Pantai Nipah Lombok

Tak dimungkiri bahwa saat ini Lombok telah menjadi salah satu primadona destinasi wisata yang ada di Tanah Air. Melimpahnya pilihan objek wisata di Pulau Seribu Masjid ini, menjadikannya sebagai tempat yang selalu menarik dan tidak membosankan untuk dijadikan tujuan pelesir.

Sukses mendunia dengan tenarnya Gili Trawangan dan Pantai Sengigi, kini Lombok menelurkan satu pantai indah bernama Pantai Nipah. Terletak di Lombok Barat sebelah utara, pantai ini biasanya menjadi tujuan berikutnya bagi para pelancong setelah mengunjungi Pantai Sengigi.

spot-foto-pantai-nipah

Pantai Nipah Lombok

Pantai ini menawarkan keindahan dan keeksotisan tiada tara, meskipun memiliki nama yang sama dengan Pantai Nipah yang ada di Sampang, Medan, dan juga Serdang Bedagai, namun Pantai Nipah di Lombok ini tentunya memiliki ciri khas dan keindahan tersendiri.

Daya tarik utama yang membedakan pantai Nipah Lombok dengan Pantai Nipah di daerah lainnya, bahkan menjadi pembedanya dengan pantai-pantai lain di Lombok, adalah keberadaan pedagang ikan bakar khas Pantai Nipah nya yang berjejer di sepanjang pinggiran pantai.

Karenanya saat memasuki kawasan pantai ini, siap-siap saja hidung kalian dibombardir dengan harum khas ikan segar bakar. Wuihhh enaknya.

air-laut-pantai-nipah

Melangkah lebih dalam ke kawasan pantai, kalian akan disambut dengan hawa sejuk angin pantai yang membelai manja. Di depan mata, akan tampak pasir putih Pantai Nipah yang bersih laksana mutiara yang membuat kalian ingin segera selonjoran atau berbaring di atasnya.

Namun jangan terburu-buru, bukan itu saja keindahan yang bisa kalian nikmati di Pantai Nipah Lombok Utara ini. Cobalah melipir ke arah perbukitan yang ada di sekeliling panta. Lalu dari sana, coba rasakan betapa segarnya pemandangan di pantai ini, dan jangan lupa, ambillah beberapa gambar atau foto Pantai Nipah dari atas perbukitan sebagai kenang-kenangan liburan kalian.

Puas menjelajah perbukitan Pantai Nipah, kalian kemudian bisa melakukan berbagai macam aktivitas pantai. Pantai ini memiliki air yang jernih, sangat cocok bagi kalian yang ingin berenang, bermain kano, surfing, hingga berkeliling menggunakan perahu nelayan.

Lokasi Pantai Nipah Lombok

Tidak sulit untuk mencari lokasi dan akhirnya sampai di Pantai Nipah Lombok. Pantai ini beralamat di Dusun Nipah, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Jika kalian datang dari arah kota Mataram, kalian hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 40 menit untuk sampai lokasi dengan kendaraan bermotor.

Lalu jika kalian dari luar Pulau Lombok dan mengaksesnya dari Bandara Internasional Lombok (BIL), maka perkiraan waktu perjalanan menggunakan kendaraan untuk sampai di lokasi Pantai Nipah adalah sekitar 1,5 jam. Lumayan lama karena memang jarak Pantai Nipah dari BIL cukup jauh yaitu sekitar 60 kilometer.

Namun tenang saja, perjalanan kalian dari BIL ke Pantai Nipah pastinya tidak akan terlalu melelahkan mengingat kondisi jalan yang menghubungkan kedua tempat ini sudah sangat bagus. Sepanjang jalan tak akan kalian temukan jalanan rusak atau jalanan tanah, semuanya ter-hotmik dengan kondisi yang sangat bagus.

matahari-tenggelam-pantai-nipah

Kemudian jika kalian mengakses Pantai Nipah dari Pantai Senggigi, misalnya kalian ingin melanjutkan petualangan liburan kalian setelah puas berlibur di Pantai Senggigi, maka kalian hanya membutuhkan waktu perjalanan tidak lebih dari 20 menit, karena jarak Pantai Nipah dari Pantai Senggigi memang cukup dekat, hanya berjarak sektar 8 kilometer.

Sepanjang jalan yang berkelok dan kadang menanjak, kalian akan disuguhkan pemandangan perbukitan yang hijau di kanan-kiri jalan, hampir mirip dengan kontur dan suasana perjalanan ke objek wisata Gunung Pegasingan yang ada di Sembalun Lombok Timur melalui jalur Pusuk.

Lalu setelah melewati perjalanan sejauh 8 kilometer dari Pantai Sengigi, lokasi persis Pantai Nipah bisa dengan mudah kalian temukan dengan adanya papan penanda dengan tulisan “Pantai Nipah”, papan penanda ini nantinya akan kalian temukan di sisi jalan raya.

Masuki saja pintu masuk Pantai Nipah yang tidak jauh dari papan penanda tersebut, dan akirnya, riuh ombak Pantai Nipah dengan deretan kapal-kapal nelayan di sepanjang pinggir pantainya pun akan menyambut hangat kedatangan kalian.

Harga Tiket Masuk Pantai Nipah Lombok

Hal yang mungkin menjadi sesuatu yang menyenangkan saat berkunjung di Pantai Nipah ini adalah pengunjung tidak dipunguti biaya untuk pembelian tiket masuk. Kalian bisa bebas keluar masuk pantai ini berapa kalipun kalian mau tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun untuk membeli tiket.

Hanya saja, apabila kalian datang ke sini menggunakan kendaraan pribadi, pengelola akan memintai biaya parkir sebesar Rp. 5000 untuk mobil dan Rp. 3000 untuk sepeda motor. Cukup murah tentunya mengingat kendaraan kalian akan terjamin keamanannya.

sunrise-sunset-pantai-nipah

Disamping itu, tentu saja kunjungan kalian ke pantai nipah ini bukan berarti bebas biaya. Karena di dalam, kalian mungkin akan mengeluarkan biaya setiap kali ingin mencoba fasilitas ataupun menyewa wahana wisata yang ada.

Apalagi jika kalian ingin mencoba menu ikan bakar pantai nipah, tentu kalian harus siap mengeluarkan isi dompet walaupun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Fasilitas dan Wahana di Pantai Nipah Lombok

Beberapa aktivitas wisata yang akan kalian lakukan di pantai nipah kadang membutuhkan wahana atau fasilitas penunjang. Syukurnya, pengelola pantai ini sudah menyiapkan wahana dan fasilitas yang cukup lengkap untuk kenyamanan kalian.

Misalnya untuk fasilitas umum, di kawasan pantai ini sudah ada area parkir yang cukup luas, kios-kios atau lapak pedagang, perahu nelayan yang bisa disewa, hingga tempat penyewaan alat untuk watersport.

Objek dan Kegiatan Menarik di Pantai Nipah Lombok

Pastinya akan ada banyak sekali aktivitas yang bisa kalian lakukan di pantai nipah. Beberapa yang menarik dan perlu kalian coba ialah:

Snorkeling

Pantai Nipah memiliki air laut yang sangat jernih, ini terbukti dari beragamnya warna-warni bebatuan karang yang bisa kalian lihat langsung dari permukaan air. Namun jika kalian belum puas dan ingin lebih dalam melihat isi bawah laut Pantai Nipah, maka kalian juga bisa snorkeling di pantai ini.

Untuk peralatan snorkeling bisa kalian sewa di beberapa tempat penyewaan peralatan olahraga air di sekitar kawasan pantai. Harga sewa nya juga tidak terlalu mahal, hanya dengan beberapa puluh ribu saja, kalian sudah bisa berenang dengan peralatan snorkeling lengkap untuk menjelajah setiap inchi laut Pantai Nipah.

bukit-nipah-pantai-nipah

Hunting Foto

Tidak lengkap kiranya liburan kalian di Pantai Nipah apabila melewatkan acara hunting foto. PANTAI Nipah dengan segala keindahannya tentu merupakan spot yang sangat bagus untuk kegiatan ini. Kalian bisa mencari dan memilih spot berfoto sesuai yang kalian inginkan, misalnya spot bukit Pantai Nipah yang hijau di atas sana.

Dari perbukitan tersebut kalian bisa memotret lansekap Pantai Nipah dengan gradasi warna airnya yang menawan. Juga, kalian bisa menjadikan lansekap tersebut sebagai background foto selfie diri kaliana sendiri.

Cobalah beberapa gaya dan angel sampai mendapatkan hasil foto yang benar-benar menarik dan unik menurut kalian.

Menikmati Ikan Bakar Pantai Nipah

Dari tadi beberapa kali kami sudah menuliskan mengenai ikan bakar Pantai Nipah. Sebenarnya berapa sih harga dan apa sih yang istimewa dari ikan bakar yang ada di tempat ini?

Ikan bakar Pantai Nipah menjadi salah satu alasan para wisatawan untuk mengunjungi pantai ini. Citarasanya memang khas. Selain ikannya yang masih segar karena diambil langsung dari para nelayan, kelezatannya pun makin terasa berbeda dengan tambahan bumbu khas Lombok yang walaupun agak sedikit panas namun tetap terasa nikmat dan nyaman di lidah.

bersantai-di-pantai-nipah

Harga ikan bakar Pantai Nipah juga tidak terlalu mahal. Untuk satu porsi ikan bakar dengan ukuran besar, ditambah dua tusuk cumi, sepiring nasi hangat, dan sepiring sayur kangkung berbumbu tomat, hanya dijual dengan harga Rp. 70.000 saja. Dengan harga tersebut, kalian sudah bisa menikmati hidangan yang sangat lezat dan pastinya mengenyangkan.

Bagi kalian yang belum mengetahui, daftar lengkapnya bisa kalian temukan di artikel  tempat wisata pantai di Lombok.

Oh ya, di Lombok masih banyak objek wisata pantai yang bisa kalian jelajahi selain Pantai Nipah, Pantai Senggigi, ataupun Gili Trawangan.

Berlibur ke Lombok memang selalu menyenangkan. Apalagi ke tempat wisatanya yang seperti Pantai Nipah ini. Disamping menikmati suasana pantainya yang menenangkan, kita juga bisa menikmati sajian kuliner ikan bakar Pantai Nipah yang begitu istimewa dan mungkin sulit untuk didapatkan di tempat lain.

Pantai Senggigi Lombok

Edy
4 min read

Pantai Kuta Lombok

Edy
4 min read

Gili Trawangan

Edy
5 min read