Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti adalah salah satu obyek wisata pantai yang terletak di kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Meskipun kurang terkenal sebagai daerah wisata, namun kabupaten ini ternyata menyimpan satu lokasi wisata yang sangat cantik dalam wujud pantai Menganti.

Pantai ini sangat recomended sebagai tujuan berlibur Anda bersama keluarga. Apalagi bagi Anda yang menyukai keindahan alam pesisir pantai, maka tidak salah lagi bahwa Pantai Menganti adalah tujuan yang paling tepat.

pantai-menganti-kebumen

Pantai Menganti

Pantai Menganti sebenarnya belum lama diresmikan sebagai kawasan wisata. Dulunya pantai ini hanyalah sebuah pesisir tempat pendaratan para nelayan setelah mencari ikan di tengah laut.

Namun setelah melihat keindahan pantai ini dan potensinya yang cukup besar sebagai tempat wisata, maka pemerintah kabupaten Kebumen pun mulai membangun beberapa fasilitas dan sarana penunjang untuk memberi kenyamanan bagi para pengunjung yang nantinya datang ke pantai ini.

Setelah semua fasilitas dan sarana penunjang lainnya sudah siap, pemerintah Kebumen secara resmi membuka pantai ini sebagai obyek wisata umum dengan menggelar lomba selancar nasional.

pantai-menganti-kebumen-jawa-tengah

Sejak saat itu, secara perlahan pantai Menganti terus mendapat kunjungan wisatawan yang tidak hanya berasal dari Kebumen saja tapi juga dari kota-kota lainnya di Jawa Tengah.

Daya Tarik Pantai Menganti

Para wisatawan yang datang ke pantai Menganti akan disuguhi pemandangan pesisir pantai yang sangat indah.

Pantai ini memiliki pasir putih dengan ciri khas ombak pantai laut selatan yang cukup bagus sebagai tempat berselancar.

Selain itu, di sekitaran pantai juga terdapat perbukitan karst yang tampak menghijau seolah menyelimuti pantai ini.

Perbukitan yang sering dijuluki bukit bidadari itu sangat indah dipandang mata selain sangat nyaman sebagi tempat bersantai.

Bagi Anda yang mungkin sering berkunjung ke pantai selatan Jawa, pastinya tau bahwa tipikal ombak di sana sangat besar dan berbahaya untuk aktifitas renang.

Namun berkat adanya perbukitan karst tersebut, ombak pantai yang ada di pantai Menganti ini lebih lembut meskipun ia termasuk pantai yang ada di garis pantai selatan.

pantai-menganti-jawa-tengah

Bukan hanya itu. Daya tarik yang dimiliki pantai Menganti juga bisa Anda dapatkan saat mengunjungi lokasi air terjun yang tidak jauh dari kawasan pantai.

Ada 4 air terjun dengan ketinggian 30 meter yang bisa Anda eksplore sepuasnya setelah bosan melakukan berbagai aktifitas di sekitaran pantai.

Selain itu juga, tidak jauh dari kawasan pantai Menganti terdapat dua obyek goa yang tidak luput dari perhatian wisatawan.

Selain mengandung mitos, goa-goa tersebut juga cukup menarik untuk dijadikan sebagai spot berfoto.

Sejarah dan Mitos Pantai Menganti

Sebagaimana kebanyakan obyek wisata, pantai Menganti ternyata juga memiliki sejarah dan mitos yang dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Asal muasal penamaan pantai ini dengan nama pantai Menganti konon bermula dari kisah persahabatan dua orang alim yakni Sunan Gresik dan Syekh Subakir.

Saat itu, ketika melakukan dakwah bersama untuk menyebarkan agama Islam, Sunan Gresik dan Syekh Subakir berpisah di pantai Menganti dan berjanji untuk bertemu lagi di pantai ini suatu saat nanti.

Ketika tiba waktu pertemuan yang disepakati, Sunan Gresik harus menunggu hingga waktu yang sangat lama sebelum akhirnya berjumpa dengan sahabatnya itu.

pantai-menganti-kebumen-2019

Lamanya waktu penantian dan kesabaran Sunan Gresik dalam menunggu kedatangan Syekh Subakir itulah yang kemudian dijadikan nama pantai ini.

Menganti yang menjadi nama pantai ini diambil dari kata menanti atau menunggu dalam kisah Sunan Gresik dan Syekh Subakir di atas.

Selain kisah persahabatan Sunan Gresik dan Syekh Subakir, di pantai ini juga tersiar mitos yang melarang siapun yang datang kepantai ini untuk mengenakan pakaian berwarna hijau.

Konon mitos ini ada kaitannya dengan kisah Nyi Roro Kidul yang dipercaya masyarakat Jawa sebagai penghuni atau ratu pantai selatan.

Aktifitas Wisata Yang Bisa Dilakukan

Ada beragam aktifitas wisata yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke pantai Menganti. Banyaknya spot cantik yang tersedia di sekitaran pantai membuat para pengunjung dengan mudah dapat melakukan berbagai aktifitas seru untuk mengisi waktu libur mereka di pantai ini.

Berikut ini beberapa aktifitas yang bisa Anda lakukan di pantai Menganti :

1. Berenang

berenang-di-pantai-menganti

Aktifitas ini menjadi kegiatan yang sangat seru untuk dilakukan di pantai Menganti. Berbekal air pantai yang jernih dan ombak yang tidak terlalu besar, membuat aktifitas renang Anda di pantai Menganti akan sangat menyenangkan.

Namun meskipun ombak di pantai ini tidak setinggi dan seberbahaya ombak pantai yang ada di pantai selatan lainnya, Anda harus tetap hati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sedangkan untuk sensasi berenang di tempat yang sangat aman, Anda bisa datang ke Pantai Batu Hiu di Bandung.

2. Hunting Foto

jembatan-merah-pantai-menganti

Ada banyak sekali spot cantik di pantai Menganti yang bisa Anda jadikan spot foto. Anda tinggal pilih spot yang ada di sekitaran pantai, lokasi goa, lokasi air terjun, ataupun di spot jembatan merah dan lembah menguneng.

Kedua spot terakhir lokasinya tidak jauh dari kawasan pantai dan bisa di tempuh dengan waktu yang cukup singkat. Jaraknya mungkin hanya sekitar 300 meter saja.

Mengenai jembatan merah, spot ini adalah sebuah wahana jembatan yang dicat merah dan berfungsi sebagai jalan yang menghubungkan sisi pantai dengan perbukitan karst.

Selain berfoto di jembatan merah, Anda juga bisa menyewa gazebo yang terletak di atas perbukitan untuk beristirahat.

3. Naik Balon Udara

balon-udara-pantai-menganti

Di pantai Menganti juga ada wahana balon udara yang bisa dinaiki wisatawan yang ingin mencoba terbang menggunakan balon udara.

Dengan tarif sebesar Rp15.000 saja, Anda sudah bisa merasakan serunya sensasi terbang dengan balon udara sambil menyaksikan keindahan pantai Menganti.

4. Bermain Sepeda Gantung

sepeda-gantung-pantai-menganti

Selain balon udara, wahana yang cukup menarik untuk dicoba adalah wahana sepeda gantung ini.

Anda bisa merasakan keseruan mengayuh sepeda gantung yang ditempatkan di ketinggian sembari menikmati pemandangan pantai Menganti dari atas.

Untuk mencoba wahana sepeda gantung, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Satu kali putaran cukup ditebus dengan karcis seharga Rp15.000.

5. Mendaki Bukit Sigatel

bukit-sigatel-pantai-menganti

Bagi Anda yang suka mendaki, Anda juga bisa menyalurkan hobi tersebut di bukit Sigatel yang terletak tidak jauh dari pantai Menganti.

Meskipun tidak terlalu tinggi, tapi mendaki bukit Sigatel ini cukup untuk membuat ada berpeluh sehingga dianjutkan untuk memakai pakaian dan alas kaki yang nyaman digunakan saat mendaki.

Alamat Pantai Menganti

Lokasi pantai Menganti jika diukur dari pusat kota Kebumen memang agak jauh. Untuk sampai di pantai ini dari kota Kebumen, maka Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 46 kilometer.

Berbeda halnya jika Anda mengakses lokasi pantai Menganti dari kecamatan Gombong, dari kecamatan ini, jarak tempuh yang Anda perlukan untuk sampai di pantai Menganti hanya 35 kilometer saja.

Alamat lengkap pantai Menganti ini berada di Desa Karangduwur, Kec. Ayah, Kebumen, Jawa Tengah.

Rute ke Pantai Menganti

rute-ke-pantai-menganti

Ada beberapa rute yang bisa Anda lalui untuk menuju pantai Menganti. Misalnya jika Anda datang dari arah kota Kebumen, rute yang biasa dilalui adalah rute dari kota Kebumen ke arah selatan hingga sampai di Petanahan.

Setelah sampai di Petanahan, kemudian perjalanan dilanjutkan ke arah Puring lalu Karangbolong hingga ke Desa Karangduwur dan sampailah Anda di lokasi pantai Menganti.

Perjalanan dari kota Kebumen hingga pantai Menganti melewati jalur atau rute di atas akan menghabiskan waktu kurang lebih 60 menit.

Kemudian bagi Anda yang datang dari arah Purwokerto, Anda bisa melalui rute yang biasa dilalui untuk menuju pantai Ayah.

Nah tidak begitu jauh dari lokasi pantai Ayah, Anda akan menemukan persimpangan jalan yang mana jika mengambil arah ke kanan, jalan ini akan mengarahkan Anda ke pantai Ayah. Untuk menuju pantai Menganti, di persimpangan tersebut ambillah jalan yang mengarah ke kiri.

Jam Buka Pantai Menganti

Pantai Menganti bisa dikunjungi kapan saja karena sampai saat ini belum ada aturan pembatasan waktu kunjungan yang diterapkan oleh pengelola.

Namun jika Anda menginginkan pemandangan pantai yang lebih indah, maka datanglah sore hari karena saat itu Anda juga bisa menyaksikan fenomena sunset di pantai Menganti.

Harga tiket Masuk Pantai Menganti

tiket-masuk-pantai-menganti

Untuk memasuki kawasan pantai Menganti Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp10.000 untuk membeli tiket masuknya.

Lalu jika Anda datang menggunakan sepeda motor, Anda juga hanya diwajibkan untuk membayar karcis parkir sejumlah Rp3.000. sedangkan yang datang membawa mobil, harga karcis yang harus dibayar sebesar Rp5.000.

Tiket Masuk Pantai Menganti 2018 – 2019

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp10.000
Parkir Roda 2Rp3000
Parkir Roda 4Rp5000

Fasilitas Pantai Menganti

Pengelolaan obyek wisata pantai Menganti dilakukan secara professional oleh pemerintah kabupaten Kebumen.

Karena itu, fasilitas di pantai ini sudah tersedia dengan sangat lengkap. Di pantai ini sudah ada areal parkir, kamar mandi, toilet, warung, mushola, dan beberapa tempat menginap berbentuk villa.

penginapan-di-pantai-menganti-kebumen

Baca juga : Tempat Wisata di Semarang, Jawa Tengah.

Obyek wisata Pantai Menganti Kebumen bisa menjadi alternatif tujuan wisata Anda bersama keluarga saat berada di kota Kebumen. Selain menyediakan wahana dan fasilitas lengkap, obyek wisata ini juga cukup terjangkau sehingga bisa menjadi sarana liburan murah di Kebumen.

Loading...

Tempat Wisata di Magelang

Wahyoeni
7 min read

Wisata Malam di Semarang

Wahyoeni
5 min read

Water Blaster Semarang

Hansar
4 min read

Tempat Wisata Bandungan

Wahyoeni
3 min read

Tempat Wisata di Semarang

Wahyoeni
4 min read

Guci Tegal

Hansar
5 min read