Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah salah satu obyek wisata pantai yang bisa Anda kunjungi jika sedang berada di Malang.

Pantai ini cukup terkenal dan menjadi salah satu lokasi wisata favorit para pelancong yang sedang berlibur di kota Malang.

Nah jika Anda pun berencana untuk menyambangi pantai ini di hari libur nanti, di bawah ini sudah kami rangkum beberapa informasi penting sebagai bekal liburan Anda ke Pantai Balekambang.

pantai-balekambang-malang

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah salah satu pantai paling terkenal di kota Malang.

Lokasinya selalu dipadati wisatawan baik yang berasal dari dalam negeri dan juga mancanegara. Jika Anda pernah mendengar istilah Tanah Lot Jawa Timur, maka pantai inilah yang dimaksud.

Pantai Balekambang sekilas memang mirip dengan pantai Tanah Lot yang ada di Bali. Kemiripan ini terletak pada topografi dan landscape pantainya.

Selain itu, keberadaan pura di sebuah pulau karang yang menjadi ciri khas pantai Tanah Lot Bali juga akan Anda temukan di Pantai Balekambang.

Selain dijadikan sebagai tempat wisata, Pantai Balekambang juga merupakan tempat ibadah para penganut agama Hindu.

pantai-balekambang-2019

Tak jarang di waktu-waktu tertentu, Anda akan melihat umat hindu Malang melakukan ritual ataupun upacara keagamaan di Pantai Balekambang.

Daya Tarik Pantai Balekambang

Keindahan Pantai Balekambang sudah bisa dirasakan bahkan sebelum Anda sampai di lokasi pantainya.

Saat melewati jalanan yang tinggal beberapa kilometer dari lokasi pantai, Anda akan menemukan hamparan hutan hijau di kanan kiri jalan yang menyegarkan mata dan membawa kesejukan.

Setelah sampai di muka pantai, Anda akan disuguhi pemandangan indah Pantai Balekambang yang berhias batu-batu karang cantik dan landscape samudera yang luas.

Lalu desiran ombaknya yang tenang dan belaian lembut angin pantai, akan membawa Anda pada ketenangan tiada tara hingga melupakan segala kepenatan hidup sehari-hari.

gambar-pantai-balekambang

Banyak hal yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Balekambang.

Selain bersantai di pinggiran pantai, Anda juga bisa melakukan beberapa aktifitas yang mungkin belum terbayangkan seperti bermain di wahana flying fox hingga camping di tepi pantai.

Bagi Anda yang belum pernah ke Pantai Balekambang, berikut beberapa rekomendasi aktifitas menarik yang bisa Anda lakukan di sana :

1. Menyaksikan Upacara Keagamaan

Salah satu daya tarik dan keunikan Pantai Balekambang adalah adanya sebuah pura dan makam ulama di sekitaran pantai.

Oleh karena itu, pada waktu-waktu tertentu Anda bisa menyaksikan upacara keagamaan umat Hindu serta orang-orang Islam yang datang menziarahi makam ulama yang ada di pantai ini.

Sekedar informasi, makam yang ada di pantai ini konon merupakan makam ulama yang berasal dari Yogyakarta bernama Syaikh Abdul Jalil.

2. Mencoba Wahana Flying Fox

flying-fox-pantai-balekambang

Di Pantai Balekambang juga ada wahana permainan berupa Flying Fox.

Nah, jika Anda suka dan ingin menguji adrenaline sambil menikmati hamparan keindahan pantai, maka Anda bisa naik flying fox dengan membayar karcis beberapa puluh ribu saja.

Namun wahana flying fox ini hanya beroperasi pada hari libur. Jadi kalau berniat untuk mencoba wahana ini, maka datanglah di hari Minggu atau hari-hari libur Nasional.

3. Camping

pantai-balekambang-camping

Salah satu kegiatan yang juga cukup menarik untuk dilakukan di Pantai Balekambang adalah camping.

Anda bisa mendirikan tenda di area yang agak jauh dari bibir pantai, kemudian menikmati indahnya suasana pantai sehari penuh.

Atau kalau ingin menikmati indahnya malam di Pantai Balekambang dengan biaya yang murah meriah, maka pilihannya adalah camping.

4. Menyaksikan Sunrise dan Sunset

sunset-sunrise-pantai-balekambang

Kedua momen ini bisa Anda saksikan hanya dari Pantai Balekambang. Saat pagi hari, Anda bisa melihat indahnya detik-detik kemuculan matahari di ufuk timur.

Lalu pada sore hari, detik-detik kembalinya sang mentari ke peraduannya juga sangat menakjubkan untuk dinikmati.

5. Hunting Foto

spot-foto-pantai-balekambang

Hampir bisa dipastikan bahwa saat ini berwisata sangat lekat dengan aktifitas hunting foto.

Seperti jika berkunjung ke Pantai Sendiki Malang, aktifitas hunting foto juga bisa Anda lakukan karena Pantai Balekambang sangat indah dan memiliki spot foto yang cukup cantik.

Di sana Anda bisa berfoto dengan background air laut yang kebiruan, ataupun naik ke pulau Ismoyo di mana Anda bisa berfoto dengan background bangunan pura yang ada di pulau tersebut.

Mitos dan Misteri Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang menyimpan mitos serta misteri yang sampai sekarang masih dipercaya oleh masyarakat sekitar dan sebagian wisatawan.

Mitosnya adalah sepasang kekasih yang belum menikah kemungkinan besar akan berpisah setelah datang ke pantai ini.

misteri-pantai-balekambang

Lalu mitos kedua, konon air Pantai Balekambang ini bisa membuat wajah tetap terlihat muda jika digunakan untuk cuci muka.

Kedua mitos atau misteri Pantai Balekambang ini memang belum tentu benar. Bahkan banyak juga yang mengatakan mitos tersebut hanyalah cerita yang dibuat-buat.

Namun terlepas dari benar atau tidaknya, mitos atau misteri Pantai Balekambang ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mempercayainya, terutama mitos tentang khasiat airnya yang bikin awet muda.

Lokasi Pantai Balekambang

lokasi-pantai-balekambang

Lokasi Pantai Balekambang Malang terbilang cukup jauh apabila diakses dari pusat kota Malang.

Alamat lengkap pantai ini berada di Sumber Jambe, Srigonco, Bantur, Malang, Jawa Timur.

Untuk sampai di lokasinya dari pusat kota Malang, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 67 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 1 sampai 2 jam.

Namun tenang saja, perjalanan ke Pantai Balekambang cukup mudah dengan tersedianya prasarana jalan yang cukup bagus.

Jam Buka Pantai Balekambang

jam-buka-pantai-balekambang

Pantai Balekambang dibuka setiap hari dari pagi hingga malam. Anda bisa memuaskan dahaga wisata di pantai ini selama yang Anda inginkan.

Kalaupun misalnya Anda kemalaman dan berniat untuk menginap, di sekitar pantai sudah tersedia beberapa penginapan yang bisa disewa.

Tiket Masuk Pantai Balekambang

tiket-masuk-pantai-balekambang

Setiap pengunjung yang ingin memasuki Pantai Balekambang diharuskan untuk membeli tiket masuk dan retribusi parkir. Tiket masuk dan tiket parkir Pantai Balekambang bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp10.000 (hari kerja) – Rp15.000 (hari libur)
Retribusi ParkirRp5000 (sepeda motor) – Rp10.000 (mobil)

Fasilitas di Pantai Balekambang

Fasilitas umum yang tersedia di Pantai Balekambang sudah cukup memadai. Di sana sudah tersedia fasilitas seperti area parkir, mushola, area perkemahan, pusat informasi, pendopo, toilet, kamar bilas, tempat makan, dan kios penjual souvenir.

Penginapan di Pantai Balekambang

Beberapa wisatawan kadang memilih untuk bermalam di Pantai Balekambang agar lebih puas meng-eksplore semua hal yang ada di pantai ini.

Nah untuk kebutuhan menginap, di sekitar kawasan Pantai Balekambang juga sudah berdiri beberapa penginapan seperti Villa, Bungalow, dan Hotel.

Harga sewa penginapan di pantai ini juga cukup murah. Misalnya kalau Anda memilih untuk menginap di hotel, Anda bisa memilih beberapa hotel yang disewakan dengan harga Rp150.000 sampai Rp250.000 saja per malamnya.

penginapan-di-pantai-balekambang

Baca juga : Tempat Wisata di Malang

Berlibur ke Pantai Balekambang Malang adalah ide yang tepat untuk mengisi waktu senggang di akhir pekan. Apabila berniat untuk datang ke pantai ini, jangan lupa membawa serta keluarga ataupun teman-teman Anda.

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber dengan sangat memperhatikan ke-valid-an data-data nya. Oleh karena itu jika terdapat kekeliruan atau kesalahan informasi, kami harap Anda tidak keberatan untuk menyampaikannya pada kami.

Loading...

Tempat Wisata di Malang

Wahyoeni
3 min read

Suku Osing Banyuwangi

Wahyoeni
3 min read

Ciputra Waterpark Surabaya

Hansar
3 min read

Jatim Park 2 Batu Malang

Wahyoeni
4 min read

Selecta Malang

Hansar
5 min read