Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok – Belum banyak yang mengetahui bahwa Lombok juga memiliki pantai indah nan alami bernama Pantai Kuta. Hal yang bisa dimaklumi karena kebanyakan orang saat ini memang hanya mengetahui bahwa satu-satunya pantai yang bernama Pantai Kuta adalah yang ada di pulau Dewata, di Bali sana.

Yup, tidak ada yang salah, tidak ada dosa bagi yang tidak mengetahui.

Nah tapi sekarang, kalian yang sampai di sini dan membaca artikel ini, setelah selasai membaca nanti diharapkan untuk mengabarkan atau paling tidak meng-iya-kan kalau ada orang yang bertanya kepada kalian perihal apakah benar ada pantai bernama Pantai Kuta di Lombok.

Dengan begitu, kalian sudah membantu promosi dan mengenalkan pantai ini agar diketahui oleh lebih banyak lagi calon wisatawan.

gambar-pantai-kuta-lombok

Pantai Kuta Lombok

Lombok adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak sekali tempat wisata. Dari ujung barat ke ujung timur, utara ke selatan, kalian akan mendapati jejeran tempat-tempat wisata yang menarik dan tentunya menantang untuk dijelajahi di pulau yang memiliki julukan Pulau Seribu Masjid ini.

FYI. Kami pernah mengulas mengenai daftar lengkap tempat-tempat wisata yang ada di Lombok mulai dari objek wisata pantai hingga wisata edukasi yang tersebar di Lombok Utara, Lombok Barat dan Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur, hingga Lombok Selatan.

Untuk informasi wisata Lombok lainnya, silahkan baca artikel Tempat wisata di Lombok.

Pantai Kuta Lombok bagi wisatawan lokal adalah satu dari beberapa destinasi wisata favorit di Lombok yang selalu menjadi tujuan berlibur mereka setiap akhir pekan ataupun pada moment libur panjang.

pasir-merica-pantai-kuta-lombok

Dengan suasana pantainya yang bersih, alami, sejuk, dan tenang, pantai ini menjadi lokasi yang sangat nyaman untuk bersantai dan menghapus segala beban dan kepenatan hidup sehari-hari.

Pantai Kuta Lombok memiliki garis pantai yang panjang dengan lintasan berkelok-kelok. Pasir pantainya berwarna putih dan berukuran agak lebih besar dari kebanyakan pasir pantai lainnya.

Banyak yang bilang bahwa butiran pasir seukuran merica di Pantai Kuta Lombok merupakan tempat bersarangnya cacing nyal (ini berkaitan dengan legenda Putri Mandalika) yang biasanya akan naik ke pantai pada bulan-bulan tertentu.

Kemudian pantai ini suasananya juga semakin indah berkat perbukitan-perbukitan hijau yang hampir mengelilingi semua kawasannya. Yang paling terkenal dan menjadi semacam lokasi pandang untuk menyaksikan bentangan Pantai Kuta adalah Bukit Mandalika yang terletak di sisi sebelah barat pantai.

pantai-seger-kuta-lombok

Lalu kegiatan yang biasanya dilakukan wisatawan yang datang ke pantai ini adalah duduk santai beralaskan pasir putih, atau tiduran di beberapa kursi yang telah disediakan pengelola sambil menikmati view pantai mandalika yang indah. Selain itu, ada juga yang berenang, berselancar, snorkeling, dan melakukan olahraga air lainnya.

Legenda Putri Mandalika di Pantai Kuta Lombok

Ada kisah yang turun-temurun diceritakan dan telah melegenda di tengah-tengah masyarakat sekitar Pantai Kuta Lombok Selatan mengenai pantai ini. Konon, dahulu kala ada seorang putri bernama Putri Mandalika yang sengaja menenggelamkan dirinya di Pantai Kuta ini.

Hal ihwal nya bermula ketika sang putri yang cantik, anggun, dan mempesona itu menjadi rebutan setiap lelaki dan pangeran yang ada di bumi Lombok. Karena tak ingin persaingan para lelaki itu menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, sang putri akhirnya naik ke bukit sebelah barat pantai (yang sekarang bernama Bukit Mandalika) dan melompat menceburkan diri ke dalam lautan yang kemudian menelan jasadnya.

Yang menarik dari cerita legenda ini adalah keterkaitan ucapan atau janji sang putri sebelum terjun dari atas bukit ke dalam air laut, dengan kemunculan cacing-cacing nyale di pantai ini. Konon lagi, sebelum melompat, sang putri mengucapkan janji bahwa ia akan kembali setiap sekali setahun dan akan membawa rizki atau berkah bagi masyarakat.

bukit-mandalika-pantai-kuta-lombok

Benar saja, setiap bulan Februari hingga Maret, di pantai ini akan muncul cacing nyale dalam jumlah yang tak terhitung dan menjadi buruan masyarakat yang datang dari berbagai daerah yang ada di Lombok.

Cacing nyale inilah yang dipercaya sebagian masyarakat Lombok sebagai wujud janji sang Putri Mandalika. Cacing nyale ini—boleh percaya atau tidak—menurut masyarakat sekitar, berasal dari rambut Putri Mandalika.

Alamat Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok beralamat di Desa Pujut, Lombok Tengah, Lombok, NTB. Wisatawan luar kadang menyebutnya dengan Pantai Kuta Lombok Selatan, karena letaknya yang memang berada daerah selatan Lombok namun masih termasuk dalam kawasan Kabupaten Lombok tengah.

Jalan Ke Pantai Kuta

Ada beberapa alternatif jalan menuju Pantai Kuta Lombok yang bisa kita pilih, tentu ini bergantung dari mana atau di mana posisi kalian berada saat ini. Jika di ukur dari Ibukota Provinsi, maka jarak dari kota Mataram ke Pantai Kuta Lombok adalah sekitar 47, 3 kilometer. Kalian bisa menempuhnya dalam waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam perjalanan melalui jalan bypass Bandara Internasional Lombok.

Sedangkan jika mengaksesnya dari Bandara Internasional Lombok sendiri, maka waktu tempuh yang dibutuhkan jauh lebih sedikit lagi yakni sekitar 27 menit berkendara dengan jarak yang hanya sekitar 13,2 kilometer.

Kondisi jalan yang akan kalian lalui hingga sampai di kawasan pantai sudah cukup baik. Hanya saja saat ini jalanan masih agak sepi dan jarang sekali ada angkutan umum. Kalaupun ada, paras supir angkutan biasanya akan menarik ongkos yang sangat mahal.

Karena itu, bagi kalian yang datang dari luar kota atau dari Mataram, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan taksi bandara. Atau, pilihan lainnya adalah berlibur ke Pantai Kuta dengan mengikuti paket tour yang banyak disediakan jasa travel.

putri-mantalika-pantai-kuta-lombok

Kemudian di perjalanan sebelum sampai di Pantai Kuta kalian akan melewati salah satu desa wisata yang ada di pulau Lombok. Desa ini bernama desa Sade. Kalau mau dan memungkinkan, mampir sejenak di desa itu untuk melihat proses pembuatan ataupun membeli beberapa helai kain tenun khas Lombok. Selain kain tenun, juga masih banyak hal menarik yang bisa kalian temukan di desa ini.

Fasilitas di Pantai Kuta Lombok

Fasilitas umum yang ada di Pantai Kuta Lombok bisa ditulis sudah cukup lengkap. Beberapa diantaranya ialah:

  1. Areal parkir kendaraan bermotor yang cukup luas
  2. Warung atau kios-kios penjual makanan
  3. Kamar mandi dan toilet
  4. ATM
  5. Tempat ibadah (Masjid)
  6. Penginapan
  7. Tempat penyewaan jetski dan alat watersport lainnya.

fasilitas-pantai-kuta-lombok

Adapun mengenai tempat menginap, di sekitar pantai ini sudah tersedia beberapa hotel dan bungalo dengan beragam pilihan fasilitas dan harga yang bisa kalian sesuaikan dengan keinginan juga dana. Tiga diantaranya yaitu Bungalows Cockatoo, Hotel Kuta Indah Lombok, dan Novotel Carolia Lombok.

Saran kami, jika kalian memang tidak ingin menginap, maka jangan pulang dari pantai ini setelah jam 6 sore. Ini demi kenyamanan dan keamanan kalian selama di perjalanan pulang nantinya.

Harga Tiket Masuk Pantai Kuta Lombok

Kabar baiknya dan menjadi kelebihan Pantai Kuta Lombok adalah untuk memasuki dan menikmati apa yang ada di dalamnya saat ini tidak dibutuhkan biaya alias gratis tanpa tiket masuk. Namun, jika datang dengan kendaraan pribadi, kalian harus dan akan dimintai biaya untuk parkir mobil sebesar Rp. 10.000 dan parkir sepeda motor sebesar Rp. 5.000.

Objek dan Kegiatan Menarik di Pantai Kuta Lombok

Banyak hal yang bisa kalian lakukan di Pantai Kuta Lombok yang dalam bahasa inggrisnya disebut kuta beach ini.

Seperti telah sedikit ditulis di atas, di pantai ini kalian bisa bersantai di pinggiran pantainya yang bersih dan berpasir putih, snorkeling, bermain air dan berenang, berselancar, bermain banana boat dan jetski, hingga menikmati indahnya sunset di sore hari.

pantai-kuta-lombok-selatan

Lalu kalau kalian ada waktu, tidak jauh dari Pantai Kuta ini—terletak di sebelah timurnya—ada satu pantai yang juga cukup menarik untuk dikunjungi. Pantai tersebut sering disebut Pantai Seger Kuta Lombok dan berada di garis pantai yang sama dengan Pantai Kuta.

Suasana di Pantai Seger juga cukup indah. Ada banyak aktivitas wisata yang juga bisa kalian lakukan di sana. Lebih-lebih jika kalian menyukai snorkeling dan selancar, maka pantai ini adalah lokasi yang paling pas untuk kalian datangi.

Pantai Kuta Lombok mandalika memang merupakan tempat liburan yang sangat menarik dan menyenangkan. Selain menikmati keindahan kawasannya yang alami dan sejuk, kita juga bisa belajar sejarah zaman lampau dari legenda Putri Mandalika. Kemudian jika berkesempatan, kita juga sekaligus bisa berwisata budaya di Desa Sade yang tidak jauh dari pantai ini. Jadi, sekali menyelam, dua sampai tiga pulau terlampaui, he he. Sekian dulu yah sobat, selamat berlibur!

Pantai Senggigi Lombok

Edy
4 min read

Pantai Nipah Lombok

Edy
4 min read

Gili Trawangan

Edy
5 min read