Pantai Nglambor

Obyek wisata pantai di Jogja menghampar dengan ciri khas dan daya tarik nya sendiri-sendiri. Jika ingin menikmati deretan pantai berombak besar, maka di Jogja kita bisa mengarahkan tujuan ke kawasan Gunung Kidul.

Kawasan Gunungkidul yang terletak di bagian selatan Jogjakarta memang memiliki pantai-pantai yang berombak besar dan tinggi. Banyak orang yang mengatakan bahwa di pantai-pantai jenis ini kita tidak bisa asal nyemplung untuk berenang karena berbahaya bagi keselamatan kita.

Ya. Hal tersebut memang benar adanya. Namun jika anda berniat mengunjungi salah satu pantai di Gunung Kidul dengan tujuan untuk berenang, di sana sebenarnya ada Pantai Nglambor yang cukup aman untuk aktifitas tersebut.

pantai-nglambor-yogyakarta

via instagram.com/indamnesia

Bahkan tidak hanya berenang, di Pantai Nglambor kita juga bisa ber-snorkeling ria menikmati kekayaan bawah lautnya yang dipenuhi berbagai bentuk ikan dan biota laut.

Aktifitas snorkeling ini bahkan menjadi aktifitas utama dan terfavorit yang sering dilakukan wisatawan saat berwisata ke Pantai Nglambor.

Nah, untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai pantai di Gunung Kidul yang satu ini, berikut ulasannya untuk anda.

Pantai Nglambor

Sebagaimana pantai-pantai lain di Gunung Kidul, pantai ini juga berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Jika melihat dari fakta ini, seharusnya Pantai Nglambor memang memiliki ombak besar seperti halnya pantai Gunung Kidul yang lain.

Namun keunikan pantai ini adalah terdapatnya dua bukit karang yang cukup besar di kiri kanan nya.

Bukit karang inilah yang menahan gelombang besar sehingga gelombang yang sampai ke bibir pantai menjadi lebih kecil.

pantai-nglambor-gunung-kidul
via instagram.com/pantai_nglambo

Pantai ini diapit oleh dua pantai lainnya yaitu Pantai Siung dan Pantai Jogan. Dibanding kedua keduanya, Pantai Nglambor tergolong masih baru karena baru dikenal sebagai tempat wisata pada tahun 2013.

Sebenarnya pembangunan infrastruktur untuk memudahkan pelancong saat mengunjungi pantai ini sudah dibangun sejak tahun 2010.

Namun entah mengapa, pantai ini tetap saja tidak dilirik oleh wisatawan sehingga saat itu pengunjungnya masih sepi.

Barulah setelah foto-foto nya beredar di media sosial, Pantai Nglambor perlahan mulai dikenal dan sejak tahun 2013 hingga sekarang selalu mendapat kunjungan wisatawan dalam jumlah yang cukup banyak.

Aktifitas Wisata Pantai Nglambor

Seperti yang kami tuliskan di awal, aktifitas utama yang paling cocok dan banyak diminati oleh para wisatawan di Pantai Nglambor adalah snorkeling. Selain itu, di pantai ini kita juga bisa melakukan aktifitas lain yang cukup menarik.

Memang di pantai ini tidak tersedia wahana permainan air semacam banana boat ataupun wahana kano seperti yang bisa kita mainkan saat berkunjung ke Pantai Sadranan.

Meski begitu, di Pantai Nglambor kita bisa melakukan beberapa aktifitas lain yang tak kalah seru.

Berikut rekomendasi aktifitas wisata di Pantai Nglambor :

1. Bersantai

pantai-nglambor-wonosari
via instagram.com/kusukaaid

Meski mulai rutin dikunjungi wisatawan, namun kealamian dan keasrian pantai ini masih terjaga hingga sekarang.

Karena itu jika malas bergerak, kita masih bisa menikmati liburan yang menyenangkan dengan bersantai di tepi pantai ini.

Terlebih lagi jika kebetulan kita datang di saat pengunjung sedang sepi. Suasana santai pun akan terasa sangat nyaman karena minim gangguan.

Selain itu pantai ini juga sangat teduh. Kita bahkan bisa menikmati waktu santai hingga siang hari tanpa kepanasan.

Di pantai ini ada tebing tinggi yang menghalangi sinar matahari. Jadi sampai jam 1 siang pun, kita masih bisa duduk ataupun berbaring di atas pasir dengan sangat nyaman.

2. Berenang

Gelombang air yang cukup tenang membuat pantai ini bisa dijadikan tempat berenang. Selain itu, airnya juga bersih dengan suhu yang lumayan dingin sehingga akan sangat menyegarkan badan.

Namun di pantai ini banyak sekali batu-batu karang yang bentuknya cadas dan tajam.

Jadi saat berenang, tetaplah waspada dan berhati-hati agar jangan sampai membentur batu-batu karang tersebut.

3. Snorkeling

pantai-nglambor-snorkeling
via instagram.com/tata.dhyta

Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Nglambor dengan tujuan untuk snorlkeling dan hunting foto underwater.

Meski tidak seindah Raja Ampat ataupun Bunaken Wakatobi, namun suasana bawah laut pantai ini juga cukup memanjakan mata.

Peralatan snorkeling bisa kita sewa langsung di pantai ini dengan harga sewa sekitar 50 ribu rupiah. Kalau ingin sekaligus dengan kamera underwater-nya, kita harus membayar sekitar 70 ribu rupiah.

Baik wisatawan yang sudah pandai snorkeling ataupun tidak akan mendapatkan peralatan snorkeling dan juga guide.

Selain menjadi pemandu bagi yang belum fasih snorkeling, para guide itu juga akan membantu wisatawan tatkala ingin berfoto di dalam air.

4. Hunting Foto

gambar-pantai-nglambor
via instagram.com/pantai_nglambor

Selain hunting foto di dalam air, wisatawan yang punya hobi berfoto juga bisa meng-eksplore berbagai macam spot foto di sekitaran pantai.

Salah satu spot yang bisa dicoba adalah di pulau karang yang untuk kesana kita harus melewati sebuah jembatan gantung.

Spot foto di pulau karang tersebut sangat indah dan diakui kecantikannya oleh sebagian wisatawan.

Di pulau karang itu kita bisa berfoto dengan background Samudera Pasifik yang luas dengan airnya yang tampak membiru.

Baca juga : Pantai Wediombo Jogja

5. Sunrise dan Sunset

artikel-pantai-nglambor
via instagram.com/ditadityasp

Sunrise dan sunset adalah dua momen indah yang bisa kita nikmati saat berkunjung ke Pantai Nglambor. Keindahannya bisa kita jadikan sebagai background foto yang sangat cantik.

Untuk bisa menyaksikan kedua momen ini tentunya kita harus datang pagi-pagi dan juga tinggal di pantai hingga sore hari.

Karena itu, sebaiknya kita menginap saja di beberapa penginapan yang terletak tidak jauh dari lokasi pantai kalau memang punya waktu libur yang agak panjang.

Alamat Pantai Nglambor

Pantai ini beralamat di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jaraknya dari pusat Kota Jogja cukup jauh yakni sekitar 71,8 kilometer dengan estimasi waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Rute Menuju Lokasi

Titik lokasi Pantai Nglambor bisa diakses melewati jalur yang sama saat menuju Pantai Siung. Kita bisa memulai perjalanan melewati Jalan Wonosari ke arah Piyungan.

Dari Piyungan lanjutkan perjalanan ke arah komplek Pemda Wonosari. Nah dari sini, kita bisa menuju Desa Purwodadi yang terletak di Kecamatan Tepus.

Lokasi Pantai dari tempat parkir lumayan jauh yakni sekitar 500 meter. Jika datang menggunakan kendaraan roda empat, maka dari tempat parkir kita bisa jalan kaki menuju lokasi atau menggunakan jasa ojek dengan ongkos sekitar 5 ribuan sekali jalan.

Kondisi jalan dari parkiran menuju lokasi pantai agak curam. Jadi bagi yang memakai sepeda motor, diharapkan agar berhati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jam Buka Pantai Nglambor

Pantai Nglambor dibuka setiap hari selama 24 jam.

HariJam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Namun bagi yang menginginkan suasana pantai yang tidak terlalu ramai, sebaiknya datang di hari kerja antara jam 8 pagi hingga jam 10 pagi.

Baca juga : Pantai Sepanjang Gunung Kidul

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor

Tidak perlu biaya mahal untuk bisa menikmati indahnya Pantai Nglambor. Tiket masuknya dijual dengan harga Rp6000 per orang baik di hari kerja ataupun hari libur.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp6000
Parkir MotorRp2000
Parkir MobilRp5000

Tiket masuk ini memang masih ditambah lagi dengan biaya parkir sebesar Rp2000 bagi pengguna sepeda motor dan Rp5000 bagi pengguna mobil.

Namun jika ditotal, nominalnya masih tergolong sangat murah dan akan terbayar lunas dengan pesona keindahan Pantai Nglambor.

Fasilitas Umum

rute-pantai-nglambor
via instagram.com/setyo_arii

Di pantai ini juga sudah tersedia beberapa fasilitas umum untuk menunjang kenyamanan para wisatawan. Fasilitas yang tersedia antara lain lokasi parkir, mushola, warung makan, toilet, dan tempat duduk.

Penginapan Pantai Nglambor

Bagi pengunjung luar kota yang ingin menginap, di tempat yang tidak terlalu jauh dari lokasi pantai terdapat beberapa penginapan yang bisa disewa.

Rekomendasi penginapan yang jaraknya cukup dekat dari Pantai Nglambor antara lain Orchid Inn Hotel (18,2 km), Omah Sundak (8,9 km), The Royal Joglo (9,8 km), dan Sea View Sundak Indraprastha (8,9 km).

Selain dekat penginapan-penginapan di atas juga bisa disewa dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Kisaran harga sewanya antara 200 ribu hingga 350 ribu per malam.

Wisata Dekat Pantai Nglambor

Jika punya waktu libur yang cukup panjang, kita juga bisa menjelajahi beberapa obyek wisata yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Nglambor.

harga-tiket-masuk-pantai-nglambor
via instagram.com/dodi_saputra58

Obyek-obyek wisata yang cukup dekat dari pantai ini antara lain Pantai Ngandong, Pantai Baron, Baron Techno Park, Goa Jomlang, Gua Pindul, Air Terjun Sri Gethuk, Pantai Sadranan, Pantai Siung, Pantai Timang dan yang lainnya.

Simpulan

Pantai Nglambor Gunung Kidul memang termasuk tempat wisata baru di Jogja. Namun dengan keindahan dan fasilitas yang memadai, pantai ini sepertinya tidak butuh waktu lama untuk menjadi salah satu tempat wisata favorit di yogyakarta.

Loading...

Tempat Wisata di Jogja

Wahyoeni
4 min read

Pantai Krakal

Hansar
5 min read

Bukit Bintang Jogja

Hansar
4 min read

Pantai Sundak

Hansar
5 min read

Pantai Sepanjang

Hansar
4 min read

Pantai Wediombo

Hansar
5 min read