Pantai Baron

Pantai Baron Gunung Kidul adalah salah satu obyek wisata pantai yang bisa Anda kunjungi saat liburan ke Jogja.

Pantai ini menawarkan keunikan dan daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki pantai lainnya di Jogja bahkan di Indonesia.

Apa saja daya tarik Pantai Baron dan apa saja aktifitas wisata yang bisa kita lakukan di sana ? untuk menemukan jawabannya silahkan simak ulasan lengkap kami mengenai Pantai Baron Jogja berikut ini.

pantai-baron-jogja

instagram.com/pantaibaron

Pantai Baron

Pantai baron sebenarnya merupakan pantai tua nan klasik yang sudah lama dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di Jogja.

Meski begitu, pantai ini sampai sekarang tetap eksis dan selalu menarik untuk dikunjungi ditengah bermunculannya obyek-obyek wisata baru yang lebih modern dan kekinian.

Sebagai informasi, banyak yang menyebutkan bahwa Pantai Baron saat ini telah mengalami beberapa perubahan dari segi wujud dan fasilitasnya.

Itulah mungkin yang membuat pantai ini terus bertahan dan mendapatkan tempat di hati wisatawan sehingga memilih untuk datang ke Pantai Baron alih-alih ke obyek wisata lain.

Daya Tarik Pantai Baron Jogja

Banyak hal menarik yang bisa kita temukan dan jadikan alasan untuk berwisata ke Pantai Baron. Daya tarik ini bisa kita uraikan dari berbagai sisi seperti berikut ini :

Keindahan dan Keunikan Pantai Baron

pantai-baron-gunung-kidul
instagram.com/pantaibaron

Pantai Baron menyajikan keindahan berupa hamparan pesisir pantai yang indah berpadu dengan biru dan bersihnya air laut.

Meskipun pantai ini berpasir hitam, namun pasirnya bersih dan lembut sehingga sangat aman untuk melakukan berbagai kegiatan di pinggir pantai.

Selain itu, Pantai Baron juga semakin tampak eksotis dengan adanya tebing atau perbukitan yang ditumbuhi berbagai macam tanaman dan pepohonan hijau.

Keberadaan perbukitan ini membuat suasana di Pantai Baron terkesan teduh dan udaranya juga cukup sejuk.

Tidak hanya itu, Pantai Baron selalu menarik untuk dikunjungi karena adanya keunikan tersendiri yang dimilikinya.

Keunikan tersebut ialah adanya dua sungai yang mengaliri pantai di mana kedua sungai ini membawa air dengan rasa berbeda yaitu air tawar dan air asin.

Yang semakin membuatnya unik, konon setiap 5 tahun sekali aliran air dari kedua sungai ini akan bertemu dan membentuk perpaduan warna yang indah dipandang mata.

Kisah Sejarah dan Misteri Pantai Baron Jogja

misteri-pantai-baron
instagram.com/pantaibaron

Selain keindahan dan keunikan yang dimilikinya, Pantai Baron juga menarik karena keberadaan sejarah dan misteri yang melingkupinya.

Menurut cerita dan kepercayaan masyarakat sekitar, pantai ini dinamai Pantai Baron karena dulunya ada seorang bangsawan Belanda yang berlabuh di pantai ini dan dikisahkan pernah menawan Panembahan Senopati dari Kesultanan Mataram.

Karena kesaktian dan masyhur nya kisah tentang berlabuhnya lelaki yang kemudian diketahui bernama Baron Skeber itulah, pantai ini akhirnya dinamai Pantai Baron.

Selain sejarah penamaan nya, masih ada beberapa misteri Pantai Baron yang sampai sekarang masih dipercaya masyarakat.

Misteri tersebut antara lain tentang keberadaan Ratu Pantai Selatan yang katanya menguasai laut di sepanjang garis Pantai Selatan Jawa.

Karena kepercayaan itulah, para pengunjung yang datang ke pantai ini selalu diwajibkan untuk menjaga sopan santun demi menghindari hal buruk akibat kemarahan sang ratu.

Selain itu, konon di Pantai Baron juga pernah terlihat seekor harimau yang membawa tubuh manusia masuk ke sebuah gua yang ada di kawasan perbukitan.

Namun setelah dilakukan pencarian oleh tim SAR dan warga sekitar, harimau tersebut tidak berhasil ditemukan dan keberadaannya masih menjadi misteri sampai hari ini.

Aktifitas Yang Bisa Dilakukan di Pantai Baron

Ada beragam aktifitas wisata yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu libur di Pantai Baron. Aktifitas-aktifitas tersebut antara lain :

1. Berenang

Pantai Baron memang memiliki ombak yang cukup besar seperti kebanyakan pantai laut selatan.

Meski begitu, para pengunjung tetap bisa berenang di sekitaran pantai dengan catatan tidak terlalu jauh ke tengah laut.

Selain itu, pengelola Pantai Baron biasanya akan memberikan semacam peringatan kepada para pengunjung agar tidak berenang apabila kondisi gelombang sedang tidak bagus untuk aktifitas renang.

2. Menikmati Landscape Pantai Baron dari Mercusuar

mercusuar-pantai-baron
instagram.com/pantaibaron

Hal lain yang jarang ditemukan di pantai lain adalah keberadaan mercusuar Pantai Baron.

Dari atas mercusuar ini, para pengunjung bisa menikmati landscape Pantai Baron dengan lebih leluasa tanpa terhalang apapun.

Sembari menikmati keindahan pantai dari atas, para pengunjung juga bisa mengabadikan momen saat dirinya berada di atas mercusuar dengan kamera.

Untuk mendapatkan izin naik ke atas mercusuar, para pengunjung dikenai karcis sebesar Rp2000.

Baca juga : Pantai Drini Jogja

3. Keliling Pantai Dengan Kapal Nelayan

Pantai Baron juga menjadi tempat bekumpulkanya para nelayan untuk mencari ikan. Warga sekitar memang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan dan menggantukan ekonomi mereka dari hasil tangkapan ikan di pantai ini.

Oleh karena itu, saat tiba di Pantai Baron Anda pasti akan menemukan banyak sekali kapal yang tertambat di pinggir pantai.

Selain digunakan untuk transportasi mencari ikan, para nelayan juga menyewakan kapal mereka untuk digunakan berkeliling pantai oleh para pelancong.

Nah kalau Anda ingin menjelajah kawasan Pantai Baron, Anda bisa menyewa kapal-kapal nelayan ini dengan harga sewa beberapa ribu rupiah saja.

Aktifitas seperti ini juga bisa Anda lakukan di Pantai Sadranan yang juga terletak di Gunung Kidul. Bedanya, di sana wahana yang terkenal untuk digunakan menjelajah pantai adalah Perahu Kano.

4. Berburu Kuliner Khas Pantai

gambar-pantai-baron
instagram.com/pantaibaron

Daya tarik Pantai Baron selanjutnya yang mungkin tidak dimiliki oleh semua pantai adalah keberadaan warung-warung makan di pinggir pantai.

Yang menarik dari warung-warung ini ialah, para pelanggannya dibebaskan untuk memilih sendiri jenis lauk ataupun kuliner yang mereka inginkan.

Beberapa menu kuliner khas pantai yang dijual di warung-warung makan tersebut antara lain Ikan Kakap, Kepiting, Udang Windu, dan Tongkol.

Selain diramu dengan bumbu-bumbu khas, cita rasa kuliner yang dijual di warung-warung tersebut juga semakin terasa lezat karena ikan-ikannya masih segar.

Baca juga : Puncak Becici Dlingo, Jogja.

5. Hunting Foto

Aktifitas yang satu ini jangan sampai Anda lewatkan saat berada di Pantai Baron. Kawasan pantai Baron Gunung Kidul Jogja yang eksotis sangat cocok untuk dijadikan latar foto.

Spot foto yang bisa Anda pilih diantaranya spot mercusuar, pinggiran pantai, ataupun berfoto dengan latar perahu atau kapal-kapal nelayan.

Alamat Pantai Baron

pantai-baron-saat-ini
instagram.com/pantaibaron

Alamat Pantai Baron berada di Rejosari, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Untuk sampai di lokasi Pantai Baron dari pusat Kota Jogja, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 40 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara.

Meskipun terhitung agak jauh, namun prasarana jalan yang sudah cukup memadai akan membuat perjalanan Anda ke pantai ini akan terasa mudah dan tidak terlalu melelahkan.

Baca juga : Pantai Nglambor

Rute ke Pantai Baron

Perjalanan ke Pantai Baron bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, rute yang bisa dilewati ke Pantai Baron bisa dengan mudah Anda temukan dengan bantuan aplikasi Google Maps.

Hanya saja, sebelum berangkat Anda harus memastikan kondisi kendaraan sudah benar-benar fit agar perjalanan Anda nantinya tidak terganggu.

Kemudian bagi Anda yang ingin menggunakan angkutan umum seperti bus, maka perjalanan bisa Anda mulai dengan naik bus yang mengarah ke Terminal Wonosari.

Nah dari Terminal Wonosari, lanjutkan lagi perjalanan Anda menggunakan bus yang langsung mengarah ke jalur Pantai Baron.

Baca juga : Tempat Wisata Romantis di Jogja

Jam Buka Pantai Baron

jam-buka-pantai-baron
instagram.com/pantaibaron

Pantai Baron dibuka setiap hari selama 24 jam.

Hari KunjunganJam Buka
Setiap Hari24 Jam

Namun agar mendapatkan suasana yang lebih indah dan teduh, sebaiknya Anda sudah sampai di pantai ini pada pukul 9 pagi dan bisa pulang pada pukul 12 siang.

Atau kalau Anda tidak punya kesempatan datang pagi hari, maka Anda bisa datang siang hari dan pulang sekitar pukul 4 sore.

Harga Tiket Masuk Pantai Baron

harga-tiket-masuk-pantai-baron
instagram.com/pantaibaron

Harga tiket masuk Pantai Baron sangat murah. Anda bisa memasuki pantai ini hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp10.000.

Jenis TiketHarga Tiket
Tiket MasukRp10.000
Parkir MotorRp1000
Parkir MobilRp2.500
Tiket MercusuarRp2000

Selain itu, ada juga biaya retribusi parkir sebesar Rp2.500 untuk mobil, dan Rp1000 untuk sepeda motor yang harus dibayar pengunjung jika menggunakan kendaraan pribadi.

Lalu jika ingin menaiki mercusuar, pengunjung juga harus membayar tiket mercusuar seharga Rp2000.

Fasilitas Pantai Baron Gunung Kidul

Fasilitas umum yang disediakan di Pantai Baron juga sudah cukup memadai. Di pantai ini sudah ada fasilitas seperti area parkir yang cukup luas, tempat makan, ruang bilas, mushola dan penginapan.

Untuk keperluan menginap, di pantai ini sudah tersedia beberapa hotel setara hotel melati dengan harga sewa per malamnya bergantung pada kelengkapan fasilitas yang ada di dalam hotel.

fasilitas-pantai-baron
instagram.com/pantaibaron

Baca juga : Tempat Wisata di Jogja

Pantai Baron Jogja sangat cocok untuk tujuan rekreasi bersama teman ataupun keluarga. Banyaknya aktifitas yang bisa dilakukan di pantai ini akan membuat perjalanan liburan Anda tidak hanya menyenangkan tapi juga lebih berwarna.

Bila ingin melanjutkan liburan ke obyek wisata pantai lain yang juga berlokasi di Jogja, maka Anda bisa datang ke Pantai Indrayanti yang terletak di Desa Tepus, Gunung Kidul, Jogja.

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber dengan sangat memperhatikan ke-valid-an data-data nya. Oleh karena itu jika terdapat kekeliruan atau kesalahan informasi, kami harap Anda tidak keberatan untuk menyampaikannya pada kami.

Loading...

Pantai Krakal

Hansar
5 min read

Bukit Bintang Jogja

Hansar
4 min read

Pantai Sundak

Hansar
5 min read

Pantai Sepanjang

Hansar
4 min read

Pantai Wediombo

Hansar
5 min read

Pantai Nglambor

Hansar
4 min read