Pantai Cirewang Subang

Dengan semakin banyaknya aktifitas yang Anda lakukan, akan membuat Anda lelah. Untuk menghilangkan penat dan rasa lelah luangkan waktu yang cukup untuk berlibur.

Ada orang-orang yang menghilangkan lelah dan capek dengan pergi shopping ke mall, pergi nongkrong bersama teman-teman, dan lain-lain. Tetapi salah satu hal yang bisa lakukan untuk melepas penat adalah pergi berlibur.

Pantai Cirewang

Untuk Anda yang berada di sekitar wilayah Subang Jawa Barat, Anda bisa menikmati banyak wisata di Subang. Mulai dari wisata pegunungan, pemandian air panas bahkan wisata pantai.

Pantai Cirewang Subang

Kota Subang juga memiliki banyak tempat wisata yang dapat kunjungi. Ttempat-tempat seperti Ciater Highland Resort, Paralayang PTPN VIII CIater dan lain-lain dapat menjadi tempat alternative wisata.

Untuk lebih detail tentang Ciater silahkan baca juga artikel Wisata Ciater High Land Resort.

Kota subang juga memiliki infrastruktur yang cukup baik, sehingga saat Anda datang ataupun pulang melalui rute kota Subang, Anda dapat singgah ke kota Subang terlebih dahulu.

Saat ini, destinasi liburan yang cukup menyenangkan di Subang adalah dengan berwisata ke pantai. Salah satu pantai yang sedang naik daun di Subang adalah pantai Cirewang.

Lokasi Pantai Cirewang

Pantai Cirewang menjadi salah satu tempat wisata yang selalu dikunjungi masyarakat Subang jika ingin pergi berlibur ke pantai terdekat. Kebanyakan orang yang berada di Subang sudah biasa dengan cuaca dingin. Untuk yang tinggal di daerah berdataran tinggi sehingga lokasinya cukup jauh dari daerah lautan.

Pantai Cirewang pun menjadi salah satu tujuan wisata yang ingin dikunjungi oleh warga Subang yang ingin datang ke pantai.

Lokasi : Pantai Cirewang berlokasi di pangarengan, legonkulon, pangarengan, pamanukan, kabupaten Subang.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Cirewang

Untuk biaya masuk ke pantai Cirewang tidak dipungut biaya apapun. Bagi Anda yang membawa kendaraan hanya akan dipungut biaya parkir saja.

Selain itu, pantai ini juga memberikan fasilitas perahu bagi para pengunjung yang ingin berkeliling pantai dengan harga yang murah, hanya 15000 rupiah.

Pantai Cirewang sudah diresmikan menjadi objek wisata sejak tahun 2013, sehingga faslitas pantai sudah cukup dikembangkan. Dengan luas kurang lebih 500 meter persegi dan panjang 1 km, pantai ini cukup luas untuk menampung banyak wisatawan.

Lokasi dari pantai Cirewang cukup strategis, letaknya tidak jauh dengan pantai pondok Bali dan Patimban Legonkulon. Tetapi dari ketiga tempat wisata tersebut, pantai Cirewang adalah pantai yang cukup terawat dan selalu dijaga oleh masyarakat dan aparat setempat.

Pantai Pondok Bali dan patimban sekarang sudah mulai habis karena adanya abrasi, tetapi pantai cirewang terus dijaga dengan baik kebersihan dan ketertibannya agar dapat terus dijaga kelestariannya.

Teluk di Pantai Cirewang Juga Sangat Indah

Pesona keindahan alam pantai Cirewang sangat eksotis, sehingga pengunjung yang berdatangan dapat memanjakan mata dengan pepohonan yang hijau. Suasana pantai maupun laut juga sangat terjaga dan sangat bersih.

Pantai ini ditubuhi pohon bakkau yang memrapat, sehingga suasana perairan laut menjadi cukup tenang dikarena dihalangi Tanjung Cirewang. Daerah pantai ini juga memiliki Teluk yang menyimpan banyak hewan laut seperti kepiting dan kerang.

Wisata-Pantai-Cirewang

Teluk ini memiliki nama Teluk Sidaon yang berada pada perairan Cirewang. Bagi masyarakat Subang dan pemancing daerah Subang, teluk Sidaon sudah cukup sangat terkenal. Biasanya masyarakat memancing di teluk ini, karena tempatnya yang cuikup strategis untuk menangkap ikan.

Pantai Cirewang biasa dikenal sebagai Pantai Cipta Semalam, hal ini dikarenakan terbentuknya tanah timbul sangatlah cepat. Awalnya pada tahun 2000 pantai ini sudah cukup penuh dengan laut, perahu pun bisa melewati pantai.

Selain digunakan untuk melepas penat ataupun objek wisata, Pantai Cirewang juga biasa digunakan masyarakat Subang dan sekitarnya sebagai tempat foto prawedding. Hal ini dikarenakan pantai yang sangat indah dengan pohon bakau yang berada di tepi pantai dapat menjadi background yang cocok untuk objek foto agi para fotografer.

Pantai Cirawang sudah mengalami banyak perkembangan sejak dijadikan bojek wisata. Dahulu pantai ini tidak memiliki fasilitas yang memadai untuk para pengunjung. Tetapi sekarang, daerah pantai sudah memiliki banyak tempat makan seafood, tempat parkir, mushola, tempat penginapan, dan kamar mandi.

Pantai Cirawang selalu mengembangkan fasilitasnya dikarenakan banyaknya pengunjung rutin y ang berdatangan, khususnya pada hari libur dan akhir pecan.

Di era yang serba media sosial ini, pantai Cirawang juga semakin tersebar dan menjadi lebih populer, jika kalian datang ke pantai Cirawang bantulah pemerintah Kota Subang dengan cara mempromosikan Pantai melalui berbagai macam platform media sosial.

Mangrove-Wisata-Pantai-Cirewang

Perkembangan juga dapat terus ditingkatkan dikarenakan lokasi pantai Cirewang yang punya potensi wisata yang cukup besar. Pada daerah ini juga akan dikembangkan ekowisata tanaman mangrove di Blanakan.

Pengembangkan ekowisata akan dipadukan dengan budidaya ikan sitem silvofishery. Sistem ini merupakakan tempat memelihara ikan di dalam area hutan mangrove dengan tujuan menjaga kelestarian hutan mangrove.

Dengan luas sekitar 25 hektar, ekowisata tanaman mangrove dapat menjadi tempat wisata yang sangat luas dan dapat dikunjungi banyak orang. Dengan kondisi ini membuat para pengunjung yang berdatangan tidak akan berdesakan.

Pada daerah ini pun terdapat pengembangan ekowisata lainnya yaitu pembangunan kolam sepeda air, dan jalur jembatan kayu dan bamboo. Jembatan ini mengelilingi area hutan mangrove, untuk pemancingan, kampong adat nelayan, kuliner seafood, dan aktivitas jelajah laut.

Perjalanan ke Pantai Cirewang

Wisata-Pantai-Cirewang-Subang

Untuk datang ke Lokasi Pantai Cirewang, Anda dapat mengambil rute dimulai dair perempatan Pamanukan menuju Arah Utara. Dari Pamanukan ke Pantai Cirewang berjarak sekitar 13 km, sehingga tidak terlalu jauh jika ditempuh dengan mobil ataupun motor.

Anda dapat memasuki wilayah Desa Pangarengan, Legonkulon, Kabupaten Subang, dan menaiki perahu untuk melintasi muara yang diantarkan oleh perahu nelayan pada lokasi pantai. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Anda hanya perlu membayar 15000 rupiah untuk menaiki perahu ini.

Saat Anda menaiki perahu, Anda dapat melihat deretan tempat wisata hutan Mangrove dan hutan bakau. Kedua tempat tersebut merupakakn tempat wisata yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Subang.

Bagi Anda yang datang ke Pantai Cirewang dapat juga mengunjungi hutan Mangrove dan Hutan Bakau sebagai alternative tempat wisata.

Tempat Hiburan yang Tersedia di Pantai Cirewang

Bagi Anda yang membutuhkan tempat liburan dan melepas penat khususnya yang tinggal di sekitar Subang dapat mendatangi Pantai Cirewang. Lokasinya yang sangat strategis, fasilitasnya yang cukup lengkap, udaranya yang sejuk dan suasananya yang menyenangkan.

Warga daerah Pantai Cirewang juga cukup ramah. Jika Anda memiliki kesulitan apapun Anda dapat menanyakan ke warga sekitar yang sudah cukup paham dengan daerah pantai.

Simak dan baca juga : Desa Wisata Sari Bunihayu Subang

Demikian ulasan tentang tempat wisata di pantai Cirewang Subang. Tempat ini bisa Anda jadikan salah satu destinasi wisata ketika Anda berkunjung ke Subang. Apalagi semenjak adanya tol Cipali (Cikampek – Palimanan) yang melalui wilayah Subang. Subang menjadi tempat mampir untuk melepas lelah.

Loading...

Curug Ciherang

Hansar
5 min read

Grafika Cikole

Hansar
5 min read

Chinatown Bandung

Hansar
5 min read

Farmhouse Lembang

Hansar
4 min read

Gunung Pancar

Hansar
5 min read

The Lodge Maribaya

Hansar
5 min read