Pantai Krakal

Jogja selalu menarik untuk dikunjungi apalagi ke salah satu kabupaten nya yaitu Kabupaten Gunung Kidul.

Di Gunung Kidul inilah tempat bertahtanya obyek-obyek wisata andalan Jogja. Mulai dari goa-goa yang eksotis hingga pantai-pantai yang romatis.

Salah satu pantai yang jangan sampai dilupakan apabila melancong ke Gunungkidul ialah Pantai Krakal.

pantai-krakal-jogja

instagram.om/jogja24jam

Pantai ini punya segudang daya tarik yang menjadi alasan kenapa kita harus bertandang kesana. Nah untuk lebih jelasnya, mari simak review tim wisatabagus.com tentang pantai di Jogja yang satu ini.

Sekilas Pantai Krakal

Pantai ini menjadi salah satu pantai favorit di Gunungkidul. Meski tidak setenar Pantai Indrayanti atau Pantai Baron, namun ia juga menjadi penyumbang pemasukan daerah yang lumayan besar dari sektor pariwisata.

Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Indrayanti. Jika diukur, keduanya hanya dipisahkan jarak sekitar 2,7 kilometer. Jika datang dari arah Kota Jogja, maka Pantai Krakal ini terletak setelah Pantai Indrayanti.

Pantai ini dinamakan Pantai Krakal karena di sekitaran pantai memang banyak batu karang-nya. Bahkan, di pantai ini ada dua batu karang super besar yang secara langsung menjadi pembatas dengan pantai di sebelahnya.

Dua karang itu juga menjadi daya tarik dan ciri khas Pantai Krakal. Di salah satu batu karang bahkan dibangun sebuah tugu atau monumen yang berbentuk ikan.

Kata “krakal” adalah kosa kata Jawa yang jika di Indonesia-kan berarti batu karang.

Misteri Pantai Krakal

pantai-krakal-gunung-kidul
instagram.com/m.a.rofiq16

Misteri yang kami maksud di sini konotasi-nya bukan yang seram-seram. Tapi lebih kepada proses atau sejarah keberadaan Pantai Krakal.

Menurut beberapa sumber, pantai ini dulunya merupakan sebuah area yang letaknya berada di dasar laut.

Tapi karena terjadinya proses alam yang dinamakan Epirogenesa Negatif, area yang berada di dasar laut akhirnya terangkat ke permukaan dan membentuk daratan.

Hal itu semakin nyata terlihat apabila kita mengamati kontur kawasan Pantai Krakal.

Lebih-lebih dengan adanya banyak batu karang dari yang ukurannya kecil hingga sebesar kapal, maka proses alam tersebut sepertinya memang benar-benar terjadi.

Dua batu karang yang ada di pantai ini pun dulunya diyakini berada di dasar laut dan ikut terangkat saat terjadinya proses Epirogenesa Negatif.

Daya Tarik Pantai Krakal

Pesona keindahan pantai ini bisa kita rasakan sejak pertama kali menjejakkan kaki di pintu masuk.

Dari sana, kita bisa melihat suasana Pantai Krakal yang masih asri dengan balutan pasir putih dan bongkahan-bongkahan batu karang yang tersebar di sekitarnya.

Pantai ini memang mewarisi keindahan yang dimiliki pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul.

Suguhan utamanya yaitu perpaduan hamparan pasir putih dan batu karang yang membentuk pemandangan eksotis memanjakan mata.

pantai-krakal-gunungkidul
instagram.com/pesonajogja

Selain itu yang pastinya akan selalu kita dapati jika berkunjung ke pantai-pantai di Gunung Kidul adalah kondisi ombaknya yang cukup besar.

Di Pantai Krakal, ombak besar ini justru menjadi daya tarik yang dimanfaatkan oleh para surfer sebagai spot surfing atau selancar.

Dua batu karang besar yang ada di pantai ini juga tak luput menjadi komponen yang menambah keindahan Pantai Krakal.

Dari sana kita bisa menikmati landscape pantai dengan lebih leluasa. Terlebih dengan adanya tugu ikan, batuan karang tersebut menjadi target utama pengujung untuk berfoto.

Sementara di sisi pantai, kita akan disuguhi pemandangan yang tak kalah indah berkat adanya berbagai macam pepohonan.

Tak hanya menambah keindahan, area di bawah pepohonan tersebut bisa dijadikan titik kumpul yang cukup nyaman.

Di sisi pantai juga terdapat beberapa tempat istirahat berupa bangku dan gazebo.

Di sana kita bisa bersantai sambil menikmati aneka makanan dan minuman yang kita dapatkan dari warung-warung yang tersebar di sekitaran pantai.

Aktifitas Wisata Pantai Krakal

Liburan ke pantai ini bisa kita maksimalkan dengan berbagai kegiatan. Daripada hanya bengong dan melamun, lebih baik kita melakukan beberapa aktifitas berikut agar liburan lebih berkesan:

Berjemur dan Bermain Pasir

misteri-pantai-krakal
instagram.com/fitricupid90

Hangatnya pasir pantai bisa kita manfaatkan sebagai media relaksasi alami.

Kita bisa menggali lobang dan mengubur diri beberapa menit untuk merasakan sensasinya.

Pasir Pantai Krakal yang bersih dan lembut akan memberi rasa aman untuk aktifitas ini.

Sembari berjemur, kita juga bisa bermain pasir melukiskan kreatifitas yang kita miliki.

Di Pantai Krakal juga tersedia persewaan payung sekaligus bangku yang bisa kita posisikan agak ke bibir pantai.

Ini adalah salah satu solusi jika kita ingin berjemur dengan cara yang lebih santai. Mirip dengan gaya bule-bule saat berjemur di pantai.

Susur Pantai

daya-tarik-pantai-krakal
instagram.com/apriprasetiyo97

Garis Pantai Krakal membentang sejauh 4 kilometer.

Ada banyak hal yang nantinya akan kita temukan jika mau menyusurinya dengan berjalan kaki.

Daripada hanya duduk malas di pinggir, cobalah berjalan menikmati hembusan angin. Jangan lupa bawa kamera karena nantinya pasti ada banyak spot yang sayang kalau tidak diabadikan.

Snorkeling

Pantai Krakal juga menawarkan kehidupan bawah laut yang mengagumkan. Untuk menikmatinya kita bisa melakukan snorkeling menjelajahi bagian dasarnya.

Kalau suka dengan aktifitas ini, kita bisa menyewa alat snorkel dengan biaya yang cukup murah yaitu hanya Rp. 50.000 saja.

Baca juga : Keindahan Pantai Sadranan Jogja

Selancar

Ombak Pantai Krakal yang cukup besar menjadi surga bagi para peselancar. Setiap saat pasti ada saja wisatawan lokal maupun mancanegara yang melakukan aktifitas ini di Pantai Krakal.

Sayangnya untuk penyewaan papan atau alat surfing belum ada di pantai ini. Jadi kita harus menyiapkan dan membawa sendiri dari rumah.

Hunting Foto di Bukit Karang

hunting-foto-pantai-krakal
instagram.com/iyansep2

Di pantai ini ada banyak spot foto yang bisa kita coba. Selain spot-spot yang terletak di sekitaran pantai, spot yang paling menantang adalah spot foto di atas bukit karang.

Di atas bukit itu kita bisa berfoto dengan latar air laut Pantai Krakal yang biru. Atau kita juga bisa berfoto dengan latar tugu ikan yang ada di sana.

Menikmati Kuliner Khas Pantai

Di Pantai Krakal ada banyak warung atau resto penjual kuliner khas pantai. Berbagai olahan ikan bisa kita temukan dan santap di warung-warung tersebut.

Selain ikan, ada juga menu seafood lainnya seperti Udang, Lobster, hingga Cumi-cumi.

Sunset

sunset-pantai-krakal
instagram.com/marestimei

Banyak yang mengatakan bahwa Pantai Krakal adalah spot sunset terbaik yang ada di Jogja. Anda bisa membuktikan hal ini dengan menyaksikan langsung momen sunset tersebut dari Pantai Krakal.

Selain sunset kita juga bisa melihat sunrise dari pantai ini jika sanggup datang pagi-pagi sebelum momen sunrise itu tiba.

Selain ketujuh aktifitas di atas, di pantai ini kita juga bisa berburu ikan menggunakan pancing. Ada banyak spot pemancingan yang bisa kita coba. Tapi kalau belum pengalaman, kita bisa ikut dengan para nelayan yang setiap harinya berburu ikan di Pantai Krakal.

Alamat Pantai Krakal

Alamat pantai ini berada di Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Lokasinya berdekatan dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul seperti Pantai Baron, Pantai Indrayanti, Pantai Sundak, Pantai Kukup dan yang lainnya.

Untuk sampai di pantai ini kita bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat karena kondisi jalan ke lokasinya sudah cukup bagus.

Rute ke Lokasi

rute-ke-pantai-krakal
instagram.com/jogjascenery

Rute jalan yang bisa ditempuh untuk menuju Pantai Krakal bisa disesuaikan dari posisi keberangkatan.

Contonya jika berangkat dari pusat Kota Jogja, maka rute yang bisa dilalui adalah dari Jogja ke arah Piyungan melewati ring road selatan, lalu ke Desa Mulo setelah sampai di Wonosari.

Nah dari Desa Mulo, lanjutkan perjalanan anda melewati jalan yang mengarah ke Pantai Baron. Sebelum Pantai Baron ada pertigaan dan silahkan ambil arah yang ke kiri.

Ikuti saja jalan ini hingga sampai ke Pantai Krakal. Sebelum sampai di Pantai Krakal nantinya anda akan melati Pantai Kukup dan pantai-pantai lainnya.

Tidak perlu khawatir tersesat karena setiap pantai pasti ada papan petunjuk atau papan namanya.

Baca juga : Pantai Sepanjang

Jam Buka

Pantai Krakal dibuka setiap hari selama 24 jam. Kita bebas mau datang kapan saja sesuai keinginan. Tapi kalau menginginkan suasana yang lebih sejuk dan eksotis, sebaiknya pilihlah waktu kunjungan di pagi atau sore hari.

Hari KunjunganJam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Tiket Masuk Pantai Krakal

tiket-masuk-pantai-krakal
instagram.com/fachrudmhm

Tiket masuk ke pantai ini dan pantai-pantai lainnya sudah disatukan dengan tiket masuk Pantai Baron.

Jadi kita hanya perlu membayar tiket masuk Pantai Baron dan setelah itu bebas mengujungi pantai lainnya tanpa membayar tiket masuk lagi.

Tiket nya pun dijual cukup murah yaitu hanya Rp. 10.000 saja per orangnya baik dihari kerja ataupun di hari libur.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp. 10.000
ParkirRp. 2000 (motor) – Rp. 5000 (mobil)

Tapi di masing-masing pantai kita akan dikenai retribusi parkir. Untuk Pantai Krakal, tiket parkirnya hanya Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Fasilitas Umum

Untuk memberi kenyamanan dan kemudahan bagi para pengujung selama berlibur di Pantai Krakal, pengelola sudah menyiapkan berbagai fasilitas penunjang.

Fasilitas-fasilitas di pantai ini antara lain lahan parkir yang lumayan luas, spot foto, gazebo, bangku, warung penjual makanan, toilet, kamar bilas, dan mushola.

Bagi yang ingin menginap juga sudah ada beberapa penginapan sekelas hotel melati di pantai ini. Penginapan tersebut bisa disewa dengan biaya sekitar Rp. 150.000 hingga Rp. 500.000 per malamnya tergantung fasilitas yang disediakan.

Tempat Wisata Terdekat Dari Pantai Krakal

Bagi anda yang punya jatah libur cukup panjang, di sekitar pantai ini masih ada tempat-tempat wisata lain yang bisa dijelajahi.

Obyek wisata yang cukup menarik yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Krakal selain yang telah kami tuliskan di atas antara lain Pantai Sadranan, Pantai Ngrumput, Puncak Kasokara, Bukit Bintang Jogja, dan Goa Jomblang.

fasilitas-pantai-krakal
instagram.com/pantai.jogja

Baca juga : Tempat Wisata di Joga

Kabupaten Gunungkidul memang punya banyak sekali obyek wisata menarik yang membuatnya tidak pernah membosankan untuk dikunjungi. Kalau sempat berkunjung ke Gunung Kidul, jangan sampai lupa kunjungi pula Pantai Krakal Jogja yang indah ini.

Loading...

Tempat Wisata di Jogja

Wahyoeni
4 min read

Bukit Bintang Jogja

Hansar
4 min read

Pantai Sundak

Hansar
5 min read

Pantai Sepanjang

Hansar
4 min read

Pantai Wediombo

Hansar
5 min read

Pantai Nglambor

Hansar
4 min read