yang selalu memukau dipandang mata. Hijau rimbunan tanaman di setiap sudut, terasa sempurna dengan balutan hawa udara yang sejuk memberi rasa nyaman.

Kawasan Orchid Forest memiliki luas sekitar 12 hektar. Di dalamnya ada berbagai jenis anggrek yang terawat dengan sangat baik. Dari sekitar 157 spesies yang ada, kalian bahkan bisa mendapatkan jenis anggrek yang keberadaannya sudah jarang ditemukan seperti anggrek Kantong Semar, Anggrek Hitam, dan beberapa anggrek dari golongan yang bernama paraphalaenopsis laycocky.

orchid-forest-bandung
instagram/orchidforestcikole

Tidak tanggung-tanggung, selain anggrek yang berasal dari Indonesia, anggrek-anggrek di Orchid Forest juga didatangkan langsung dari luar negeri. Di taman ini nantinya kalian akan mendapati anggrek-anggek yang berasa dari Amerika Serikat, Peru, hingga Venezuela.

Selain taman anggrek yang menjadi wahana utamanya, keberadaan pohon pinus yang tumbuh tak terhitung jumlahnya juga menjadi daya tarik dan faktor yang membuat suasana di tempat wisata ini begitu sejuk dan terasa nyaman.

Adanya beberapa wahana tambahan seperti coffee shop, area outbound, spot kuliner, serta spot-spot foto Instagramable, semakin membuat meriah dan variatif aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung.

Jadi saat berada di Orchid Forets, jangan bayangkan kalian hanya bisa melihat anggrek saja. Namun, di sana kalian juga bisa bermain dan bersenang-senang layaknya di tempat wisata yang lain.

Bukan hanya itu saja, sejak awal Orchid Forest ini memang dikonsep tidak hanya sebagai taman anggrek yang peruntukannya hanya untuk dilihat-lihat saja. Tapi, pengunjung yang datang ke sini juga bisa langsung berinteraksi dengan bunga anggrek, belajar menanam dan merawatnya, hingga belajar bagaimana cara mengobati anggrek yang sakit.

orchid-forest-cikole
instagram/orchidforestcikole

Orchid Forest memang dikonsep sebagi ecowisata dan ecotourism yang tidak hanya menjadi tempat wisata semata, tapi juga sebagi tempat belajar tentang segala hal yang berkaitan dengan anggrek.

Oh iya, sekedar informasi, taman anggrek ini diresmikan dan mulai dibuka untuk kunjungan wisatawan pada tahun 2017 kemarin. Sejak di-launching, antusiasme masyarakat terhadap tempat liburan ini sangatlah tinggi.

Karena hal tersebut, pengelola Orchid Forest berkomitmen untuk terus menjadikan taman anggrek ini sebagai yang terbaik dan nantinya membuatnya sebagai museum anggrek dunia. semoga saja terwujud.

Lokasi Orchid Forest Lembang

Lokasi Orchid Forest tidaklah sulit untuk temukan. Tempat wisata ini berdekatan dengan tempat outbound lainnya seperti Bandung Treetop Adventure Park, Cikole Jayagiri Resort, dan juga Terminal Wisata Grafika Cikole.

Sementara mengenai alamat Orchid Forest, tempat wisata ini berada di Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

orchid-forest-cikole-lembang
instagram/orchidforestcikole

Alamat tersebut kalau diakses dari pusat kota Bandung, membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara dengan jarak 20 kilometer.

Kemudian untuk mendapatkan rute ke Orchid Forest yang bisa kalian lewati juga cukup mudah. rute tercepat dan terbaik untuk menuju ke lokasinya bisa kalian dapatkan via Google Maps. Silahkan buka aplikasi Google Maps di Smartphone Android kalian, tulis nama tempat wisata ini, maka peta lokasi Orchid Forest dan rute jalan yang dapat dilewati pun akan ditampilkan.

Harga Tiket Masuk Orchid Forest Bandung

Harga tiket masuk Orchid Forest ini mungkin akan terasa cukup mahal, tapi percaya saja harganya sudah setara dengan apa yang akan kalian dapatan saat berada di dalam nanti.

Untuk memasuki tempat wisata ini, kalian harus membayar tiket masuk dengan harga Rp. 30.000 per orang baik di hari kerja ataupun saat weekend.

Dan kalau membawa serta kamera DSLR, kalian juga harus siap membayar biaya masuk tambahan sebesar Rp. 50.000. Juga kalau datang dengan kendaraan pribadi, ada biaya parkir sebesar Rp. 5000 untuk mobil, dan Rp. 2000 untuk sepeda motor yang wajid dibayar.

orchid-forest-cikole-penginapan
instagram/orchidforestcikole

Fasilitas Orchid Forest Cikole Lembang

Pengelola sudah menyiapkan fasilitas yang lengkap di dalam area tempat wisata ini. beberapa diantaranya bahkan masih dalam tahap pembangunan dan pemugaran agar tetap berada dalam kondisi terbaik.

Selain fasilitas gratis semacam area parkir, mushola atau tempat ibadah, toilet, dan lain-lain, di sini juga tersedia lebih dari sepuluh fasilitas wisata yang bisa kalian eksplore.

Berikut ini bebepa fasilitas atau wahana wisata yang ada di Orchid Forest:

Spot Outbound

Di sini bisa kalian temukan area outbound yang sangat luas untuk melakukan berbagai kegiatan seperti Family Gathering, Character Building, Team Building, hingga Fun Games. Ada juga wahana bermain seperti Highrope dan juga Flying Fox bagi kalian yang menyukai permainan uji adrenalin.

Coffee Corner

Tidak lengkap rasanya saat berkunjung ke sebuah tempat wisata tapi tidak menyicipi segela kopi hangat pun. Ungkapan ini bisa kalian interupsi dengan mendatangi area coffee corner di Orchid Forest. Lokasinya berada tepat di pintu masuk.

orchid-forest-lembang-tiket-masuk
instagram/orchidforestcikole

Di sini, kalian bisa menikmati kopi hangat spesial dari Armor Kopi yang berkerjasama dengan pengelola tempat wisata ini.

Area Food Court

Tidak perlu khawatir kalau sewaktu-waktu perut terasa lapar. Di Orchid Forest juga telah disediakan area food court yang menjual berbagai macam menu kuliner khas lembang dan juga mancanegara.

Tea House Corner

Tidak hanya kopi. Jika kalian adalah penggemar teh, maka di area Tea House Corner inilah tempatnya. Di sini kalian bisa menikmati segelas teh hangat sambil menikmati sejuknya suasana di Orchid Forest.

Taman Kelinci

Taman kelinci ini mungkin mirip dengan yang ada di Rabbit Town atau di Farmhouse Lembang. di sini kalian atau anak-anak bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan berbagai jenis kelinci yang pastinya lucu dan menggemaskan.

tiket-orchid-forest-lembang
instagram/orchidforestcikole

Pusat Jualan Anggrek

Tidak puas hanya melihat anggrek di sini saja dan ingin membawanya pulang? Tidak masalah karena kalian pun bisa membawa pulang beberapa anggrek pilihan setelah membelinya dari area pusat jualan anggrek Orchid Forest ini.

Panahan

Olahraga yang satu ini sekarang mulai banyak digemari orang-orang. Jika kalian salah satunya, maka kalian pun bisa mencobanya di area panahan ini.

Selain wahana dan fasilitas di atas, di tempat wisata ini masih banyak wahana lain yang bisa kalian jelajahi seperti Taman Baca Anak, Green House, Air Soft Gun Activity, Picnic Area, Camping Ground, Spot Photography, Down Hill Track, Sky Bridge, dan area Penangkaran Rusa.

rute-ke-orchid-forest
instagram/orchidforestcikole

Wisata Dekat Orchid Forest

Setelah puas menikmati segala hal yang ada di Orchid Forest, bagi kalian yang ingin melanjutkan liburan ke tempat lain, di dekat Orchid Forest juga masih banyak tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Beberapa yang kami rekomendasikan yakni Farmhouse Lembang, Maribaya Narural Hot Spring, Lembah Dewata, dan Kampung Gajah. Selain dekat, tempat-tempat wisata ini juga memiliki daya tarik tersendiri dan sudah terkenal di kalangan wisatawan.

wahana-orchid-forest
instagram/orchidforestcikole

Baca juga tempat wisata menarik lainnya di Jawa Barat seperti Telaga Warna

Nah, kiranya hal-hal yang tertulis di atas lah yang telah membuat Orchid Forest Lembang ini menjadi begitu cepat mencapai ketenaran di kalangan wisatawan. Meskipun masih tergolong tempat wisata terbaru di Bandung, tapi pesonanya telah membuat siapa saja tak mau menunggu lama untuk segera mengunjunginya. Lalu bagaimana dengan kalian sobat? Kapan nih kalian bakal berkunjung ke sana?

Tempat Wisata di Banten

Edy
5 min read

Penginapan Murah di Bandung

Wahyoeni
2 min read

Ciater Highland Resort

Wahyoeni
4 min read