Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu adalah salah satu pantai yang ada di Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Pangandaran.

Pantai ini telah lama dikenal dan menjadi salah satu tujuan favorit orang-orang Jawa Barat untuk mengisi waktu libur bersama keluarga.

Di saat weekend apalagi saat musim libur panjang tiba, kawasan pantai Batu Hiu akan dipenuhi ratusan wisatawan yang datang untuk menikmati pantai yang keindahan dan keeksotisannya telah melegenda ini.

pantai-batu-hiu-pangandaran

Pantai Batu Hiu

Pantai memang memiliki daya “magis” tersendiri untuk menarik minat wisatawan datang mengunjunginya.

Meski saat ini telah banyak dibangun tempat-tempat wisata modern, namun cita rasa berlibur di pantai rasanya tak pernah mampu terkalahkan oleh tempat-tempat wisata jenis lain.

Namun enaknya, di Indonesia ada banyak sekali obyek wisata pantai yang bisa kita kunjungi. Dari sabang sampai merauke, bentangan pantai nan indah dan memanjakan mata dengan mudah kita temui.

Yang tak luput dari catatan tentunya pantai Batu Hiu di Pangandaran, Jawa Barat. Pantai yang terkenal dengan julukan Tanah Lot Jawa Barat ini, adalah salah satu pantai yang bisa dijadikan peraduan setelah menjalani kesibukan sehari-hari.

pantai-batu-hiu-di-pangandaran

Apa Yang Ada di Pantai Batu Hiu ?

Pantai Batu Hiu menawarkan keindahan alam pantai yang berpadu dengan ombak laut selatan yang terkenal ganas.

Berbatasan langsung dengan samudera Hindia, pantai ini memiliki view yang sangat luas di mana gulungan ombak besar serta birunya air laut menyatu dan membentuk sebuah keindahan yang sulit digambarkan.

Menjejakkan kaki pertama kali di pantai ini, Anda akan di sambut oleh sebuah gerbang atau pintu masuk berbentuk ikan hiu yang sedang menganga, lengkap dengan gigi-giginya yang runcing.

Gerbang ini adalah pintu masuk untuk naik ke sebuah tebing yang biasanya dijadikan spot atau tempat santai para wisatawan agar lebih laluasa menikmati keindahan pantai Batu Hiu.

Gerbang hiu ini ada kaitannya dengan hal ikhwal penamaan pantai ini dengan nama Batu Hiu. Ia juga menjadi sebuah penanda bahwa pantai yang sedang Anda kunjungi adalah pantai Bantu Hiu.

pantai-batu-hiu-jawa-barat

Selain gerbang hiu yang menyisakan kesan tersendiri, pantai ini juga memiliki panorama alam yang memukau. Garis pantainya yang memanjang dan batu-batu karang yang menjorok hingga ke pinggir pantai, menjadi sebuah pemandangan yang akan sangat sulit dilupakan.

Kawasan sekitar pantai Batu Hiu juga terasa sejuk dan teduh dengan banyaknya pohon-pohon kelapa dan tanaman jenis lain yang tumbuh dengan rindangnya.

Di bawah rindangnya pepohonan, Anda bisa duduk santai bersama anggota keluarga sembari menikmati kebersamaan ditemani beberapa makanan dan minuman ringan.

Selain itu, pantai Batu Hiu juga memiliki spot-spot foto yang akan sangat menarik bagi Anda yang memang suka eksis di depan kamera.

Meski tidak dirancang secara khusus, spot-spot foto alami ini tidak kalah cantik dengan spot-spot foto di tempat wisata lainnya.

Spot foto di pantai Batu Hiu bisa Anda dapatkan di sekitar kawasan pantai, di area gerbang hiu, pinggir pantai, hingga di atas bukit-bukit kecil bisa Anda temukan spot-spot foto romantis.

pantai-batu-hiu-pangandaran-jawa-barat

Lebih lanjut mengenai apa yang ada di pantai Batu Hiu, di pantai ini juga bisa Anda temukan sebuah lokasi penangkaran penyu hijau yang populasinya dikatakan sudah mulai berkurang. Penangkaran penyu ini berada sekitar 15 kilometer dari pantai Batu Hiu.

Di penangkaran penyu ini, Anda bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan penyu-penyu hijau yang lucu dan menggemaskan tersebut.

Sewaktu-waktu, Anda juga bisa ikut mengantarkan anak-anak hiu ke habitat aslinya yakni di pantai.

Asiknya, untuk melihat dan berinteraksi dengan penyu-penyu tersebut, Anda tidak dikenai tiket atau biaya apapun.

Di lokasi penangkaran memang ada kotak amal namun Anda tidak dipaksa untuk mengeluarkan donasi ataupun bentuk retribusi lainnya.

Legenda Pantai Batu Hiu

sejarah-pantai-batu-hiu

Pantai Batu Hiu tidak hanya dikenal dengan keindahannya tapi juga legenda yang melekat dan mengiringi keberadaannya.

Ada kisah atau cerita turun temurun yang berkembang dan menjadi pintu rahasia untuk memecahkan misteri kenapa pantai ini dinamakan pantai Batu Hiu.

Kisahnya berawal dari serombongan prajurit kerajaan Mataram yang konon dibuang dan mendarat di pantai ini sekitar abad ke-11 silam.

Pasukan yang dipimpin oleh Aki Gede dan Nini Gede tersebut, mendiami pantai ini untuk beristirahat dan tinggal beberapa saat di perbukitan yang ada di sekitaran pantai.

Suatu waktu, pimpinan pasukan yaitu Nini Gede memberi perintah kepada semua pasukannya untuk berpencar ke sekitar kawasan pantai untuk mencari makanan.

Setelah beberapa lama, salah satu prajurit yang bernama Ki Braja Lintang menghadap dan melaporkan bahwa ia sudah mendapatkan makanan berupa ikan hiu besar yang ia tangkap di pantai.

misteri-pantai-batu-hiu

Namun bukannya senang dengan hasil temuan makanan yang di dapatkan prajuritnya, Aki Gede dan Nini Gede malah terkesan tidak berkenan dan memerintahkan sang prajurit untuk melepaskan ikan hiu itu kembali ke lautan.

Belum sampai di pinggir laut, ikan hiu tersebut tiba-tiba jatuh dan sekonyong-konyong berubah wujud menjadi sebuah batu hitam besar yang berbentuk ikan hiu.

Sebelum seramai sekarang, batu hitam berbentuk ikan hiu tersebut menurut warga sekitar masih ditemukan dalam bentuk aslinya yang berwujud ikan hiu.

Namun setelah terkena hempasan ombak berkali-kali dan mungkin saja karena terlalu banyak orang yang menyentuhnya, batu tersebut kini memang masih ada tapi bentuknya sudah berubah seperti batu biasa.

Yang terakhir di Pantai batu Hiu Anda juga bisa melihat saat-saat terbenamnya matahari. Saat sore hari, naik saja ke perbukitan agar Anda lebih leluasa melihat momen-momen sunset yang sangat indah itu.

Alamat Pantai Batu Hiu

alamat-pantai-batu-hiu

Pantai yang terkenal dengan keindahan, misteri, dan sejarah nya ini berada di kabupaten Pangandaran (dulunya Ciamis), tepatnya di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat.

Untuk sampai di kawasan pantai ini dari pusat kota pangandaran, dibutuhkan waktu sekitar 36 menit berkendara dengan jarak tempuh kurang lebih 19,5 kilometer.

Kemudian mengenai rute ke pantai Batu Hiu, Anda bisa memilih beberapa rute tergantung alat transportasi yang Anda gunakan.

Lebih mudahnya silahkan buka aplikasi Google Maps untuk mencari rute termudah dan tercepat ke pantai Batu Hiu dari posisi Anda saat ini.

Patokan yang bisa dijadikan titik akses ke pantai Batu Hiu ini salah satunya adalah pantai Pangandaran. Jika Anda pernah datang ke pantai Pangandarang, maka jarak pantai Batu Hiu tinggal beberapa meter saja.

Jam Buka Pantai Batu Hiu

jam-buka-pantai-batu-hiu

Pantai Batu Hiu dibuka setiap hari baik di hari kerja taupun hari libur. Mengenai jam buka, saat ini pengelola belum mengatur secara jelas perihal jam buka tutup pantai ini setiap harinya.

Namun tentunya, berlibur ke pantai tidak mungkin dilakukan saat malam hari. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke kawasan pantai adalah saat pagi dan sore hari karena saat itulah kawasan pantai akan menampilkan pesona terindahnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Hiu

tiket-masuk-pantai-batu-hiu

Meski belum menentukan jam buka tutup secara pasti, pengelola obyek wisata pantai Batu Hiu sudah menerapkan sistem tiket masuk bagi para pengunjung yang ingin memasuki kawasan pantai. Harga tiketnya pun beragam tergantung jenis transportasi yang dipakai pengunjung.

Berikut ini daftar harga tiket masuk Pantai Batu Hiu :

Jenis TransportasiHarga Tiket
Jalan KakiRp3.300
Sepeda MotorRp7.000
Mobil CarryRp36.000
Jeep / SedanRp19.500
Pick Up / L300Rp51.500
Bus Ukuran KecilRp68.000
Bus Ukuran SedangRp106.000
Bus BesarRp172.000

Perlu diketahui bahwa harga tiket di atas sewaktu-waktu bisa saja berubah. Harap tanyakan dulu harga tiket teraktual saat Anda berada di loket atau pintu masuk.

Fasilitas Pantai Batu Hiu

Meski belum bisa dikatakan lengkap, namun fasilitas umum di pantai Batu Hiu sudah cukup memberi kenyamanan dan kemudahan bagi para pengunjung.

Fasilitas yang ada di pantai ini antara lain :

  • Area parkir
  • Gazebo
  • Warung penjual makanan dan minuman

Untuk yang ingin menginap, di sekitar pantai memang masih belum tersedia penginapan. Namun Anda bisa bermalam di beberapa tempat menginap yang ada di pusat kota Pangandaran, ataupun mencari penginapan di sekitar kecamatan Parigi.

penginapan-di-pantai-batu-hiu

Baca juga : Tempat Wisata di Bandung Selatan

Pantai Batu Hiu Pangandaran sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mencari hiburan di lokasi pantai dengan pemandangan yang indah. Pantai ini sangat cocok untuk destinasi liburan Anda bersama teman ataupun keluarga.

Loading...

Curug Cimahi

Hansar
4 min read

Curug Cilember Bogor

Hansar
5 min read

Pantai Ujung Genteng

Hansar
4 min read

Curug Pangeran Bogor

Hansar
4 min read

Curug Luhur Bogor

Hansar
4 min read

Tempat Wisata Bandung

Wahyoeni
2 min read