Pantai Indrayanti

Selain terkenal sebagai kota pelajar, Jogja juga terkenal dengan tempat-tempat wisatanya yang indah. Mulai dari wisata sejarah yang bisa kita temukan dengan mudahnya di tengah-tengah perkotaannya, hingga kawasan wisata bahari yang tumpah ruah di daerah-daerah pesisirnya.

Kawasan pesisir Jogja memang memiliki pantai-pantai dengan panorama yang indah dan eksotis. Tak heran hal ini akhirnya membuat banyak sekali tempat-tempat wisata pantai di Jogja yang ketenarannya tidak hanya diketahui oleh masyarakat lokal saja tapi juga sebagian besar masyarakat Indonesia yang doyan melancong.

Salah satu pantai di Jogja yang menyandang status wisata pantai terpopuler Jogja adalah pantai Indrayanti. Menawarkan suasana pantai khas pesisir selatan Jogja, pantai ini selalu menjadi tujuan wajib para pelancong untuk mengisi waktu liburan di saat weekend ataupun libur panjang.

pantai-indrayanti-jogja
via instagram/nabilazmii

Menarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai pantai Indrayanti ini.

Bagaimana keadaan pantainya, apa yang ada di sana, di mana alamat pantai Indrayanti, hingga harga tiket masuk pantai Indrayanti berapa, menjadi pertanyaan yang sebentar lagi akan kalian temukan jawabannya pada ulasan lengkap pantai Indrayanti berikut ini.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti adalah satu dari sekian banyak pantai yang berjejer mengisi area pesisir Jogja bagian selatan. Ia satu kawasan dan berdekatan dengan pantai lain seperti Pantai Krakal, Pantai Pok Tunggal, dan Pantai Sundak.

Karena hanya dipisahkan oleh jarak beberapa meter saja, tiket masuk untuk ketiga pantai ini kadang akan disatukan, jadi untuk menikmati ketiganya kalian hanya perlu membeli tiket masuk sekali saja.

Pantai Indrayanti seperti kebanyakan pantai di pesisir selatan Jogja menawarkan keindahan panorama kawasan pesisir yang masih alami. Pantai ini memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih sehingga kalian akan lebih nyaman saat bermain air, dan juga lebih leluasa kalau ingin snorkeling.

Di sisi sebelah kiri pantai ini juga ada sebuah tebing yang agak tinggi penuh dengan tanaman dan pepohonan hijau. Memandang ke arah tebing ini saja perasaan langsung terasa fresh, apalagi kalau mau mendaki dan naik ke atas, maka kalian bisa menyaksikan landscape keindahan pantai indrayanti dengan sangat bebes.

mitos-pantai-indrayanti
via instagram/sholikulhady

Dari tebing ini kalian bisa menyasar ke seluruh sudut pantai, menikmati air laut yang tampak kebiruan, mengikuti hiruk-pikuk pengunjung yang lalu lalang di pinggir pantai, hingga berselfie dari atas tebing ini dengan background pantai indrayanti. Membayangkannya saja terasa sangat indah bukan?

Baca juga tempat-tempat romantis di Jojga seperti Tempat Wisata Romantis di Jogja

Asal Usul Nama Pantai Indrayanti

Mungkin ada yang bertanya kenapa pantai ini dinamai pantai Indrayanti, melafalkan namanya memang terasa sedikit unik dan agak berbeda dengan pantai-pantai lain di Jogja yang biasanya selalu menggunakan nama sesuai dengan nama daerah tempatnya berada.

Belum banyak yang tahu memang, apalagi wisatawan luar kota, bahwa sebenarnya nama pantai ini adalah pantai Pulang Syawal. Nama inilah yang sebenarnya disepakati oleh pihak keraton dan pemerintah daerah sebagai nama resmi pantai Indrayanti.

Sementara nama Indrayanti, setelah ditelusuri ternyata merupakan nama sebuah restoran yang ada di sekitar kawasan pantai ini. Namun karena sudah terlanjur terkenal di kalangan wisatawan, maka banyak dari wisatawan tersebut yang mengidentikkan pantai Pulang Syawal dengan nama restoran ini.

Akhirnya, lambat laun nama asli pantai ini pun luntur dan terlupakan oleh para wisatawan, mereka kemudian lebih terbiasa menyebut pantai ini dengan sebutan pantai Indrayanti hingga sekarang.

Ada kabar yang mengatakan bahwa telah terjadi polemik antara pengelola pantai dengan pemerintah daerah sekaligus pihak keraton Jojga terkait penamaan pantai Indrayanti.

larangan-pantai-indrayanti
via instagram/elza.mlnd

Sempat tersiar juga kabar bahwa akibat permasalan tersebut pantai ini akan ditutup sementara waktu. Namun hari-hari berlalu, kabar tersebut ternyata tidak terbukti karena pantai ini sampai sekarang masih beroperasi dan terus didatangi para wisatawan setiap hari.

Kemudian ada juga yang menanyakan perihal mitos pantai Indrayanti atau sering disebut juga larangan pantai Indrayanti. Apakah pantai ini ada hal-hal gaibnya?. Untuk mitos atau larangan di pantai ini yang berkaitan dengan hal gaib sampai sekarang belum ada informasinya. Pantai ini baik-baik saja dan sangat recomended untuk kalian kunjungi.

Baca juga : Pantai Drini

Lokasi Pantai Indrayanti

Lokasi pantai Indrayanti terletak di area wisata pantai Gunung Kidul. Alamat lengkapnya di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk sampai di alamat pantai Indrayanti dari pusat kota Jogja, kalian harus menempuh perjalanan sejauh 65,5 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh sekitar satu setengah jam berkendara.

Sementara itu mengenai rute jalan menuju pantai Indrayanti ini sangat mudah sekali. Ada banyak papan penujuk lokasi yang akan memudahkan kalian mencari lokasinya.

Salah satu rute pantai Indrayanti yang bisa kalian lalui ialah rute yang melewati jalan Ringraod Timur atau biasa disebut jalan Wonosari. Dimulai dengan menyusuri jalan Piyungan, hingga nanti tembus di daerah Tepus, etelahnya kalian hanya perlu mengikuti arah yang ditunjukkan pada papan penunjuk ke pantai Indrayanti.

Selain rute di atas, ada satu rute lagi yang bisa kalian lewati untuk sampai di pantai Indrayanti. Rute ini melewati jalan Imogiri, yang kemudian melewati secara berturut-turut jalan Siluk, Panggang, Saptosari, Trowon, hingga Baron.

gambar-pantai-indrayanti
via instagram/nandaalhamda

Setelah sampai daerah Baron, —di sini ada juga pantai yang bernama pantai Baron—kalian tinggal menyusuri jalan sekitar 10 kilometer ke arah timur untuk sampai di lokasi pantai Indrayanti.

Lalu mengenai moda atau sarana transportasi yang dapat digunakan ke pantai ini bisa apa saja. Kendaraan pribadi ataupun angkot akan dengan mudah mencapai lokasi pantai karena secara keseluruhan kondisi jalan yang mengarah ke lokasinya sudah cukup bagus.

Yang perlu diperhatikan hanya masalah keamanan saat berkendara, karena kontur jalanan agak berkelok dan naik turun, agar selamat, kalian harus hati-hati betul dan harus konsentrasi saat sedang berkendara.

Oh, Ya. Kalau kalian belum buas menikmati liburan di Panti Indrayanti, di Gunung Kidul juga ada beberapa pantai lain yang tidak kalah menarik sebagai tempat rekreasi salah satunya Pantai Baron. Pantai ini cukup indah dengan sajian pasir hitamnya dan hidangan kulinernya yang sangat terkenal.

Baca juga : Puncak Becici Bantul, Jogja.

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Harga tiket masuk pantai Indrayanti adalah sebesar Rp. 10.000 per orang. Kemudian kalau datang membawa kendaraan pribadi, maka kalian juga wajib membayar biaya parkir sebesar Rp. 4000 untuk sepeda motor, dan Rp. 5000 untuk mobil.

Di dalam untuk bisa mencoba beberapa wahana atau fasilitas kalian juga harus membayar tiket. Berikut ini harga tiket dari beberapa fasilitas dan wahana yang ada di pantai Indrayanti:

  • Kamar mandi bilas plus toilet: Rp. 2000 – Rp. 5000
  • Gazebo: Rp. 30.000
  • Wahana jetski: Rp. 250.000 per 15 menit
  • Wahana payung pantai: Rp. 20.000

Menurut kalian murah atau mahal?

Meskipun jawabannya realtif, tapi menurut kami harga tiket utama dan tiket beberapa wahananya cukup terjangkau. Ditempat lain bisa saja lebih mahal, namun karena ini lokasinya di Gunung Kidul, maka harga tiketnya memang lebih murah.

sejarah-pantai-indrayanti
via instagram/dharmaalarcon

Dari dulu semua tempat wisata yang berlokasi di kawasan Gunung Kidul selalu murah harga tiketnya. Ini sudah menjadi semacam ciri khas tempat-tempat wisata di daerah Gunung Kidul yang merupakan daya tarik sekaligus pengangkat daya jualnya.

Oiya, jam buka pantai Indrayanti setiap harinya adalah mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB.

Baca juga : Review Pantai Siung Jogja

Fasilitas Pantai Indrayanti

Selain fasilitas umum seperti area parkir, toilet atau kamar bilas, dan tempat ibadah, di pantai ini juga tersedia beberapa fasilitas dan wahana berbayar.

Di sekitaran pantai kalian akan menemukan banyak tersedia payung-payung pantai beserta tempat duduknya yang bisa disewa untuk menikmati suasana pantai dengan lebih nyaman tanpa kepanasan.

Lalu ada juga gazebo-gazebo yang dibangun di sekitaran pantai sebagai tempat duduk atau tempat beristirahat. Untuk bisa menggunakan gazebo ini, kalian juga harus menyewa terlebih dahulu.

Kemudian di pantai indrayanti juga ada wahana bermain anak yang bisa digunakan secara gratis. Tempat penyewaan alat olahraga air seperti jetski juga tersedia di sini. Dan kalau kalian lapar, maka ada banyak restoran yang bisa kalian datangi yang menjual berbagai menu hidangan khas pesisir pantai.

pantai-indrayanti-buka-jam-berapa
via instagram/neffitrianita

Lalu bagi kalian yang ingin menginap, di sekitaran pantai Indrayati dan pantai-pantai di sebelahnya ada banyak penginapan yang bisa kalian sewa. Harga sewanya rata-rata terjangkau, tapi tentu tergantung dari jenis dan fasilitas penginapan yang kalian pilih. Mengenai penginapan ini akan kami bahas husus di bawah.

Baca juga : Pantai Sadranan Jogja

Penginapan Pantai Indrayanti

Banyak wisatawan yang memilih untuk menginap barang semalam atau dua malam di sekitar lokasi pantai Indrayanti agar bisa menikmat sensasi malam pesisir dan bisa lebih puas meng-eksplorasi semua hal yang ada.

Untuk kebutuhan ini, kabar baik nya di pantai ini, lebih tepatnya di sekitaran pantai Indrayanti dan beberapa pantai di dekatnya telah tersedia banyak pilihan tempat untuk menginap. Kalian bisa memilih menginap di penginapan berbentuk homestay, hotel, ataupun villa.

Berikut ini beberapa penginapan di sekitar pantai Indrayanti:

  1. Penginapan Joglowatukelir
  2. Griya Pesisir
  3. Bamboo Lengkung Cottage
  4. Penginapan Cemara Udang
  5. Rock Garden Homestay
  6. Walet Guest House

Objek Menarik dan Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Banyak sekali kegiatan wisata yang bisa kalian lakukan apabila berlibur di pantai Indrayanti. Selain aktivitas biasa seperti berenang dan bermain pasir, di pantai ini kalian juga bisa berburu spot-spot foto instagramable untuk menambah koleksi foto di feed instagram kalian.

pantai-indrayanti-penginapan
via instagram/senja3101

Fenomena menakjubkan saat matahari tenggelam atau sunset juga bisa kalian saksikan dari pantai ini. Siapkan saja kamera terbaik kalian untuk mengabadikan momen indah sunset di pantai Indrayanti.

Kurang greget? tenang, aktivitas yang lebih ekstrim juga mendukung untuk dilakukan di pantai ini.

Karena lumrahnya pantai-pantai di pesisir selatan Jogja memiliki gelombang ombak besar serta arus yang kuat, maka semua jenis olahraga air dari yan biasa sampai yang berbahaya bisa kalian lakukan di sini.

Di pantai ini kalian bisa mencoba berkeliling pantai dengan wahana jetski, ataupun snorkeling serta diving untuk melihat langsung panorama bawah lautnya. Namun ingatlah selalu akan keselamatan kalian, jangan sampai mengabaikan aturan-aturan yang diterapkan di pantai ini.

FYI. Pengelola pantai indrayanti sangat tegas terhadap setiap pengunjung yang melanggar aturan. Contohnya apabila kalian membuang sampah sembarangan di sekitaran pantai ini, maka siap-siap saja ditegur oleh petugas dan diwajibkan untuk membayar denda senilai Rp. 10.000.

Intinya taati dan patuhi semua aturan yang ada, karena itu semua tujuannya untuk menjaga kelestarian pantai dan juga keselamata serta kenyamanan pengunjung.

Kegiatan berikutnya yang tidak boleh dilewatkan di pantai ini tentunya aktivitas berbur kuliner. Ada banyak sekali pilihan tempat untuk mengisi perut, mulai dari warung kecil, restoran, hingga cafe. Untuk restoran sendiri, yang paling recomended ya restoran Indrayanti yang memang sudah terkenal sejak awal sebagai restoran paling favorit.

Tapi tentunya pilihan tergantung selera kalian dan juga budget liburan yang kalian siapkan.

Baca juga : Pantai Pok Tunggal

tiket-masuk-pantai-indrayanti
via instagram/fdhila.ghniah

Wisata Dekat Pantai Indrayanti

Setelah keluar dari pantai Indrayanti, jika hari masih pagi atau waktu liburan kalian masih lama, sebaiknya jangan buru-buru pulang dulu. Masih ada beberapa tempat wisata yang menarik untuk kalian jelajahi yang letaknya tidak jauh dari pantai ini.

Wisata terdekat dari pantai Indrayanti diantaranya Pantai Sandak, Pantai Pok Tunggal, Pantai Sadnaran, Pantai Sili, Goa Jomblang, Pantai Dini, Pantai Kukup, dan Pantai Watu Lampung.

Tips Wisata Ke Pantai Indrayanti

Beberapa tips wisata ke pantai Indrayanti berikut ini diharapkan dapat memberi kenyamanan dan kemudahan serta pengalaman liburan terbaik bagi kalian:

  1. Berwisata ke laut berarti saip-siap bersentuhan langsung dengan cahaya matahari yang panas. Untuk menghindari kulit gosong, maka sebaiknya siapkan sun block dan oleskan ke kulit nanti setelah sampai di kawasan pantai.
  2. Kalau menggunakan sepatu, sebaiknya siapkan juga sandal jepit yang nantinya akan kalian gunakan beraktivitas di pinggir pantai. Tidak perlu sandal jepit mahal, beli saja yang murah asal tahan digunakan di atas pasir. Tujuannya agar nanti memudahkan kalian berjalan di atas pasir dan juga melindungi telapak kaki kalian.
  3. Bawa perlengkapan mandi. Setelah berenang dan bersentuhan langsung dengan air laut, kulit harus dibilas dan dicuci agar tetap sehat. Nah agar tidak repot-repot membeli sabun dan sikat gigi, bagaimana kalau sebaiknya kalian bawa saja dari rumah? Ide yang lumayan bagus kan?
  4. Tak masalah kalian coba semua restoran dan cafe serta warung penjual makanan yang ada di sekitar pantai kalau dana liburan kalian unlimited. Namun kalau pas-pasan, maka untuk berhemat sebaiknya kalian membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah. Kami rasa apapun makanannya asal dinikmati di pinggir pantai, pasti rasanya enak dan lezat.
pantai-indrayanti-terbaru
via instagram/bundafebri71

Baca juga daftar tempat wisata di Jogja

Membahas pantai Indrayanti Jogja memang tak ada habisnya. Tempat wisata favorit di Jogja ini tak diragukan lagi sangat layak dan direkomendasikan untuk kalian datangi saat liburan nanti. Selain pantai Indrayanti ini, di Jogja juga masih banyak objek wisata lain, jadi sambil liburan ke pantai indrayanti, sekalian saja nanti kalian kunjungi semua tempat wisata yang ada di Jogja, setuju?

Loading...

Pantai Nglambor

Hansar
4 min read

Pantai Siung

Hansar
3 min read

Pantai Pok Tunggal

Hansar
4 min read

Pantai Drini

Hansar
4 min read

Pantai Sadranan

Hansar
4 min read

Jogja Bay Waterpark

Hansar
4 min read